Penggemar drama korea, sudah tahu belum fakta dan pesan tersembunyi drama It’s Okay to Not Be Okay berikut ini?

Yuk simak apa itu di artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pesan Tersembunyi di Drama It’s Okay To Not Be Okay

Siapa di sini yang menjadi penggemar drama It’s Okay to Not Be Okay atau yang biasa netizen singkat jadi IOTNBO?

Walau sekarang udah kelar, drama yang mengangkat tema kesehatan mental ini sukses merebut hati penikmat drama Korea, khususnya di luar negeri.

It’s Okay to Not Be Okay bercerita tentang sepasang adik kakak, Moon Sang Tae dan Moon Kang Tae, serta seorang penulis buku anak-anak, Go Moon Young, yang masing-masing memiliki trauma masa lalu.

Ketiganya sama-sama berjuang untuk lepas dari belenggu masa lalu dengan bantuan orang-orang di sekitar mereka.

Moon Sang Tae adalah seorang pria yang mengalami spektrum autisme, sedangkan Moon Kang Tae adalah sang adik yang normal.

Tahukah Kamu Pesan Tersembunyi Drama It’s Okay to Not Be Okay_ 02

[Baca Juga: Drama Itaewon Class: 4 Hal Di Balik Kesuksesan Park Saeroyi]

 

Ketika ibu mereka suatu saat meninggal karena dibunuh, Moon Kang Tae menolak untuk tinggal di panti asuhan dan mengurus sang kakak sendirian. Padahal kala itu, Kang Tae masih berusia kanak-kanak.

Namun karena rasa sayang dan tanggung jawabnya terhadap sang kakak, Kang Tae terus berusaha hingga ia bisa menjadi seorang perawat di rumah sakit jiwa.

Karena usaha dan kegigihan Kang Tae, walau Sang Tae tidak terlihat normal, ia bisa berpikir dan bertindak seperti orang normal, selama traumanya tidak muncul.

Di lain tempat, Go Moon Young adalah seorang penulis buku anak-anak yang sifat aslinya adalah psikopat. Ia suka dengan barang tajam dan bersikap semena-mena terhadap siapapun.

Suatu hari, ia bertemu dengan Kang Tae dan cerita pun dimulai!

 

Fakta-fakta It’s Okay to Not Be Okay

Meski tidak se-booming di luar negeri, drama yang dilakoni Kim Soo Hyun, Seo Yea Ji, dan Oh Jung Se ini sempat jadi perbincangan netizen Korea juga lho.

Ada beberapa fakta tentang para artis pemeran drama ini selama drama berlangsung.

 

#1 Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun

 

Mungkin kalian yang suka menjelajah sosial media akun-akun penggemar k-drama tahu bahwa saat ini Kim Soo Hyun menjadi aktor Korea Selatan dengan bayaran termahal!

Bayaran Kim Soo Hyun untuk perannya di drama It’s Okay to Not Be Okay ini mencapai Rp 2,4 miliar per episode! Wow gak tuh?

Kalau kamu punya gaji Rp 2,4 miliar, bakal diapain nih? Tulis yuk di kolom komentar!

 

#2 Oh Jung Se

Pemeran Moon Sang Tae di drama ini ternyata punya kisah mengharukan plus bikin penonton mengacungkan jempol!

Seorang penggemar menuliskan kisah mengharukan tentang aktor Oh Jung Se di sosial medianya.

Sang Tae dan Bae Beom Joo

Sang Tae dan Bae Beom Joo

 

Dikutip dari instagram @ hpccp_icw:

Tuan Oh Jung Se, Terima Kasih

Saya yang tidak begitu menyukai drama sangat jatuh cinta pada karakter Sang Tae, hingga setelah 5 tahun (akhirnya) saya mengeluarkan TV yang berdebu dan menonton drama itu.

Lalu, ketika adegan dalam drama, di mana Sang Tae datang ke fansign penulis Go Moon Young berteriak dan menangis, kakak laki-laki saya ikut bersedih melihatnya dan berkata bahwa ia harus menyembuhkan dan melindunginya (Sang Tae).

Setelahnya, kakak saya terus bercerita tentang adegan itu dan berkata bahwa ia ingin bertemu dengan Sang Tae (actor Oh Jung Se)

Saat Oh Jung Se dan kakak saya bersama, saya terus-terusan merasa terharu dan terkejut.

Saya terkesan dengan perhatian Oh Jung Se pada kakak saya; kelembutannya, cara berpakaiannya, gaya berbicara, gaya berjalan, hingga gaya bertindak yang persis seperti karakter Sang Tae pada drama demi kakak saya.

Dan dalam jadwalnya yang padat, saya bisa merasakan betapa banyak penelitian, pertimbangan dan usaha yang dilakukan (actor Oh Jung Se) sebelum bertemu (dengan kakak saya).

Saat baru bertemu di Lottle World, kakak saya dan Sang Tae langsung naik balon udara, monorel, Fantasy Dream Train, Jungle Boat, dan Bumper Car.

Setiap saat, dia menjadi seorang teman sesuai dengan level mata kakak saya (satu frekuensi), dan dia terus berbicara dengannya dan fokus sepenuhnya.

Saya sangat berterima kasih pada aktor Oh Jung Se. Rasa terima kasih tersebut selain tentu saja atas usaha perhatian dan penelitiannya pada orang difabel, dan usaha yang dilakukan untuk kakak saya, lebih dari itu saya bersyukur bahwa orang seperti Anda ada di dunia ini.

Saya yang dulu adalah penggemar Sang Tae, telah menjadi penggemar aktor Oh Jung Se, bukan lagi Sang Tae.

#terima kasih banyak Tuan Oh Jung Se

Boneka dinosurus (pada slide) terakhir adalah pemberian Sang Tae pada kakak saya. Kakak saya berkata bahwa namanya adalah Good Dino.

 

Penggemar yang memposting tulisan ini adalah kakak dari seorang Cellist penyandang autisme, Bae Beom Joom.

Apakah cerita ini mengharukan untukmu? Share juga pendapatmu dalam kolom komentar ya.

 

#3 Seo Yea Ji

Saat drama ini tayang, ada sebuah cuplikan dari debut drama Seo Yea Ji yang beredar di sosial media. Dalam adegan tersebut, Seo Yea Ji berakting kocak dengan Go Kyung Pyo sebagai adik kakak yang selalu rebut.

Tapi selain itu, Seo Yea Ji juga ramai diperbincangkan karena bentuk tubuhnya yang sangat langsing layaknya boneka Barbie.

Wah, impian semua wanita tuh!

 

Pesan Tersembunyi Drama It’s Okay to Not Be Okay

Tapi, selain fakta-fakta tersebut, Finansialku juga ingin mengajak kita semua untuk melihat hal yang bisa kita pelajari dari sisi keuangan drama It’s Okay to Not Be Okay.

Apa saja sih? Penasaran? Check this out!

 

#1 Camping Car Sang Tae

Dalam drama, ada kisah mengharukan yang datang dari Moon Sang Tae, di mana ia bersimpati terhadap adiknya yang harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya karena trauma ‘kupu-kupu’ yang ia miliki.

Ya, karena setiap kali Sang Tae memimpikan kejadian di mana ibunya dibunuh oleh seorang wanita dengan brosche kupu-kupu, Sang Tae menunjukkan ketidakstabilan mentalnya hingga menerima penolakan dari masyarakat.

Karena alasan itulah, Kang Tae dan Sang Tae harus berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Melihat adiknya yang kesusahan tiap kali ‘kupu-kupu’ mengejar dirinya, Sang Tae mulai bekerja paruh waktu di restoran Jae Soo, sahabat Kang Tae.

Saat Kang Tae mengetahui hal ini, Sang Tae mengatakan bahwa ia ingin membeli Camping Car supaya ia dan Kang Tae tidak perlu bersusah payah untuk pindah.

Uhh.. so sweetnya sang kakak.

Dibalik keharuan scene ini, ada sesuatu yang ingin Finansialku sampaikan terkait pembelian barang. Kalau Sobat Finansialku saat ini sedang ingin membeli sesuatu, simak deh sampai akhir.

Camping Car Sang Tae

Camping Car Sang Tae

[Baca Juga: Ini Pelajaran Keuangan Drakor Hospital Playlist yang Tersembunyi!]

 

Dalam drama, Sang Tae bekerja paruh waktu dan menabung uangnya di celengan kaleng miliknya, tapi, sebenarnya jika ingin menabung untuk membeli barang yang memerlukan dana besar, kita bisa menggunakan kendaraan yang bernama investasi.

Apa sih maksudnya menabung dengan investasi?

Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa ada yang dinamakan inflasi. Inflasi adalah angka kenaikan barang atau jasa. Penjelasan tentang inflasi bisa dilihat di sini.

Nah, Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko inflasi dalam keuangan kita.

Investasi bukanlah sesuatu yang kita lakukan karena kita punya uang lebih. NO!

Investasi adalah sebuah kendaraan, which is, kita perlu sebuah tujuan. Dalam hal ini, adalah Camping Car. Versi kalian bisa saja berbeda, mungkin rumah, misalnya, atau bahkan dana umroh.

Tujuan inilah yang akan membantu kamu untuk memilih investasi apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. FYI, investasi itu banyak banget lho. Tanpa tujuan, jelas kita bisa pusing milihnya.

Dalam berinvestasi tentu saja kita akan dapat profit. Nah, profit ini jumlahnya berbeda-beda tiap jenis investasi.

Namun perlu diingat bahwa berinvestasi itu ‘high risk, high return’, yang artinya, semakin tinggi hasil yang didapatkan, maka akan semakin besar risikonya.

Salah satu investasi yang erat dengan moto ini adalah saham. Ya, investasi saham memang terlihat menakutkan, tapi sebenarnya, berinvestasi tidak semenyeramkan itu.

Ada pilihan investasi lain yang cukup oke untuk dijadikan tabungan, seperti reksa dana pasar uang, emas, deposito, dan beberapa investasi lainnya.

Untuk lebih akurat mengenai perhitungan barang yang kamu inginkan dan rekomendasi investasinya, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan yang bisa membantu kamu mengelola keuangan hanya melalui smartphone.

Kamu bisa gunakan fitur rencana keuangan untuk menghitung dana yang kamu butuhkan hingga rekomendasi investasi yang bisa kamu lakukan untuk meraih pembelian barang tersebut.

Simak gambar di bawah ini.

'Dana Membeli Barang' Fitur Rencana Keuangan di Aplikasi Finansialku

‘Dana Membeli Barang’ Fitur Rencana Keuangan di Aplikasi Finansialku

 

Nah, jika kamu mulai tertarik berinvestasi, kamu juga bisa baca-baca e-book investasi untuk pemula dari Finansialku ini lho!

GRATISS!! Download Sekarang Panduan Belajar Investasi Bagi Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook

 

#2 Gaya Hidup Moon Young

Siapa di sini yang menginginkan gaya hidup glamor dan bebas seperti Moon Young?

Jujur, penulis juga ingin punya gaya hidup seperti itu. Mengenakan baju-baju bagus nan mahal, beli pizza 10 box sekaligus hanya untuk dapat informasi, beli mobil miliaran, tinggal di hunian mewah, hmm.. menggiurkan sekali.

Terlepas dari kondisi ekonomi Moon Young yang tidak kita ketahui, pada kenyataannya, gaya hidup seperti itu bisa kita dapatkan saat kita sudah berada dalam financial freedom. Hmm.. istilah apa lagi ini?

Financial freedom adalah kondisi di mana kamu sudah memenuhi piramida keuangan dan kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau, tanpa harus berpikir untuk bekerja menghasilkan uang.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku, Prioritaskan Keamanan Keuangan

 

Kehidupan seperti ini sudah dialami oleh banyak orang lho, salah satunya adalah Warren Buffett. Sang value investor ini sudah tidak lagi bekerja untuk bertahan hidup, melainkan memperbanyak kekayaan. Wow!

Yup! Penasaran bagaimana bisa seperti itu? Sobat Finansialku bisa tonton videonya di bawah ini.

 

Seberapa banyak dari kita yang tahu mengenai piramida keuangan ini? Piramida keuangan bisa disebut sebagai pedoman step by step untuk mengatur keuangan kita.

Dimulai dari keamanan keuangan, seperti dana darurat dan asuransi, lalu kenyamanan keuangan, seperti investasi, tujuan keuangan, dan dana pensiun, hingga pengelolaan warisan.

Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini sehingga mereka cenderung hidup dengan menghabiskan gaji yang dimiliki saat ini saja.

Tapi, coba pikirkan. Meski kita tidak tahu berapa lama usia kita, kita tetap hidup menghadap ke masa depan bukan? Kita hidup berdampingan dengan manusia lain juga bukan?

Go Moon Young

Go Moon Young

[Baca Juga: CATET! 7 Pelajaran dari Drama A World of Married Couple]

 

Karena inilah segala risiko mungkin terjadi. Risiko seperti apa? Seperti kita tidak tahu berapa lama lagi kita akan hidup, kita juga tidak tahu apakah beberapa jam lagi kita akan sampai di rumah baik-baik saja.

Bisa jadi, saat kita pulang ke rumah, seorang mabuk berkendara dan menabrak kita, sehingga kita butuh pengobatan. Tentu saja, berobat membutuhkan dana.

Jika hanya lecet-lecet, uang yang kita keluarkan sedikit. Tapi bagaimana jika kita harus cedera parah? Dari mana uangnya?

Hal-hal mendadak yang tidak kita persiapkan uangnya inilah yang membuat banyak orang tergiur dan terjebak pinjaman-pinjaman online. Saya pikir tidak ada yang mau menghabiskan seumur hidupnya hanya untuk membayar utang.

Oleh sebab itu, perlu adanya dana darurat dan asuransi. Sobat Finansialku bisa cari tahu lebih dalam mengenai keamanan keuangan di video playlist berikut ini.

Apa yang Sudah Kamu Siapkan Untuk Menghadapi Risiko?

Simak Video Playlist Berikut Ini! GRATIS!

Video Finansialku 6

Tonton Sekarang

 

Ketika kita sudah punya uang yang aman atas segala risiko yang terjadi, pastinya kita akan lebih lega dalam meraih kenyamanan keuangan, bukan?

Saat kita tidak perlu khawatir akan risiko, kita akan lebih lega menyicil barang impian kita, seperti Camping Car, rumah, dana umroh, hingga dana pendidikan anak.

Terlihat susah? Tidak kok, ini tidak akan sulit jika kita bisa mulai dari sekarang. Apapun statusmu dan seberapa banyak uangmu hari ini, ayo mulai mengelola keuangan yang baik, supaya bisa menikmati hidup dengan gaya yang kita inginkan.

 

#3 Usaha Jo Jae Soo

Tak terlewatkan, tokoh sahabat Kang Tae yang selalu ‘ngitilin’ ke mana pun Kang Tae dan Sang Tae pergi ini ternyata memberikan pesan berharga lho.

Kesetiaan Jae Soo pada persahabatannya dengan Kang Tae tidak akan terbukti jika orangtuanya tidak mewariskan usaha mereka pada anak semata wayangnya ini.

Usaha makanan milik orangtuanya ini yang selalu menjadi sumber penghasilan dan modal usaha Jae Soo saat ia ikut pindah dengan Kang Tae.

Jo Jae Soo dan Moon Kang Tae

[Baca Juga: Mau Liburan Ke Seoul Bawa 20 Juta? Yakin Cukup?]

 

Usaha Jae Soo ini bukan sekedar hoki atau keberuntungan karena memiliki orangtua yang menyediakan warisan. Sebenarnya ini adalah sebuah hal yang sangat penting terutama ketika kita sudah memiliki keluarga atau keturunan.

Sebagai orang yang menghadirkan keturunan kita ke dunia, kita harus bertanggung jawab atas hidup keturunan kita bukan?

Meski suatu saat kelak mereka akan hidup sendiri, akankah lebih baik jika meninggalkan bekal berharga yang bisa meringankan hidup anak-cucu?

Apa yang dilakukan orangtua Jae Soo ini patut ditiru Sobat Finansialku. Oleh sebab itu, pengelolaan keuangan sangatlah penting.

Yuk ikuti step by step piramida keuangan supaya bisa mencapai financial freedom dan meninggalkan legasi yang baik bagi anak cucu.

Kamu juga bisa ikutan kelas gratis Finansialku mengelola keuangan di aplikasi Finansialku lho!

Download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store dan mulai merencanakan keuangan dari sekarang!

Di dalamnya, kamu bisa menikmati kelas-kelas keuangan online, mengatur keuangan, cek kesehatan finansial, hingga berkonsultasi langsung dengan para perencana keuangan yang telah bersertifikat.

Aplikasi Finansialku ini telah terdaftar di OJK dan mengantongi sertifikasi ISO 27001. Jadi, aplikasi ini aman dan anti tipu-tipu.

Sobat Finansialku juga bisa nikmati seluruh fiturnya gratis dengan upgrade akun Finansialku milik kalian ke premium.

Hanya dengan Rp 350 ribu, Sobat Finansialku bisa menikmati kemudahan pengelolaan keuangan melalui smartphone kalian.

Dapatkan juga diskon Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 saat upgrade aplikasinya ya.

 

Akhir kata, it is okay to not financially okay now. Apapun keadaan keuanganmu saat ini, bangkit, kelola uangmu, dan kamu bisa raih impianmu!

Tentu saja, akan semakin mudah dengan aplikasi Finansialku, your personal finance assistant!

 

Nah, itu dia hal-hal keuangan yang bisa kita petik dari drama It’s Okay to Not Be Okay. Bagaimana dengan Sobat Finansialku? Apa artikel ini memberikan inspirasi bagi kalian?

Yuk berikan komentar dan bagikan artikel menarik ini, serta tunggu artikel-artikel menarik tentang keuangan lainnya dari Finansialku.

Punya topik yang ingin Finansialku bahas? Yuk tinggalkan dalam kolom komentar!

 

Sumber Gambar:

  • It’s Okay to Not Be Okay 01 – https://bit.ly/3joEFNQ
  • It’s Okay to Not Be Okay 02 – https://bit.ly/34LZy1A
  • Kim Soo Hyun – https://bit.ly/3jruxUs
  • Sang Tae dan Bae Beom Joo – https://bit.ly/3gGlvRC
  • Seo Yea Ji – https://bit.ly/3lvHAGo
  • Go Moon Young – https://bit.ly/2QDyPvL
  • Jo Jae Soo dan Moon Kang Tae – https://bit.ly/2YHnG1i