Mendapat pemasukan tanpa harus bekerja memang impian banyak orang. Tapi, apakah ada cara yang masuk akal supaya bisa mendapatkan pemasukan tanpa bekerja?

Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mendapatkan Pemasukan Tanpa Bekerja Itu Mustahil

Anda merasa cape bekerja terus? Bosan menjadi karyawan yang bekerja 9-5?

Tapi, kalau berhenti bekerja, tak akan punya pemasukan. Sementara itu, banyak kebutuhan yang membutuhkan biaya. Hmm, pasti terlintas di pikiran Anda: Bagaimana ya bisa mendapatkan pemasukan tanpa harus bekerja?

Pemikiran seperti ini pasti dirasakan orang-orang yang pernah bekerja. Jika benar ada cara untuk bisa mendapat pemasukan tanpa bekerja, semua orang pasti mau. Tapi sayangnya, itu mustahil!

Dalam buku The 4-Hour Work Week, Tim Ferris menyatakan bahwa Anda tidak akan bisa mendapatkan kebebasan untuk melakukan apapun dengan bekerja di pekerjaan harian Anda selama 40 jam seminggu.

Orang yang tidak memahami apa yang tertulis di buku tersebut akan mengartikan lain. Padahal, kebebasan yang dimaksud bukan hanya soal materi untuk bisa berleha-leha. Justru, tetap membutuhkan usaha.

Berikut ini beberapa alasan mengapa mendapat pemasukan tanpa bekerja itu mustahil.

 

#1 Tetap Harus Bekerja

Banyak tips yang beredar di internet mengenai cara dapat uang tanpa kerja. Sebagian besar informasi tersebut memberikan beberapa cara supaya Anda mendapatkan pemasukan tanpa harus bekerja.

Namun, setelah Anda membacanya, pasti Anda kecewa. Bagaimana tidak? Isinya justru mengarahkan Anda untuk berusaha.

Mulai dari membuat blog atau vlog, menjadi gamers, membuka kursus online, dsb. Padahal, itu semua justru butuh usaha alias bekerja.

Membuat blog atau vlog, misalnya. Memang bisa menghasilkan uang. Tapi, tetap saja ada tenaga, pikiran, dan waktu yang terlibat. Itu namanya bekerja.

Anda harus mencari ide untuk konten, Anda harus membuat tulisan, Anda harus membuat dan mengedit video, dsb.

Memangnya Bisa Dapat Pemasukan Tanpa Bekerja Yuk, Cari Tahu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Kiat Jitu Bekerja Sambil Kuliah S2, Anti Gagal Patut Dicoba]

 

Sama halnya dengan menjadi gamers, dan membuka kursus online. Tetap saja Anda harus berusaha supaya apa yang Anda lakukan itu menghasilkan sesuatu. Iya, kan?

Anda tetap harus bekerja untuk mendapatkan pemasukan. Sekelas Bill Gates saja masih bekerja, lho! Sebagian besar pebisnis memang menghasilkan uang tanpa bekerja. Tapi, ingat, mereka memiliki bisnis yang sudah autopilot.

Mereka menunjuk orang lain untuk menjalankan bisnisnya. Tapi, sebelum itu, pasti ada usaha terlebih dahulu untuk bisa seperti itu.

Jadi, mendapat penghasilan tanpa harus bekerja itu tidak mungkin, Sobat Finansialku!

 

#2 Tidak Ada Shortcut

Tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan penghasilan.

Memang, bisa saja pakai dividen. Tahukah Anda bahwa dividen itu adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham?

Nah, untuk mendapatkan dividen, Anda harus berinvestasi saham dulu. Untuk bisa berinvestasi, Anda harus memiliki uang. Ya, tentu saja uang didapat kalau Anda bekerja terlebih dahulu.

Ada juga yang bilang, mendapat pemasukan tanpa bekerja dari penghasilan pasif. Ya, memang benar. Tapi, untuk mendapatkan penghasilan pasif tentunya kita harus memiliki modal. Modal akan terkumpul jika kita berusaha dengan bekerja.

Dengan bekerja terlebih dahulu, Anda bisa mengumpulkan uang. Kira-kira berapa sih uang yang perlu Anda kumpulkan supaya bisa berinvestasi dan mendapatkan dividen yang jumlahnya sesuai kebutuhan Anda per bulannya?

Memangnya Bisa Dapat Pemasukan Tanpa Bekerja Yuk, Cari Tahu! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Jadi Freelancer yang Kelihatan Pengangguran Tapi Gaji Miliaran]

 

Sebagai contoh, Anda ingin hasil investasi Anda sebesar Rp 100 juta per bulan. Jika Anda memilih deposito, bunganya kira-kira 3% per tahun.

Itu artinya, Anda harus berinvestasi sebesar Rp 4 miliar per bulan supaya bisa mendapatkan hasil Rp 100 juta per bulan. Nah, dari mana uang Rp 4 miliar tersebut? Tentu saja, Anda harus bekerja!

Akan tetapi, mencari uang Rp 4 miliar itu sulit, kecuali Anda sudah dapat kekayaan seperti hibah atau warisan. Itu pun tidak semua orang mendapat keberuntungan seperti itu.

Jadi, tidak ada jalan pintas. Pasti harus bekerja dulu untuk mengumpulkan sejumlah uang untuk diinvestasikan.

Anda ingin berinvestasi di reksadana tapi tidak percaya diri karena Anda pemula? Jangan khawatir. Pelajari bagaimana cara memilih produk untuk reksa dana Anda lewat ebook dari Finansialku ini.

Anda bisa mendapatkan ebook-nya secara GRATIS, lho!

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI REKSA DANA untuk PEMULA

10 Panduan Investasi Reksadana Pemula

 

#3 Persepsi yang Salah

Pikiran-pikiran untuk bisa mendapatkan pemasukan tanpa bekerja biasanya muncul ketika melihat gaya hidup orang lain. Tak dapat dipungkiri bahwa seringkali kita membandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain.

Dia enak tuh kerjanya!

Dia kerja apa sih kok bisa nongkrong-nongkrong di jam kerja?

Enak juga ya jadi dia. Kerjaannya liburan terus.

 

Apa yang kita lihat sering kali memicu stress dan frustasi. Ketika membandingkan hidup dengan orang lain, pasti kita menjadi tidak bersyukur. Padahal, apa yang kita lihat belum tentu benar.

Kita tidak tahu apa yang terjadi di balik itu semua. Dengan kata lain, kita tidak tahu apa yang orang lain tempuh untuk bisa mencapai hal itu.

Jadi, sebaiknya jangan iri pada orang lain lantas Anda berpikir bagaimana bisa mendapat pemasukan tanpa bekerja. Justru, jadikan hal itu sebagai motivasi untuk semangat bekerja demi mencapai tujuan keuangan Anda.

Memangnya Bisa Dapat Pemasukan Tanpa Bekerja Yuk, Cari Tahu! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Status “Pengangguran” IRT Hasilkan Jutaan Sebulan, Ini Caranya!]

 

Ada langkah awal untuk bisa mencapai tujuan keuangan Anda, yaitu mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda. Banyak orang yang berpikir bahwa mencatat keuangan itu ribet.

Oh, tunggu dulu! Mungkin mereka masih berpikir gaya lama. Di era Industri 4.0 seperti ini, mencatat keuangan menjadi lebih canggih. Gunakan aplikasi Finansialku!

Aplikasi Finansialku memiliki fitur mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan harian. Anda dapat mengunduh aplikasi Finansialku di ponsel pintar Anda.

Jadi, Anda bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda di manapun dan kapanpun tanpa perlu repot-repot membawa buku catatan.

Penasaran? Yuk, segera download aplikasi Finansialku di Google Playstore atau dengan klik tautan di bawah ini.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

No Pain, No Gain

Pikiran mendapat pemasukan tanpa harus bekerja biasanya datang dari orang-orang malas. Apapun kondisinya, kita harus berusaha terlebih dahulu, barulah bisa memetik hasilnya.

Seperti halnya peribahasa ‘bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian’. Mau cara yang aman dan hanya ingin tidur doang? Mustahil!

Berusahalah terlebih dahulu. Pasalnya, rahasia sebenarnya adalah kita semua mencari makna dalam pekerjaan kita.

 

Sekarang Anda sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan apakah bisa mendapat pemasukan tanpa bekerja. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda semakin semangat untuk memenuhi tujuan keuangan Anda.

Jangan lupa share artikel ini pada teman-teman Anda. Siapa tahu di antara mereka masih ada yang berpikir bisa mendapat pemasukan tanpa bekerja. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda membantu mereka dalam hal finansial.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Apakah Minggu Kerja 4 Jam Tim Ferris Masih Relevan untuk 2021? Ichi.pro – https://bit.ly/3qQz3Ql

 

Sumber Gambar:

  • Bekerja 1 – http://bit.ly/39nDNHc
  • Bekerja 2 – http://bit.ly/3pv5tzp
  • Bekerja 3 – http://bit.ly/2Msy5e2