Apakah Anda sudah mengelola keuangan Imlek 2019 dengan baik? Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan ya?

Mari simak hal-hal penting dalam mengelola keuangan untuk Imlek 2019 Anda melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengelola Keuangan Imlek 2019

Perayaan Tahun Baru Imlek nampaknya masih menjadi tradisi yang melekat bagi orang-orang Tionghoa. Perayaan Tahun Baru Imlek ini biasanya dirayakan bersama-sama dengan keluarga besar.

Pada tahun 2019 ini, perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Selasa, tanggal 5 Febuari 2019.

Tentunya dalam tradisi perayaan Tahun Baru Imlek ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Banyak biaya yang harus dikeluarkan seperti untuk makan malam, angpao, transportasi, dan lain-lain.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang harus menggunakan bonus mereka bahkan tabungan untuk dapat memenuhi tradisi yang ada. Dengan begitu, maka Anda harus melakukan pengelolaan uang yang baik.

Mengelola Keuangan Imlek 2019 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tradisi Imlek Yang Dapat Menambah Keberuntungan Selama Tahun Baru Imlek]

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih terdapat beberapa cara untuk berhemat.

Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan selalu merencanakan keuangan kapanpun itu.

Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan, mengingat fungsinya yang dapat membantu Anda untuk mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan saat ini dan masa mendatang

Jika Anda ingin memahaminya lebih dalam, gunakan ebook Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Di dalamnya terdapat sejumlah pembahasan dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga Anda dapat langsung mempraktikkannya saat ini juga.

Jika Anda ingin lebih mudah dan praktis dalam melakukan perencanaan keuangan, gunakan aplikasi Finansialku untuk mengelola keuangan Anda.

Fitur yang dimilikinya dapat membantu Anda mulai dari:

  • Membuat anggaran.
  • Mencatat keuangan.
  • Merencanakan keuangan.
  • Memantau kinerja investasi.
  • Mengecek kesehatan keuangan, hingga
  • Live chat dengan perencana keuangan.

 

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, seperti:

  • Up to date dengan kondisi keuangan Anda.
  • Miliki kontrol atas keuangan Anda.
  • Cari tahu dan perbaiki kebocoran-kebocoran keuangan.
  • Perbaiki kondisi utang konsumtif.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tunggu apalagi? Segera miliki aplikasinya dengan mengunduh melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC. Gunakan kode voucher ANGPAO untuk DISKON 10% upgrade Aplikasi Finansialku sebelum tanggal 6 Februari 2019.

Back to the topic, kalau begitu, langsung saja simak hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mengelola keuangan untuk Imlek.

 

5 Hal yang akan Berbahaya Jika Diabaikan dalam Mengelola Keuangan Imlek 2019

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak berbahaya dalam mengelola keuangan Imlek.

Berikut 5 hal yang akan berbahaya jika diabaikan dalam mengelola keuangan Imlek 2019.

 

#1 Makan Malam Bersama Keluarga untuk Menyambut Tahun Baru Imlek

Biasanya keluarga besar akan berkumpul untuk makan malam bersama-sama.

Salah satu makanan yang paling identik dalam tradisi ini adalah Yee Sang/ Yu Sheng/ Spring Toss.

Yee Sang merupakan jenis makanan pembuka yang berupa salad ikan segar. Salad ikan segar ini disajikan dengan irisan sayuran, minyak wijen, dan lain-lain. Makanan ini dipercaya sebagai simbol kemakmuran.

Cara memakannya juga terbilang cukup unik. Pertama-tama Yee Sang diaduk, kemudian diangkat tinggi-tinggi dengan maksud agar peruntungan di tahun yang baru semakin baik.

Selain itu, tak lupa juga untuk mengucapkan selamat tahun baru.

10-Ide-Peluang-Bisnis-Imlek-4-Finansialku

[Baca Juga: Cerdas, Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga Meski Harga Bahan Makanan Naik]

 

Namun sayangnya tradisi makan Yee Sang ini memakan biaya yang cukup besar lho. Untuk di restoran khusus makanan China harganya saja mulai dari Rp300 ribu.

Bahkan harga Yee Sang juga ada yang mencapai jutaan rupiah lho. Sangat fantastis kan?

Dengan harga yang terbilang cukup mahal tersebut, maka tidak semua orang bisa menyantap Yee Sang ini. Oleh karena itu, jika anggaran Anda terbatas, Anda dapat menggunakan alternatif lain untuk merayakan makan malam.

Misalnya dengan memasak makanan sendiri. Tentunya jika Anda memasak makanan sendiri maka akan lebih terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan steamboat sebagai alternatif lainnya.

Jika mau menggunakan steamboat, Anda bisa menyiapkan sayuran segar dengan berbagai pilihan daging. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau tentunya Anda bisa membeli dagingnya di pasar.

Setelah itu, Anda juga dapat membeli bumbu makanan steamboat yang sudah jadi dan dijual dalam bentuk kemasan di supermarket. Tentu saja, jenis makanan ini tidak menyita waktu Anda.

