Kesuksesan diawali dari membangun mindset positif. Terapkan mindset positif di bawah ini sebagai langkah untuk membangun kesuksesan Anda. Coba point yang ke-5 ya!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Membangun Mindset Positif

“Kekuatan mindset positif” adalah konsep yang populer, dan kadang-kadang bisa terasa sedikit klise. Tetapi manfaat fisik dan mental dari mindset positif telah ditunjukkan oleh banyak studi ilmiah.

Pola pikir atau mindset positif dapat memberi Anda lebih banyak kepercayaan diri, meningkatkan suasana hati, dan bahkan mengurangi kemungkinan mengembangkan kondisi seperti hipertensi, depresi dan gangguan terkait stres lainnya.

Semua ini terdengar hebat, tetapi apa sebenarnya arti dari “kekuatan membangun mindset positif”?

Anda dapat mendefinisikan mindset positif sebagai citra positif, self-talk positif atau optimisme umum, tetapi semua ini masih merupakan konsep umum yang ambigu.

Jika Anda ingin menjadi efektif dalam berpikir dan menjadi lebih positif, Anda akan membutuhkan contoh nyata untuk membantu Anda melalui proses tersebut.

 

#1 Membangun Mindset Positif: Mulailah Hari Dengan Kalimat Afirmasi yang Positif

Bagaimana Anda memulai pagi hari, menentukan nada untuk sisa hari tersebut. Pernahkah Anda bangun terlambat, panik, dan kemudian merasa seperti tidak ada yang baik terjadi sepanjang hari?

Ini mungkin karena Anda memulai hari dengan emosi negatif dan pandangan pesimis yang dibawa ke setiap peristiwa lain yang Anda alami.

Bahasa Anda sangat menentukan ketika Anda mencoba mengembangkan mindset positif dalam hidup Anda. Apa yang Anda katakan sebagian besar dipengaruhi oleh apa yang Anda rasakan.

Anda Bisa Sukses Dengan Membangun Mindset Positif! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

Pertimbangkan kalimat ini, “Hari ini berantakan total, saya bangun terlambat, saya terlambat bekerja dan tidak ada yang menghargai usaha saya.”

Kalimat itu sangat negatif, orang yang berbicara di atas telah membuat kesimpulan bahwa subjek hari itu buruk, karena itu, mereka lebih cenderung fokus pada setiap hal yang tidak akan berjalan sesuai keinginan mereka.

Alih-alih membiarkan ini mendominasi Anda, awali hari Anda dengan afirmasi positif. Bicaralah pada diri sendiri di depan cermin dengan pernyataan seperti, “Hari ini akan menjadi hari yang baik” atau “Aku akan menjadi luar biasa hari ini.”

Anda akan kagum betapa hari Anda meningkat.

Pertimbangkan kalimat ini, “Hari ini adalah hari yang baik, saya bangun terlambat, tapi saya senang sudah bangun sama sekali. Saya mungkin terlambat bekerja, tetapi saya beruntung saya memiliki pekerjaan untuk pergi, dan saya tidak dipecat. Orang-orang di sekitar mungkin tidak menghargai upaya saya, tetapi saya masih berusaha sebaik mungkin; karena itu tugas saya untuk melakukannya.”

Kalimat di atas fokus pada kebaikan yang terjadi pada hari itu.

Ketika Anda telah berbicara positif tentang hari Anda, Anda akhirnya menghargai hal-hal kecil dan menemukan satu atau dua alasan untuk mendorong diri Anda melewati hari itu.

Para Milenial, Milikilah 10 Mindset Seorang Pemenang untuk Mencapai Impianmu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung Besar di Bisnis Waralaba Kesehatan & Kecantikan? Baca Dulu Informasinya]

 

#2 Membangun Mindset Positif: Fokus pada Hal-hal Baik, Betapapun Kecilnya

Hampir selalu, Anda akan menghadapi hambatan sepanjang hari — tidak ada hari yang sempurna. Ketika Anda menghadapi tantangan seperti itu, fokuslah pada manfaatnya, tidak peduli seberapa kecil atau tidak penting tampaknya.

