Hati-hati dengan penipuan lowongan kerja, sudah banyak kasus penipuan lowongan kerja yang menelan banyak korban.

Kenali dan sadari sejak dini ciri-ciri dan cara menghindari penipuan lowongan kerja melalui pembahasan artikel Finansialku di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja

Khanisa seorang mahasiswa yang barus saja lulus dari sebuah univesitas dan sedang melamar pekerjaan di beberapa perusahaan besar sesuai dengan bidang yang ia geluti.

Tak berselang lama setelah ia mengirimkan beberapa surat lamaran secara online kepada perusahaan yang ia incar, Khanisa mendapatkan SMS dari nomor seluler yang tidak dikenal.

Ia mendapatkan informasi bahwa Khanisa telah diterima bekerja di sebuah perusahaan besar sesuai dengan aplikasi yang telah ia kirimkan melalui alamat email yang tertera di website.

Kemudian, Ia diminta untuk mengirimkan sejumlah uang untuk keperluannya berangkat ke luar pulau untuk keperluan masa percobaan.

Saking senangnya, Khanisa tidak mencurigai sesuatu apapun dan langsung saja mengirimkan sejumlah uang kepada pihak yang memintainya uang.

Alhasil, uang Khanisa raib dan pihak tak bertanggung jawab itu tidak dapat dihubungi kembali oleh Khanisa.

Penipuan-Lowongan-Kerja-02-Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk dan Johnny Andrean Salon]

 

Kisah Khanisa di atas adalah salah satu contoh mengenai kasus penipuan lowongan kerja yang telah marak dilakukan dan sudah banyak korban yang merasa dirugikan.

Setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kesempatan yang besar ini ternyata digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan yang tidak halal.

Jika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang Anda, ada baiknya Anda perlu membuat beberapa lamaran pekerjaan dengan Template CV yang menarik dan profesional dari Finansialku. Anda dapat men-download secara gratis melalui situsnya.

Namun, demikian seiring dengan banyaknya penipuan lowongan kerja, para pencari kerja – termasuk Anda, haruslah waspada dan dengan bijak mengenali dan menyadari sejak dini modus yang biasanya dilakukan oleh para oknum yang tak bertanggung jawab ini.

 

Ketahui Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Sebelum masuk dalam pembahasan lebih dalam, sebagai calon pekerja, tentu Anda harus mengetahui perencanaan keuangan yang baik dan benar agar uang gaji Anda kelak tidak habis begitu saja tanpa jejak.

Gunakan Aplikasi Finansialku dalam pencatatan keuangan pribadi yang dapat Anda gunakan secara praktis dengan langsung mencatat arus kas Anda setiap saat.

Tak perlu ragu menggunakan fasilitas free trial-nya untuk melihat berbagai fasilitas lain yang akan memudahkan Anda dalam merencanakan dana liburan atau membeli barang, bahkan mengecek kesehatan keuangan pribadi Anda.

Jika Anda berminat untuk berlangganan, Anda disarankan untuk berlangganan selama 1 tahun, selain untuk menghemat biaya registrasi, Anda akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online mengenai perencanaan keuangan yang akan dipandu oleh Perencana Keuangan Profesional Finansialku secara gratis selama 1 tahun.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Agar tidak jatuh ke dalam lubang yang sama seperti kisah Khanisa di atas, sebaiknya Anda mengenali berbagai kejanggalan dari ciri-ciri penipuan lowongan kerja yang akan dipaparkan oleh Finansialku berikut ini:

#1 Menggunakan Nama Perusahaan Besar dan Domain Gratisan

Ciri pertama dari pennipuan lowongan kerja adalah penggunaan nama perusahaan besar agar dapat menyakinkan para calon korban.

Para pencari kerja yang tidak terlalu jeli, mereka akan langsung mencoba peruntungan ketika melihat informasi lowongan kerja dari perusahaan besar.

Dengan logo yang begitu nampak seperti asli, tak sedikit orang-orang tertipu dan masuk dalam jerat tipuan.

Untuk mengetahui keasliannya, Anda bisa lihat alamat website yang mereka cantumkan. Jika alamat website menggunakan alamat domain yang gratisan sepertiL @yahoo; @gmail; @hotmail, dan lain sebagainya, Anda harus memiliki kecurigaan.

Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance 03 Pekerjaan - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Tidak mungkin perusahaan besar mempertaruhkan namanya dengan menggunakan domain yang gratisan.

Biasanya, perusahaan besar yang benar-benar sedang membuka lowongan pekerjaan akan mempublikasikan informasi lowongan kerja di situs resmi millik mereka sendiri.

Beberapa contoh perusahaan besar yang memiliki situs website rekrutmen resmi diantaranya seperti, http://recruitment.pertamina.com (Perusahaan Pertamina); http://www.pln.co.id (Perusahaan PLN); http://ptfi.co.id/id/career (Perusahaan Freeport), dan sebagainya.

Ketika Anda akan mencari lowongan kerja yang valid, segera lihat domain dari alamat website yang digunakan.

Jika tidak melihat domain resmi dari perusahaan yang bersangkutan, segera tinggalkan laman website yang sedang Anda kunjungi agar tidak masuk dalam jerat penipuan lowongan kerja.

 

#2 Informasi dari SMS, Telepon, dan Email Abal-abal

Siapa yang tidak senang ketika mendapatkan SMS mengenai informasi bahwa Anda diterima bekerja di sebuah perusahaan ketika ia sedang membutuhkan pekerjaan.

Salah satu kejanggalan lainnya yaitu melalui pengiriman SMS yang dikirim melalui telepon seluler dan bukan nomor fixed-phone atau telepon kantor resmi dari perusahaan yang bersangkutan.

Apalagi jika ternyata mereka menyatakan bahwa Anda diterima bekerja, padahal Anda belum mengirimkan berkas lamaran kerja atau prosedur interview.

Selain itu, pihak penipu lowongan kerja akan mengirimkan informasi tersebut melalui email dan juga menelepon Anda secara langsung.

Mereka akan membuat Anda segera mengambil keputusan dan ujung-ujungnya meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah uang.

Cek terlebih dahulu informasi tentang nomor kontak perusahaan secara benar agar tidak terkecoh.

Jangan bahagia jika ada yang mengirimkan sms tersebut ke layar telepon pintar Anda, tetap waspada dengan penipuan lowongan kerja yang malahan merugikan Anda.

 

#3 Penawaran Gaji Tinggi yang Tidak Sesuai Dengan Posisi

Ini dia yang salah satunya membutakan mata batin para pencari kerja. Iming-iming gaji besar yang sebetunya tidak sesuai dengan posisi.

Tanpa berpikir panjang, banyak korban yang tertipu oleh penawaran yang berkedok gaji besar padahal hanya sebuah penipuan lowongan kerja.

Kerahasiaan jumlah nominal gaji biasanya ditentukan saat setelah wawancara atau interview, biasanya perusahaan-perusahaan besar dan profesional akan membayar setiap karyawannya dengan standar gaji yang sesuai dengan kualifikasi dari para pencari kerja.

Selain itu, karena besar gaji adalah bersifat rahasia, tidak mungkin informasi ini diumbar di informasi lowongan kerja begitu saja.

Gaji-Saja-Tidak-Cukup-Untuk-Mencapai-Kebebasan-Keuangan-02-Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Berbicara mengenai gaji, jika Anda telah diterima di sebuah perusahaan besar dan mendapatkan gaji yang sesuai, sudahkah Anda memiliki perencanaan untuk uang Anda tersebut?

Segera miliki E-Book Panduan Perencanaan Keuangan dari Finansialku berikut ini yang dapat Anda unduh secara gratis:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#4 Kejanggalan Lokasi Interview

Ketika mendapatkan informasi mengenai jadl interview dan lokasi untuk tes, cek terlebih dahulu apakah alamat yang diberikan adalah alamat kantor pusat atau cabang dari perusahaan tersebut.

Jika terjadi kejanggalan akan alamat alias mendapatkan alamat palsu, urungkan niat Anda untuk melanjukannya.

 

#5 Harus Membayar Sejumlah Uang

Semua modus penipuan apapun, termasuk penipuan lowongan kerja adalah ujung-ujungnya duit.

Ini dia yang tidak masuk akal. Para pemberi kerja sudah seharunyalah yang akan memberi Anda gaji, bukan Anda sebagai pencari kerja yang harus mengirimkan uang.

Jika Anda memang harus mengeluarkan biaya, biasanya biaya yang dikeluarkan adalah untuk mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter, surat kelakuan baik dari kepolisian, dan biaya transportasi yang ditanggung sendiri.

Jika Anda diminta biaya administrasi oleh perusahaan yang bersangkutan, Anda sedang masuk dalam jerat penipuan lowongan kerja.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Daripada mengirimkan sejumlah uang kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, lebih baik Anda investasikan uang Anda untuk masa depan hari tua dari sekarang.

Dengan uang sebesar Rp100 ribu, Anda bisa berinvestasi Reksa Dana dan memiliki masa depan keuangan yang lebih baik lho!

Segera unduh secara gratis E-Book Panduan Berinvestasi Untuk Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Daftar Situs Lowongan Kerja Valid dan Terpercaya

Tak perlu kebingungan mencari lowongan kerja yang valid dan terpercaya, berikut ini beberapa website lowongan kerja yang valid dan terpercaya di Indonesia:

#1 JobsDB

Situs pencari kerja JobsDB ini relevan bagi Anda yang ingin bekerja di kawasan daerah Asia, seperti Hongkong, China, Malaysia, Singapura, Thailand, dan lainnya, termasuk Indonesia.

Daftar pekerjaan berdasarkan fungsi, lokasi, dan industri dapat Anda lihat melalui situs ini.

 

#2 Jobstreet.co.id

Situs ini didirikan pada tahun 1997 di Malaysia dan mengklaim diri memiliki mitra dari perusahaan di Australia hingga di Afrika Selatan.

Para pencari kerja akan dimudahkan dengan informasi mengenai lowongan kerja baru melalui JobStreet Mobile App.

 

#3 Monster.co.id

Situs ini adalah anak perusahaan dari monster.com yang didirikan oleh Jeff Taylor pada tahun 1994 dan memiliki setidaknya memiliki cabang di 50 negara.

Namun, sayangnya situs ini hanya tersedia dalam layanan berbahasa Inggris, sehingga akan sedikit menyulitkan Anda yang tidak biasa dalam menggunakan bahasa asing.

9 Situs Lowongan Kerja Freelance untuk Cari Uang Tambahan dengan Kerja Online dan Kerja Dari Rumah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

#4 Jobs.id

Beragam lowongan industri ada di situs ini, dari finansial hingga periklanan.

Situs ini termasuk yang terpopuler dan diakses oleh banyak pengguna, selain itu fitur bahasa dapat Anda ubah ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

 

#5 Karir.com

Situs ini didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Karir.com menampilkan berbaga lowongan kerja dengan fasilitas pencarian pekerjaan berdasarkan posisi, nama perusahaan, dan kata kunci. Anda pun dapat mengatur fitur bahasa jika Anda tidak terlalu mahir dalam berbahasa asing.

20 List Cari Kesempatan Kerja di Lowongan Kerja Online Terbaru 2017 01 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

#6 Jobindo.com

Sama seperti beberapa situs di atas, Jobindo.com akan menampilkan berbagai lowongan pekerjaan sesuai kategori dan jenis pekerjaan dan lokasi.

Selain itu, di halaman depan akan ditampilan lowongan pekerjaan terbaru atau teratas.

 

Waspada Penipuan Lowongan Kerja

Semakin maraknya penipuan lowongan kerja perlu membuat kita lebih menyadari dan mengenali berbagai ciri yang digunakan para pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jangan biarkan Anda masuk dalam lubang jerat penipuan lowongan kerja dan merugikan Anda sendiri.

 

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman terkait penipuan lowongan kerja? Apakah Anda memiliki tips lainnya dalam mengenali penipuan lowongan kerja? Anda dapat menuliskannya pada kolom yang tersedia di bawah ini! Sharing is Caring!

 

Sumber Referensi:

  • Meily Rohmatun. 8 Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong. Tawarannya Menggiurkan Tapi Isinya Omong Kosong. Hipwee.com – https://goo.gl/MU6eBH
  • Idris Rusadi Putra. 31 Januari 2018. Ciri-ciri Lowongan Kerja Harus Diwaspadai. Merdeka.com – https://goo.gl/ZcdFbA
  • Admin. 6 Januari 2017. Ciri Panggilan Tes Perusahaan Penipu. Tekun.info – https://goo.gl/FSdtJ1
  • Admin. 13 Desember 2017. 9 Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu yang Sebaiknya Kamu Waspadai. Kumparan.com – https://goo.gl/Ao2E2b
  • Riyan Sugandy. Penipuan Lowongan Kerja Makin Marak, Begini Cara Menghindarinya. Qerja.com – https://goo.gl/Yh4oFL
  • Herman Yudiono. 8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/r5z6Jc

 

Sumber Gambar:

  • Penipuan Lowongan Kerja 1 – https://goo.gl/ehJkLE
  • Penipuan Lowongan Kerja 2 – https://goo.gl/eEAbzz