Hal itu dikarenakan proses memaksanya dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga. Selain tidak memakan banyak waktu dan biaya, kebersamaan dalam keluarga juga bisa lebih terasa.

 

#2 Angpao

Salah satu ciri khas perayaan Imlek yang tidak ketinggalan adalah angpao.

Angpao ini biasanya diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada orang-orang yang belum menikah, anak-anak, serta orang tua.

Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk memberi angpao juga tidak sedikit ya. Oleh karena itu, Anda perlu mendata siapa saja yang akan mendapatkan angpao.

Pengeluaran untuk Mempersiapkan Perayaan Tahun Baru Imlek 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Resolusi Tahun 2019: Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Begini Caranya!]

 

Jika Anda mau sedikit repot namun lebih berhemat, Anda bisa mengisi angpao dengan nominal yang berbeda-beda. Misalnya untuk anak-anak diberikan nominal uang yang lebih kecil jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Selain itu, jika anggaran Anda memang terbatas tahun ini, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menaikkan nominal angpao yang diberikan.

 

#3 Pakaian Baru

Ciri khas perayaan Tahun Baru Imlek lainnya adalah dengan membeli baju baru. Mengapa demikian?

Konon katanya salah satu tradisi Imlek adalah untuk bertemu kembali dengan keluarga ataupun teman dan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Oleh karena itu, rasanya harus berpenampilan yang baik agar terlihat lebih menarik.

 

Namun, sayangnya banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk pemborosan. Tentu tidak salah jika Anda mau membeli baju baru. Tapi, jika budget Anda cukup terbatas sebaiknya membatasi pembelian Anda ya.

Untuk lebih menghemat lagi, Anda bisa memanfaatkan diskon-diskon fashion edisi Imlek yang ada. Selain itu, Anda juga bisa coba beli di online shop yang menawarkan berbagai diskon dan promo yang menarik.

 

#4 Makanan untuk Merayakan Tahun Baru Imlek

Salah satu pengeluaran untuk Tahun Baru Imlek adalah makanan ringan. Salah satu ciri khas Imlek yang perlu Anda persiapkan adalah jeruk mandarin atau jeruk kimkit. Kedua jenis jeruk tersebut memang tergolong cukup mahal saat mendekati Imlek.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki dana yang terbatas maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli jeruk tersebut.

10-Ide-Peluang-Bisnis-Imlek-2-Finansialku

[Baca Juga: Slide: 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Bisa Anda Praktikkan!]

 

Sebagai gantinya, Anda bisa menyediakan makanan ringan seperti kue kering ataupun buah-buahan kering seperti manisan sebagai jamuan para tamu.

Untuk lebih berhemat, Anda bisa membuat sendiri kue keringnya. Tentunya jika Anda membuat kue kering sendiri, biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau.

Namun, jika Anda terlalu sibuk Anda bisa membeli makanan ringan yang sudah jadi.

 

#5 Dekorasi

Mendekorasi ulang bagian dalam rumah juga menjadi salah satu tradisi yang masih dilakukan oleh orang Tionghoa. Biasanya dekorasi perayaan Tahun Baru Imlek identik dengan warna merah dan emas.

Warna tersebut dipercaya melambangkan keberuntungan serta kebahagiaan. Namun, jika anggaran Anda memang sangat terbatas sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk membeli hiasan-hiasan Imlek yang baru untuk dekorasi.

Sebagai pilihan alternatif, Anda bisa menggunakan hiasan dari dekorasi tahun baru. Selain itu, jika Anda masih memiliki dekorasi Imlek tahun lalu seperti bunga sakura, lampion, dan lain-lain Anda bisa menggunakannya kembali.

Jangan lupa juga untuk menata rumah Anda. Rapikan barang-barang Anda yang masih berantakan. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih rapi dan nyaman untuk para tamu yang akan datang.

 

Tetap Berhemat Saat Merayakan Tahun Baru Imlek 2019

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan Imlek, tentunya Anda dapat mengantisipasi dan menyesuaikan pengeluaran Imlek Anda dengan budget yang Anda miliki.

Tradisi yang memakan biaya yang cukup besar tentunya tidak semua harus Anda lakukan jika Anda memang memiliki budget yang terbatas. Anda tidak perlu memaksakan diri.

Yang terpenting adalah Anda bisa merasakan kebersamaan dengan keluarga Anda. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2019!

 

Jadi, apakah Anda sudah menyiapkan dana untuk perayaan Imlek tahun 2019? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Finley Susanto. 23 Januari 2019. 5 Faktor dalam Mengelola Keuangan di Perayaan Tahun Baru Imlek 2018. Amalan.com – https://goo.gl/cjSTCu

 

Sumber Gambar:

  • Mengelola Keuangan Imlek 2019 1 – https://goo.gl/idX5iL
  • Mengelola Keuangan Imlek 2019 2 – https://goo.gl/EPYULk