Tertarik dengan waralaba es teler yang selalu menjadi favorit di hati masyarakat Indonesia? Tapi, bagaimana dengan peluang usaha waralaba es teler saat ini?

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang besar. Mengapa bisa?

Karena ternyata makanan penutup alias dessert yang satu ini masih digandrungi berbagai kalangan di Indonesia hingga saat ini.

Mari simak penjelasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Segarnya Peluang Bisnis Es Teler

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, banyak usaha yang mengalami kebangkrutan, namun terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN dan MINUMAN.

Makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, sehingga tak salah jika Anda melirik bisnis yang satu ini.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang dapat Anda pertimbangkan, namun satu hal yang perlu diingat adalah untuk tetap mempertimbangkan kondisi pasar Indonesia.

Waralaba Es Teler 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Nah, jika mengingat iklimnya yang tropis dan cukup panas, menarik nih jika Anda melihat peluang bisnis jajanan yang segar dan pastinya sesuai untuk melepas dahaga dan lapar, yaitu es teler.

Tentunya Anda sudah pernah mendengar dessert es teler yang nikmat dan menyegarkan ini bukan?

Betul sekali, dessert ini merupakan sebuah jajanan menyegarkan berisi es serut, ditambah susu kental manis, santan, dan berbagai topping menarik (misalnya: buah, kacang tumbuk, meses, dan sebagainya).

Es teler ini memang menjadi menu yang tidak bisa ditolak, saat cuaca panas atau saat haus melanda.

Rasanya yang dapat melegakan tenggorokan, membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsinya.

Es teler ini pertama kali diciptakan oleh Bapak Tukiman Darmowijono, pedagang es campur dengan gerobak di Jalan Semarang, Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1980-an.

Es teler kreasi Tukiman begitu enak sehingga anak-anak muda yang meminumnya mengaku keenakan, seperti teler setelah mengonsumsi. Begitulah asal mula makanan ini disebut es teler.

Meskipun sudah cukup lama beredar di pasaran, es teler tetap menjadi salah satu dessert favorit masyarakat Indonesia.

Mungkin karena kenikmatannya abadi dan sesuai dengan selera masyarakat. Baik manula, dewasa, hingga anak-anak bisa menikmati segarnya es teler yang manis ini.

Harganya pun termasuk terjangkau sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan.

Oleh karena itulah, berbisnis es teler ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan.

Waralaba Es Teler 03 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Kesuksesan bisnis ini lantas mengundang para pebisnis lain yang juga mengembangkan bisnis es teler ini.

Namun bagaimana jika pebisnis pemula mau memulai bisnis es teler ini? Tentunya memulai bisnis dari nol bisa berbahaya bukan jika tanpa pengalaman?

Untungnya, sudah banyak bisnis es teler yang mewaralabakan usahanya. Hal ini bisa menjadi jawaban bagi para pebisnis pemula yang tertarik berbisnis es teler.

Apakah Anda juga tertarik dalam berbisnis es teler ini? Jika iya, yuk simak peluang usaha waralaba es teler dari Finansialku berikut ini!

 

Alternatif Waralaba Es Teler yang Bisa Anda Pilih

Peluang dalam bisnis jajanan es teler bisa dibilang masih terbuka sangat lebar mengingat tingginya peminat jajanan ini. Bisnis yang satu ini memang pantas diperhitungkan.

Tertarik membuka bisnis es teler dan meraup keuntungan besarnya? Simak beberapa waralaba es teler yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis ini:

 

#1 Waralaba Es Teler 77

Sebuah usaha es teler yang sudah melegenda di Indonesia adalah es teler 77.

Bisnis ini dibangun dengan penuh kerja keras oleh Ibu Murniati Widjaja sendiri bersama suaminya Trisno Budijanto beserta anak dan mantunya yaitu Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho.

Bisnis ini terus bertahan selama lebih dari 30 tahun bahkan menjadi salah satu brand bisnis waralaba terbaik dan terpopuler yang ada di Indonesia.

Bisnis ini sendiri mulai diwaralabakan sejak tahun 1987, yang dengan ini merupakan usaha makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba.

Waralaba Es Teler 04 (Es Teler 77) - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Hingga kini, Es Teler 77 masih mempertahankan cita rasa kuliner nusantara dan senantiasa meningkatkan mutu pelayanannya.

Hasilnya, Es Teler 77 telah berhasil mengembangkan sayapnya dengan go internasional di beberapa negara.

Tidak hanya itu, dengan total gerai yang mencapai lebih dari 200 buah di seluruh nusantara dan luar negeri.

Es Teler 77 menjelaskan, bisnis waralabanya bisa sesukses sekarang ini karena komitmen mereka untuk terus menjaga kualitas produk dan layanan di setiap gerainya yang terus bertambah tersebut.

Anton Widjaja, Direktur Pemasaran/Operasional Es Teler 77 mengatakan:

“Agar kualitas produk dan layanan di setiap gerai tetap terjaga, Es Teler 77 membangun sentra produksi dan distribusi di 4 kota besar di Indonesia – yakni Jakarta, Jogja, Medan dan Makasar. Seluruh bahan baku, yang siap olah atau siap pakai dipasok dari sentra-sentra tersebut. Hal itu kami lakukan untuk memastikan seluruh gerai menggunakan bahan baku dan standar yang sama.”

 

Anton menambahkan bahwa untuk memastikan pelayanan di setiap gerai, Es Teler 77 memiliki Standar Operating Procedures baku yang diterapkan di seluruh gerai.

Di mana implementasi dan pengawasannya dilakukan oleh tim operasional yang terstruktur dan telah menjalani pelatihan.

Tidak hanya itu, untuk menjaga kepuasan konsumen dan juga kontrol produk, Es Teler 77 menyediakan SMS hotline, interaksi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, sehingga setiap keluhan konsumen dapat diakomodasi dengan baik.

Beberapa waktu lalu, Es Teler 77 juga telah meresmikan Menara Top Food.

Menara Top Food tersebut berfungsi sebagai pusat kendali operasional terpadu dan pusat pelatihan pengembangan sumber daya manusia.

Waralaba Es Teler 05 (Es Teler 77) - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

Secara teknis pusat pelatihan Es Teler 77 ini memiliki peralatan dapur canggih dan didesain khusus untuk praktek kerja karyawan dan berlatih secara interaktif dengan para pengajar.

Selain itu, tersedia pula lokasi restoran yang berfungsi sebagai sarana simulasi kerja sama seperti gerai Es Teler 77 yang asli.

Jika Anda berminat untuk memulai bisnis ini, Es Teler 77 mengenakan fee Rp85 juta untuk durasi kontrak lima tahun. Persyaratan yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki modal usaha baik pribadi maupun maupun dari institusi keuangan lain, seperti bank.
  • Memiliki pemahaman yang tinggi atas usaha rumah makan. Karena mengelola rumah makan perlu ketekunan dan kejelian dalam pengelolaan. Disiplin dalam menjalankan SOP (Standard Operating Procedures) dan perlu memiliki kepekaan terhadap cita rasa.
  • Berkomitmen tinggi untuk menjalankannya secara penuh waktu.

Biaya tersebut belum termasuk dengan uang muka sewa, dekorasi, peralatan dan perlengkapan restoran, dan juga modal kerja.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu namun tetap ingin berinvestasi membuka gerai Es Teler, perusahaan siap membantu mengelola gerai Anda dengan pembagian keuntungan 50:50 dari keuntungan bersih.

Demikian juga apabila terjadi kerugian, Es Teler 77 akan menanggung 50% dari kerugian.

 

#2 Waralaba Es Teler Juara

Jika Anda mencari alternatif waralaba es teler lain yang lebih terjangkau, Finansialku juga sudah mencari alternatif waralaba lainnya, yakni Es Teler Juara di Makassar, Sulawesi Selatan.

Usaha ini didirikan Syahrir sejak Oktober 2015. Pada bulan yang sama, ia langsung menawarkan kemitraan usaha Es Teler Juara.

Saat ini, Es Teler juara baru punya dua gerai di Makassar dan belum memiliki mitra.

“Semua mitra kami baru dalam tahap penjajakan. Dalam waktu dekat, sudah ada mitra yang siap menjalin kerja sama.”

 

Bagi calon mitra yang berminat bergabung, Syahrir menawarkan paket investasi sebesar Rp5 juta.

Mitra akan mendapatkan fasilitas berupa booth penjualan berukuran 1,5 x 3 meter2, bahan baku awal seperti buah dan gelas, pelatihan dan seragam karyawan. Namun, paket investasi di luar sewa tempat.

Waralaba Es Teler 06 (Es Teler Juara) - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Dalam kerjasama ini, tidak ada royalty fee dan franchise fee. Mitra juga dibebaskan untuk mencari bahan baku es teler sendiri, seperti buah-buahan.

Mitra hanya diwajibkan mengorder gula pemanis dari pusat yang terdiri dari dua paket, yakni 2 liter  dan 5 liter seharga Rp200.000 dan Rp600.0000 per kemasan.

Syahrir mengklaim, keunggulan Es Teler Juara dibandingkan kompetitor lainnya adalah rasa gula yang khas karena diracik sendiri.

Gula pemanis es teler yang digunakan Syahrir merupakan gula merah bone yang punya cita rasa khas.

Syahrir memperkirakan, mitra bisa meraup omzet sebesar Rp15 juta per bulan dengan laba bersih sekitar 50%.

Omzet itu bisa terpenuhi jika mitra bisa menjual es teler 50 gelas per hari. Jika target ini tercapai, mitra diperkirakan balik modal dalam waktu dua bulan.

 

Mau Berbisnis Waralaba Es Teler? #Uangdarimana?

Setelah melihat beberapa sumber waralaba di atas, apakah Anda sudah membayangkan mana bisnis es teler yang sesuai bagi Anda? Tapi apakah Anda sudah memikirkan pembiayaannya?

Mempersiapkan modal untuk sebuah bisnis merupakan satu hal besar, tetapi bukan berarti mudah untuk memperoleh pendanaan tersebut.

Anda perlu menghitung berapa banyak dana yang dibutuhkan, mulai dari modal atau investasi awalnya hingga biaya operasional bisnis nantinya.

Selain itu, penting untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan dana yang ada menjadi sebuah pencapaian dengan pengembalian yang tinggi, yang bisa menarik pendana untuk memberikan bantuan dana.

Mau Bisnis Waralaba Ketahui Dulu Franchise Pasif Dalam Sistem Bisnis Franchise 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Jangankan pebisnis pemula, pebisnis sukses pun bisa jatuh miskin jika tidak dilengkapi dengan pengaturan keuangan yang baik.

Dengan demikian, penting untuk selalu membuat perencanaan keuangan dan memantau kondisi keuangan secara berkala. Lengkapi dengan pencatatan yang rapi.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi perencana keuangan seperti Aplikasi Finansialku untuk memudahkan pengaturan keuangan.

Dengan fitur yang praktis dan lengkap, aplikasi Finansialku akan membantu Anda dalam berbisnis tanpa harus khawatir dengan pengaturan keuangan.

Jika Anda pengguna baru, Anda bisa men-download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Oh iya, jangan lupa bekali dirimu dengan pengetahuan mengenai bagaimana mengelola keuangan bisnis dan pribadi dengan bak.

Jangan sampai perjalanan bisnismu terganggu hanya karena pengelolaan keuangan yang tidak baik.

Anda bisa mempelajari semuanya melalui ebook satu ini:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Anda juga bisa memperoleh ebook Finansialku lainnya secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Yuk seger miliki, pelajari, dan praktikkan sekarang juga!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang bisnis es teler favorit masyarakat lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, sila ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Contact Us. Esteler77.com – http://bit.ly/2Yh3XXp
  • Admin. Begini Sejarah Kemunculan Es Teler dan Perbedaannya dengan Es Campur. Lampung.tribunnews.com – http://bit.ly/2LEEEsn
  • Admin. 23 Oktober 2015. Melirik Segarnya Peluang Bisnis Kemitraan Es Teler. Peluangusaha.kontan.co.id – http://bit.ly/2JLT3AD
  • Cecep Supriadi. 3 Februari 2014. Ini Dia Jurus Es Teler 77 Menarik Minat Investor. Marketing.co.id – http://bit.ly/2Gqh5PK

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Es Teler 1 – http://bit.ly/2JLR1kc
  • Waralaba Es Teler 2 – http://bit.ly/2Y1uxEk
  • Waralaba Es Teler 3 – http://bit.ly/2YdBBsI
  • Waralaba Es Teler 4 (Es Teler 77) – http://bit.ly/2YfzTak
  • Waralaba Es Teler 5 (Es Teler 77) – http://bit.ly/2Yf6Sjp
  • Waralaba Es Teler 6 (Es Teler Juara) – http://bit.ly/2Y1uOXS