Mau tahu cara membentuk otot perut yang six pack? Siapa yang tidak mau tubuh ideal apalagi punya perut six pack dambaan banyak orang. Gimana cara membentuk otot perut?

Simak ulasan berikut ini ya! Selamat membaca dan jangan lupa lakukan latihannya dengan konsisten!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Membentuk Otot Perut

Membentuk otot agar terlihat lebih menarik tentu merupakan impian semua orang. Tapi ketika berhadapan dengan “perut”, sering kali membentuk otot perut merupakan homework atau PR yang cukup menantang.

Memiliki perut yang terbentuk, shapy atau biasa disebut six pack menjadi satu kerja keras bagi kebanyakan. Tapi, apabila otot perut sudah terbentuk, tentu ada rasa bangga atas kerja keras yang telah dilakukan.

Membentuk otot perut ternyata memerlukan konsistensi tinggi dan tidak perlu alat tertentu seperti di tempat pusat kebugaran, tempat fitnes atau gym center karena kamu bisa melakukannya di rumah atau di manapun seperti di kantor saat istirahat kerja (break time) atau di taman kota.

Tak perlu frustasi membentuk otot perut, karena kamu juga bisa memilikinya dengan melakukan berbagai latihan fisik berikut ini namun dengan satu pola pikir dimana kamu harus melakukan latihan ini secara konsisten.

 

#1 Crunch

Crunch memang menjadi salah satu latihan andalan dalam membentuk otot perut, terutama otot perut bagian atas. Dengan kombinasi nafas yang teratur, lakukan gerakan crunch dengan menahan nafas sejenak.

Cara Membetuk Otot Perut Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah 02 Crunch - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Resign Kerja, Hidup Sejahtera, Mencapai Financial Freedom dan Bekerja Karena Passion?]

 

Lakukan latihan crunch dengan membaringkan tubuh di atas matras, kemudian letakkan telapak tangan di bawah kepala dan tekuk lutut ke arah vertikal dan angkat tubuh sekuat mungkin sebatas dada.

Inti dari latihan ini cukup mirip dengan gerakan sit up.

 

#2 Plank

Latihan membentuk otot perut berikutnya yang bisa kita lakukan dimanapun kita berada adalah plank. Latihan ini memfokuskan pada keseimbangan badan dengan bertumpu pada lengan dan kaki.

Cara Membetuk Otot Perut Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah 03 Plank - Finansialku

[Baca Juga: 50+ Kata-kata Motivasi Richard Branson yang Membangkitkan Semangat Bisnis Anda!]

 

Awali gerakan plank dengan menengkurapkan badan pada matras dan arahkan pandangan lurus ke depan. Kemudian, angkat badan Anda dan tahan dengan bantuan tumpuan tangan dan jari-jari kaki.

Selanjutnya tahan posisi tubuh untuk beberapa menit. Usahakan untuk menahan postur tubuh lurus dan posisi pantat tidak lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

 

#3 Spiderman Plank Crunch

Spiderman Plank Crunch adalah salah satu latihan plank namun dengan gerakan yang lebih kompleks.

Latihan plank merupakan latihan kebugaran yang melibatkan seluruh inti tubuh dengan melatih daerah core atau perut bagian depan dan belakang dalam waktu yang bersamaan tanpa menggunakan perlengkapan atau alat apapun.

Beberapa bagian tubuh lainnya yang turut dilatih melalui latihan ini antara lain, rectus abdominis, obliques, dan punggung bawah Anda.

Cara Membetuk Otot Perut Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah 04 Spiderman Plank Crunch - Finansialku

[Baca Juga: Kondisi Dompet Sahabat Sehat? Lihat melalui Aplikasi Cek Kesehatan Keuangan!]

 

Kamu bisa melakukan latihan Spiderman Plank Crunch ini dimana saja kamu berada. Caranya cukup mudah.

Pertama, posisikan tubuhmu seperti latihan plank pada umumnya dengan lengan di atas tanah dan tubuh lurus sempurna. Kemudian, tarik lutut kananmu maju menuju bagian siku kanan dan kembali ke posisi normal plank.

Ulangi gerakan ini dengan bagian lutut yang satunya lagi. Arahkan lutut kiri ke arah siku kiri.