Misalnya, jika Anda mengalami kemacetan, pikirkan bagaimana Anda sekarang memiliki waktu untuk mendengarkan podcast favorit Anda yang lain.

Jika restoran makan siang yang Anda tuju kehabisan makanan yang Anda inginkan, pikirkan tentang sensasi untuk mencoba menu atau restoran yang baru.

 

#3 Membangun Mindset Positif: Fokus Dengan Apa yang Terjadi Saat Ini

Banyak orang memiliki kecenderungan untuk hidup dalam kejayaan masa lalu, atau di masa depan yang belum ditetapkan. Ketika Anda hidup di masa lalu, Anda akan membuat orang bosan dengan cerita-cerita dari masa lalu, berharap itu bisa diperpanjang hingga saat ini.

Di sisi lain, jika Anda hidup di masa depan, Anda akan berakhir dengan kurang memanfaatkan waktu Anda, memikirkan betapa hebatnya hal itu, atau apa yang akan terjadi.

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan mindset positif adalah hidupilah kehidupan saat ini dan sekarang.

Ketika Anda melakukannya, Anda akan dapat memaksimalkan peluang yang tersedia. Juga, ketika Anda hidup di hari ini, Anda dapat menyesuaikan hubungan Anda dan mengembangkannya.

Slide 13 Kualitas dan Mindset Dibalik Seorang Entrepreneur Sukses - Finansialku

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

 

Namun, penting untuk dipahami bahwa masa lalu dan masa depan memiliki tempat di saat ini. Masa lalu mengingatkan Anda tentang hal-hal yang telah Anda pelajari, dan kemenangan yang Anda miliki. Masa depan juga relevan.

Ini membuat Anda tetap pada jalur yang seharusnya, yaitu pada hal-hal berbeda yang ingin Anda capai.

Kita berbicara tentang masa kini — bukan hari ini, bukan jam ini, hanya saat yang tepat ini. Anda mungkin dikalahkan oleh bos Anda, tetapi apa yang terjadi pada saat yang sangat buruk ini?

Lupakan komentar yang dibuatnya lima menit yang lalu. Lupakan apa yang mungkin dia katakan lima menit dari sekarang. Fokus pada momen saat ini.

Dalam sebagian besar situasi, Anda akan menemukan itu tidak seburuk yang Anda bayangkan. Sebagian besar sumber negatif berasal dari ingatan akan peristiwa baru-baru ini atau imajinasi berlebihan tentang peristiwa potensial di masa depan.

Maksimalkan keuntungan Anda dengan menambah keuntungan melalui bisnis investasi lainnya dengan panduan praktis dari Finansialku berikut ini:

 

#4 Membangun Mindset Positif: Temukan Humor Dalam Situasi Yang Buruk & Cintai Diri Anda Sendiri

Biarkan diri Anda mengalami humor bahkan dalam situasi paling gelap atau paling sulit. Ingatkan diri Anda bahwa situasi ini mungkin akan membuat cerita yang bagus nantinya dan mencoba untuk melucu.

Salah satu sifat terbesar yang dapat diperoleh siapa pun dalam perjalanan membangun mindset positif adalah mencintai diri sendiri. Setiap kali orang berbicara tentang cinta, mereka lebih sering memikirkan cinta romantis.

Sementara cinta romantis memiliki tempat dalam menetapkan mindset positif, ada lebih banyak cinta daripada sekadar romansa.

Para Milenial, Milikilah 10 Mindset Seorang Pemenang untuk Mencapai Impianmu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kebiasaan, Peraturan dan Gaya Kepemimpinan di Perusahaan Amazon yang Perlu Anda Ketahui]

 

Dalam hal ini, cinta yang kita bicarakan adalah cinta untuk hal-hal kecil. Ketika Anda dapat menemukan cinta dalam hal-hal kecil tentang hari Anda, pada akhirnya Anda akan mengalami hari yang mudah. Di sisi lain, ketika Anda membenci sebuah kejadian di suatu hari, Anda akan memiliki satu hari yang panjang.

