Wah, bulan Ramadan sebentar lagi tiba nih Guys! Kira-kira apa saja ya menu sahur ala anak kost yang mudah dibuat?

Salah satu hal yang paling membingungkan di saat bulan Ramadan ialah menu sahur. Apalagi untuk anak kost yang masih merantau jauh dari orang tua.

Eits, tenang saja. Kali ini Finansialku akan memberikan sejumlah menu sahur yang bisa kamu buat dengan mudah dan dengan harga yang dijamin terjangkau.

Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sahur dan Puasa di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Biasanya, terdapat enam hal yang paling ditunggu saat bulan Ramadan tiba, yaitu sahur, puasa, salat tarawih, malam Nuzulul Quran, zakat, dan Hari Raya Idul Fitri.

Lalu, bagaimana dengan kamu? Apa yang paling kamu tunggu dari bulan Ramadan?

Oiya, bagi yang belum tahu, puasa akan dimulai tepat di hari Senin, tanggal 6 Mei 2019. Artinya, besok kita sudah memasuki bulan Ramadan.

Nah, karena hanya sisa beberapa jam lagi, berarti kamu harus sudah memikirkan menu apa yang akan kamu pilih untuk dimakan saat sahur.

Ingat ya, Guys! Sahur menjadi salah satu bagian paling penting yang seharusnya tidak boleh dilewatkan. Tapi faktanya, banyak yang sering melewatkan sahur.

Kesulitan bangun dan kebingungan memilih menu sahur menjadi alasan-alasan yang paling sering diberikan oleh mereka yang melewatkan sahur.

Padahal, saat ini sudah banyak ojek online yang melayani delivery makanan dari beragam tempat makan. Meskipun biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal.

Menu Sahur 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Mungkin beberapa dari kamu akan merasa keberatan jika harus delivery makanan. Selain karena ada tambahan biaya ongkir, biasanya menu yang disajikan oleh tempat makan tidak terlalu bervariasi.

Nah, untuk mengurangi rasa keberatanmu, Finansialku akan memberikan kamu sejumlah menu sahur yang cocok banget dengan kantung anak kost masa kini.

Selain terjangkau, cara membuatnya pun mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Tapi sebelum itu, yuk atur arus kas milikmu dengan rapi, teratur, dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Aplikasi ini dapat memudahkan kamu dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Kamu bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Kamu juga bisa lho mendengarkan sejumlah podcast dari Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Menu Sahur Anak Kost Masa Kini

Nah, berikut ini beberapa menu sahur yang cocok banget buat anak kost. Selain karena caranya yang mudah, harga bahannya pun relatif terjangkau.

Kamu bisa menyesuaikan semua menu ini dengan seleramu. Beberapa menu rekomendasi dari Finansialku adalah sebagai berikut:

 

#1 Olahan Telur

Bermodalkan sebutir telur, kamu bisa menciptakan lauk yang lezat. Bahkan, kamu bisa membuat telur goreng menggunakan rice cooker, lho!

Kamu bisa berkreasi dengan mengolahnya menjadi telur ceplok, telur dadar, telur rebus, bahkan omelete.

Jika kamu ingin memasak telur ceplok, kamu hanya perlu memanaskan sedikit minyak, pecahkan telur, tunggu hingga matang. Jika sudah matang, angkat telurnya, taburkan sedikit lada juga garam di atasnya.

Jika kamu ingin memasak telur dadar, kamu hanya perlu mencampur telur, sedikit bawang daun, lada, juga garam. Kamu juga bisa menambahkan sosis atau bakso agar lebih lezat. Jika sudah matang, kamu bisa menambahkan nasi hangat untuk dimakan bersamanya.

Menu Sahur 03 (Omelete Telur) - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Nah, jika ingin yang sehat tanpa minyak, kamu bisa merebus telur beserta sayuran lain seperti wortel juga brokoli. Tapi ingat, jangan merebusnya bersamaan. Karena bisa meninggalkan aroma telur di sayurannya.

Terakhir, omelete. Untuk membuat omelet, kamu hanya perlu mencampurkan telur, susu cair full cream, garam, juga lada bubuk. Jika sudah, goreng di atas teflon dengan api yang kecil.

Gulung sedikit demi sedikit omelete. Tunggu hingga benar-benar matang. Lalu hidangkan selagi panas. Tambahkan saus sambal agar lebih lezat.

 

#2 Martabak Mie

Salah satu menu yang paling sering dipilih oleh anak kost ialah mie instan. Tapi lama-lama pasti kamu akan ngerasa bosan kalau selalu makan mie.

Selain itu, memakan mie instan dalam jumlah yang banyak, bisa mengganggu pencernaan kamu. Kamu tentu tidak mau bukan sakit di saat puasa?

Daripada hanya mie instan saja, bagaimana kalau kamu mengkreasikannya dengan telur dan dijadikan martabak mie?

Meski martabak mie enggak bisa dibuat di rice cooker, namun kamu bisa membuatnya dalam waktu yang singkat juga dengan cara yang mudah.

Cukup masak mie instan goreng seperti biasanya, lalu tiriskan. Kemudian masak dalam wajan mie dengan adonan telur kocok yang disesuaikan ukurannya dengan selera.

Kamu juga bisa tambahkan topping lain seperti sayuran atau bakso juga sosis. Eits, ingat. Jangan terlalu sering ya. Tetap jaga kesehatanmu!

 

#3 Capcay

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang penting untuk dikonsumsi. Sayuran sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Kamu harus menambahkan sayur di menu sahurmu. Salah satu cara yang paling mudah ialah dengan membuat capcay.

Capcay bisa dipadukan dengan telur sebagai sumber proteinnya. Untuk pilihan sayurnya, kamu bisa menyesuaikannya dengan seleramu. Biasanya sayur yang dipilih ialah kol, buncis, kacang panjang, tauge, dan wortel.

Cara membuatnya tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan telur untuk diorak-arik hingga rata.

Masak sayuran ke dalam wajan dengan api sedang. Setelah itu, berikan bumbu penyedap atau kamu bisa gunakan garam dengan gula.

Tidak lupa berikan sedikit air agar sayuran lebih cepat matang dan bumbunya meresap ke dalam. Mudah bukan?

Menu Sahur 04 (Capcay) - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

#4 Sop Ayam

Buat kamu yang masih ingin memadukan sayuran dengan protein, kamu bisa mencoba membuat sup ayam.

Sup ayam merupakan salah satu jenis makanan yang cukup mudah untuk dibuat oleh anak kost. Bahkan anak kost bisa menggunakan rice cooker untuk membuatnya.

Caranya, goreng potongan bawang putih juga bawang merah dengan sedikit minyak hingga haru. Setelah itu, masukan air, tunggu hingga mendidih.

Kemudian, masukkan ayam dan bumbu sop. Atau kamu bisa memasukkan garam, gula, dan lada secukupnya. Tidak lupa berbagai jenis sayuran, seperti wortel, kentang, buncis, dan kol.

Kamu bisa menambahkan sedikit potongan tomat untuk menambahkan rasa. Setelah itu, tunggu hingga matang. Bagaimana, tertarik mencobanya?

 

#5 Frozen Food

Hampir sama dengan mie instan, frozen food menjadi makanan yang memiliki tingkat kegagalan yang sangat rendah.

Frozen food terdiri dari beragam jenis. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar atau di supermarket.

Tenang saja, kini sudah banyak frozen food yang harganya pas di kantong anak kost. Bahkan biasanya akan ada diskon selama bulan Ramadan.

Ingat ya, jangan terlalu lama saat menggorengnya. Bisa-bisa makananmu gosong.

Menu Sahur 05 (Frozen Food) - Finansialku

[Baca Juga: Intip Kemewahan 10 Perahu Termahal di Dunia]

 

#6 Sarden

Sarden bisa menjadi menu sahur praktis andalan untuk anak kost. Praktis, tapi menggugah selera.

Kamu bisa beli berbagai rasa dan bumbu sarden yang sesuai dengan selera di supermarket dekat kost-mu.

Kamu hanya perlu menggoreng sarden di atas wajan, atau jika kamu tidak memilikinya kamu bisa menggorengnya di rice cooker.

Sajikan dengan nasi hangat. Bagaimana? praktis bukan?

 

#7 Abon

Siapa yang tidak tahu abon? Salah satu makanan hasil olahan dari daging sapi atau ayam ini sangat mudah ditemui di mana saja, mulai dari warung, pasar, hingga supermarket.

Memang sih harga abon biasanya cukup mahal. Tapi kamu bisa mendapatkannya dalam jumlah yang cukup banyak. Tidak hanya untuk satu kali makan.

Agar lebih murah, kamu bisa membelinya di toko yang menjual grosir.

Ingat ya, simpan abon di dalam suhu ruangan agar abon bertahan sampai sepekan. Tapi, jika ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa menyimpannya dalam lemari es.

Menu Sahur 06 (Abon) - Finansialku

[Baca Juga: TOP 10 Berlian Termahal di Dunia yang Bikin Geger Semesta]

 

Saat ini, sudah banyak abon yang beredar di pasaran. Bahkan pilihan dagingnya pun sudah beragam.

Tidak hanya dari daging sapi atau ayam saja, kini abon banyak yang terbuat dari daging domba, ikan, bahkan udang.

Untuk penyajiannya, kamu cukup menambahkan nasi hangat sebagai teman abon. Dijamin, nikmat tiada tara.

 

#8 Nasi Goreng

Salah satu makanan yang sangat popular, bahkan dicintai oleh para turis, tidak lain adalah nasi goreng.

Nasi goreng bisa kamu temui di banyak tempat. Kamu pun bisa membuatnya dengan mudah dan praktis. Apalagi sekarang sudah banyak bumbu instan yang membuat rasanya semakin lezat.

Kamu juga bisa memasak nasi goreng menggunakan rice cooker, lho!

Caranya, masak terlebih dahulu nasinya, kemudian pindahkan nasi yang sudah masak ke suatu wadah.

Selanjutnya, masukkan sedikit margarin ke dalam rice cooker dan masukkan nasi yang sudah masak, serta masukkan bumbu nasi goreng. 

Aduk rata dan tunggu hingga matang. Bagaimana? Praktis bukan?

 

#9 Oatmeal

Jika kamu sedang menjalankan diet, kamu bisa memilih oatmeal sebagai makanan pokok alam menu sahur kamu.

Menariknya, fakta membuktikan bahwa oatmeal merupakan salah satu strategi untuk membuat tubuhmu kenyang lebih lama.

Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang cukup sulit untuk diurai dan dicerna. Makanya enggak heran kalau diet oatmeal cukup efektif.

Kamu hanya perlu menambahkan susu atau air hangat saat mengolahnya. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan potongan buah favorit.

Menu Sahur 07 (Oatmeal) - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Sayuran Termahal Di Dunia! No. 1 Mengejutkan!]

 

Tetap Fit Selama Berpuasa

Meskipun kamu tidak akan makan dan minum dari pagi hingga sore, puasa itu nyatanya dapat menyehatkan tubuh lho!

Racun yang ada dalam tubuh bisa dibersihkan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Tapi tentunya semua itu bisa terjadi jika kamu tetap menjaga asupan gizi selama puasa. Tidak lupa lakukan sedikit olahraga agar tubuh tetap fit selama berpuasa ya!

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. April 2018. 18 Inspirasi Menu Makan Sahur Andalan Anak Kosan. Shopback.co.id – http://bit.ly/2Yc28Y9
  • Reza Iqbal. 30 April 2019. 10 Menu Sahur Simpel yang Cocok buat Anak Kost, Bikin Semangat Bangun. IDNTimes.com – http://bit.ly/2PNFiTn

 

Sumber Gambar:

  • Menu Sahur 1 – http://bit.ly/2vDRL2R
  • Menu Sahur 2 – http://bit.ly/2LxWu0G
  • Menu Sahur 3 (Omelete Telur) – http://bit.ly/2DP9l8O
  • Menu Sahur 4 (Capcay) – http://bit.ly/2GVZONQ
  • Menu Sahur 5 (Frozen Food) – http://bit.ly/2H0ScdX
  • Menu Sahur 6 (Abon) – http://bit.ly/2WqMI1p
  • Menu Sahur 7 (Oatmeal) – http://bit.ly/2LoXWTk