10 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom #2

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut ini langkah-langkah untuk mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom yang dapat Anda segera jalankan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

10 Langkah Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk segera mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom.

 

#6 Mulai Memiliki Anggaran, Catatan Keuangan dan Dana Darurat

Langkah keenam adalah memiliki anggaran, membuat catatan keuangan dan memiliki dana darurat. Salah satu kebiasaan buruk kelas menengah Indonesia adalah tidak memiliki anggaran, catatan keuangan dan dana darurat. Hal tersebut terjadi karena kita memang tidak terbiasa mencatat pengeluaran. Padahal kebiasaan membuat anggaran dan mencatat keuangan memiliki banyak sekali manfaat. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk dapat membantu Anda mengelola keuangan.

 

Coba Aplikasi Finansialku

 

Selain itu, Anda juga perlu memiliki dana darurat (emergency fund) untuk menjaga kalau-kalau ada pengeluaran mendadak. Pastikan Anda memiliki dana darurat sebesar 6x – 12x pengeluaran. Jangan gunakan kartu kredit atau utang untuk kebutuhan dana darurat.

 

#7 Mulai Memiliki Proteksi yang Cukup, Sesuai Kebutuhan

Langkah ketujuh adalah milikilah proteksi yang cukup sesuai dengan kebutuhan Anda. Dua proteksi yang paling penting adalah proteksi untuk jiwa dan proteksi untuk kesehatan. Kedua proteksi tersebut adalah dasar dan merupakan hal penting dalam perencanaan keuangan dan langkah mencapai kebebasan keuangan.

 

[Baca Juga: Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

#8 Mulai Berinvestasi sesuai dengan Tujuan Keuangan Anda

Langkah kedelapan adalah berinvestasi. Penghasilan investasi adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan sebagai batu loncatan, sebelum Anda mendapatkan penghasilan pasif. Biasanya penghasilan pasif didapat dari bisnis pasif (baik online maupun offline) serta penghasilan dari waralaba (franchise).

Harus diakui seseorang untuk mendapatkan penghasilan pasif, perlu usaha dan waktu yang lebih panjang. Penghasilan pasif biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang, misal Anda harus membangun sistem (jika Anda memilih menjalankan bisnis) atau harus menyiapkan biaya untuk membeli waralaba (jika Anda memilih membeli waralaba).

Lain halnya dengan hasil investasi, sekarang ini investasi di reksa dana dapat dimulai dari Rp 100.000. Walaupun angkanya kecil, namun efeknya besar. Pemikiran yang tepat adalah segera belajar investasi, cari pengalaman berinvestasi dengan risiko yang terukur. Kami menyarankan investor pemula untuk berinvestasi diwaktu sebelum berinvestasi di produk-produk keuangan, seperti reksa dana, saham dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana di Indonesia]

 

#9 Mulai Membangun Penghasilan Pasif melalui Waralaba

Sejalannya waktu, gaji Anda semakin tinggi dan hasil investasi Anda semakin tinggi saatnya Anda membangun penghasilan pasif melalui waralaba. Mengapa waralaba? Ada statistik yang mengatakan bahwa 5 dari 10 pebisnis mengalami kegagalan di tahun pertama. Hal tersebut terjadi karena pebisnis tersebut kurang pengalaman dan salah mengambil keputusan. Waralaba adalah sarana untuk belajar bisnis dengan risiko yang terbatas. Seseorang yang membeli waralaba, adalah orang yang membeli sistem bisnis, mulai dari merk, SOP, bahan baku, pemilihan tempat dan lain sebagainya.

Di Indonesia terdapat banyak sekali waralaba, mulai dari waralaba makanan, potong rambut, jasa pembersih dan lain sebagainya. Pilihlah waralaba yang kredibel dan berpengalaman dalam bisnis. Jangan asal membeli waralaba.

 

#10 Mulai Membangun Penghasilan Pasif melalui Bisnis

Langkah terakhir dalam mencapai kebebasan keuangan adalah dengan membangun bisnis. Tidak semua bisnis mampu mendatangkan penghasilan pasif. Bisnis yang memiliki sistem adalah bisnis yang mampu mendatangkan penghasilan pasif. Pastikan ketika Anda membangun bisnis, bangunlah sebuah sistem yang dapat bekerja secara otomatis. Bisnis yang mampu menghasilkan pendapatan pasif dapat diciptakan dari bisnis tradisional maupun bisnis online. Banyak sekali cara untuk mendatangkan pemasukan dari bisnis online. Finansialku memiliki artikel berseri mengenai bisnis online dan Anda dapat mempelajarinya secara gratis. Artikel pertama kami mengenai bisnis online adalah: Blueprint bisnis online di Indonesia.

[Baca Juga: Blueprint Bisnis Online di Indonesia]

 

Langkah Awal yang Harus Saya Lakukan adalah …

10 Cara di atas, adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda lakukan. Ingat tidak semua orang bisa mencapai kebebasan keuangan, hanya orang-orang yang mau belajar dan bekerja untuk dapat mewujudkannya. Sekarang saatnya Anda mulai melakukan tindakan nyata, mulailah dengan cara memikir (mindset) dan miliki rencana keuangan untuk mencapai kebebasan keuangan. Anda pasti bisa, jika Anda memiliki niat untuk belajar dan bekerja untuk mewujudkannya.

 

Sumber Gambar:

  • Freedom – http://goo.gl/X7BI3i

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment