Yuk simak bahasan prospek emiten perkebunan konglomerasi Salim Grup, PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Analisis Fundamental

Beroperasi secara komersial sejak tahun 1994 dan 1997 bergabung bersama Indofood Group, SIMP merupakan salah satu grup agribisnis terbesar yang terdiversifikasi serta terintegrasi secara vertikal di Indonesia.

Emiten perkebunan konglomerasi Grup Salim adalah PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) dan PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP).

Kegiatan utama yang meliputi seluruh mata rantai pasokan dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi serta pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening.

Sebagai grup agribisnis yang terdiversifikasi, SIMP melakukan pembudidayaan komoditas tebu, karet dan tanaman lainnya.

Perusahaan merupakan perkebunan kelapa sawit terbesar serta salah satu pemimpin pasar minyak goreng, margarin dan shortening bermerek di Indonesia. Emiten ini mengelola kegiatan usaha melalui dua divisi bisnis, yakni Divisi Perkebunan dan Divisi Minyak & Lemak Nabati.

Struktur Pemegang Saham Annual Report 2019

Struktur Pemegang Saham: Annual Report 2019

Crude Palm Oil Futures Chart - Investing.com

Crude Palm Oil Futures Chart – Investing.com

 

Harga minyak kelapa sawit alias crude palm oil (CPO) kontrak pengiriman November dan Desember 2020 terus menguat.

Harga kontrak pengiriman November 2020 di Bursa Malaysia Derivatif Exchange pada Rabu (28/10/2020) pukul 18.41 waktu setempat untuk pengiriman November 2020 tercatat menguat 32 ringgit menjadi 3.252 ringgit.

Capaian ini masih menjadi sentimen positif bagi emiten kelapa sawit di Tanah Air. Level harga tertinggi sejak Mei 2012 yang masih di atas 3.400 ringgit Malaysia tercatat melampaui ekspektasi. Ini efek vaksin yang sudah diberitakan semakin efektif.

Pandemi Covid-19 dari awal tahun yang mengakibatkan penutupan sejumlah negara konsumen sempat membuat harga CPO jatuh ke titik terendah. Namun harga kontrak untuk 3 bulan ke depan yang didapat pada Q4 2020 ini menjadi sinyal positif bagi sejumlah emiten penghasil CPO di pasar modal.

 

Kinerja Keuangan PT Salim Ivomas Pratama Tbk.

Dari Laporan Keuangan Perseroan, SIMP di Q3 2020 SIMP mencatatkan kenaikan total aset menjadi Rp 35,5 triliun dari posisi per 31 Desember 2019 sebesar Rp 34,9 triliun.

Total kas dan setara kas perseroan naik signifikan menjadi Rp 2,5 triliun, dibandingkan dengan posisi akhir 2019 sebesar Rp 1,7 triliun

Aset SIMP

SIMP Data: rivankurniawan

 

Dari sisi profitabilitasnya, GPM SIMP yang mengalami penurunan seiring turunnya produksi, volume penjualan CPO turun 16 persen menjadi 518 ribu ton sementara itu volume penjualan produk palm kernel (PK) turun 19 persen yoy menjadi 123 ribu ton.

ASP CPO dan PK pada 9 bulan pertama 2020 naik 23 persen yoy dan 13% yoy.

Grup SIMP mencatat penjualan sebesar Rp 10,31 triliun, naik 2 persen yoy dari sebelumnya Rp 10,09 triliun terutama disebabkan kenaikan harga jual rata-rata (ASP) dari produk sawit dan produk Minyak & Lemak Nabati (EOF).

GPM SIMP

SIMP Data: rivankurniawan

 

Untuk kondisi liabilitas SIMP mengalami kenaikan menjadi Rp 18 triliun pada 30 September 2020 dibandingkan dengan posisi per 31 Desember 2019 sebesar Rp 17 triliun.

Total liabilitas tersebut terdiri atas Rp 9,4 triliun liabilitas jangka pendek dan Rp 8,6 triliun liabilitas jangka panjang. Beban pokok pendapatan perseroan turun tipis menjadi Rp 8,6 triliun dari periode yang sama sebelumnya sebesar Rp 8,7 triliun.

SIMP berhasil menekan beban lainnya, seperti beban penjualan yang turun 2% menjadi Rp 381 miliar, juga beban umum dan administrasi turun 18,8% menjadi Rp 568 miliar.

Liabilitas SIMP

SIMP Data: rivankurniawan

 

Dari pos Ekuitas mengalami koreksi menjadi Rp 17,4 triliun. Emiten perkebunan PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) mengestimasikan akan menyerap belanja modal atau capital expenditure (capex) hingga akhir tahun ini mencapai Rp 1,5 triliun hingga Rp 1,6 triliun.

Alokasi belanja modal hingga akhir tahun untuk emiten berkode saham SIMP itu antara lain untuk digunakan penanaman kembali, peremajaan sawit dan tanaman baru, serta perawatan lain-lainya.

Ekuitas SIMP

SIMP Data: rivankurniawan

 

Untuk melihat apakah saham ini tergolong mahal/murah, kita bisa melihat valuasi Price Book Value (PBV) nya yang ada di 0,4x, SIMP saat ini dihargai cukup undervalued dibanding kompetitor lainnya.

Untuk Price Earning Ratio SIMP ada di -8,7x yang menandakan SIMP lebih murah dibanding tahun lalu.

Recovery dari segmen komoditas dan melonjaknya harga CPO akan membuat saham ini semakin dinikmati oleh para investor hingga trader.

PBV n PER SIMP

SIMP Data: rivankurniawan

 

Untuk Return on Equity pada 2020 masih minus 4% dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk., ini menandakan perkebunan milik grup Salim ini masih belum berhasil membukukan pertumbuhan kinerja keuangan lebih baik sejak 2018.

SIMP mencatatkan rugi sebesar Rp 236 miliar per Q3 2020, pembukuan rugi bersih ini dikarenakan perubahan nilai aset biologis dan beban pajak.

ROE SIMP

SIMP Data: rivankurniawan

 

Analisis Teknikal PT Salim Ivomas Pratama Tbk.

Hingga perdagangan market Sesi I – 15 Desember 2020 tren IHSG kembali bulllish 0,1%. SIMP diperdagangkan pada harga 398/lembar menguat 0,5% terlihat aksi beli yang cukup kuat pada Sesi I perdagangan SIMP (15/12).

Pergerakan harga sejak Maret hingga November terlihat bullish kuat, secara YTD masih minus 7,9% dan selama 3 bulan ini sudah bullish 17%, dikarenakan sentimen positif dari penguatan harga CPO dunia.

Penguatan IHSG dan saham dari industri komoditas termasuk SIMP mengantarkannya dari harga 164/lembar (Maret) ke harga 400/lembar (November).

Teknikal SIMP

 

Jika melihat history pergerakan saham SIMP sejak 2018 maka SIMP saat ini sedang diperdagangkan di harga sidewaysnya, harga 300 menjadi titik support hingga resistance-nya di kisaran 430.

Indikator MACD berada di atas garis nol dengan sinyal buy dan sell yang masih kuat hingga penghujung 2020, ada kemungkinan bullish berkelanjutan jika pasar masih berharap SIMP untuk window dressing dan prospek masa depan terhadap harga CPO dan komoditas dunia.

Pola candle yang terbentuk memberi sinyal akan terjadi bullish berkelanjutan. Indikator Stochastic menggunakan kerangka waktu daily terlihat overbought momentum. SIMP saat ini berada di atas Moving Average.

Untuk indikator EMA (20), EMA (50) dan EMA (100) membentuk pola bullish. SIMP sudah menembus titik support di harga terdahulunya pada 320. Jika menembus resistance-nya di 430 maka SIMP berpeluang menguat hingga diatas 450.

Jika SIMP berbalik arah dan tidak mampu menembus harga resistance terdahulunya di 360 maka bisa menggunakan opsi take profit dahulu.

 

Outlook PT Salim Ivomas Pratama Tbk.

Kondisi pandemi saat ini ternyata menjadi berkah bagi industri produksi CPO, melihat bahwa permintaan masih akan tinggi mengingat penggunaan minyak sawit untuk bahan baku utama pangan, non-pangan, maupun sebagai sumber bahan bakar nabati (biodiesel).

Pemerintah juga berupaya dalam memperbesar daya serap produk minyak sawit di pasar dalam negeri.

Dengan adanya tantangan yang dihadapi serta peluang yang diberikan oleh pemerintah, industri kelapa sawit dapat meningkatkan produktivitas melalui memperbaiki tata kelola perkebunan kelapa sawit.

Tensi perdagangan AS-Tiongkok akan terus mempengaruhi arus perdagangan dan pertumbuhan ekonomi global, sehingga berakibat pada fluktuasi harga CPO.

Namun demikian, prospek CPO di Indonesia diharapkan akan tetap positif, dengan terpilihnya presiden baru Amerika Serikat ada sentimen positif tensi dagang tidak akan sesengit masa pemerintahan Trump.

Level Indonesia’s consumer confidence yang meningkat per November 2020 di point 92 menjadi sentimen positif untuk pasar.

Prospek CPO dan Analisa PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) 03

 

Harga CPO yang mulai pulih diharapkan akan meningkatkan daya beli petani kelapa sawit, sedangkan dorongan pemerintah yang kuat untuk mandat biodiesel B30 guna mengurangi ketergantungan pada impor minyak mentah akan turut mendorong kenaikan permintaan akan minyak sawit sebagai sumber energi alternatif, yang akan memberikan dukungan pada harga CPO.

Sebagai perusahaan agrikultur, kinerja SIMP akan tetap tergantung pada fluktuasi harga komoditas serta perkiraan peningkatan biaya seperti upah minimum.

Untuk itu, tetap berfokus pada peningkatan hasil panen dan produktivitas serta upaya-upaya efisiensi biaya diantaranya menerapkan langkah-langkah pengendalian biaya dan meningkatkan mekanisasi untuk menekan dampak inflasi upah sangat penting bagi industri ini.

Prospek CPO dan Analisa PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) 02

[Baca Juga: Kiat Analisis Fundamental Saham Ala ”Warren Buffet Indonesia”]

 

Sebagai perusahaan agribisnis yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal dengan keberadaan yang diperhitungkan di Indonesia, kegiatan operasional SIMP terutama akan didorong oleh ekspektasi positif dari prospek perekonomian dalam negeri serta tingkat konsumsi produk sawit domestik.

Dalam lima tahun ke depan, dilansir bisnis.com, perseroan menyatakan akan fokus untuk mengembangkan pertumbuhan organik dengan terus memperhatikan tanaman yang belum menghasilkan dan dari sisi hilir akan terus meningkatkan kapasitas refinary.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Kesimpulan

Harapan pemulihan penjualan PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) hingga tahun kedepan sepertinya terlihat masih ada sinyal positif terlebih segmen komoditas yang sedang menguat saat ini.

Emiten perkebunan masih memiliki tantangan jika menyangkut bisnis yang berhubungan dengan konsumsi masyarakat, ekspor dan terkait kebijakan pemerintah di kemudian hari.

Emiten ini masih mencatatkan rugi bersih hingga 2020, namun diharapkan tahun 2021 SIMP dapat mencetak laba bersih.

Untuk proyeksi industri komoditas kelapa sawit masih akan menorehkan grafik hijau setidaknya hingga semester 1-2021.

 

Disclaimer on: Penyebutan nama saham tidak bermaksud memberikan opsi buy/sell atau pun rekomendasi untuk saham tertentu. Artikel menunjukkan fakta dan analisa dari penulis berdasarkan laporan keuangan dan diambil dari sumber dianggap tepercaya. Data dapat berubah tergantung kondisi. Seluruh tulisan dan tanggapan adalah opini pribadi.

 

Itulah analisa saham SIMP dan prospeknya ke depan yang bisa membantu pertimbangan investasi Anda. Punya pertanyaan? Anda bisa tanyakan dalam kolom komentar.

Anda juga bisa bergabung dalam grup komunitas belajar saham Finansialku untuk info terbaru dan diskusi mengenai saham dengan praktisi dan pakarnya.

 

 

Sumber Referensi:

  • Aplikasi IPOTGO
  • Annual Report PT Salim Ivomas Pratama(SIMP) (www.idx.co.id)
  • Bisnis.com

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi ChartNexus
  • Consolidated Financial Statements PT Salim Ivomas Pratama (SIMP), September 2020
  • Crude Palm Oil Futures Chart – Investing.com
  • Indonesia Consumer Confidence | 2000-2020 Data | 2021-2022 Forecast | Calendar (tradingeconomics.com)
  • https://bit.ly/383VgT3
  • https://bit.ly/3qXKFSl