Kini ada solusi mudah dalam meminjam uang, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) online. bagaimana proses mengajukan KTA online?

Mari kita lihat ulasannya jika Anda ingin mengajukan KTA online!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengalaman Saya Mengajukan KTA Online

Untuk memenuhi tingginya permintaan, kini produk kredit atau pinjaman semakin bervariasi.

Sebuah produk pinjaman dari bank berupa fasilitas kredit seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi semakin digemari dan pihak bank mengembangkannya demi kemudahan nasabah.

Kini Anda dapat mengajukan KTA di beberapa bank secara online sehingga tidak perlu repot-repot lagi bolak balik ke bank. Lalu apakah sebenarnya KTA online itu?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini izinkan saya berbagi pengalaman saya dalam mengajukan KTA online ini.

Saat pertama kali mencoba berbisnis, saya dan suami memutuskan untuk berjualan kosmetik secara online.

Ketika Saya Mengajukan KTA 02 KTA 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha]

 

Tentunya bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, saya dan suami mulai memutar otak dan mencari solusi pembiayaan yang terbaik.  

Kami kemudian membaca sebuah iklan KTA online dan bertanya-tanya apa itu KTA online dan apa bedanya dengan KTA biasa?

Kami mulai browsing untuk mengetahui lebih dalam soal KTA online ini. Kemudian kami menemukan bahwa Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau sering disebut sebagai unsecured loans merupakan sebuah produk pinjaman dari pihak bank yang tidak mewajibkan debitur menjaminkan sebuah asetnya.

KTA biasanya digunakan untuk nasabah yang sedang membutuhkan sejumlah dana cepat. Berbeda dari beberapa jenis kredit lainnya, Anda dapat menggunakan pinjaman KTA untuk kebutuhan apapun.

Lantas kami mulai mendalami soal KTA Online.

Kredit Tanpa Agunan online merupakan sebuah produk pinjaman dari pihak bank yang tidak mewajibkan debitur menjaminkan sebuah asetnya dan kini dimudahkan prosesnya dengan pengajuan secara online.

Selain mudah, prosesnya juga bisa dilakukan secara cepat.

Makin penasaran nih, masa semudah itu sih pengajuannya? Apa betul bisa dilakukan dari rumah hanya dengan bermodalkan laptop? Lalu KTA online mana yang prosesnya cepat?

Kami pun lanjut browsing dan memperoleh banyak informasi. Penasaran? Yuk simak beberapa informasinya berikut ini:

 

#1 Syarat Pengajuan KTA Online

KTA biasanya digunakan untuk nasabah yang sedang membutuhkan sejumlah dana cepat dan walaupun tanpa jaminan, bukan berarti tidak ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat KTA online sebenarnya sama dengan KTA pada dasarnya, dimana letak perbedaannya hanya pada sarana pengajuannya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut merupakan syarat-syarat umum pengajuan KTA online:

Perbedaan KTA Karyawan dan Wiraswasta 04 KTA 4 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

a. Syarat Pribadi

Syarat 1: Adanya Syarat Minimum Pendapatan

Syarat awal yang biasanya diajukan pihak bank sebelum melanjutkan pengecekan dan appraisal lebih lanjut untuk melihat kemampuan finansial Anda.

Taksiran pinjaman yang akan Anda peroleh adalah berdasarkan kemampuan Anda dalam membayarnya, dimana tingkat kemampuan tersebut diukur oleh bank berdasarkan riwayat kredit Anda dan rekam jejak pendapatan dan pengeluaran Anda.

Mengapa dibutuhkan pengecekan kemampuan ini?

Karena pihak bank perlu mengetahui kemampuan bayar Anda sehingga mengantisipasi kredit macet dimana KTA yang tidak meminta agunan atau jaminan dapat berisiko tinggi bagi pihak bank.

 

Syarat 2: Syarat Usia Minimum dan Maksimum

Pihak bank juga mengukur kemampuan Anda untuk melunasi angsuran dengan mempertimbangkan usia pada saat awal Anda mengajukan KTA dan masa akhir tenor.

Pihak bank mengantisipasi kredit macet dengan mempertimbangkan usia yang pantas untuk bekerja dan memperoleh pendapatan yang cukup untuk membayar angsuran.

 

Syarat 3: Status Kewarganegaraan dan Domisili

Syarat yang mungkin berbeda-beda pada setiap bank dimana ada bank yang memperbolehkan WNI (Warga Negara Indonesia) dan WNA (Warga Negara Asing) untuk mengajukan KTA, namun ada juga bank yang hanya memperbolehkan WNI saja.

Untuk pemohon KTA dengan kewarganegaraan asing, umumnya diminta persyaratan lain seperti melampirkan fotokopi paspor atau KITAS dan dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak bank.

Umumnya domisili juga menjadi salah satu syarat identitas yakni wajib berdomisili di Indonesia, namun tidak semua bank lagi-lagi menetapkan syarat tersebut dalam pengajuan KTA-nya.

 

Syarat 4: Memiliki Kartu Kredit Bank Terkait Atau Bank Lainnya

Ada beberapa bank yang menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syaratnya. Mengapa demikian? Kartu kredit merupakan salah satu alat untuk mengukur kemampuan kredit seorang peminjam.

Penggunaan kartu kredit menjabarkan secara jelas bagaimana riwayat kredit Anda dan perilaku atau pola Anda dalam melunasi utang.

Disini bank dapat mengambil keputusan jelas apakah Anda dapat mengatasi utang dengan baik atau tidak.

Selain itu ada juga bank yang memberi benefit bagi pemilik kartu kredit pada bank yang bersangkutan atau jika payroll gaji dilakukan di bank tersebut untuk memudahkan pembayaran cicilan atau masa tenor yang lebih lama.

 

b. Syarat Dokumen

No.Dokumen/Jenis PekerjaanKaryawanWirausahaProfesional
1Fotokopi KTP/KITAS
2Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)x
3Fotokopi Kartu Kredit
4Fotokopi Rekening Tabungan (3 bulan terakhir)xx
5Fotokopi Surat Izin Profesixx
6NPWP
7Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDPxx

 

Syarat yang terlampir di atas merupakan syarat umum yang biasa digunakan pada bank, namun mungkin terdapat perbedaan sehingga untuk lebih lengkapnya Anda dapat menanyakan kepada bank terkait.

Akta Pendirian Perusahaan 03 Biaya Pendirian - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit: Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya]

 

#2 Prosedur Pengajuan KTA Online

Prosedur pengajuan KTA secara umum yang disarankan agar pengajuan Anda diterima adalah:

 

#1 Memenuhi Syarat Identitas

Syarat identitas merupakan syarat pribadi seperti batas minimal dan maksimal usia, kewarganegaraan dan domisili, dan sebagainya.

 

#2 Menyediakan Dokumen Lengkap dan Asli

Syarat dokumen seperti telah dicantumkan di atas perlu disediakan dan diverifikasi keasliannya oleh pihak bank.

 

#3 Menyediakan Catatan Kartu Kredit

Bank akan mengecek pola pembayaran kartu kredit dan mengecek riwayat kredit Anda.

 

#4 Memiliki Status Profesi

  • Karyawan: karyawan tetap minimal masa kerja 1 tahun dengan penghasilan minimal 5 juta rupiah.
  • Wiraswasta: kepemilikan usaha paling tidak selama 2 tahun.
  • Profesional: tempat praktik dengan akta sah secara hukum.

Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Mengajukan Hutang Untuk 4 Pengeluaran Ini? Celaka Kalau Anda Pakai Hutang untuk Alasan Nomor 3]

 

#5 Memenuhi Syarat Debt Ratio

Debt ratio merupakan perbandingan antara pendapatan per bulan dengan cicilan kredit yang sedang berjalan. Debt ratio yang ditentukan oleh pihak bank biasanya tidak melebihi 30%, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kredit macet.

Mengapa semakin besar debt ratio maka semakin buruk? Karena apabila rasio lebih condong ke utang, maka dapat dipastikan Anda akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 

#6 Memvalidasi Nomor Telepon

Nomor telepon yang Anda berikan kepada bank wajib aktif dan dapat dihubungi dengan mudah.

 

#7 Memenuhi Proses Verifikasi

Pihak bank akan selalu melakukan verifikasi seluruh data yang Anda berikan untuk mengecek keasliannya. Pastikan semua data yang Anda berikan benar adanya karena kebohongan hanya akan mempersulit proses pengajuan KTA Anda.

P2P-Lending-vs-KTA-1-Finansialku

[Baca Juga: Studi Kasus Produk KTA: KTA BCA, KTA Mandiri, KTA DBS, KTA Mega dan KTA ANZ]

 

Lalu bagaimana dengan prosedur online? Umumnya prosedurnya hampir sama, hanya saja Anda dapat melakukannya dengan mudah hanya dengan menggunakan internet dan komputer tanpa perlu repot mengantre di bank.

Masuklah ke situs bank terkait dan akan diberikan langkah-langkah detail terkait pengajuan.

Pihak bank juga akan memberitahukan apabila diperlukan tatap muka untuk menandatangani perjanjian karena ada beberapa pengajuan online yang masih memerlukan tatap muka walaupun hanya sebentar.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

KTA Online Proses Cepat

Poin terakhir yang saya rasa penting saat mengajukan KTA di samping kemudahan syarat dan pengajuannya adalah kecepatan prosesnya. Tentunya Anda juga menginginkan KTA online yang cepat cairnya bukan?

Oleh karena itu saya pun melakukan survey terhadap beberapa bank dan fintech yang menyediakan KTA online dengan proses yang cepat, antara lain sebagai berikut:

 

#1 Uang Teman

Merupakan bagian dari PT Digital Alpha Indonesia dan Digital Alpha Grup Pte Ltd, perusahaan digital keuangan di wilayah Asia Tenggara yang menyediakan pinjaman jangka pendek, baik untuk segala macam kebutuhan dimana saja kapan saja dengan fasilitas tanpa agunan dan proses yang cepat serta aman dan terpercaya.