Lebih dari sekadar mencintai lingkungan Anda, Anda perlu mencintai diri sendiri. Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda akan berinvestasi dalam membuat diri Anda bahagia.

Benar, ada hal-hal yang akan mencoba dan mengacaukan hari Anda, tetapi ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda akan mengabaikan sebagian besar dari hal-hal ini.

 

#5 Membangun Mindset Positif: Kelilingi Diri Anda Dengan Orang Positif

Anda adalah hasil dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama Anda.

Lihatlah sekeliling. Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang pintar, mereka akan meningkatkan standar Anda dan Anda akan menjadi pintar juga. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi oleh orang yang tidak terlalu pintar, maka itu akan menjadi standar Anda dan Anda akan jatuh ke dalam pola yang sama.

Bagian dari membangun mindset positif adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang melakukan hal yang sama. Terlepas dari apakah mereka berhasil atau bagus dalam apa yang mereka lakukan.

Ingatlah bahwa mindset mereka akan mulai menular kepada Anda secara otomatis. Jadi, jangan hanya mencari orang-orang yang ahli, carilah orang-orang yang mewujudkan kualitas-kualitas yang juga ingin Anda wujudkan.

Pemimpin Harus Bisa Memulai Kerja Sama Dengan Tim Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Terlindungi & Punya Jaminan Hari Tua? Ini Persyaratan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan!]

 

Saat Anda dikelilingi orang-orang positif, Anda akan mendengar pandangan positif, kisah-kisah positif, dan afirmasi positif.

Kata-kata positif mereka akan meresap dan memengaruhi cara berpikir Anda sendiri, yang kemudian memengaruhi kata-kata Anda dan juga berkontribusi pada kelompok.

Menemukan orang-orang positif untuk mengisi hidup Anda mungkin sulit, tetapi Anda perlu menghilangkan hal-hal negatif dalam hidup Anda sebelum itu menghabiskan Anda. Lakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan kepositifan orang lain, dan biarkan kepositifan mereka memengaruhi Anda dengan cara yang sama.

Hampir setiap orang dalam situasi apa pun dapat menerapkan pelajaran ini dalam kehidupan mereka sendiri dan meningkatkan sikap positif mereka.

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, pemikiran positif menawarkan hasil yang majemuk, sehingga semakin sering Anda mempraktikkannya, semakin besar manfaat yang akan Anda sadari.

Segera miliki ebook Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini yang dapat Anda unduh secara gratis:

 

#6 Membangun Mindset Positif: Sadarilah Bahwa Anda Dapat Mengendalikan Reaksi Anda

Kita menciptakan realitas luar kita dengan pemikiran dan keyakinan yang kita pertahankan tentang kehidupan secara umum. Apa yang kita yakini di dunia batin kita, kita lihat di dunia luar kita, bukan sebaliknya.

Kita semua memiliki masalah, dan kita sering diuji oleh keadaan di luar kendali kita. Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi di luar Anda, Anda pasti dapat mengendalikan reaksi Anda terhadap situasi tersebut.

Kita memiliki kekuatan karena dunia batin kita memengaruhi pengaruh yang kita izinkan pada dunia luar terhadap kita. Jadi bahwa mereka 100% benar. Anda memiliki kontrol lebih dari yang Anda pikirkan.

12 Tanda Jika Anda Memiliki Mindset Wirausaha yang Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Biarkan situasi diluar memainkan peran mereka sendiri.

Setiap orang ingin memiliki kendali pada apa yang terjadi di luar mereka. Beberapa orang ingin mengendalikan segalanya, sementara sebagian besar puas dengan apa yang ada. Yang perlu Anda pahami adalah Anda tidak bisa mengendalikan setiap situasi.

Yang harus Anda lakukan sebagai gantinya adalah membiarkan situasi berjalan secara alami. Anda tidak dapat mengontrol cuaca, tetapi Anda dapat mengontrol bagaimana Anda bereaksi terhadapnya.

Saat matahari terlalu panas, Anda harus berpakaian dengan benar, dan menghargai cuaca. Ketika seorang rekan kerja mendapat promosi yang Anda amati, jangan cemburu dan iri. Sebaliknya, doakan yang terbaik dari mereka, dan tunggu giliran Anda. Namun, Anda masih harus memegang kendali sampai batas tertentu.

Misalnya, jangan menolak untuk membunyikan alarm dan menunggu alam semesta membangunkan Anda.

 

#7 Membangun Mindset Positif: Berikan Penghargaan pada Diri Sendiri

Salah satu hal tersulit yang harus dilakukan adalah memberi penghargaan pada diri sendiri.

Sering kali, orang akan menemukan kebaikan pada orang lain tetapi tidak pada dirinya sendiri. Jika Anda ingin menjadi pemikir positif, Anda harus menemukan yang baik dalam diri Anda terlebih dahulu, dan hadiahi diri Anda sendiri.

Menghargai diri sendiri bisa diartikan dengan banyak cara. Setelah seminggu yang panjang, Anda dapat menghargai diri sendiri dengan mengambil liburan akhir pekan dan bersantai. Anda bahkan dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti mendapatkan es krim atau bergaul dengan teman-teman.

 

#8 Membangun Mindset Positif: Tersenyum & Ubah Self-Talk

Ini bisa dikatakan sebagai salah satu langkah paling sederhana untuk menjaga pikiran positif. Senyum dapat membantu memupuk kepositifan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Saat Anda tersenyum, Anda tidak hanya melatih otot-otot wajah Anda, Anda juga lebih reseptif dan lebih mudah didekati.

Senyum akan memberi tahu seseorang bahwa Anda mudah diajak bicara dan bergaul dengan orang lain, dan Anda bahkan mungkin menemukan orang-orang yang lurus dan kaku dengan Anda mulai sedikit lebih terbuka. Senyum adalah alat yang sederhana, namun tetap kuat.

Pembicaraan yang terjadi dalam diri sendiri yang negatif dapat merambat dengan mudah dan sering kali sulit untuk diperhatikan. Anda mungkin berpikir bahwa Anda sangat buruk dalam suatu hal atau Anda seharusnya tidak mencoba sesuatu.

Sebaliknya, ubahlah pikiran-pikiran ini menjadi perasaan yang tertanam dan mungkin memperkuat konsepsi Anda tentang diri Anda sendiri.

Ketika Anda mendapati diri Anda melakukan ini,berpikir negatif, hentikan dan ganti pesan-pesan negatif itu dengan yang positif.

Sebagai contoh:

“Saya sangat buruk dalam hal ini” menjadi “Begitu saya mendapatkan lebih banyak latihan, saya akan menjadi jauh lebih baik dalam hal ini. Dan lain kali saya akan berhasil seperti yang telah saya rencanakan.”

 

Tips mana yang dapat menolong Anda dalam membangun mindset positif? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Declan OFlaherty. 8 Tips to Help Create a Positive Mental Attitude. Tinybuddha.com – https://bit.ly/2FOtWwH
  • Nicolas Cole. 5 Daily Habits That Will Cultivate a Positive Mindset. Inc.com – https://bit.ly/2PqTLqM
  • Great Performers. 10 Tips on How to Develop a Long Lasting Positive Mindset. Greatperformersacademy.com – https://bit.ly/2YpvKBw
  • Larry Alton. 28 Juni 2019. 7 Practical Tips to Achieve a Positive Mindset. Success.com – https://bit.ly/2DtPwEm

 

Sumber Gambar:

  • Membangun Mindset Positif 01 – https://bit.ly/2YxRZoZ
  • Membangun Mindset Positif 02 – https://bit.ly/2XuP18v

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG