Ini Dia 9 Bantuan Keuangan Untuk Single Parent!

Bagaimana seorang single parent mengatur keuangannya? Adakah bantuan keuangan untuk single parent?

Mari kita lihat bagaimana cara single parent bantuan keuangan mengatur keuangannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Adakah Bantuan Keuangan untuk Single Parent?

Bagi Anda yang sudah menjadi orangtua tentunya paham sulitnya mengurus rumah tangga. Mulai dari merawat sang buah hati, mengurus kebutuhan pendidikannya, merawat dan membersihkan rumah, hingga menyediakan makan bagi keluarga.

Tidak terlepas dari seluruh kewajiban tersebut, orangtua pun harus mengatur keuangan keluarganya.

Lalu, apakah terbayangkan bagaimana nasib single parent yang harus mengerjakannya sendirian?

Ini Dia 9 Bantuan Keuangan Untuk Single Parent! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parent Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

Namun itulah kehebatan single parent, keadaan tidak pernah membuat mereka putus asa. Sebagai satu orang dengan 2 atau lebih tanggung jawab, mereka tetap bertahan.

Namun meskipun kuat dan hebat, seorang single parent juga bisa memanfaatkan bantuan keuangan demi kehidupan yang lebih sejahtera lho!

Jika Anda juga merupakan salah satu single parent, Finansialku akan membantu Anda dengan memberikan informasi seputar bantuan keuangan untuk single parent sebagai berikut.

 


 

#1 Memanfaatkan Bantuan Sosial

Menjadi single parent terkadang membuat Anda merasa kuat dan mandiri. Namun, bukan berarti Anda malah membatasi diri dari bantuan orang lain.

Tidak perlu malu untuk menerima dan memanfaatkan bantuan sosial dari pemerintah atau pun dari orang-orang terdekat Anda.

Perlu Anda ketahui, terkadang ada seseorang yang berniat membantu dan mendukung Anda, namun terlalu takut untuk memasuki kehidupan Anda.

Oleh karena itulah, sebaiknya Anda yang terlebih dahulu membuka diri dan meminta bantuannya.

Meminta bantuan bukan berarti lemah lho, namun Anda hanya meminta demi kebaikan Anda dan buah hati Anda.

Ibu Single Parent Gaji UMR Bandung Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Mom]

 

Sebagai contoh, kini sudah banyak program bantuan bagi seorang single parent.

Misalnya saja, Dompet Sosial Madani yang merupakan sebuah lembaga sosial yang mengelola dana bantuan bagi masyarakat kurang mampu dalam bentuk program kesehatan, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, peduli lingkungan, dan peduli bencana.

Salah satu program yang dijembatani oleh Dompet Sosial Madani adalah program wirausaha “Single Parent Mandiri”, dimana seorang single parent diberi bantuan dana untuk membuat sebuah usaha mandiri yang layak.

Selain Dompet Sosial Madani, masih banyak lagi program bantuan bagi single parent yang bisa Anda manfaatkan. Ingatlah bahwa tidak perlu malu dan takut dalam menerima bantuan dari orang lain.

 

#2 Mengembangkan Diri Dengan Program Beasiswa

Menjadi single parent seringkali bukanlah sebuah pilihan. Anda diwajibkan menjadi single parent dalam waktu singkat dan diharapkan menjadi mandiri serta tahan banting.

Namun, bukan berarti Anda bisa pasrah kepada keadaan dan berdiam diri. Justru ini saatnya Anda harus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Dengan mengembangkan diri, Anda bisa meningkatkan prospek keuangan Anda. Karena jujur saja, dengan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang lebih baik, Anda juga berkesempatan memperoleh penghasilan yang lebih baik.

Sayangnya, pendidikan dan kursus bukanlah suatu hal yang murah. Sehingga ini menjadi salah satu penghambat pengembangan diri seorang single parent.

Kabar baiknya, kini sudah banyak program pendidikan seperti adanya beasiswa bagi Anda yang kurang mampu atau terkendala biaya. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan diri tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

 

#3 Mencari Pemasukan Lebih

Tidak mudah menjadi seorang single parent, selain harus mendidik dan mengurus keluarga, mereka juga harus menjadi tulang punggung satu-satunya dalam keluarga dalam urusan mencari nafkah.

Dengan demikian, jelas bahwa menjadi single parent sama artinya dengan tanggungjawab keuangan lebih besar. Pemasukan lebih akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesejahteraan hidup.

12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan]

 

Adapun beberapa contoh pekerjaan tambahan yang sesuai bagi seorang single parent yang memiliki jadwal padat antara lain:

  • Mencari pekerjaan sampingan yang tidak memakan waktu dan fleksibel.
  • Menjadi asisten virtual yang siap membantu kapan saja via sarana online, misalnya melakukan riset online, menginput data, dan sebagainya.
  • Menjadi asisten rumah tangga harian, dimana Anda hanya perlu datang di pagi hari dan menghabiskan 3 hingga 4 jam untuk membersihkan rumah.
  • Menjaga binatang peliharaan tetangga pada jam kerjanya.
  • Membuka usaha online shop yang bisa dikerjakan di rumah dan tidak memakan banyak waktu.

 

#4 Mencari Pekerjaan Tetap yang Tepat

Bekerja memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mayoritas orang. Bangun, bekerja, tidur, dan begitu setiap harinya.

Namun tahukah Anda bahwa Anda tidak bisa asal pilih pekerjaan? Dengan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda dan kemampuan Anda, bekerja bisa jadi lebih produktif dan menyenangkan.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Beberapa tips mudah untuk mencari pekerjaan tetap yang tepat bagi Anda adalah sebagai berikut:

  1. Ketahui kualifikasi diri sendiri terlebih dahulu.
  2. Ketahui apa jenis pekerjaan yang ingin dicari.
  3. Miliki ekspektasi yang realistis dan terukur.
  4. Sadari kondisi bahwa Anda tetap memiliki tanggung jawab untuk mengurus rumah dan buah hati.
  5. Jujur mengungkapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.
  6. Hindari pekerjaan yang tidak dibayar atau membutuhkan banyak
  7. Hindari pekerjaan yang mengharuskan Anda membayar untuk pendaftaran dan lain-lain.

 

Selain itu, penting untuk selalu memilih perusahaan yang legal dan tidak mengandung unsur penipuan.

Dengan pekerjaan yang benar dan tepat, Anda bisa lebih menyalurkan hobi dan spesialisasi Anda akan membaik dari waktu ke waktu.

Pada akhirnya, Anda akan menghasilkan pemasukan yang lebih baik tanpa harus mengorbankan kebahagiaan Anda dan keluarga.

 


 

#5 Mengatur Keuangan dengan Baik

Meski single parent sudah menghasilkan banyak uang, namun bukan berarti hidupnya langsung menjadi sejahtera begitu saja.

Tentunya single parent pun membutuhkan bantuan dalam mengelola keuangannya.

Anda bisa memulai dengan membuat anggaran.

Membuat anggaran merupakan tahapan yang paling penting dalam pengaturan keuangan. Anda harus melakukannya dengan teliti dan menggunakan perkiraan yang tepat, agar tidak ada ketimpangan di dalam perencanaan yang telah Anda atur.

Catatlah setiap perencanaan dan penerapan anggaran secara rinci dan jelas.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui pola pemasukan dan pengeluaran Anda. Setelah mengetahui pola keuangan, Anda bisa memprediksi jumlah pengeluaran di waktu yang akan datang dan mulai menyiapkan dananya mulai dari sekarang.

 

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku sebagai alat bantu membuat anggaran dan catatan keuangan untuk Anda.

Dengan demikian, membuat anggaran menjadi mudah dan praktis. Sebagai pengguna baru, Anda bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#6 Membuat Daftar Belanja dan Mentaatinya

Sebagai seorang single parent, uang dan waktu adalah 2 hal yang sangat berharga. Dengan demikian, Anda harus mencari cara untuk mengatur keduanya dengan baik.

Salah satu contohnya adalah dengan membuat daftar belanja saat Anda membeli kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai belanja menjadi suatu beban karena Anda kerap melanggar anggaran bulanannya.

11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini]

 

Selain itu, daftar belanja akan membantu untuk memisahkan mana yang menjadi keinginan dan kebutuhan, agar Anda memaksimalkan anggaran bagi hal-hal yang memang Anda perlukan saja.

Alhasil, tidak ada lagi istilahnya pemborosan yang tidak menambah nilai alias tidak penting.

 

#7 Mencari Aktivitas Gratis Bersama Buah Hati

Selain mengurus rumah dan seluruh kebutuhannya, menjadi single parent berarti membagi waktu untuk dihabiskan bersama sang buah hati. Hal ini penting untuk mencegah si kecil merasa terabaikan pasca perceraian.

Jangan sampai anak menjadi korban dari status orangtua tunggal tersebut. Oleh karena itu, penting untuk tetap membagi waktu sehingga Anda bisa menghabiskan waktu bersama sang buah hati.

Tetapi lagi-lagi biaya menjadi penghambat dari aktivitas bersama buah hati. Jangan khawatir, kini banyak kok aktivitas gratis yang bisa Anda nikmati bersamanya.

 

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Piknik bersama sang buah hati

Makan bersama sang buah hati bisa menjadi momen berharga jika dilakukan dengan sedikit berbeda.

Buatlah bekal sederhana dan siapkan sebuah tikar di kebun terdekat. Jadi, deh piknik sederhana ala Mom/Dad dan Children.

 

Menghabiskan waktu tenang dengan membaca buku di perpustakaan

Membaca buku bisa memberi ketenangan dan waktu untuk bebas dari beban pikiran. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas di perpustakaan untuk melakukan diskusi atau bedah buku.

 

Menikmati konser atau festival terdekat

Menikmati konser atau festival juga bisa menjadi hiburan di sela-sela kesibukan sebagai seorang single parents.

Jangan cemas dengan harganya, banyak kok konser atau festival yang tidak dikenakan biaya atau yang murah harganya.

Anda bisa mencari informasi terkait konser atau pagelaran terdekat di kota Anda. Ajak buah hati Anda untuk bersama-sama menikmati quality time tersebut.

 

#8 Meminimalkan Biaya Makan si Kecil

Makan merupakan sebuah kebutuhan primer yang tidak bisa dihindari. Terutama bagi buah hati Anda, nutrisi dan gizi seimbang sangatlah penting dalam menyokong pertumbuhan yang optimal.

Tetapi tentunya Anda juga mengetahui bahwa biaya makan bukanlah hal yang murah. Lalu bagaimana mengatasinya?

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom 1 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Mengelola Keuangan untuk Wanita Single Parent]

 

Anda bisa saja mengakalinya dengan memanfaatkan harga makanan murah atau bahkan gratis bagi buah hati Anda.

Sebagai contoh, jika si kecil masih balita, banyak tempat makan atau restoran buffet yang menawarkan makan gratis bagi anak di bawah usia 5 tahun.

Carilah promo-promo menarik yang bisa dinikmati oleh Anda dan juga anak Anda. Dengan demikian, Anda dan si kecil bisa tetap makan enak dan bergizi tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

 

#9 Liburan Hemat ala Single Parent

Siapa bilang single parent harus mendedikasikan seluruh waktu untuk mengurus rumah dan keluarga? Nyatanya, single parent juga memiliki hak untuk bersenang-senang sesekali. Mereka berhak hidup sejahtera.

Oleh karena itu, bukan berarti single parent tidak bisa berlibur di sela-sela kesibukannya. Anda bisa merencanakan liburan murah bersama dengan buah hati Anda.

Bagaimana dengan biayanya? Anda bisa mempersiapkan dananya dari sekarang untuk menikmati momen liburan yang berkesan. Misal rencana liburan masih 2 tahun lagi, kira-kira berapa dana yang perlu ditabung per bulannya?

Ketahui Manajemen Keuangan untuk Single Moms agar Sejahtera 01 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga, yang Dapat Anda Lakukan. Kalau Bisa Nambah Pemasukan, Kenapa Tidak?]

 

Pertama-tama, hitung dulu perkiraan harga paket liburan di 2 tahun yang akan datang dengan memperhitungkan inflasi.

Misal kenaikan biaya sampai 10% per tahun, anggaplah biaya liburan saat ini adalah Rp15.000.000. Bagaimana cara memenuhi tujuan berlibur dalam waktu 2 tahun lagi?

Anda bisa mencari instrumen investasi yang sesuai tingkat pengembaliannya. Misalnya, sebuah produk investasi dengan imbal hasil 6% setahun, maka berapa jumlah yang harus kita tabungkan setiap bulannya?

 

Untuk mempermudah perhitungan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur Perencanaan Dana Liburan. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kemudian, masukkan seluruh informasi tadi ke dalam Widget Kalkulator Dana Membeli Barang.

Setelah itu, klik “Kirim Jawaban ke Email Saya” dan akan muncul hasil perhitungan berapa banyak dana yang perlu diinvestasikan per bulannya untuk mencapai tujuan liburan bersama sang buah hati.

Sederhana bukan?

 

Single Parent Bukanlah Superhero

Meski selalu sibuk dan memiliki banyak tanggung jawab, namun single parent bukanlah superhero yang bisa melakukan semuanya sendiri tanpa bantuan siapapun.

Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan dan memanfaatkan beberapa program bantuan demi kesejahteraan hidup Anda dan buah hati.

Mengutamakan kebahagiaan keluarga dan buah hati itu penting, sehingga maksimalkanlah bantuang keuangan demi kebahagiaan Anda bersama.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai bantuan keuangan untuk single parent? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jennifer Wolf. 28 Februari 2017. Single Parents: Financial Help for Single Parents. Thespruce.com – https://goo.gl/FPGbjE

 

Sumber Gambar:

  • Bantuan Keuangan Untuk Single Parent – https://goo.gl/qNYiWu
  • Keuangan Untuk Single Parent – https://goo.gl/tf2ahF

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download