Pompa semangat Anda sebagai pemimpin yang efektif dan berpengaruh dalam komunitas kepemimpinan Anda.

Miliki 4 faktor penting pemimpin yang berpengaruh dalam organisasi! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin yang Berpengaruh

Keberhasilan seorang pemimpin sering ditentukan oleh kemampuannya untuk mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

Anda adalah seorang pemimpin yang sibuk dengan rutinitas organisasi atau perusahaan dan merasa hidup Anda “tersedot” oleh kesibukan setiap hari?

Jika ya, luangkanlah waktu sebentar untuk merenungkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam mempengaruhi orang lain, termasuk anggota tim Anda untuk menjadi orang-orang yang bisa dipercaya dan mampu mempengaruhi bawahan mereka.

Mungkin Anda merasa tidak punya waktu untuk belajar, tapi pemimpin yang hebat dan berhasil adalah mereka yang mau menggunakan waktu mereka yang terbatas untuk terus belajar dan mendapatkan manfaat dari proses serta hasil pembelajaran yang didapatkan.

Temukan diri Anda semakin mumpuni sebagai pemimpin yang memberi pengaruh dan meningkatkan kualitas karyawan dan perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin.

Kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi secara efektif akan menentukan kinerja dan performa yang akan diberikan oleh para bawahan.

Pada dasarnya, para anggota tim akan mengikuti arahan dari pemimpin dengan upaya dan kemampuan mereka, baik melalui kontribusi yang dikerjakan secara sukarela maupun karena tingkat hubungan yang terjalin dengan pemimpin.

Mereka yang memiliki potensi dan semangat kerja tinggi tentu akan memberikan sumbangsih yang sepadan kepada organisasi atau perusahaan. Tapi, waktu biasanya akan memperlihatkan konsistensi mereka.

Oleh sebab itu diperlukan kekuatan tertentu dari seorang pemimpin untuk tetap membuat anggota tim bergairah dengan pekerjaan mereka.

 

4 Faktor Penting Pemimpin yang Berpengaruh

Pemimpin yang memiliki pengaruh pada anggota tim-lah yang menjadi pendorong utama dalam meningkatkan kinerja anggota tim dan menjaga stamina performa mereka.

4 faktor ini sangat penting bagi para pemimpin yang berdedikasi tinggi untuk memberikan pengaruh pada anggota tim.

 

#1 Gaya Komunikasi

Apakah pemimpin menyampaikan arahan dengan cara yang baik dan dapat dimengerti oleh para pendengarnya atau:

  • Pesannya tidak terlalu jelas atau samar-samar?
  • Pesannya tidak lengkap?
  • Atau, pesan disampaikan dengan maksud “menikam” dan memojokkan pendengarnya?

 

Arah yang kabur menyebabkan frustrasi, ketidakefisienan, dan hasil yang tidak tepat sasaran.

Meskipun terkadang komunikasi dengan nada yang kasar dan keras cukup efektif dalam jangka pendek, namun komunikasi ini dapat merusak hubungan jangka panjang.

 

Pada umumnya, pengaruh yang diberikan oleh pemimpin berhubungan erat dengan kedalaman sebuah hubungan antara pemimpin dan anggota tim.

 

Para pemimpin harus belajar bahwa gaya komunikasi mereka akan meningkatkan atau menurunkan hubungan mereka dengan siapapun, termasuk dengan anggota tim. Pesan lisan dan tertulis yang hendak disampaikan haruslah jelas dan spesifik.

Karyawan umumnya ingin melakukan pekerjaan dengan baik dan menyelaraskan prioritas mereka dengan apa yang mereka anggap diinginkan oleh pemimpin.

Semakin efektif seorang pemimpin mengomunikasikan prioritasnya, semakin banyak upaya yang akan diberikan anggota tim untuk mencapainya.

Para pemimpin yang efektif mengomunikasikan arahan dan delegasi tugas dengan jelas, fokus pada prioritas dan menyampaikan informasi dengan tata cara yang tidak keluar dari kaidah-kaidah kesantunan meskipun mereka adalah pemimpin.  

Etos Kerja yang Dicari Bos 03 Etos Kerja Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Lakukan 10 Hal Ini Jika Klaim Asuransi Motor Tidak Ingin Ditolak]

 

Sudah siapkah Anda memenuhi kebutuhan pendidikan sang buah hati hingga masa kuliahnya nanti? Persiapkan dari sekarang dan jangan tunda lagi dengan mengunduh E-Book Gratis Panduan Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Hingga Sarjana dari Finansialku.

 

#2 Konsistensi

Faktor ini bisa menjadi sifat make-or-break.

  • Apakah pemimpin konsisten dengan arahan mereka, bagaimana mereka memperlakukan orang, bagaimana harapan mereka dan pendekatan mereka untuk meminta pertanggungjawaban orang?
  • Apakah mereka mengatakan dengan sejujurnya apa yang mereka maksud? Apakah tindakan mereka sesuai dengan kata-kata mereka?

 

Hai Leaders! Anggota tim Anda pasti akan memonitor dengan cermat setiap perilaku Anda sebagai pemimpin melalui setiap arahan yang Anda berikan, apakah Anda konsisten dengan hal itu atau malah sebaliknya.

Konsistensi seorang pemimpin akan meningkatkan pengaruh yang ia berikan kepada anggota tim, karena mereka tahu apa yang diharapkan, bagaimana mereka harus merespon, dan mereka memahami perspektif para pemimpin.

Etos Kerja yang Dicari Bos 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

Coba bayangkan situasi berikut ini!

Seorang pemimpin yang memberikan instruksi kepada anggota tim untuk menyelesaikan deadline tugas tepat waktu. Saat tiba waktunya, ada salah seorang anggota tim yang terlambat untuk menyelesaikannya.

Respon dan tanggapan sang pemimpin akan sangat mempengaruhi individu anggota tim yang terlambat mengumpulkan tugas tersebut termasuk seluruh anggota tim yang telah mengumpulkan tepat waktu.

Jika sang pemimpin memberikan sanksi, tentu akan sangat adil bagi semua anggota tim, tapi tentu pemimpin perlu bijak dalam pengambilan sanksi yang wajar dan tidak membuat anggota tim yang melakukan kesalahan tersebut merasa terintimidasi dan akhirnya mundur dari kontrak kerja sama sehingga mengurangi komposisi anggota tim.

Sebaliknya, jika terlalu longgar dan penuh dengan “anugerah”, tentu akan membuat pembedaan dan anggota tim lain akan merasa tidak adil sehingga membuat performa kinerja mereka menurun

Para pemimpin yang memiliki pengaruh, secara sadar akan bekerja untuk tetap konsisten dengan arah, perilaku dan komunikasi mereka.

Leaders! Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan pekerjaan Anda selama dua minggu terakhir dan menentukan apakah ada peluang untuk meningkatkan konsistensi Anda dalam kepemimpinan yang Anda kerjakan saat ini.

Ambil setiap feedback dari anggota tim Anda, tanyakan kepada mereka, entah satu atau dua orang yang Anda yakini bisa memberikan pernyataan secara jujur dan terbuka atas pengalaman mereka menjadi anggota tim Anda.

12 Personaliti Menjadi Bos Hebat Untuk Bisnis Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung Saat Pilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2019! Ini Solusinya]

 

Segera dapatkan E-Book Perencanaan Keuangan yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

#3 Peduli

Apakah pemimpin peduli tentang anggota tim mereka secara pribadi dan apakah mereka menyampaikan penghargaan dan ketertarikan pada kesuksesan anggota tim yang berhasil dalam kinerja dan menunjukkan performa yang menjadi contoh positif bagi anggota tim lain?

Anggota tim bekerja lebih keras dan menunjukkan tingkat komitmen yang lebih tinggi kepada pemimpin mereka ketika mereka merasa bahwa pemimpin memiliki kepedulian terhadap mereka dan tertarik pada keberhasilan mereka.

Sebagai pemimpin, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap anggota tim sebagai seorang pribadi dan menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam keberhasilan mereka untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan pengaruh serta komitmen.

Dongeng Keuangan dari Cerita Anak Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban 04 Pemimpin Peduli - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Jika Anda belum melakukannya, cobalah untuk meluangkan waktu untuk memikirkan bagaimana caranya membimbing anggota tim dan memberikan umpan balik serta penghargaan yang membangun mereka.

Sebagai pemimpin, hendaknya Anda bertanya kepada anggota staf mengenai tujuan pribadi mereka dan kemudian membantu mereka membuat rencana untuk mencapainya.

Jika seseorang menghadapi kesulitan, pemimpin mereka harus tetap berpikiran terbuka, mendengarkan dan mencoba mendukung mereka tanpa mempersiapkan amunisi berupa kritik yang akan melukai mereka.

Misalnya, mereka mengalami kesulitan dalam menabung dan menyimpan uang yang mereka dapatkan setelah satu bulan bekerja.

Anda dapat memberikan saran terbaik Anda, salah satunya memberikan saran untuk mengunduh Aplikasi Finansialku yang dapat di-download secara gratis melalui Google PlayStore, sebuah aplikasi yang sangat mudah untuk para penggunanya dalam mengatur pencatatan keuangan pribadi dan mengembangkan kehidupan finansial menjadi lebih baik.

Strategi ini bisa jadi menjadi sebuah langkah yang dapat membantu Anda menjadi pemimpin yang berpengaruh pada kehidupan finansial anggota tim Anda.

Untuk melakukan ini semua, Anda perlu menjadi pemimpin yang peduli terhadap kehidupan anggota Anda.

Tanpa itu, mungkin Anda melakukannya hanya sekadar basa-basi dan hasilnya tentu tidak akan terlalu berengaruh pada kehidupan mereka dan Anda akan menjadi pemimpin yang biasa-biasa saja.

Etos Kerja yang Dicari Bos 04 Lingkungan Kerja - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Pahami Cara Klaim Asuransi Rumah dengan Benar]

 

Segera unduh secara gratis berbagai E-Book Panduan Berinvestasi secara Mudah dan Praktis. Berikut daftar bukunya:

 

Bagi Anda para pebisnis, agar tidak kelimpungan dalam mengatur keuangan bisnis pribadi, segera pisahkan laporan keuangan pribadi dengan laporan keuangan bisnis Anda melalui E-Book gratis dari Finansialku yang berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

 

#4 Bangun & Pertahankan Pondasi Kepercayaan

Membangun dan memelihara kepercayaan sangat penting bagi para pemimpin.

Tanpa kepercayaan, para pemimpin mungkin bisa memaksa orang untuk patuh, tetapi anggota tim tidak akan pernah menggunakan komitmen penuh, kemampuan dan kreativitas mereka dalam sebuah kerja tim.

Bosen Kerja Gitu-gitu Aja Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Passion 02 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Premi Murah dan Klaim Cepat, Apa Saja Kriteria Pilih Asuransi Kesehatan?]

 

Kepercayaan adalah sebuah pondasi bahkan aset yang penting dan sangat berharga dalam mengatasi tantangan sulit atau membuat perubahan strategis.

Orang mencari pemimpin yang dapat menghargai kelemahan mereka dan memberikan inspirasi bagi mereka, memahami mereka, mendukung mereka dan membimbing mereka melalui masalah-masalah yang timbul.

 

Apakah Anda Pemimpin yang Berpengaruh?

Menjadi pengaruh adalah kunci sukses bagi pemimpin hebat untuk menjalankan strategi kepemimpinannya. Seorang pemimpin yang tidak dapat mempengaruhi secara efektif seperti mobil dengan ban yang kempes.

Mobil tersebut mungkin masih dapat bergerak, tetapi pergerakannya tidak akan seefektif kendaraan dengan empat ban yang terisi penuh dengan udara.

Ketika Anda berupaya mengembangkan pemimpin atau diri Anda sendiri, luangkan waktu untuk berfokus pada empat faktor pengaruh ini demi memperkuat hubungan dan mencapai hasil yang luar biasa.

 

Tantangan apa yang sedang Anda hadapi dalam kepemimpinan yang Anda jalankan? Apakah Anda sudah memiliki pengaruh yang positif bagi anggota tim Anda untuk mengarah kepada visi besar yang telah Anda bawa kepada organisasi yang Anda pimpin?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Center for Creative Leadership. 4 Keys to Strengthen Your Ability to Influence Others. others.ccl.org – https://bit.ly/2Gz0x56
  • Ben Weber. 20 Agusturs 2018. 4 Factors That Enhance Leaders’ Ability to Influence. trainingindustry.com – https://bit.ly/2xIimgw

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin Berpengaruh – http://bit.ly/2Yv6Fcu

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal