Apakah Biaya Pengobatan Kanker Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi Sepenuhnya?

Apakah biaya pengobatan kanker ditanggung oleh perusahaan asuransi sepenuhnya?

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Penyakit ini tidak hanya membunuh secara perlahan dan menyakitkan tetapi juga banyak menghabiskan biaya untuk pengobatannya.

Oleh karena itu, biasanya orang akan mengambil asuransi untuk menanggung risiko finansial yang dapat diakibatkan oleh penyakit kanker. Tetapi apakah seluruh biaya pengobatan kanker dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Nasabah Yang Terkena Penyakit Kanker

Rubrik kali ini saya buat karena ada seseorang yang bertanya kepada saya mengenai pertanggungan yang diberikan asuransi kepada penderita penyakit kanker.

Yang pada akhirnya diketahui bahwa orang tersebut sudah didiagnosa menderita penyakit kanker.

Setelah ngobrol beberapa waktu lamanya, dia mengaku bahwa dia sudah memiliki asuransi penyakit kritis.

Yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah asuransi penyakit kritis miliknya dapat menanggung seluruh biaya pengobatan penyakit kanker tersebut?

 

Apakah Biaya Pengobatan Kanker Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi Sepenuhnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Punya Asuransi, Terpaksa Jual Asset untuk Bayar Biaya Kesehatan]

 

Biaya Pengobatan Kanker

Ketika seseorang terkena penyakit kanker, biaya yang ditanggung bukan hanya biaya rawat inap seperti biasanya, tetapi ada pula pengobatan rawat jalan yang sangat besar seperti kemoterapi dan juga obat-obatan yang harus diminum yang juga tidak murah harganya.

Dibawah ini adalah tabel yang saya dapatkan tentang pengobatan penyakit kanker yang ada.

Apakah Biaya Pengobatan Kanker Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi Sepenuhnya 03 - Finansialku

 

Pada faktanya, biaya pengobatan kanker di lapangan akan lebih besar daripada yang tertuliskan disana, karena dipengaruhi oleh rumah sakit dimana penderita kanker dirawat dan juga obat-obatan yang dipakai, serta lama pengobatannya.

Semakin bagus rumah sakit dan obat-obatan yang dipakai biasanya harganya semakin mahal. Dan semakin lama perawatan penyakit kanker tersebut, tentu akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan.

 

Gejala Penyakit Jantung, Biaya Berobat dan Asuransi yang Dapat Digunakan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung, Biaya Berobat dan Asuransi yang Dapat Digunakan]

 

Biasanya orang yang terkena penyakit kanker dengan stadium mendekati stadium akhir atau sudah stadium akhir, mereka terpaksa harus berhenti dari pekerjaan mereka.

Sehingga bertambah lagi biaya untuk kebutuhan hidup mereka yang tidak dapat dipenuhi dari penghasilan mereka lagi.

Oleh karena itu, sebenarnya penyakit kanker bukan hanya menuntut biaya pengobatan di rumah sakit, tetapi biaya pengobatan setelahnya dan biaya kebutuhan hidup juga harus disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi.

 

Manfaat Asuransi Yang Berhubungan Dengan Sakit Kanker

Memang pada akhirnya asuransilah yang akan meringankan sebagian beban biaya yang harus ditanggung.

Mengapa sebagian? Apakah tidak memungkinkan untuk seluruhnya? Pada kenyataannya tidak ada seorangpun yang dapat mengantisipasi secara penuh berapa besar biaya penyakit kanker.

Meskipun mempunyai asuransi yang sangat besar sekali pun, ada kemungkinan biaya yang dikeluarkan melebihi uang pertanggungan asuransi tersebut. Oleh karena itu, saya hanya dapat mengatakan sebagian.

Manfaat asuransi yang berhubungan dengan penyakit kanker ada dua, yaitu manfaat sakit kritis (crisis cover atau critical illness benefit) dan manfaat kesehatan (hospital benefit).

 

Dua Jenis Asuransi yang Perlu Dimiliki oleh Anda dan Masyarakat Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dua Jenis Asuransi yang Perlu Dimiliki oleh Anda dan Masyarakat Indonesia]

 

Manfaat sakit kritis adalah manfaat asuransi yang memberikan uang pertanggungan sekaligus (lump sum) pada saat tertanggung terdiagnosa penyakit kritis yang sesuai dengan persyaratan yang tertera pada polis asuransi.

Manfaat sakit kritis hanya akan dikeluarkan sekali, berapa pun polis yang dimiliki dan berapapun jumlahnya, ketika tertanggung terkena penyakit kanker, maka uang pertanggungan tersebut akan diberikan secara tunai.

Uang tunai tersebut dapat digunakan untuk biaya apapun, baik biaya pengobatan maupun kebutuhan hidup. Jumlah uang pertanggungan penyakit kritis tergantung dari pertama kali nasabah mengambil asuransi tersebut.

Dan biasanya, nasabah yang sudah terkena penyakit kritis belum tentu akan diterima kembali perusahaan asuransi untuk mengambil asuransi.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Berbeda halnya dengan asuransi penyakit kritis, manfaat asuransi kesehatan adalah manfaat yang berhubungan langsung dengan perawatan di rumah sakit, dan biasanya adalah rawat inap.

Di sebagian besar perusahaan asuransi, asuransi kesehatan juga menanggung biaya perawatan kemoterapi. Tetapi pertanggungan asuransi kesehatan tidak diberikan secara tunai.

Manfaat asuransi kesehatan biasanya berupa pertanggungan langsung.

Dengan menggunakan kartu kesehatan pada saat dirawat inap di rumah sakit atau dengan sistem reimbursement, nasabah akan membayar dulu biaya rawat inap lalu melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya pengobatan yang terjadi sesuai dengan kuitansi yang ada dari rumah sakit atau sesuai dengan platform (batasan perlindungan).

 

Anda yang Usia 25-an dan Belum Menikah, Ini Asuransi yang Dibutuhkan! - Finansialku

[Baca Juga: Anda yang Usia 25-an dan Belum Menikah, Ini Asuransi yang Dibutuhkan!]

 

Jika nasabah memiliki kedua manfaat kanker, maka kedua manfaat tersebut dapat diklaim secara bersamaan untuk menanggung biaya penyakit kanker yang dimaksud.

Jika nasabah tersebut hanya memiliki asuransi penyakit kritis maka hanya akan mendapatkan uang pertanggungan secara tunai.

Dan jika hanya manfaat kesehatan, maka asuransinya hanya akan menanggung biaya pengobatan di rumah sakit yang terjadi.

Manfaat-manfaat tersebut mungkin dapat mencukupi seluruh biayanya atau mungkin saja mencukupi sebagian dari biayanya, tergantung dari besarnya uang pertanggungan penyakit kritis atau manfaat asuransi kesehatan yang diambil.

Oleh karena itu, sangat perlu sekali melakukan review atau tinjau ulang polis secara berkala untuk menambah perlindungan asuransi yang sudah diambil.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Asuransi Untuk Penyakit Kanker

Jadi, asuransi apakah yang cocok untuk melindungi penyakit kanker? Jika saya ditanya demikian, saya akan memberikan jawaban asuransi penyakit kritis.

Mengapa demikian? Karena dengan biaya asuransi yang sama atau dengan uang premi bulanan yang sama, asuransi penyakit kritis dapat memberikan uang pertanggungan yang lebih besar daripada asuransi kesehatan.

Mungkin Anda heran, kenapa asuransi penyakit kritis dapat memberikan uang pertanggungan yang lebih besar daripada asuransi kesehatan? Apakah berarti asuransi kesehatan lebih mahal daripada asuransi penyakit kritis?

 

apakah-saya-harus-beli-asuransi-penyakit-kritis-critical-illness-finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Harus Beli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness)?]

 

Jawabannya benar, asuransi kesehatan lebih mahal daripada asuransi penyakit kritis, karena asuransi kesehatan dapat melindungi bukan hanya penyakit kritis tetapi juga penyakit-penyakit ringan lainnya yang memiliki risiko lebih sering terjadi.

Oleh karena itu biayanya lebih mahal meskipun kita jarang memakainya.

Biaya asuransi sangat berhubungan dengan risiko, apabila risiko terjadinya semakin besar atau semakin sering maka biaya asuransinya akan semakin besar, dan begitu pula sebaliknya.

Oleh karena itu dengan premi yang sama Anda akan mendapatkan uang pertanggungan penyakit kritis yang lebih besar.

Alasan kedua mengapa saya menjawab asuransi penyakit kritis adalah karena asuransi tersebut memberikan pertanggungan dalam bentuk tunai dan biasanya jumlahnya besar.

 

biar-klaim-tidak-ditolak-teliti-baca-polis-pertanggungan-asuransi-finansialku

[Baca Juga: Biar Klaim Tidak Ditolak, Teliti Baca Polis Pertanggungan Asuransi]

 

Berarti uang tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Uang tersebut dapat disimpan di dalam tabungan untuk dibungakan, untuk biaya hidup dan juga dapat digunakan untuk pengobatan alternatif.

Manfaat asuransi kesehatan tidak dapat digunakan untuk pengobatan alternatif. Asuransi kesehatan hanya dapat digunakan untuk dirawat inap di rumah sakit.

Biasanya penyakit kritis seperti penyakit kanker, banyak sekali rekomendasi untuk penderita menggunakan pengobatan alternatif yang juga tidak murah biayanya.

Uang pertanggungan asuransi penyakit kritis dapat pula digunakan untuk hal tersebut.

 

Pentingnya Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis adalah salah satu asuransi yang cukup penting mengingat setiap orang memiliki risiko atau kemungkinan terkena penyakit kritis.

Dan seperti yang sudah saya katakan, bahwa manfaat asuransi penyakit kritis relatif lebih murah dan dapat memberikan uang pertanggungan yang besar.

Maka yang terpenting adalah berapa besarnya pertanggungan asuransi penyakit kritis yang harus kita miliki.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ada beberapa pendekatan untuk dapat menghitung besar uang pertanggungan asurnasi penyakit kritis.

  • Perhitungan dengan pendekatan penghasilan atau income protection,
  • Perhitungan dengan pendekatan biaya sakit kritis itu sendiri atau critical illness protection,
  • atau dengan pendekatan aset yang dimiliki atau asset protection.

 

Anda dapat menghubungi perencana keuangan independen atau agen asuransi yang bersertifikasi dan jujur untuk melakukan perhitungannya.

 

Miliki Asuransi Penyakit Kritis Sebelum Terlambat

Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, penyakit kanker memang merupakan salah satu penyakit kritis yang berbahaya.

Oleh karena itu memiliki asuransi yang dapat membantu untuk meringankan biaya pengobatannya merupakan hal yang harus diprioritaskan.

 

Mengenal Rider Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Rider Asuransi Jiwa]

 

Asuransi penyakit kritis harus dimiliki sebelum kita terkena penyakit itu, karena ketika kita sudah terdiagnosa atau terindikasi, maka perusahaan asuransi biasanya sudah tidak akan menerima kita sebagai nasabahnya.

Oleh karena itu milikilah asuransi penyakit kritis sebelum terlambat.

 

Apakah Anda sudah memiliki asuransi penyakit kritis?

Apakah artikel ini membantu menambah wawasan Anda mengenai penyakit kritis dan asuransi yang diperlukan?

Bagikan pengetahuan ini kepada teman-teman dekat Anda supaya mereka terlindungi dengan baik.

 

Sumber Gambar:

  • Biaya Pengobatan Kanker – https://goo.gl/Z1f1W8
  • Pengobatan Kanker – https://goo.gl/zDD9YL
  • Fakta Biaya Pengobatan – https://goo.gl/ke3Y1R

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download