Dapatkan hasil yang sempurna dengan bentuk perut yang indah dengan melakukan latihan ini secara konsisten. Lakukan setidaknya hingga 10 repetisi dari setiap gerakan Spiderman Plank Crunch ini.

Selain memiliki bentuk perut yang indah, miliki juga mimpi untuk bisa hidup sejahtera pada masa tua dengan mempersiapkan dana hari tua dari sekarang melalui investasi.

Download saja ebook Panduan Berinvestasi GRATIS dari Finansialku berikut ini:

 

#4 Bicycle Crunch

Gerakan latihan Bicycle Crunch ini juga dapat membantu membentuk otot perut kamu secara signifikan, asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan konsisten.

Gerakan ini menargetkan 3 bagian utama di saat yang bersama, diantaranya penggabungan crunch dengan gerakan sisi ke sisi yang menargetkan bagian obliques dan otot perut bagian bawah.

Olahraga Mengecilkan Perut 05 Bicycle Crunch - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Rahasia-rahasia seorang Miliarder Wirausaha untuk Mencapai Kekayaan]

 

Untuk melakukan gerakan bicycle crunch ini, kamu tinggal berbaring terlentang pada matras dengan tangan di belakang kepala, kemudian angkat kakimu dan bungkukkan tubuh bagian atas sekitar 90 derajat.

Lakukan pergantian sisi dengan membawa siku kanan ke arah lutut kiri dan sebaliknya siku kiri ke arah lutut kanan, kemudian tahan hingga 60 detik setiap gerakannya.

 

#5 Cross Crunch

Jangan khawatir karena latihan Cross Crunch ini termasuk latihan membentuk otot perut yang aman dan sederhana. Selain itu, kamu mendapatkan dukungan dari tanah.

Beberapa bagian tubuh yang juga ditargetkan melalui latihan ini selain otot perut bagian bawah antara lain bagian obliques dan rectus abdominis.

Olahraga Mengecilkan Perut 06 Cross Crunch - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Struktur Organisasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional?]

 

Mulai latihan Cross Crunch ini dengan berbaring terlentang dan posisikan tangan serta kaki kamu diagonal ke arah luar hingga tubuhmu membentuk huruf “X”.

Usahakan agar bagian kaki dan lengan untuk tetap dalam keadaan lurus, lalu arahkan tangan kanan ke arah tangan kirimu. Lakukan juga sebaliknya, arahkan tangan kiri ke arah kaki kanan kemudian angkat kepala, leher dan bahu dari tanah.

Untuk melakukan latihan ini, kamu dapat mengulanginya sebanyak 10 kali pengulangan atau repetisi.

 

#6 Leg Raise

Cara membentuk otot perut berikutnya dalam kamu tempuh dengan melakukan latihan leg raise, sebuah latihan yang berfokus pada otot perut bagian bawah dan bagian tengah.

Untuk melakukan latihan ini, kamu bisa berbaring di atas matras, angkat kedua kakimu dan kemudian angkat pinggul bagian atas seperti sedang melakukan tendangan. Lakukan gerakan ini 15 kali setiap set-nya.

10 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Secara Ampuh dan Cepat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

#7 Flutter Kick

Mirip dengan leg raise, gerakan membentuk otot perut ini bisa kamu lakukan dimanapun.

Perbedaan dari gerakan flutter kick dan leg raise terdapat pada cara pengangkatan kaki dimana flutter kick dilakukan secara bergantian, sedangkan pada latihan leg raise, kamu melakukannya secara bersamaan.

Cara Membetuk Otot Perut Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah 05 Flutter Kick - Finansialku

[Baca Juga: 98% Berhasil! Gini Cara Kaya Ala Tony Robbins yang Harus Kamu Lakukan]

 

Latihan flutter kick cukup mudah, hanya dengan berbaring di atas matras dan letakkan kedua telapak tangan di bawah pinggul sedikit ke arah pantat, kemudian angkat kaki dengan bantuan dari tumpuan tangan yang sudah diletakkan di bawah pinggul.

Angkat kaki secara bergantian dan lakukan latihan ini selama 15 kali pengulangan setiap set-nya.

Apabila kaki terasa agak lelah, kamu dapat turunkan sejenak dan kembali melakukan latihan ini untuk menyelesaikan set latihan yang sudah kamu tetapkan.

 

#8 Sit Up

Latihan membentuk otot perut yang sudah umum dilakukan adalah sit up. Dengan gerakan yang sangat mudah, setiap orang dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja.

5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial 02 Olahraga 2 - Finansialku

[Baca Juga: 50+ Kata-kata Motivasi Richard Branson yang Membangkitkan Semangat Bisnis Anda!]

 

Baringkan tubuh di atas matras dan letakkan kedua telapak tangan di bawah kepala. Selanjutnya tekuk lutut dan angkat tubuh bagian atas sekuat mungkin sehingga perut terasa ditekuk.

Gunakan kekuatan dari otot perut untuk membuat tekukkan pada perut.

Usahakan untuk melakukannya selama 15 kali dalam setiap set-nya. Untuk mendapat hasil yang maksimal lakukan latihan ini secara konsisten dan tentu saja pengulangannya dapat kamu lakukan sesuai dengan kemampuanmu.

 

#9 Vertical Leg Crunch

Latihan vertical leg crunch adalah tahap yang lebih kompleks dari latihan otot perut crunch biasa.

Untuk memulai latihan vertical leg crunch, pertama-tama ambil posisi berbaring pada matras dan pegang bagian belakang kepala dengan kedua tangan.

Kemudian, angkat kedua kaki menghadap ke atas dan tahan beberapa detik dan turunkan kembali.

Latihan ini membuat otot perut berkontraksi dan mulai membentuk otot perut sesuai idaman.

Cara Membetuk Otot Perut Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah 06 Vertical Leg Crunch - Finansialku

[Baca Juga: Jika Investasi Bisa Membuat Kaya, Kenapa Banyak Masyarakat Indonesia yang Masih Belum Kaya?]

 

#10 Jack-Knife Sit Up

Latihan ini tidak sesederhana sit up pada umumnya, apalagi bagi kamu yang merasa memiliki badan yang masih gemuk, tentu akan ada usaha lebih untuk melakukannya.

Tapi, kabar baiknya, ini adalah latihan yang akan membuat otot perutmu bisa six pack dan kamu tetap bisa melakukannya disamping melakukan diet asupan yang bergizi dan seimbang.

Karena kompleksnya latihan Jack-Knife Sit Up ini, otot perut di semua bagian akan terlibat melalui latihan ini, baik bagian atas, tengah maupun bawah.

Cara Membetuk Otot Perut Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah 07 Jack-Knife Sit Up - Finansialku

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

Lakukan latihan Jack-Knife Sit Up dengan membaringkan tubuh dan angkat kaki serta tangan secara bersanggaan hingga menyentuh lutut kaki.

Turunkan kembali posisi kaki dan tangan pada posisi berbaring kemudian lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali repetisi untuk setiap set-nya.

Tak perlu terlalu memaksakan diri untuk jumlah repetisi setiap set-nya, kamu dapat menyesuaikan dengan kemampuanmu.

Seperti pepatah Jawa Kuno mengatakan, “alon-alon asal klakon”, kamu dapat melakukan latihan ini sedikit demi sedikit sesuai tahapan kemampuanmu.

Seiring dengan waktu dan konsistensi latihan yang berkesinambungan, kamu dapat menaikkan jumlah repetisi atau set-nya.

 

Gagal Membentuk Otot Perut? Ketahui Penyebabnya!

Udah olahraga teratur supaya bentuk otot perut jadi six pack tapi kok gak ada hasilnya?

Mungkin kamu udah melakukan semua latihan di atas, berikut dengan searching di YouTube untuk video cara membentuk otot perut lainnya dari para expert tapi nyatanya, perut kamu masih bergelambir alias tidak sesuai harapan.

Tahukah kamu, selain latihan yang konsisten, ada berbagai faktor pendukung agar otot perut semakin ideal.

Diantaranya adalah pemilihan beban dan peningkatan beban jika kamu menggunakan alat berupa beban dalam latihan, jumlah repetisi yang dilakukan untuk setiap latihan dan jumlah set, pola asupan sehat yang kamu makan setiap harinya dan faktor jumlah waktu istirahat.

 

Ketahui Anatomi Otot Perutmu!

Latihan membentuk otot perut tidak akan berhasil sempurna jika tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang anatomi otot perut yang akan kamu bentuk.

Ada baiknya jika kita juga mengetahui terlebih dahulu otot perut kita sebelum melakukan berbagai latihan di atas untuk membentuk otot perut.

Rectus abdominis, demikian nama dari otot perut yang merupakan bagian dari otot perut six pack, dimana otot ini adalah sepasang otot yang melintang secara vertikal pada setiap sisi dinding anterior pada perut.

Anterior Wall Abdominal Muscles adalah istilah asing untuk otot six pack yang terdapat pada otot perut bagian depan dengan pembagian 4 otot berikut ini, dilansir dari Goldgym.co.id:

  • Rectus Abdominis merupakan bagian yang membentuk perut six pack. Otot ini berfungsi untuk menjaga tulang belakang dan panggul tetap stabil.
  • External Oblique adalah otot yang berada di belakang tulang rusuk bagian bawah dan melintas menuju panggul. Otot ini juga berguna untuk menunjang pergerakan tulang belakang. Selain itu, external oblique juga berguna menjaga kestabilan tulang belakang saat melakukan latihan yang membuat tubuh menekuk ke samping.
  • Internal Oblique adalah otot yang berada di bawah otot external oblique. Otot ini membantu pergerakan tulang belakang saat melakukan latihan seperti crunch. Selain itu, otot ini juga berfungsi menstabilkan tulang belakang ketika melakukan gerakan memutar atau membungkuk.
  • Transversus Abdominis adalah otot yang paling dalam di antara ke tiga otot yang lain. Otot ini berperan dalam menstabilkan punggung bagian bawah. Para ahli menyatakan bahwa saat melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, dan sebagainya, otot ini yang pertama kali aktif bergerak. Otot ini tidak dapat terlihat layaknya otot six pack, karena letaknya yang berada terlalu dalam pada perut Anda.

 

Menurut Anda, latihan manakah yang cukup sulit untuk dilakukan? Apakah suplemen juga dibutuhkan untuk membentuk otot perut, atau asupan bergizi seimbang saja sudah cukup?

Anda dapat menuliskan komentar Anda pada kolom di bawah ini!

 

Miliki segera buku keren dari Finansialku yang berjudul Make A Plan Anda Get Your Financial Dreams Come True. Buku ini merupakan panduan praktis yang bisa kamu praktikkan untuk mengelola keuangan sehari-hari.

Buku Finansialku ini juga merupakan mahakarya dari seorang perencana keuangan, founder dan CEO Finansialku.com, yaitu Melvin Mumpuni, CFP.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

 

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki buku tersebut, silakan akses tombol berikut ini. Selain memiliki tubuh six pack dan sehat, ada baiknya juga kamu memiliki keuangan yang sehat juga, betul?

MAU BUKU FINANSIALKU

 

Sumber Referensi:

  • Merdeka. 15 Mei 2018. 30 Cara Membentuk Otot Perut dengan Cepat, Mudah, dan Hasilnya Langsung Terlihat. Liputan6.com – https://bit.ly/2VaaMWN
  • Merdeka. 5 Workout yang Dapat Membentuk Otot Perut Dalam Sebulan, Cobain Deh! Idntimes.com – https://bit.ly/2ogo9bR
  • Adinda Rudystina. Bukan Cuma Sit Up, Ini 5 Latihan untuk Membentuk Otot Perut. Hellosehat.com – https://bit.ly/2OgKa4U
  • Gold Gym. 19 Januari 2019. Cara Membentuk Otot Perut Sixpack Lebih Cepat dan Efisien. Goldsgym.co.id – https://bit.ly/332xwdT
  • Vemala. 9 Juli 2019. 6 Cara Membentuk Otot Perut Sixpack Di Rumah Dengan Cepat. Vemala.com – https://bit.ly/2VcgxmB
  • Febrianti Diah Kusumaningrum. 8 Mei 2017. 6 Cara Membentuk Otot Perut di Rumah Secara Cepat ala Randy Pangalila. Merdeka.com – https://bit.ly/2Vah9t0

 

Sumber Gambar:

  • Cara Membentuk Otot Perut – https://bit.ly/2IL224i
  • Crunch – https://bit.ly/2pcSgRI
  • Plank – https://bit.ly/2q4PwWJ
  • Spiderman Plank Crunch – https://bit.ly/2nCzKS6
  • Flutter Kick – https://bit.ly/33s3yjQ
  • Vertical Leg Crunch – https://bit.ly/2B8pCDO
  • Jack-Knife Sit Up – https://bit.ly/2pewOf6

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang