Menggunakan jasa seorang personal trainer memang sangat mempengaruhi tingkat kemajuan dalam berolahraga. Namun sudah tahukah Anda bagaimana cara memilih personal trainer yang benar?

Mari simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Fungsi dan Tugas Personal Trainer

Pusat kebugaran atau Fitness Center saat ini bisa dianggap sebagai tempat yang paling populer untuk berolahraga.

Alasan utamanya pasti tidak lain yaitu karena fasilitas yang disediakan oleh tempat kebugaran ini.

Berolahraga di fitness center juga memang terbukti lebih nyaman karena orang tersebut akan berada di dalam ruangan, sehingga tidak perlu takut akan kepanasan ataupun kehujanan seperti saat berolahraga di luar ruangan.

Selain itu, tidak sedikit juga dari mereka yang menjadikan olahraga fitness ini sebagai hobi atau bahkan bagian dari gaya hidupnya.

Melihat semakin banyaknya orang menggunakan jasa yang disediakan oleh fitness center, maka semakin banyak pula tempat atau club baru yang menawarkan jasa mereka.

Salah satu yang ditawarkan oleh fitness center bagi pelanggannya adalah jasa personal trainer.

Personal trainer atau juga biasa disebut sebagai pelatih pribadi, akan bertugas untuk menuntun Anda sehingga waktu yang Anda gunakan untuk latihan dapat maksimal.

Selain itu, pelatih pribadi Anda akan selalu mengontrol saat Anda latihan sehingga kemungkinan Anda mengalami cedera saat latihan akan menjadi lebih sedikit.

Dengan memiliki seorang personal trainer, motivasi Anda dalam berolahraga juga akan menjadi lebih meningkat, sehingga hasilnya juga akan menjadi lebih cepat Anda rasakan.

Pelatih pribadi ini juga akan selalu memantau perkembangan dan pencapaian yang Anda raih selama berolahraga, sehingga Anda secara pribadi bisa cukup fokus terhadap program yang dijalani.

Personal Trainer 02 - Finansialku

[Baca Juga: HEBAT! Bursa Saham Kini Mendapat Kenaikan Rangking]

 

Sebelum membahasnya lebih jauh, mari Atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Setelah Anda memiliki semua fakta tersebut, Anda dapat memutuskan bagaimana mulai menumbuhkan uang Anda.

Lebih menyenangkannya lagi, Anda bisa menggunakan fitur Tanya jawab pada Aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Tenang, Anda bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU agar mendapatkan potongan harga Rp50.000 untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tips Memilih Personal Trainer

Mendapat bimbingan dari seorang personal trainer memang memberi banyak keuntungan, terlebih bagi mereka yang baru saja memulai program latihan fisik.

Namun ternyata Anda juga tidak boleh secara acak memilih seorang personal trainer tanpa adanya pertimbangan sama sekali.

Ada begitu banyak yang harus Anda nilai sendiri dari seseorang yang akan menjadi pelatih pribadi Anda.

Berikut 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk memilih seorang personal trainer:

 

#1 Personal Trainer yang Memiliki Sertifikasi

Seorang personal trainer biasanya akan memiliki sertifikasi yang dapat sewaktu-waktu ia tunjukkan bagi mereka yang hendak menggunakan jasanya.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, seorang personal trainer sebelumnya harus dapat melewati serangkaian tes untuk memastikan bahwa mereka benar-benar dapat menjadi pelatih yang profesional.

Maka sebelum menggunakan jasanya, pastikan terlebih dahulu jika orang tersebut memiliki sertifikasi sebagai seorang personal trainer.

Personal Trainer 03 - Finansialku

[Baca Juga: Staycation Saat Liburan Digemari Oleh Milenial, Begini Konsepnya!]

 

#2 Ahli dalam Program yang Hendak Anda Jalani

Setiap orang tentunya memiliki tujuan yang tidak sama dalam berolahraga. Ada yang ingin membentuk otot, namun tidak sedikit pula yang mengikuti program fitness dengan tujuan hendak menurunkan berat badan.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka pilihlah seorang personal trainer yang memang ahli di bidang ini.

Demikian pula sebaliknya jika Anda hendak membentuk otot Anda, maka pilihlah pelatih yang profesional di bidang ini sehingga hasil yang akan Anda dapat juga akan lebih maksimal.

 

#3 Cek Program yang Sudah Pernah Mereka Buat

Satu program tidak dapat dijalankan pada semua orang, karena kondisi fisik maupun kebutuhan setiap individu pastilah berbeda-beda.

Jadi walaupun program tersebut berhasil pada orang lain, belum tentu Anda dapat menjalani program yang sama.

Yang diharapkan dari seorang personal trainer adalah mereka dapat membuat program yang benar-benar tepat dengan kebutuhan Anda dan juga sesuai dengan kondisi fisik Anda.

Maka pastikan personal trainer memiliki banyak program sebelumnya, sehingga dapat diketahui bahwa pelatih tersebut benar-benar profesional.

Personal Trainer 04 - Finansialku

[Baca Juga: Film Hollywood Terbaru yang Siap Menggelegar di Bulan Juni 2019]

 

#4 Memiliki Pengalaman

Memilih seorang personal trainer haruslah yang berpengalaman. Semakin banyak pengalaman seorang pelatih dalam menangani kliennya, maka semakin cepat juga pelatih tersebut untuk menyesuaikan pelatihan dengan Anda.

Tidak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu ngobrol dengan calon pelatih pribadi Anda, terlebih soal pengalamannya selama menjadi personal trainer.

 

#5 Personal Trainer Memiliki Reputasi yang Baik

Reputasi seorang personal trainer juga sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan.

Jika seorang personal trainer selalu berhasil dalam setiap program yang ia buat, maka reputasinya pun akan semakin meningkat.

Dengan itu, maka harapan untuk Anda berhasil dalam menjalani program juga akan semakin besar jika mendapat pelatihan darinya.

Personal Trainer 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mau Liburan Kemana? Coba Cek Biaya Liburan ke Pulau Karimun Jawa]

 

#6 Biaya yang Dibutuhkan

Untuk bisa mendapat bimbingan dari seorang personal trainer, maka Anda juga perlu merogoh kocek.

Untuk itu, Anda juga harus bisa memperhitungkan dengan baik biaya yang bisa Anda keluarkan untuk ini.

Jangan sampai biaya yang ditentukan tidak sesuai dengan anggaran biaya Anda.

Perlu juga diingat bahwa semakin seorang personal trainer memiliki reputasi yang baik, maka tentunya biaya yang diperlukan untuk memperoleh bimbingan darinya akan semakin menjadi lebih besar.

Namun meskipun biaya yang dibutuhkan lebih besar, hasilnya juga tentu tidak akan mengecewakan.

 

#7 Bisa Menyesuaikan dengan Kepribadian Anda

Seorang personal trainer sebaiknya dapat menyesuaikan diri dengan kepribadian kliennya.

Jika Anda merasa bahwa diri Anda termasuk mudah bosan dan sulit untuk diatur, maka sebaiknya Anda memilih personal trainer yang dapat bersikap tegas dan mampu menuntun Anda agar lebih disiplin dalam latihan.

Personal Trainer 06 - Finansialku

[Baca Juga: Pertimbangkan Asuransi Sebelum Liburan, Ini Tips Beli Asuransi Perjalanan]

 

#8 Tentukan Waktu yang Cocok

Memiliki waktu yang pas untuk saling berlatih tentu sangat diperlukan. Anda pastilah memiliki kesibukan lain di luar waktu yang Anda gunakan untuk berlatih.

Di lain pihak, seorang personal trainer biasanya tidak hanya melatih satu orang saja, terlebih jika banyak orang yang mau menggunakan jasanya.

Untuk itu tentukan waktu yang tepat untuk berlatih sehingga sang personal trainer juga dapat menyesuaikan dengan jadwal Anda.

 

#9 Seorang Personal Trainer yang Sehat

Sama halnya dengan orang buta tidak dapat menuntun orang buta, demikian juga dalam berolahraga.

Seorang personal trainer haruslah dalam kondisi tubuh yang sehat. Jika dirinya sendiri tidak sehat, maka bagaimana mungkin ia dapat membimbing Anda untuk menjadi sehat.

Jika Anda berniat untuk membentuk otot, maka tidak salah juga jika Anda memilih personal trainer yang berbadan kekar berotot, karena dengan begitu semangat Anda juga akan semakin lebih terpacu.

Personal Trainer 07 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Liburanmu! Ini 10 Destinasi Wisata Ramadhan Terbaik]

 

#10 Dapat Mengontrol Kemajuan Anda

Agar Anda tidak merasa bahwa setiap usaha yang Anda lakukan semuanya sia-sia, maka pilihlah personal trainer yang selalu konsisten dengan pelatihan yang ia jalankan.

Personal trainer juga sebaiknya selalu mengukur kemampuan Anda dalam setiap latihan secara bertahap sehingga Anda juga dapat melihat hasil dari latihan dan usaha Anda

 

Harga untuk Jasa Personal Trainer

Harga dari setiap personal trainer tidaklah selalu sama. Harga yang berbeda ini dapat disebabkan karena tingkat reputasi, dan juga bisa karena berdasarkan di mana tempatnya.

Berikut beberapa harga personal trainer yang bisa Anda dapat:

  • Personal trainer di Tangerang kota, dapat Anda dapat mulai dari Rp250.000.
  • Muaythai/boxing personal trainer fitness yang dapat datang ke rumah, di Jakarta Pusat ada dengan harga Rp2.500.000.
  • Personal trainer Bali, tepatnya di Denpasar, seharga Rp150.000.
  • Di Padang Kota, Anda bisa mendapati jasa personal trainer dengan harga Rp300.000.
  • Senior personal trainer di Jakarta Selatan bisa Anda dapat dengan harga Rp3.500.000
  • Untuk wilayah Jakarta Barat, ada yang menawarkan jasa personal trainer dengan harga Rp200.000.

 

Harga-harga di atas, tentulah bukan harga mutlak semua personal trainer di satu kota.

 

Pastikan Anda Merasa Nyaman

Aspek lain yang harus Anda perhatikan adalah, Anda harus benar-benar merasa nyaman dengan personal trainer Anda.

Alangkah baiknya jika Anda memiliki pemikiran yang sepaham dengannya sehingga dapat mencegah adanya ketidak sepahaman dalam latihan.

Jangan sungkan untuk membicarakan apa yang Anda sukai dan yang tidak Anda sukai pada personal trainer Anda, sehingga dia juga dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik.

Itulah cara memilih personal trainer yang tepat, dan dengan membacanya semoga Anda tidak akan salah pilih.

 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa personal trainer? Berikan pendapat dan kolom komentar di bawah ini.

Bagikan juga artikel ini kepada rekan yang belum mengetahuinya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Jasa Personal Trainer. Olx.co.id – https://bit.ly/2HWCjWx
  • Intan Kemala Sari. 16 November 2014. Penting Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Memilih Personal Trainer. Detik.com – https://bit.ly/2Wh8p3p
  • Phil Kelly. 14 Oktober 2018. Panduan Memilih Jasa Personal Trainer Olahraga. Hellosehat.com – https://bit.ly/2K16LRv

 

Sumber Gambar:

  • Personal Trainer 1 – http://bit.ly/2WJXLHv
  • Personal Trainer 2 – http://bit.ly/2wOOPBd
  • Personal Trainer 3 – http://bit.ly/2KkbdLk
  • Personal Trainer 4 – http://bit.ly/2WCMzaF
  • Personal Trainer 5 – http://bit.ly/2IFmzX1
  • Personal Trainer 6 – http://bit.ly/2MLzc8p
  • Personal Trainer 7 – http://bit.ly/2KgeThf