Uang Teman juga menawarkan KTA online dengan plafond yang diberikan mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp3 juta untuk pinjaman pertama dengan masa pinjaman 30 hari paling lama.

Bunga mulai dari 1% per hari yang akan menurun di pinjaman berikutnya.

Proses yang ditawarkan pun sangat cepat yaitu 1 sampai 2 hari (sejak pengajuan) untuk pinjaman pertama dan 3 jam untuk pinjaman berikutnya.

Mengajukan-KTA-untuk-Mahasiswa-02-Finansialku

[Baca Juga: Karena Ada Website Financial Aggregator, Sekarang Membandingkan Produk Keuangan Jadi Ga Ribet]

 

#2 Rupiah Plus

Rupiah Plus adalah pinjaman online pribadi tanpa jaminan yang memungkinkan masyarakat Indonesia berusia 18 tahun keatas untuk bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan.

Rupiah Plus memiliki fitur utama sebagai berikut:

  • Jumlah pinjaman: Rp600.000-Rp.1.500.000.
  • Minimum masa pinjaman: 7 hari.
  • Maksimum masa pinjaman: 14 hari.
  • Suku bunga: 1%/hari.
  • Pinjaman tanpa jaminan.
  • Cair dalam kurun waktu 24 jam.

 

#3 Doctor Rupiah

Merupakan jasa pinjaman kecil tunai secara online yang sederhana dan mudah. Proses pengajuannya mudah dan tidak dibebankan jaminan atau agunan.

Doctor Rupiah beroperasi dengan naungan PT Digital Solutions Indonesia dan bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perkembangan pasar layanan keuangan di Indonesia dengan proses yang cepat, modern dan handal.

Doctor Rupiah menawarkan KTA online dengan fitur sebagai berikut:

  • Pinjaman online tanpa jaminan untuk plafond sampai Rp4 juta
  • Masa tenor bisa mulai dari 7 hari sampai 30 hari.
  • Sistem pengembalian adalah satu kali pelunasan dan tidak ada cicilan.
  • Pelunasan dibayar dengan pokok dan bunga sekaligus.
  • Biaya layanan mencapai 1% sehari
  • Proses persetujuan 1×24 jam via SMS setelah verifikasi.

 

#4 Bank Amar (Tunaiku)

Bank Amar menawarkan jasa kredit tanpa jaminan tanpa syarat kepemilikan kartu kredit. Sesuai dengan slogannya yaitu:

“Butuh pinjaman tunai? Tanpa agunan. Tanpa kartu kredit”

 

Bank Amar juga menyediakan kemudahan pengajuan KTA via online sehingga Anda bisa mengajukan KTA sambil bersantai di ruang tamu tanpa harus lelah mengemudi ke bank di tengah kemacetan dan cuaca yang tidak mendukung.

Beberapa fitur utama pinjaman tanpa agunan dari Bank Amar adalah sebagai berikut:

  • Suku bunga flat 3% per bulan.
  • Masa tenor 6 hingga 12 bulan.
  • Plafon pinjaman 2 juta hingga Rp10 juta.
  • Pengajuan cepat (24 jam cair).

 

#5 Investree

Investree juga merupakan salah satu fintech yang menawarkan KTA online bagi pengusaha dan pegawai.

Bagi para pengusaha, pinjaman untuk bisnis berbentuk invoice financing, yaitu pembiayaan atas tagihan yang dimiliki perusahaan dengan fitur sebagai berikut:

  • Plafond sampai dengan Rp1 miliar.
  • Suku bunga mulai dari 14%.
  • Pendanaan penuh dalam waktu 72 jam.

 

Sedangkan bagi pegawai, pinjaman personal tanpa jaminan untuk kebutuhan harian dengan plafond sampai Rp50 juta.

 

KTA Online Semudah KTA Pada Umumnya

Bagaimana? Apakah informasi saya bermanfaat bagi Anda? Dengan informasi lengkap di atas, akhirnya saya berhasil mengajukan KTA online yang langsung cair hanya dalam 24 jam di Bank Amar (Tunaiku).

Bagi Anda yang masih pemula dalam pengajuan KTA, sebenarnya KTA dapat sangat membantu Anda dengan kebutuhan dana cepat jika Anda mengetahui syaratnya dan prosedurnya dengan baik.

Jadi, manfaatkan informasi di atas sebelum mengajukan KTA online ya!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai KTA online? Silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 September 2016. 4 Pilihan KTA Online Fintech Lebih Cepat, Lebih Mudah dari Bank. Duwitmu.com – https://goo.gl/wH4fg2
  • Admin. 15 Juli 2018. 10 Pinjaman Online 24 jam Cepat Cair dan Terpercaya. Duwitmu.com – https://goo.gl/JA93L2

 

Sumber Gambar:

  • KTA 1 – https://goo.gl/7Cy32U
  • KTA 2 – https://goo.gl/v9bjmj