Bagaimana kriteria memilih perusahaan asuransi terbaik? Mungkin Anda pernah melihat iklan asuransi yang menjamin kepuasan dan mengklaim dirinya sebagai yang terbaik. Sebagai contoh “Solusi asuransi terbaik yang melindungi tanpa batas” atau “Tidak ada klaim uang kembali” mungkin menjadi iklannya. Namun ternyata Anda perlu menganalisis lebih dalam kriteria-kriteria dalam penilaian perusahaan asuransi untuk memperoleh yang terbaik lho. Mari kita lihat apa saja sih kriteria dalam memilih perusahaan asuransi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Lihat Buktinya, Jangan Hanya Percaya Janji

Iklan atau slogan perusahaan asuransi seringkali sangat menggoda. Karena godaan tersebutlah, konsumen kerap kali membeli produk asuransi dari perusahaan yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Memang betul perusahaan asuransi mengandalkan permainan kata-kata dan harga dalam penawarannya, namun sebagai konsumen Andalah pengambil keputusannya. Oleh karena itu, penting untuk memilih perusahaan asuransi dan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Sedang Mencari Asuransi Terbaik Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Bisa Meneruskan Premi Asuransi Jika Berbeda Perusahaan Asuransi?]

 

Misalkan Anda ingin membeli sebuah produk asuransi mobil, pertimbangkan dahulu beberapa hal berikut ini:

  1. Tentukan cakupan asuransi yang dibutuhkan (misal: all risk atau TLO)
  2. Pilih premi bulanan atau tahunan sesuai kemampuan finansial
  3. Pilih perusahaan asuransi yang terjamin dan terpercaya (terdaftar di OJK)
  4. Kenali produk serta biaya dan manfaatnya
  5. Tanyakan kebijakan dan ketentuan yang berlaku pada produk tersebut sejelas-jelasnya
  6. Bacalah dengan teliti seluruh syarat dan ketentuan dan isi polis.

 

Tampak bahwa Anda perlu meneliti perusahaan asuransi berikut polisnya dengan teliti sebelum mengambil keputusan. Dengan demikian, penting untuk melihat dari dalam, bukan hanya melihat iklannya saja.

Dengan kata lain: lihat buktinya, bukan hanya janji-janji manisnya. Finansialku akan mengajak Anda mengenal kriteria penting dalam memilih perusahaan asuransi agar Anda tidak menyesal kemudian.

 

Kriteria Umum Perusahaan Asuransi yang Baik

Untuk memilih perusahaan asuransi yang baik, Anda perlu meneliti sejarah dan pengalamannya. Perusahaan dengan iklan yang gencar dengan tagline menarik tidak menjamin keamanan dan benefit produk asuransinya. Lalu apa saja kriteria umum perusahaan asuransi yang baik?

Mengenal Perusahaan Asuransi di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Perusahaan Asuransi di Indonesia]

 

#1 Lamanya Perusahaan Asuransi Berdiri

Jika perusahaan asuransi yang Anda incar baru berdiri setahun atau dua tahun, lebih baik pertimbangkan kembali keputusan Anda. Bukan berarti perusahaan yang baru didirikan tidak dapat dipercaya, namun perusahaan yang sudah berdiri cukup lama dan mampu mempertahankan reputasinya tentu lebih menjamin keamanan dan meminimasi risiko kebangkrutan.

 

#2 Memiliki Reputasi yang Menjanjikan

Coba bayangkan sekarang: Saat Anda menikmati sebuah permen lollipop dan tiba-tiba ingin pergi ke toilet, apakah Anda memilih untuk menitipkan sebuah permen lollipop kepada adik Anda yang masih berusia 5 tahun atau kepada nenek Anda yang memiliki diabetes? Jika saya harus memilih, saya akan menitipkannya kepada nenek karena kemungkinan permen saya habis dimakan lebih kecil, bahkan hampir nol persen. Mengapa? Karena nenek saya mengidap diabetes dan pastinya menghindari makanan manis.

Serupa halnya dengan memilih perusahaan asuransi. Anda tentu menginginkan sebuah perusahaan yang kredibel dan memiliki reputasi menjanjikan. Dengan demikian Anda lebih yakin bahwa uang Anda tidak akan dimakan (alias dibawa kabur) oleh perusahaan tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Oleh karena itu, sebaiknya selalu kumpulkan informasi dan pengalaman dari kerabat Anda yang menggunakan jasa serupa untuk mengetahui reputasi perusahaan tersebut. Niscaya Anda akan mengambil keputusan yang lebih baik dan bijak.

 

#3 Menawarkan Premi yang Ekonomis

Premi yang bagus bukan berarti harus mahal. Premi yang baik harusnya EKONOMIS, dimana dengan input yang minim Anda bisa memperoleh hasil yang maksimal. Jika Anda pandai-pandai membandingkan beberapa produk sepadan dari beberapa perusahaan, Anda dapat memperoleh produk yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Oh ya, ingatlah untuk tidak kalap dalam membeli produk asuransi. Ketahui dahulu kebutuhan Anda, dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Membeli premi yang cakupannya lebih luas dari kebutuhan Anda hanya akan mubazir.

 

Kriteria Khusus Perusahaan Asuransi yang Baik

Nah, setelah Anda melihat kriteria umum perusahaan asuransi yang baik, mungkin Anda masih bingung memilih perusahaan yang benar-benar terjamin dan terpercaya. Jangan khawatir, berikut kriteria perusahaan asuransi yang berkinerja baik berdasarkan penilaian Rating 123 Asuransi versi InfoBank untuk membantu Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat:

Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi]

 

#1 Rasio Risk Based Capital (RBC)

Secara umum, Risk Based Capital (RBC) merupakan salah satu metode pengukuran Batas Tingkat Solvabilitas yang disyaratkan dalam undang-undang dalam mengukur tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi. Semakin besar rasio solvabilitas sebuah perusahaan asuransi, maka semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut.

 

#2 Rasio Likuiditas

Rasio likuiditas adalah rasio yang menunjukkan kemampuan pengelola perusahaan dalam memenuhi kewajiban atau membayar utang jangka pendeknya. Artinya, seberapa mampu perusahaan untuk membayar kewajiban atau utangnya yang sudah jatuh tempo. Semakin tinggi rasio ini artinya kondisi keuangan perusahaan semakin baik.

 

#3 Besarnya Dana Jaminan

Berdasarkan UU No. 40 Tahun 2014 dan Peraturan OJK No. 71/POJK.05//2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi, perusahaan wajib membentuk Dana Jaminan paling rendah 20% dari ekuitas minimum yang dipersyaratkan. Dana jaminan ini merupakan aset perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi yang merupakan jaminan terakhir dalam rangka melindungi kepentingan pemegang polis, tertanggung, atau peserta, dalam hal Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi dilikuidasi.

Produk Asuransi Jiwa Pilih Tradisional atau Unit Link 01 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink?]

 

#4 Cadangan Teknis Plus Utang Klaim

Perusahaan asuransi memiliki investasi atau cadangan teknis plus utang klaim sebagai alat ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya kepada pemegang polis dalam jangka panjang. Nilai yang disarankan adalah sama dengan atau lebih dari 100%.

 

#5 Besarnya Aktiva Tetap Perusahaan

Aktiva tetap perusahaan merupakan sumber daya entitas bisnis (perusahaan) yang diperoleh serta dikuasai dari hasil kegiatan ekonomi pada masa yang lalu dan digunakan dalam menjalankan aktivitas operasional usaha perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Perhitungan aktiva tetap menunjukkan tingkat efisiensi perusahaan dimana nilai yang baik adalah 25%.

 

#6 Rasio Perubahan Premi Bruto

Jika perusahaan memiliki nilai perubahan premi bruto sebesar 33% atau lebih, maka perusahaan tersebut dinilai baik. Perubahan premi bruto menunjukkan kemampuan perusahaan tersebut dalam memaksimalkan premi. Dimana premi bruto sendiri artinya premi yang diperoleh dari penutupan langsung.

bagaimana-nasib-nasabah-jika-ojk-cabut-izin-perusahaan-asuransi-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Nasib Nasabah Jika Perusahaan Asuransi Bangkrut?]

 

#7 Rasio Pendapatan Premi Neto terhadap Modal

Rasio ini menunjukkan seberapa besar kekuatan modal perusahaan dibandingkan dengan tanggungannya. Standar rasio tersebut yang dikategorikan baik adalah kurang atau sama dengan 300%.

 

#8 Rasio Pendapatan Investasi Neto terhadap Rata-rata Investasi

Rasio ini dapat dinilai baik atau tidak hanya dengan membandingkan keduanya. Apabila:

  • Pendapatan investasi neto terhadap rata-rata investasi sama atau lebih besar dari rata-rata suku bunga investasi berarti perusahaan dalam kondisi baik
  • Pendapatan investasi neto terhadap rata-rata investasi lebih kecil dari rata-rata suku bunga investasi berarti perusahaan TIDAK dalam kondisi baik

 

#9 Rasio Beban Klaim

Rasio tersebut mencerminkan pengalaman klaim yang terjadi serta kualitas usaha penutupanya. Rasio mencerminkan pengalaman klaim yang terjadi serta kualitas usaha penutupanya. Dengan demikian, untuk mengkategorikan perusahaan yang baik, dibutuhkan nilai rasio beban klaim sama dengan atau lebih kecil dari 100%.

 

#10 Rasio Laba Rugi Sebelum Pajak terhadap Rata-rata Modal

Rasio laba rugi sebelum pajak terhadap rata-rata modal akan menunjukkan kemampuan modal perusahaan dalam mencetak keuntungan. Nilai terbaiknya ditunjukan dengan sama dengan atau lebih dari nilai rata-rata suku bunga investasinya.

Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup?]

 

Kenali Perusahaan Sebelum Mengambil Keputusan

Semoga beberapa tips tersebut dapat membantu Anda untuk memilih perusahaan asuransi terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Yang penting jangan pernah terburu-buru dalam memilih perusahaan asuransi karena memilih asuransi adalah sebuah keputusan dengan variasi risiko yang luas.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips memilih perusahaan asuransi lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 14 Juni 2017. Lagi Cari Asuransi? Inilah Kriteria Perusahaan Asuransi Berkinerja Baik. Cermati.com – https://goo.gl/LXsFoY
  • Eric. 5 Mei 2016. Risk based Capital (RBC). Mauasuransi.com – https://goo.gl/3dbq8x
  • Admin. Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. 2015. Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi. Ojk.go.id – https://goo.gl/euVvtn

 

Sumber Gambar:

  • Mencari Asuransi Terbaik – https://goo.gl/YJVj5U
  • Asian Woman – https://goo.gl/N7FTEV

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana