Adakah suplemen untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak?

Daya ingat adalah mengingat kembali informasi yang telah dipelajari atau suatu pengalaman yang kemudian diulang kembali. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mengingat atau mengulang kembali informasi yang telah dipelajari dapat dikatakan memiliki memori yang kurang baik.

Nah, kali ini Finansialku akan membahas suplemen yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Yuk simak artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu Suplemen?

Suplemen dalam kamus bahasa Indonesia berarti tambahan, atau sesuatu yang ditambahkan untuk melengkapi atau menambah asupan makanan.

Suplemen bukan dikonsumsi sebagai pengganti obat-obatan atau pengganti makanan. Suplemen dikonsumsi untuk menunjang kesehatan dan memastikan bahwa kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Suplemen dapat berupa produk yang mengandung satu atau lebih vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, dan serat. Suplemen juga dapat berupa produk yang berasal dari alam, baik dari tumbuhan ataupun dari hewan.

 

Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Suplemen atau vitamin apa sih yang baik untuk meningkatkan daya ingat? Setiap orang pasti ingin memiliki daya ingat yang baik, dan memiliki otak yang cerdas. 

Berikut ini akan dibahas beberapa suplemen yang dapat meningkatkan daya ingat.

Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan 02 Suplemen - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Penyakit Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe II? Apakah Dicover BPJS Kesehatan?]

 

Tetapi sebelumnya perlu diketahui, memang ada beberapa suplemen yang telah diteliti dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Tetapi, keberhasilan dalam menggunakan suplemen bervariasi.

Setiap orang memiliki gen yang berbeda, kesehatan dan pola diet yang berbeda serta bakat alami yang dapat menjelaskan variasi tersebut.

Perlu diingat, apa yang dimakan dan diminum serta kualitas tidur juga mempunyai efek yang besar pada kemampuan mengingat seseorang.

Mengkonsumsi suplemen tidak akan mengimbangi gaya hidup yang tidak seimbang

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Vitamin B

Vitamin B yang sangat berperan untuk daya ingat adalah vitamin B6, B12 dan Asam Folat (vitamin B9).

 

Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin yang berperan dalam membantu otak dan sistem saraf pusat bekerja dengan baik.

Vitamin B6 berperan dalam pembentukan hemoglobin yang akan mengikat oksigen untuk dibawa ke seluruh tubuh. Vitamin B6 sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak (bagi anak-anak) dan untuk fungsi otak (bagi seluruh umur).

 

Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 merupakan zat yang berperan dalam pembentukan mielin. Mielin adalah zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf yang ada di otak dan sumsum tulang belakang.

Vitamin B12 dapat membantu melindungi otak dari kerusakan saraf, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi penurunan fungsi mental

 

Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam folat akan membantu tubuh memproduksi dan merawat sel-sel baru, asam folat juga akan membantu mencegah mutasi DNA yang akan menjadi sel kanker.

Asam folat juga digunakan untuk pengobatan anemia yang dikarenakan kekurangan asam folat

Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan 03 Vitamin B9 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 15 Cara Jitu Mahasiswa Meningkatkan Semangat Belajar di Kampus]

 

Kombinasi dari vitamin B6, B12 dan asam folat akan berperan dalam memperlambat penurunan kemampuan kognitif dan pikun. Hal ini diduga akan dapat menurunkan risiko stroke, penyakit Alzheimer’s dan depresi.

Vitamin B dapat ditemukan dalam makanan seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, brokoli, asparagus, stroberi, melon, jeruk, anggur, dan kedelai.

 

#2 Antioksidan

Beberapa antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan beta karoten merupakan vitamin yang penting untuk daya ingat.

Antioksidan akan melindungi jaringan otak dengan mengikat radikal bebas. Radikal bebas akan merusak jaringan fungsi otak, dengan kata lain antioksidan akan mencegah kerusakan jaringan dasar otak.

Antioksidan terdapat pada makanan seperti blueberries, stoberi, dan buah beri lainnya; terdapat juga pada ubi, tomat, brokoli, teh hijau, teh peppermint, dan teh herba lainnya; kacang-kacangan dan biji-bijian dan buah seperti jeruk dan anggur.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Asam Lemak

Asam lemak omega-3 merupakan molekul lemak yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Omega-3 termasuk ke dalam lemak baik. Lemak ini akan membantu melindungi otak melawan inflamasi dan kolesterol tinggi.

Terdapat studi yang menunjukan bahwa asupan asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah Alzheimer.

Sumber asam lemak omega-3 antara lain salmon, herring, tuna, halibut dan ikan mackerel; walnuts; dan minyak biji rami (flaxseed oil).

 

#4 Acetyl L-Carnitine

Zat ini merupakan senyawa asam amino yang diketahui memiliki kemampuan untuk melewati selaput otak. Senyawa ini juga membantu memproduksi energi yang penting untuk mengoptimalkan fungsi otak

Beberapa penelitian telah dilakukan, asam amino ini dapat membantu pasien Alzheimer, dan menghambat laju perkembangan penyakit Alzheimer.

 

#5 Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan herbal yang mempunyai khasiat untuk meningkatkan aliran darah ke organ tubuh termasuk otak.

Dari penelitian yang dilakukan, efek yang diberikan oleh Ginkgo Biloba adalah melancarkan peredaran darah yang memungkinkan pengiriman oksigen serta nutrisi pada sel otak lebih efisien.

Hal inilah yang dapat meningkatkan konsentrasi.

Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan 04 Ginko Biloba - Finansialku

[Baca Juga: Baca Yuk Pesan Cerita Kelinci dan Kura Kura yang Bisa Anda Lakukan!]

 

Ginkgo Biloba mempunyai efek samping dapat menyebabkan pendarahan jika dikonsumsi berlebihan.

Oleh sebab itu, perlu hati-hati dalam konsumsinya. Konsultasikan dahulu penggunaan Ginkgo Biloba dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui dosis dan penggunaan yang tepat.

 

#6 COQ10 (Ubiquinol)

Ubiquinol merupakan ko-enzim yang secara alami terdapat dalam tubuh, berkontribusi dalam pembentukan ATP, energi utama tubuh. Ubiquinol terdapat dalam jumlah kecil di daging dan ikan.

Selain itu, Ubiquinol juga membantu memaksimalkan energi yang dapat membantu konsentrasi dan daya ingat.

Penelitian mengatakan bahwa Ubiquinol dapat membantu mencegah pikun, termasuk penyakit Parkinson. Dalam pengobatan, Ubiquinol digunakan untuk mengatasi kekurangan ko-enzim Q10.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pola Hidup Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suplemen adalah bahan tambahan. Suplemen tidak dapat mengimbangi pola hidup yang buruk.

Pola hidup sehat akan sangat berperan dalam meningkatkan daya ingat dan mencerdaskan otak. Beberapa pola hidup sehat yang dapat dilakukan:

 

#1 Memerhatikan Asupan Nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk otak didapatkan dari makanan yang kita makan. Apa yang dikonsumsi akan mempengaruhi suasana hati, energi otak, daya ingat serta konsentrasi.

Memenuhi kebutuhan nutrisi akan menyediakan energi yang cukup bagi otak untuk berfungsi secara optimal.

Makanan yang baik bagi otak adalah makanan yang secara alami mengandung suplemen seperti ikan yang mengandung omega 3, sayuran berdaun hijau gelap yang mengandung vitamin B, buah segar yang mengandung antioksidan, gandum utuh yang mengandung karbohidrat dan makanan lainnya.

5 Usaha Rumahan Membantu Orang Diet 03 Makanan Sehat - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Tiru 7 Pola Hidup Sehat Keuangan untuk Masa Kini dan Masa Depan Keluarga Anda]

 

#2 Olahraga Teratur

Olahraga dan aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat memengaruhi kecerdasan seseorang.

Aktivitas fisik akan membuat otak bekerja secara optimal untuk menghasilkan protein brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

 

#3 Tidur

Tidur merupakan cara mengistirahatkan otak. Kurang tidur dapat menurunkan fungsi otak untuk berpikir dan memproses informasi.

Kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7-8 jam sehari. Dengan memenuhi kebutuhan tidur, energi untuk otak akan tersedia lebih banyak sehingga otak akan lebih mudah untuk berkonsentrasi mengolah informasi yang ada.

 

#4 Mengelola Stres

Stres yang dialami akan membuat kadar hormon kortisol meningkat.

Stres dapat menyebabkan penurunan fungsi otak sehingga dapat terjadi gangguan mood dan sulitnya belajar.

Melakukan kegiatan yang dapat menurunkan tingkat stres seperti yoga, meditasi dan kegiatan lainnya dapat membantu untuk menurunkan hormon kortisol.

 

Konsumsi Suplemen

Suplemen hanyalah tambahan, bukan hal utama yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Memiliki gaya hidup sehat adalah hal yang harus dilakukan sebelumnya.

Konsumsi suplemen dapat dilakukan sebagai tambahan asupan nutrisi. Perlu diingat, konsumsi suplemen sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker yang ahli dalam bidangnya sehingga penggunaannya dapat sesuai dan tidak berlebihan, serta aman bagi tubuh.

 

Nah,  artikel diatas sangat bermanfaat bukan? Kita jadi bisa mengetahui suplemen dan cara untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

Yuk, kirim komentar di bawah ini jika Anda mengetahui suplemen dan cara lain untuk meningkatkan daya ingat

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Manfaat Konsumsi Suplemen Yang Penting Diketahui. Alodokter.com – https://goo.gl/VDrJXt
  • Katherine Lee. 25 September 2017. The Health and Brain Benefits of Vitamin B6. Everydayhealth.com – https://goo.gl/KeFL7F
  • Risky Candaswari. 4 Suplemen untuk Otak yang Bisa meningkatkan Daya Ingat Anda. Hellosehat.com – https://goo.gl/a7x54r
  • Admin. 10 Maret 2012. 7 Vitamin yang Mempertajam Daya Ingat. Kompas.com – https://goo.gl/dNQLnb
  • Admin. The Best Vitamin for Memory Improvement. Memory-Improvement-tips.com – https://goo.gl/4fEKnm
  • Admin. Ginko Biloba. WebMD.com https://goo.gl/hPSaJT
  • Admin. Coenzym Q10. WebMD.com https://goo.gl/QLC8dP

 

Sumber Gambar:

  • Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak – https://goo.gl/7AcHZr
  • Suplemen – https://goo.gl/uQKDps
  • Vitamin B9 – https://goo.gl/ZrppqT
  • Ginkgo Biloba – https://goo.gl/BLzXfL