Literasi Keuangan: 5 Hal Penting dalam Memperbaiki Keuangan Anda!

Miliki literasi keuangan yang baik dengan memperbaiki keuangan Anda.

Mari simak 5 hal penting yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku untuk memperbaiki keuangan Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Hal Penting dalam Memperbaiki Keuangan Anda

Keadaan finansial setiap orang memang berbeda. Namun pada, umumnya memiliki kesehatan finansial perlu menjadi dasar untuk mencapai tujuan finansial.

Apapun tujuan finansial Anda, kesehatan finansial perlu Anda perbaiki sebelum melangkah lebih jauh.

Literasi Keuangan 5 Hal Penting dalam Memperbaiki Keuangan Anda! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Efektif untuk Karyawan Sibuk]

 

Perbaiki kondisi keuangan Anda dengan segera dan kembangkan potensi keuangan melalui beberapa tips berikut ini.

 

#1 Identifikasi Kesehatan Keuangan Anda

Jika Anda tidak mengetahui kondisi keuangan Anda, hal ini akan menjadi tantangan yang berat bagi Anda untuk melakukan perencanaan masa depan, terutama ketika menghadapi masa pensiun.

Itulah sebabnya, langkah awal yang harus ditempuh adalah dengan mengidentifikasi kesehatan keuangan Anda. Ini adalah titik paling awal yang perlu Anda lakukan.

Hitung kekayaan bersih Anda dengan cara mengurangi aset dan jumlah kekayaan Anda dengan setiap kewajiban yang harus Anda bayarkan.

Ketika Anda akan menghitung kekayaan bersih yang Anda miliki, sebaiknya Anda membuat daftar aset dan kewajiban (termasuk utang). Kurangkan setiap kewajiban dari aset yang Anda miliki, maka Anda akan mendapatkan angka kekayaan bersih Anda.

Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga - Financial Health Check Up - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium]

 

Beberapa istilah penting yang perlu Anda pahami dalam mengidentifikasi kondisi keuangan Anda, diantaranya:

Istilah KeuanganPengertian
AsetSegala harga yang Anda miliki yang dapat dikonversi menjadi uang tunai, seperti real estate, properti pribadi dan termasuk juga uang tunai.
Aset Setara KasInvestasi dengan kualitas kredit tinggi yang bersifat jangka panjang dan juga likuid, seperti rekening bank atau juga Treasury   Bills (sejenis obligasi).
Laporan KeuanganLaporan yang berisi tentang asal mula uang Anda dan kemana uang Anda dibelanjakan. Laporan keuangan mencakup neraca laporan laba rugi dan juga laporan arus kas.
Aset Tidak LikuidAset yang tidak dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan cepat, contohnya adalah rumah, barang-barang antik dan barang koleksi lainnya.
InvestasiAset atau barang yang diperoleh dengan harapan atau ekspektasi akan keuntungan finansial di masa depan. Contohnya adalah saham, obligasi dan real estate atau properti.
Aset LikuidAset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan cepat, misalnya saham dan surat utang negara (obligasi)
Kewajiban Tidak AmanUtang yang tidak dijamin dengan agunan, contohnya utang kartu kredit, tagihan medis dan juga tagihan listrik.
Kewajiban TerjaminUtang yang dijamin oleh aset sebagai agunan.

 

#2 Tentukan Prioritas Anda

Membuat daftar kebutuhan dan keinginan dapat membantu Anda untuk menentukan prioritas keuangan.

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus Anda dapatkan untuk bertahan hidup atau menunjang kehidupan Anda, contohnya seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, kesehatan dan transportasi.

Skala Prioritas Salah Satu Kunci Menuju Sukses - Finansialku 01

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Banyak orang mengalami berbagai masalah keuangan dikarenakan terlalu banyak memikirkan keinginan (bukan kebutuhan) sehingga tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tentukan dengan jelas, mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan. Prioritaskan kebutuhan Anda, salah satunya menabung untuk kebutuhan hari tua atau masa pensiun.

Kebutuhan Anda harus menjadi prioritas utama dalam anggaran pribadi Anda. Setelah semua kebutuhan Anda terpenuhi, Anda dapat mengalokasikan sisa dana yang tersedia untuk hal-hal yang Anda inginkan.

Namun, Anda tidak disarankan untuk menghabiskan seluruh sisa uang anggaran tersebut.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Buatlah Anggaran

Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, pengeluaran apa yang paling besar yang Anda keluarkan dalam satu tahun terakhir?

Tak banyak orang bisa menjawab secara jelas dan terperinci mengenai arus kas pribadinya Seringkali mereka lupa, kemana uang yang mereka hasilkan itu dibelanjakan.

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui arus kas adalah dengan membuat anggaran atau rencana pengeluaran pribadi.

Dengan membuat daftar anggaran bulanan, Anda memaksa diri Anda untuk menuliskan semua pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan demikian, Anda memudahkan diri Anda untuk melacak pengeluaran Anda.

Jika Anda melakukannya, Anda akan terkejut setelah melihat seberapa banyak uang yang telah Anda habiskan untuk berbagai barang atau jasa yang berlebih (mungkin yang sebetulnya tidak dibutuhkan).

Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian!]

 

Menentukan proyeksi biaya yang akurat sangatlah menantang, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Dalam pencatatannya, ada yang dinamakan biaya variabel. Biaya ini dapat terjadi secara regular namun bervariasi (tidak tetap jumlahnya) setiap bulannya.

Sebagai contoh, Anda akan membeli bensin secara rutin tetapi mungkin besaran biayanya akan sedikit berbeda. Ketika Anda memasuki bulan liburan dan jarang menggunakan kendaraan, tentunya biaya bensin Anda akan lebih sedikit bukan?

Ketika menganggarkan biaya variabel, Anda dapat memperkirakan tagihan setiap bulan atau memperkirakan biaya sepanjang tahun dan membaginya sebesar 12 untuk menghasilkan perkiraan bulanan rata-rata.

 

#4 Lunasi Utang Anda

Setiap orang tentu memiliki utang, entah itu utang kartu kredit, utang tagihan medis, utang KPR dan lain sebagainya.

Langkah awal untuk melunasi utang adalah dengan mengubah gaya hidup Anda, terutama jika pengeluaran Anda melebihi pendapatan bersih Anda setiap bulannya.

Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho!, tetapi … 02 - Finansialku

[Baca Juga: Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja]

 

Buat daftar setiap utang Anda dan usahakan untuk lunasi utang dengan bunga tertinggi.

Jika Anda ingin segera melunasi utang Anda (terutama jika utang itu bisa mematikan Anda), ada kalanya Anda harus merelakan keanggotaan gym Anda, bahkan menjual beberapa barang koleksi atau kesayangan Anda di toko online.

Jika Anda sudah pernah merasakan beban dari utang yang begitu mencekik dan berhasil keluar dari lingkaran setan itu, sebaiknya Anda perlu bijak ketika akan berutang di kemudian hari.

Daripada berutang, lebih baik berinvestasi hanya dengan modal minimal Rp100 ribu saja melalui Reksa Dana. Mau tahu caranya? Download secara gratis e-book panduan berivestasi reksa dana untuk pemula dari Finansialku

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#5 Amankan Keuangan Masa Depan Anda

Tidak ada yang tahu akan masa depan, termasuk Anda. Kita tidak tahu sampai kapan kita bisa bekerja. Masa pensiun kita bisa menerka, tetapi kekuatan dari tubuh kita, belum tentu dapat kita perkirakan.

Ketika kesehatan kita telah menurun kelak, atau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, tentu mesin keuangan kita harus tetap bergerak dan menghasilkan uang untuk kebutuhan kita.

Pay yourself first! Menabung untuk masa pensiun adalah salah satu jalan untuk mengamankan masa depan Anda, termasuk di dalamnya mengalokasikan untuk dana investasi.

Jadikan hal ini sebagai tujuan keuangan Anda agar Anda tidak perlu kuatir akan masa pensiun Anda kelak.

[Jurnal] Skala Prioritas dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pilih Lunasi Utang atau Beli Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Hal ini yang Membuat Investor Enggan Bisnis Properti dan Investasi Properti]

 

Pengetahuan ini sangat penting bahwa perencanaan pensiun harus dipersiapkan dari sekarang. Hal tentu mempengaruhi gaya dan pola hidup kita sehari-hari demi mempersiapkan masa pensiun.

Ketika merencanakan pensiun, pembicaraan tidak akan lepas dari: kapan saya akan pensiun, (usia berapa), dimana saya akan tinggal kelak dan kegiatan apa yang akan saya lakukan, 

Oleh sebab itu, Anda perlu belajar dan memahami berbagai pilihan investasi. Inilah cara yang paling efektif dan satu-satunya keputusan terbaik.

 

Miliki Literasi Keuangan Yang Baik

Anda harus memiliki literasi keuangan yang baik dalam memperbaiki keuangan Anda sendiri. Lakukan beberapa hal yang sudah dibahas sebelumnya agar keuangan Anda sehat dan sejahtera.

 

Ayo miliki literasi keuangan yang baik dengan memperbaiki kondisi keuangan Anda sejak dini. Jika Anda membutuhkan penasihat keuangan, hubungi Tim Finansialku karena kami siap membantu.

 

Sumber Referensi:

  • Investopedia. 5 Articles to Refresh Your Financial Literacy. Investopedia.com – https://goo.gl/rEee3K
  • Investopedia. Analyzing The Best Retirement Plans And Investment Options. Investopedia.com – https://goo.gl/pi9MgP
  • Investopedia. The Complete Guide To Planning A Yearly Budget. Investopedia.com – https://goo.gl/74xkrS
  • Investopedia. Five Rules to Improve Your Financial Health. Investopedia.com – https://goo.gl/WCLHHH
  • Investopedia. The Complete Guide To Calculating Your Net Worth: Important Terms. Investopedia.com – https://goo.gl/xdaT14
  • Investopedia. Digging Out Of Debt In 8 Steps. Investopedia.com – https://goo.gl/tnygC5
  • Investopedia. Treasury Bills – Investopedia.com – https://goo.gl/jR4AUa

 

Sumber Gambar:

  • Memperbaiki Keuangan – https://goo.gl/RGXL6D dan https://goo.gl/7ihfAv

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By |2017-09-08T14:23:01+00:00September 8th, 2017|Categories: Keuangan, Perencana Keuangan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment