Sudahkah keluarga Anda melakukan review akhir tahun keuangan keluarga? Review akhir tahu keuangan keluarga adalah hal yang penting dan harus dilakukan. Kali ini kami akan berbagi cara melakukan review akhir tahun keuangan keluarga Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Jangan Malas Review Akhir Tahun Keuangan Keluarga Anda!

Perencanaan keuangan adalah salah satu bagian dalam mengelola keuangan (personal financial management). Dalam kegiatan mengelola keuangan, ada yang namanya melakukan review atau meninjau kembali perkembangan keuangan keluarga kita. Banyak hal yang perlu Anda review seperti target penghasilan tahunan, keberhasilan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan, target investasi serta kebutuhan asuransi. Yuk kita bahas satu-persatu keuangan keluarga Anda.

sudahkan-keluarga-anda-mereview-akhir-tahun-keuangan-keluarga-2-finansialku

[Lihat Infografis : Infografis #1 Apa dan Siapa yang Membutuhkan Perencanaan Keuangan?]

 

Siklus dalam mengelola keuangan keluarga, pada dasarnya sama dengan ilmu dasar manajemen. Fungsinya melakukan manajemen keuangan keluarga adalah memastikan tujuan keuangan Anda dapat terwujud dan keuangan Anda dikelola dengan efektif.

  • Anda mungkin saja ingin membeli rumah?
  • Anda mungkin saja ingin bebas dari utang konsumtif?
  • Anda mungkin saja ingin menyiapkan biaya pendidikan anak?
  • Anda mungkin saja ingin menyiapkan biaya untuk pensiun?
  • dan lain sebagainya.

Ilustrasi di bawah ini menunjukan ilmu dasar dalam mengelola keuangan (basic management) yang dikenal dengan istilah P – D – C – A (plan, do, check dan act).

ilmu-dasar-manajemen-untuk-karir-pdca-finansialku

PDCA dilakukan secara berkelanjutan, untuk membantu Anda mewujudkan tujuan keuangan Anda.

ilmu-dasar-manajemen-untuk-karir-pdca-2-finansialku

Sebelum membahas lebih lanjut, kami ingin bertanya, apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan?

 

Review Akhir Tahun Keuangan Keluarga, Jika Anda Belum Memiliki Rencana Keuangan

Jika Anda saat ini belum memiliki rencana keuangan, nah akhir tahun ini adalah waktu yang paling bagus untuk mulai merencanakan keuangan Anda. Silahkan hubungi perencana keuangan independen atau silahkan gunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda mengelola dan merencanakan keuangan. Pastikan Anda memiliki kontrol atas pemasukan, pengeluaran dan segala aspek keuangan Anda. Untuk menggunakan Aplikasi Finansialku, silakan daftar di sini.

 

Review Akhir Tahun Keuangan Keluarga, Jika Anda Sudah Memiliki Rencana Keuangan

Jika Anda sudah memiliki rencana keuangan, maka Anda perlu melakukan review berikut ini

#1 Penghasilan

Pertama, cek kembali apakah jumlah penghasilan di tahun ini sudah sesuai dengan rencana yang dibuat awal tahun. Buatlah rencana untuk meningkatkan penghasilan tahun depan. Selain dari berharap dari kenaikan gaji, Anda dapat meningkatkan penghasilan dengan : hasil investasi, penghasilan pasif dan lain sebagainya.

 

#2 Pengeluaran

Kedua, Anda juga perlu mereview kembali pengeluaran-pengeluaran besar dalam tahun ini. Anda perlu mengecek kembali anggaran yang sudah pernah dibuat sebelumnya, cash flow bulanan dan kebutuhan dana darurat (emergency fund).

5-perubahan-kecil-untuk-masa-depan-keuangan-yang-lebih-baik-finansialku

[Baca Juga : 5 Perubahan Kecil untuk Masa Depan Keuangan yang Lebih Baik]

 

#3 Asset

Anda juga perlu mengecek kembali kondisi aset yang sudah ada. Misal, saat ini Anda sudah berhasil membeli rumah, mobil dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengecek pajak dan biaya-biaya terkait dengan aset tersebut.

 

#4 Liabilitas / Kewajiban

Apakah tahun ini Anda sudah berhasil bebas dari utang atau kewajiban? Atau tahun ini malah menambah kewajiban atau utang? Pastikan Anda segera bebas dari utang konsumtif, karena utang konsumtif sangat bahaya untuk keuangan Anda.

2 Cara Lunasin Utang Debt Snowball vs Debt Stacking, Bagus Mana - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 2 Cara Lunasin Utang: Debt Snowball vs Debt Stacking, Bagus Mana?]

 

#5 Investasi

Akhir tahun ini, Anda juga perlu mengecek kinerja hasil investasi. Apakah investasi Anda menghasilkan keuntungan sesuai dengan target? Jika sudah, maka Anda perlu mempertahankan dan mengoptimalkan investasi Anda. Jika hasil investasi belum sesuai dengan target, ada baiknya mempertimbangkan langkah-langkah perbaikan. Termasuk pertimbangkan untuk mengganti produk investasi.

 

#6 Kebutuhan Asuransi

Tahap selanjutnya adalah cek kebutuhan asuransi Anda, apakah asuransi yang Anda miliki sudah sesuai dengan kebutuhan. Cek kembali polis asuransi yang Anda miliki, seperti:

  • Apakah plan (rencana) untuk asuransi kesehatan sudah sesuai dengan kebutuhan?
  • Apakah uang pertanggungan asuransi jiwa Anda sudah sesuai dengan kebutuhan? Atau perlu ditambah?
  • Apakah asuransi kendaraan dan asuransi rumah Anda sudah mau jatuh tempo? Jika asuransi sudah mau habis, pertimbangkan kembali untuk memperpanjang kembali.
  • dan lain sebagainya

Infografis #5 Lindung Diri Anda dan Asset Anda dengan Asuransi 2- Finansialku

[Lihat Infografis : Lindungi Diri Anda dan Asset Anda]

 

#7 Pencapaian Tujuan Keuangan

Poin berikutnya adalah cek kembali pencapaian tujuan keuangan Anda di tahun 2016. Misal dalam rencana keuangan, harusnya DP rumah sudah terpenuhi 50%. Jika saat ini uang DP rumah belum terpenuhi, berarti ada masalah. Bahas kondisi tersebut dengan perencana keuangan Anda. Jika tujuan keuangan Anda sudah berjalan sesuai dengan rencana, silahkan lanjutkan sesuai dengan rencana yang sudah ada.

 

#8 Pajak

Apakah Anda pernah melakukan kesalahan dalam pengisian laporan pajak pribadi pada tahun sebelumnya? Khusus di pengunjung tahun 2016 ini, masih ada kesempatan untuk mengikuti amnesti pajak. Pada bulan desember 2016 ini, Pemerintah Indonesia masih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperbaiki laporan pajak.

 

Setelah Review, Lakukan Perbaikan untuk Tahun Depan

Berdasarkan hasil review akhir tahun keuangan keluarga, Anda dan perencana keuangan Anda perlu melakukan perbaikan. Lakukan perbaikan pada bagian-bagian yang masih kurang sesuai dengan rencana. Semoga di tahun yang akan datang, Anda dapat lebih memegang kendali atas keuangan, kondiis keuangan menjadi lebih sehat dan tujuan-tujuan keuangan dapat segera terwujud.

 

Apa saja kesulitan yang Anda hadapi saat melakukan review akhir tahun keuangan keluarga? Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda, karena perencana keuangan kami akan menjawab. Terima kasih.

 

Sumber gambar :

  • People Surprised – https://goo.gl/slgifm dan https://goo.gl/Dlshtf

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang