Hello Kpop-ers, sudah tahu daftar Kpop terkaya tahun 2019. Kira-kira Idola Kpop-mu masuk peringkat ke berapa ya? Apakah pertama?

Intip daftarnya melalui artikel Finansialku di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Melejitnya Korean Pop (Kpop)

Kpop bagi kawula muda sudah tak asing lagi.

Sejak kemunculannya girl band dan boy band Korea seperti SNSD, Super Junior, dan 2PM, demam Kpop menjalar tak hanya di kalangan para remaja dan pemuda, bahkan anak-anak hingga orang tua pun tak kuasa ingin menyanyikan lagu-lagunya sambil menari dance Kpop yang nge-hits.

Kpop terus berkembang dan melahirkan banyak bibit artis baru yang kian mengambil perhatian dunia seperti kemunculan Blackpink dan BTS yang membuat para penggemar jadi histeris terpana melihat kecantikan, ketampanan, dan talenta mereka dalam bernyanyi dan menari di layar kaca.

Semakin menjamurnya musik Korea yang dibalut dengan gaya milenial, dipadukan dengan gerak tari dan kostum yang menawan, membuat para penikmatnya semakin jatuh cinta dan debut para artis Kpop kian meroket.

Kpop Terkaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

Meski bahasa Korea termasuk sulit diucapkan dan dihapalkan, namun para penggemarnya tak jarang yang belajar secara otodidak dari Youtube bahkan dengan sengaja mengambil les atau kursus untuk studi bahasa Korea agar dapat berbicara dan bernyanyi bahasa Korea layaknya sang idola Kpop.

Semakin melejit karier para artis Kpop, semakin banyak penggemarnya dan semakin ditunggu kehadiran mereka untuk bisa datang ke setiap negara penggemar demi melangsungkan konser dan juga jumpa fans.

Ketenaran mereka tentu akan berimbas pada penghasilan yang semakin menggunung. Berikut ini daftar Grup Band Kpop terkaya tahun 2019 versi Koreaboo.com, kira-kira Kpop artis idolamu ada di peringkat berapa ya?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, yuk atur arus kasmu dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkanmu dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar kamu bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Kpop Terkaya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Young Lex, Sang Rapper Muda Sukses. Inspiratif!]

 

Lebih menyenangkannya lagi, kamu bisa menggunakan fitur Tanya jawab pada Aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Jika uangmu ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuanmu dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Kamu juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Nah berikut ini ialah sejumlah daftar Kpop terkaya, mulai dari:

 

#9 GOT7

Melalui GOT7, JYP Entertainment mampu meraup keuntungan sebesar ‎₩100 Miliar atau sekitar Rp100-an Triliun.

JYP Entertainment adalah dalang dibalik terbentuknya Boy Band Korea GOT7 yang terdiri dari 7 orang anggota, di antaranya JB, Mark, Jackson, Jin Young (Jr.), Youngjae, Bambam, Yugyeom.

Sebelum terbentuk tim menjadi 7 orang, JB dan Jin Young (Jr.). sudah lebih dahulu melakukan debut mereka pada tahun 2012 dengan nama “JJ Project”.

GOT7 akhirnya resmi terbentuk dan mengeluarkan debut mereka pada tanggal 16 Januari 2014 di Mnet M! Countdown dengan lagu debut “Girls Girls Girls” dari album mini pertamanya “Got It”.

Setelah sukses dengan album mini pertama mereka, tak sabar mereka kembali meraih ketenaran dengan merilis album mini ke-2 pada tanggal 22 Oktober di tahun yang sama dengan judul lagu “A” yang bertajuk ‘Got Love’.

Masih di bulan Oktober 2014, GOT7 membuat debut mereka di Jepang dengan mengusung single “Around The World” di bawah label Sony Music Jepang.

Tak lama setelah itu, masih di tahun yang sama GOT7 melempar album mereka ke pasaran dengan tajuk “Identify” dan lead track-nya “Stop Stop It” yang rilis pada tanggal 20 November 2014.

 

#8 Red Velvet

Red Velvet adalah salah girl band populer di Korea Selatan. Red Velvet terdiri dari 5 anggota, di antaranya: Irene, Seulgi, Happiness, Wendy serta Yeri yang pada Maret 2015 menjadi peserta pendatang ke-5 dan melengkapi kekompakan tim.

Memulai debutnya di bawah salah satu perusahaan paling signifikan di Korea Selatan – SM Entertainment, Red Velvet sebenarnya telah memperoleh banyak pengakuan serta keberhasilan tidak hanya dari para penggemar di seluruh Korea Selatan tetapi juga para penggemar dari berbagai negara.

Pada tanggal 9 Oktober 2014, Red Velvet meluncurkan klip video berjudul, “Be All-natural“, yang merupakan remake dari labelmate mereka, S.E.S., sebuah lagu dari judul yang sama.

Dengan pengumpulan pendapatan yang besar dari hasil konser global mereka, Red Velvet bahkan telah diakui oleh grup itu juga telah diakui oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Pengakuan tersebut terbukti dari penyerahan penghargaan atas prestasi yang telah mereka torehkan.

Red Velvet - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

#7 Wanna One

Salah satu grup boy band asal Korea yang mendunia dan memiliki pendapatan teratas adalah Wanna One.

Dengan 11 orang anggota di dalamnya, Wanna One adalah boy band yang dinaungi oleh YMC Entertainment di mana debut pertama mereka diadakan pada tanggal 7 Agustus 2017 silam dengan mengusung lagu “Energetic

Para lelaki ganteng yang menjadi anggota Wanna One ini di antaranya adalah Kang Daniel, Park Ji Hoon, Lee Dae Hwi, Kim Jae Hwan, Ong Seong Woo, Park Woo Jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Minhyun, Bae Jin Young dan Ha Sung Woon.

Dari semenjak debut pertama mereka hingga saat ini, Wanna One sudah menorehkan berbagai prestasi, salah satunya adalah piala Show Champion.

Untuk menghibur para penggemar, Wanna One telah mengadakan berbagai showcase dan concert, salah satunya berlokasi di Gocheok Sky Dome.

 

#6 Seventeen

Seventeen, yang juga dikenal dengan kependekan dari SVT, adalah grup boy band yang dibentuk oleh Pledis Entertainment pada tahun 2015.

Kelompok ini terdiri dari tiga belas anggota yang dibagi menjadi tiga sub-unit, masing-masing dengan bidang spesialisasi yang berbeda: “Unit Hip-Hop, “Unit Vokal “, dan “Unit Performance“. Seventeen hingga saat ini telah merilis dua album studio dan lima drama.

Seventeen telah mendapatkan reputasi sebagai grup idola “self-producing”. Dari sebelum debut mereka, para anggota grup sangat terlibat dalam penulisan lagu dan komposisi diskografi mereka bersama dengan produser, Bumzu.

Seventeen - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua WAJIB Mengajarkan Anak Supaya Bisa Mengelola Keuangan Sejak Dini]

 

#5 EXO

EXO adalah boy band dengan sembilan anggota yang terdiri dari SuHo, XiuMin, Lay, BaekHyun, Chen, ChanYeol, D.O, Kai, dan SeHun di bawah agensi SM Entertainment.

Nama panggung EXO berasal dari kata Exoplanet’. Grup ini awalnya memiliki dua belas anggota dan dibagi menjadi dua unit, EXO-K dan EXO-M dan mengawali debut mereka pada tahun 2012.

Grup yang pertama terdiri dari anggota Korea sementara grup yang kedua memiliki anggota China.

Tapi pada tahun 2014, anggota EXO-M seperti Kris Wu, Luhan, dan TAO meninggalkan EXO dan SM Entertainment untuk menjalani karier mereka masing-masing sehingga anggota kelompok menjadi sembilan anggota.

EXO adalah boy band Kpop dengan popularitas besar mereka juga dicatat oleh Forbes di “Korea Power Celebrity List” yang menyebut mereka sebagai grup Kpop di 5 besar berturut-turut dari tahun 2014, 2017, dan 2018.

EXO juga grup Kpop paling menonjol setelah Suju (Super Junior).

Pengaruh global EXO juga sangat diperhatikan oleh banyak media karena EXO dengan album mereka dirilis secara bersamaan dalam bahasa Cina dan Korea.

Setiap album mereka sangat mengesankan para pendengarnya di seluruh dunia dan membuat banyak penggemar menamakan diri mereka EXO-L.

 

#4 TVXQ

TVXQ (Tong Vfeng Xien Qi) atau DBSK (Dong Bang Shin Ki) atau THSK (Tohoshinki) adalah boy band yang terbentuk di bawah label perusahaan SM Entertainment.

Pada awal pembentukannya, group band ini beranggotakan 5 orang, tapi sejak tahun 2011, TVXQ hanya tersisa 2 anggota yaitu Yunho dan Changmin.

3 anggota lainnya, Jaejoong, Yoochun dan Junsu membentuk grup baru bernama JYJ.

Debut awal TVXQ dimulai pada tanggal 26 Desember 2003 dengan lagu andalan yang dibawakan adalah “Hug” dan “O Holy Night” di showcase BoA dan Britney Spears di mana lagu tersebut baru rilis pada tanggal 14 Januari 2004.

Menanjaki kesuksesan mereka, TVXQ menghibur para penggemar melalui single kedua “The Way You Are” pada tahun 2004 dan dilanjutkan dengan full album perdana “Tri-Anglepada bulan Oktober di tahun yang sama.

Album tersebut disambut antusias oleh para penggemar, alhasil album TVXQ masuk dalam top 10 penjualan album terbaik pada tahun 2004.

TVXQ - Finansialku

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

 

#3 BLACKPINK

BLACKPINK adalah girl band kedua dari YG Entertainment yang melakukan debut mereka pada tanggal 8 Agustus 2016 dan merilis dua lagu dalam singleSquare One”, masing-masing berjudul BOOMBAYA sebagai lagu debut mereka, dan Whistle sebagai lagu sampingan.

Kata ‘hitam’ dan ‘merah muda’ dalam nama grup menggambarkan bahwa kebesaran wanita tidak hanya dilihat dari kecantikan mereka (ditandai oleh warna feminin pink) tetapi juga dari bakat mereka (ditandai oleh warna hitam yang kuat dan berani).

BLACKPINK memiliki empat anggota yang bekerja sebagai model untuk produk merek dan video musik sebelum mereka memulai debutnya sebagai anggota BLACKPINK, yaitu Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo.

Setelah debut, BLACKPINK berhasil merebut penghargaan pertama mereka di berbagai program acara musik Korea, salah satunya adalah penghargaan dari acara musik SBS Inkigayo pada tanggal 21 Agustus 2016 untuk kategori grup pendatang baru.

 

#2 TWICE

Twice adalah girl band Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment melalui reality show 2015 Sixteen.

Girl Band ini terdiri dari sembilan anggota, yaitu Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.

TWICE secara resmi memulai debutnya pada 20 Oktober 2015 dengan EP “The Story Begins“. TWICE naik ke ketenaran pada tahun 2016 dengan single mereka “Cheer Up“.

Lagu ini menempati posisi # 1 di Gaon Digital Chart dan menjadi single dengan kinerja terbaik tahun itu.

TWICE membuat debut di Jepang pada tanggal 28 Juni 2017 dan menjadi girl band Korea pertama yang mendapatkan sertifikasi Platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang –  Recording Industry Association of Japan (RIAJ).

TWICE - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Mau Punya Usaha? Berikut Cara Mengelola Keuangan Usaha]

 

#1 BTS

Nah, ini dia yang menjuarai daftar Kpop terkaya kali ini. BTS adalah singkatan dari Bangtan Sonyeondan, yang dalam bahasa Korea berarti “Pramuka Antipeluru.”

Tiket konser terjual habis, miliaran lagu yang diunduh dan di-streaming sesuai permintaan adalah bukti bahwa BTS telah memenangkan hati para penggemar di seluruh dunia.

Grup ini dibuat dan dikelola oleh sepupu Bang, Bang Si-Hyuk yang mendirikan Big Hit Entertainment pada 2005.

Big Hit telah melampaui pesaing SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment di belakang kesuksesan BTS sejak merilis album pertamanya pada tahun 2014.

Menurut majalah Forbes, laba bersih perusahaan naik dua kali lipat pada tahun 2018 menjadi ₩50 miliar (US$44 juta), sementara pendapatan semakin naik 132% menjadi ₩214 miliar.

Terinspirasi oleh popularitas band yang luar biasa, para sepupu Bang membentuk kemitraan antara perusahaan mereka untuk mengembangkan game mobile yang memanfaatkan gaya musik dan visual BTS.

Netmarble pada tanggal 26 Juni merilis game terbarunya BTS World, yang memungkinkan gamer untuk mengambil peran sebagai manajer virtual band.

Analis percaya Netmarble dapat memonetisasi daya tarik global BTS melalui game.

Douglas Kim, seorang analis pada situs web penelitian Smartkarma, mengatakan:

“Sebagian besar pemain game Netmarble saat ini adalah pria, sedangkan sebagian besar basis penggemar BTS adalah wanita.”

 

Jadi, artis idolamu masuk dalam peringkat ke berapa dalam daftar Kpop terkaya tersebut? Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan yang membutuhkan. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Biodata BLACKPINK. Kepogaul.com – https://bit.ly/2kAKuyP
  • Admin. BIODATA WANNA ONE: Profil, Biografi Member, Fakta Unik (Lengkap). Thegorbalsla.com – https://bit.ly/2lAUQ1X
  • Amin. EXO. Misskpop.weebly.com – https://bit.ly/2lDKQ88
  • Admin. GOT7 Members Profile. Kprofiles.com – https://bit.ly/2DjhJgE
  • Admin. Profil, Biodata, Fakta GOT7. Omahkpop.com – https://bit.ly/2k74yJ8
  • Admin. Profil, Biodata, Fakta TVXQ (DBSK). Omahkpop.com – https://bit.ly/2k5VzrD
  • Sejarah K-Pop hingga Mendunia. Pintaria.com – https://bit.ly/2m3zISj
  • Admin. SEVENTEEN. Kpopmap.com – https://bit.ly/2lCI3MA
  • Admin. Wanna One Members Profile. Kprofiles.com – https://bit.ly/2kyNnQQ
  • Admin. 6 Maret 2018. 13 Grup Kpop yang Jadi Penyumbang Pemasukan Terbesar untuk Agensinya. Pendapatannya Enggak Terduga!. Cewekbanget.grid.id – https://bit.ly/2lBGcrc
  • Admin. 11 Juli 2019. These 9 Idol Groups Are Currently The Richest In K-Pop. Koreaboo.com – https://bit.ly/2kxhQi2
  • Admin. 18 Maret 2018. Full Profile Of Blackpink Members (Real Name, Age, Height And Weight). Channel-korea.com – https://bit.ly/2lAWtwB
  • Arif Abdurahman. 5 Agustus 2017. Legenda di Balik Penciptaan K-Pop. Tirto.id – https://bit.ly/2lVt3cD
  • Andi Muttya Keteng Pangerang. 24 Juli 2019. Deretan Boyband dan Girlband K-pop Terkaya Saat Ini. Entertainment.kompas.com – https://bit.ly/2kxxVnU
  • Mike Russell. 18 November 2018. EXO Members Profile (Full Biography) UPDATE!. Bibandtuck.com – https://bit.ly/2kortzT
  • Pamela Ambler. 9 Juli 2019. South Korea’s Richest 2019: Billionaire Backs BTS K-Pop Band’s Big Hit Entertainment. Forbes.com – https://bit.ly/2lBqQmy
  • Paul Schrodt. 11 April 2019. Which K-Pop Group Makes the Most Money? From BTS to Red Velvet, an Expert Ranks the Richest Bands. Money.com – https://bit.ly/2lxagV4

 

Sumber Gambar:

  • Kpop Terkaya 1 – http://bit.ly/2m4cMCM
  • Kpop Terkaya 2 – http://bit.ly/2nFwncH
  • Kpop Terkaya 3 – http://bit.ly/2lYYm6M
  • Red Velvet – http://bit.ly/2mAHgg2
  • Seventeen – http://bit.ly/2mKRaf0
  • TVXQ – http://bit.ly/2oiFOiV
  • TWICE – http://bit.ly/2oiAMmr