Cara tolak tawaran kerja akan memengaruhi reputasi diri kita. Cara yang sopan akan membuat kita lebih profesional.

Mari simak cara untuk menolak tawaran kerja yang tidak sesuai dengan harapan atau bidang pekerjaan yang diinginkan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Gimana Sih Cara Menolak Tawaran Kerja?

Andika seorang sarjana Sistem Informasi yang sedang melamar pekerjaan di beberapa perusahaan sebelumnya.

Ia membuat banyak surat lamaran pekerjaan agar memiliki peluang lebih besar untuk dapat segera dipanggil sesi interview oleh perusahaan yang dituju.

Setelah seminggu menunggu, ternyata hasil usaha yang ia lakukan membuahkan hasil. Setidaknya ada 3 perusahaan memanggilnya untuk sesi interview.

Untungnya ia bisa mengatur waktu interview agar tidak bersamaan satu dengan yang lainnya.

Cara-Tolak-Tawaran-Kerja-01-Finansialku

[Baca Juga: Survei Menunjukkan Bahwa 90% Karyawan Tidak Siap Menghadapi Pensiun. Ini Penjelasannya!]

 

Singkat cerita, ada satu perusahaan menawari bidang pekerjaan, namun tidak sesuai dengan yang ia geluti. Risikonya, ia harus memelajari bidang tersebut dari awal jika menerimanya.

Di sisi lain, besaran gaji yang akan ia terima cukup besar dibandingkan dengan 2 perusahaan lain yang memberikan tawaran kerja dengan bidang pekerjaan yang sesuai.

Selang 3 hari setelah wawancara, tiba saatnya ia harus memberikan keputusan, di perusahaan manakah ia harus bekerja.

Apakah ia harus bekerja di perusahaan A yang memberikan tawaran gaji lebih besar, namun dengan bidang pekerjaan baru?

Atau perusahaan B atau C dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang ia dapatkan, namun dengan gaji yang lebih rendah?

Menurut Anda, jika ia harus menolak 2 dari 3 tawaran perusahaan, bagaimana cara yang baik dan sopan ketika menolak tawaran kerja tersebut?

Tentu saja sebagai karyawan atau pekerja yang profesional, kita harus menjaga reputasi atau nama baik kita. Apalagi, ini adalah kali pertama Andika bekerja.

Jika ia menolak tawaran pekerjaan sebuah perusahaan dengan cara yang kurang baik, tentu ini akan mencoreng nama baiknya.

Jika Anda pernah mengalami dilema seperti ini, mari simak pembahasan tentang cara tolak tawaran pekerjaan yang baik dan sopan dan menolong Andika mencari jalan keluarnya.

Sebelum masuk dalam pembahasan cara tolak tawaran kerja yang baik dan sopan, Apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan setelah menerima gaji pertama setelah bekerja?

Rencanakan keuangan tersebut sebaik mungkin dengan download aplikasi Finansialku di Google Play Store, dan klik tautan berikut bila kamu ingin mengakses aplikasi Finansialku via desktop.

 

Cara Tolak Tawaran Kerja yang Baik & Sopan

Menolak tawaran kerja bukanlah hal yang mudah. Tentu ada tata cara dalam berkata-kata yang baik.

Apabila dilakukan dalam sebuah tulisan berupa email, tentu ada kaidah tata kesopanan yang harus disertakan agar pesan penolakan bersifat profesional dan tidak menyinggung.

Cara-Tolak-Tawaran-Kerja-02-Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Mari Mengenal Proses Orientasi dan Sosialisasi bagi Karyawan Baru]

 

Tak perlu bingung memikirkannya, ini dia cara yang baik dan sopan menolak tawaran kerja yang tidak Anda inginkan.

 

#1 Beri Keputusan As Soon As Possible (ASAP)

Ketika selesai wawancara, tentu Anda akan mendapatkan gambaran, perusahaan mana yang harus Anda terima dan mana yang akan Anda tolak.

Jika Anda membutuhkan waktu untuk mempertimbangkannya, Anda harus memberikan usulan tenggat waktu pemberian keputusan.

Dalam hal ini, Anda sebaiknya menepati janji Anda, jika Anda berjanji dalam 3 hari akan memberikan keputusan dan jawaban, maka tepatilah.

Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda adalah calon karyawan yang tidak main-main dalam pengambilan keputusan dan bertanggung jawab atas janji yang telah Anda buat sendiri.

Cara-Tolak-Tawaran-Kerja-03-Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Yuk Cari Tahu Apakah Perlu Memberikan Pengembangan dan Pelatihan bagi Karyawan Baru!]

 

Jangan membuang waktu mereka pihak Human Resourcess Department atau HRD dengan keputusan yang tidak pasti. Hargai mereka dengan keputusan yang dibuat dengan bijak

Intinya, jangan terlambat memberikan keputusan dan memberi kabar atas hasil keputusan Anda.

 

#2 Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Saat Anda menerima tawaran pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang Anda, Anda perlu mengucapkan rasa terima kasih atas peluang pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Beberapa contoh kalimat rasa ucapan terima kasih diantaranya:

Saya sangat berterima kasih atas peluang dan tawaran posisi jabatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan kepada saya. Saya juga berterima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk memberikan berbagai penjelasan mengenai perusahaan ini.

atau

Terima kasih untuk kesempatan wawancara 3 hari yang lalu. Saya berterima kasih karena dapat melihat lebih jauh tentang semangat kerja di perusahaan ini melalui penjelasan Bapak/Ibu. Saya belajar banyak hal melalui pertemuan wawancara tersebut.

 

Ini pun berlaku jika Anda menolak tawaran pekerjaan melalui email. Tunjukkan rasa terima kasih Anda atas waktu yang mereka berikan untuk mewawancarai Anda sebelumnya.

 

#3 Berikan Alasan yang Jelas

Menolak tawaran pekerjaan perlu disertai dengan alasan yang jelas.

Tidak perlu menceritakan secara detail, intinya, Anda tidak dapat memenuhi panggilan kerja di perusahaan tersebut dengan alasan yang sesuai dengan pertimbangan yang telah Anda putuskan.

Anda bisa mengatakan alasan berikut ini:

Setelah mempertimbangkan dengan matang, saya berterima kasih atas peluang kerja yang diberikan, namun mohon maaf karena saya tidak bisa memenuhi panggilan pekerjaan di perusahaan ini karena bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang yang saya geluti.

atau

Terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya dalam sesi wawancara. Namun setelah mempertimbangkan segala kemungkinan dari hasil perbincangan dalam wawancara sebelumnya, saya mohon maaf karena belum dapat menerima panggilan pekerjaan tersebut karena tidak sesuai dengan tujuan karier saya.

 

Cara-Tolak-Tawaran-Kerja-04-Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

 

Jika Anda telah diterima di perusahaan lain, Anda bisa memberikan alasan sebagai berikut:

Saya berterima kasih atas pengalaman wawancara dengan Bapak/Ibu beberapa hari yang lalu. Mengenai tawaran pekerjaan yang diberikan, saya memohon maaf sedalam-dalamnya karena saya telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain dengan posisi yang sesuai dengan bidang ilmu saya. Sekali lagi saya berterima kasih atas waktu yang diberikan.

                                         

Tolak Tawaran Kerja dengan Terima Kasih

Terima Kasih” adalah salah satu kalimat ajaib dari 3 Magic Words.

Gunakan keajaiban dari kata tersebut yang dapat mengungkapkan rasa terima kasih Anda dan tidak memberikan rasa kecewa kepada pihak pewawancara yang telah memberikan kesempatan untuk Anda.

Cara-Tolak-Tawaran-Kerja-05-Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Jaga hubungan baik dengan pihak pewawancara atau perusahaan tesebut, siapa tahu perusahaan tempat Anda bekerja kelak memiliki kerja sama dengan perusahaan tersebut.

Tata kesopanan, tutur kata, dan cara penyampaian yang sopan memperlihatkan tingkat kedewasaan dan kemampanan seseorang, terutama dalam kancah dunia kerja yang bersifat profesional.

Tunjukan semangat etos kerja yang baik sebagai calon pekerja yang profesional.

Selain bekerja, mulailah berinvestasi sedini mungkin untuk masa depan yang lebih baik.

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download ebook Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Berikan tanggapan Anda mengenai pembahasan di atas pada kolom yang tersedia di bawah ini. Anda juga bisa membagikan pengalaman saat Anda menolak tawaran kerja dengan baik dan sopan.

Bagikan artikel di atas kepada rekan, atau kenalan Anda yang sedang mengalami kebingungan tentang cara tolak tawaran kerja.

Jika Anda membutuhkan konsultasi perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau perusahaan, Anda dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fauziah Sabtuanisa. 20 Oktober 2017. Jangan Khawatir Image Anda Rusak, Begini Cara Tolak Tawaran Kerja yang Sopan. Karir.com – https://goo.gl/jKD4Fr
  • Admin. Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan. Karyaone.co.id – https://goo.gl/uApXQ3
  • Pradnya Wardhani. 7 Cara Menolak Tawaran Kerja Dengan Sopan, Agar Citramu Tetap Laik di Mata Perusahaan. Hipwee.com – https://goo.gl/VGFGti

 

Sumber Gambar:

  • Cara Tolak Tawaran Kerja 1 – https://goo.gl/GcJKWC
  • Cara Tolak Tawaran Kerja 2 – https://goo.gl/EgdhBs
  • Cara Tolak Tawaran Kerja 3 – https://goo.gl/m4VZxh
  • Cara Tolak Tawaran Kerja 4 – https://goo.gl/VZ39zA
  • Cara Tolak Tawaran Kerja 5 – https://goo.gl/7pti1r