Apakah Anda berminat untuk renovasi apartemen? Dana apa saja yang sudah Anda persiapkan untuk merenovasi apartemen? Berikut beberapa ulasan bagi Anda yang akan merenovasi apartemen dan informasi mengenai dana yang perlu dipertimbangkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Renovasi Apartemen

Bagi Anda yang memiliki dan tinggal menetap di sebuah apartemen, maka Anda tentu telah terbiasa dengan sejumlah biaya perawatan yang dikenakan oleh pihak pengelola. Sejumlah biaya ini mungkin saja telah termasuk biaya perawatan, kebersihan dan yang lainnya. Anda selaku penghuni pasti akan merasa terbantu dengan adanya fasilitas tersebut di apartemen yang Anda gunakan, meskipun pada kenyataannya Anda tidak cukup hanya mengandalkan perawatan yang dilakukan oleh pihak pengelola saja untuk merawat apartemen Anda.

Selain perawatan, sesekali sebuah hunian juga tentu akan membutuhkan renovasi, begitu juga apartemen Anda. Ini sangat penting dilakukan, terutama jika ternyata apartemen tersebut mulai terasa kurang nyaman atau bahkan tidak bisa lagi memenuhi semua kebutuhan Anda dengan baik. Beberapa orang akan melakukan renovasi ini untuk bisa membuat kehidupan mereka lebih berkualitas dari sebelumnya, atau bahkan ketika mereka memiliki anggota keluarga yang baru (memiliki seorang anak). Anda juga tentu selalu menginginkan kehidupan yang berkualitas dan hunian yang nyaman, bukan?

Renovasi Apartemen Ini Sumber Dana yang Patut Dipertimbangkan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Membeli Apartemen dengan Kredit Kepemilikan Apartemen]

 

Lakukan Renovasi yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan

Meski apartemen Anda sangat membutuhkan sebuah tindakan renovasi, hal ini tentu bukan sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan. Renovasi akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar, dimana jumlahnya bahkan bisa saja menghabiskan seluruh saldo tabungan Anda. Mudah jika Anda memiliki sejumlah tabungan yang dapat dialokasikan untuk kebutuhan tersebut. Namun Anda mungkin saja akan mengalami kendala, jika ternyata Anda tidak memiliki sejumlah dana tabungan yang memadai sejak awal.

Menunda tidak selalu menjadi sebuah pilihan yang tepat, terutama untuk berbagai kebutuhan yang bersifat mendesak. Meski Anda tidak memiliki dana yang cukup dan bisa dialokasikan untuk renovasi apartemen tersebut, Anda tetap bisa melakukannya dengan sejumlah dana lain yang berasal dari luar keuangan Anda (pinjaman).

Simak beberapa sumber dana berikut ini, yang dapat Anda andalkan menjadi biaya renovasi:

Tips Membeli Apartemen untuk Tempat Tinggal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tips Membeli Apartemen Sebagai Hunian]

 

#1 Ajukan Pinjaman Kredit dengan Agunan Apartemen/Aset lainnya

Anda bisa mendapatkan sejumlah dana dari pihak bank dengan cara mengajukan pinjaman kepada mereka. Gunakan apartemen Anda sebagai agunan (jaminan), agar Anda bisa mendapatkan besaran bunga yang lebih kecil dan ringan. Bukan hanya itu saja, mengajukan sejumlah pinjaman ke bank akan lebih mudah jika Anda melengkapinya dengan sebuah agunan.

Tidak harus menggunakan aparteman yang Anda tempati saat ini, Anda juga bisa mengajukan pinjaman ini dengan menggunakan aset lainnya yang Anda anggap sesuai dan bisa lebih mudah diproses. Misalnya: rumah Anda yang lainnya, atau bahkan jika Anda memiliki sebidang tanah yang dilengkapi sertifikat.

Jumlah dana pinjaman yang bisa Anda dapatkan, akan disesuaikan dengan nilai aset yang Anda agunkan. Semakin mahal nilai agunan Anda, maka akan semakin besar pula nilai pinjaman yang bisa Anda dapatkan. Pada dasarnya, jumlah pinjaman yang dapat dicairkan oleh pihak bank adalah maksimal sekitar 80% dari harga taksiran agunan yang Anda ajukan kepada mereka.

9 Biaya KPA yang Harus Diketahui Saat Beli Apartemen - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 9 Biaya KPA yang Harus Diketahui Saat Beli Apartemen]

 

#2 Manfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Anda tidak ingin repot-repot dan mengajukan pinjaman Anda dengan sebuah agunan? maka KTA adalah produk lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Sesuai dengan namanya, sudah jelas produk ini tidak akan membutuhkan agunan sebagai persyaratannya.

Tidak perlu khawatir, meski KTA ini diajukan tanpa agunan, Anda tetap bisa mendapatkan sejumlah dana yang besar dari pinjaman yang satu ini. Produk KTA bisa dicairkan hingga Rp200 juta, sehingga Anda dapat dengan leluasa untuk menjalankan rencana renovasi apartemen Anda. Jumlah dana pinjaman ini akan disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda, yakni pendapatan dan juga kemampuan bayar Anda di masa yang akan datang.

KTA memiliki sejumlah kelebihan yang akan mempermudah Anda ketika mengajukannya. Bukan hanya persyaratannya yang mudah saja, Anda juga bisa mendapatkan dana ini dalam kurun waktu yang singkat (beberapa hari), sebab KTA hanya akan membutuhkan proses yang singkat saja ketika pengajuannya.

9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda 1 - Finansialku

[Baca Juga: 9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda]

 

#3 Manfaatkan Kredit Renovasi BPJS Ketenagakerjaan

Anda bekerja dan telah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan selama kurun waktu 5 tahun terakhir? Jika iya, maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit renovasi rumah yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengakses layanan ini, Anda hanya perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dan melakukan pengajuan langsung di sana. Prosesnya terbilang mudah dan cepat, sehingga Anda tidak akan menemukan kendala ketika mengurusnya.

Terkait dengan pembiayaan pinjaman ini, BPJS Ketenagakerjaan telah bekerja sama dengan beberapa bank terbesar di Indonesia, sehingga Anda akan mendapatkan pelayanan yang baik dan mudah. Untuk pengajuan pinjaman ini, Anda akan menjaminkan dana Anda yang terdapat di BPJS Ketenagakerjaan sebagai agunan.

Lebih Baik Mana Beli Rumah atau Sewa Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Mana? Beli Rumah atau Sewa Rumah?]

 

#4 Gunakan Fasilitas Top Up KPR

Anda memiliki fasilitas KPR dari perbankan dan masih memiliki kewajiban untuk melunasi cicilan bulanannya? Jika iya, maka Anda juga memiliki kesempatan untuk menggunakan fasilitas Top Up yang mereka miliki.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, maka setidaknya Anda telah menyelesaikan setengah jalan masa cicilan Anda, sebab bank juga tentu akan mempertimbangkan kemampuan bayar dan juga riwayat pembayaran Anda selama beberapa waktu terakhir. Di dalam prakteknya, bank akan membuat pinjaman baru dan menutup pinjaman lama Anda yang masih belum lunas tersebut (KPR), dan untuk selanjutnya Anda hanya akan diminta untuk mencicil pinjaman baru yang telah disepakati tersebut.

Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta?]

 

#5 Melakukan Over Kredit KPR

Masih terkait dengan poin di atas, jika ternyata Anda tidak bisa mendapatkan fasilitas Top Up, maka Anda bisa melakukan over kredit KPR Anda. Proses ini akan melibatkan bank lain (baru), dimana Anda mengajukan over kredit kepada mereka dan mendapatkan pinjaman biaya renovasi dari selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman yang masih tersedia.

Para Karyawan, Sekarang dengan Gaji Rp4 Juta Bisa Beli Rumah Sendiri - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Sekarang dengan Gaji Rp4 Juta Bisa Beli Rumah Sendiri]

 

Sumber Dana yang Patut Dipertimbangkan

Jika Anda ingin merenovasi apartemen milik Anda, Anda dapat mempertimbangkan sumber dana yang bisa Anda dapatkan. Ada lima sumber dana yang sudah dijelaskan. Pahami baik-baik dan pikir secara sungguh-sungguh. Setiap pilihan memiliki risiko dan konsekuensinya masing-masing. Selamat mempertimbangkan!

 

Apakah Anda berencana untuk merenovasi apartemen Anda? Lakukan beberapa langkah di atas dan gunakan setiap fasilitas yang sudah tersedia. Bagikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan kepada kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Agustina Melani. 12 Feb 2016. Mau Renovasi Rumah Tapi Tak Ada Biaya? Ini Solusinya. https://goo.gl/6weO51.

 

Sumber Gambar:

  • Renovating The Apartement – https://goo.gl/RCdOiI dan https://goo.gl/orHWb3

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku