Embargo adalah larangan yang dikeluarkan pemerintah suatu negara untuk melakukan impor atau ekspor barang tertentu ke negara lain.

Istilah embargo marak digunakan dalam dunia ekonomi (khususnya perdagangan) dan politik.

Sudahkah Anda tahu apa arti dari istilah tersebut? Cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Embargo Adalah

Embargo merupakan Istilah yang mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat awam.

Dilansir dari wikipedia.org, embargo merupakan suatu pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara.

Lebih spesifiknya, dilansir dari mediabpr.com, embargo merupakan suatu larangan yang dikeluarkan pemerintah suatu negara untuk melakukan impor atau ekspor barang tertentu ke negara lain dalam rangka kebijakan yang berkaitan dengan politik, ekonomi, ataupun kebijakan lain.

Maka dari itu, embargo bisa dikatakan sebagai perintah suatu negara untuk membatasi perdagangan atau pertukaran dengan negara tertentu

Kata ini umumnya digunakan dalam perniagaan dan politik internasional

Embargo dideklarasikan dalam bentuk kebijakan oleh pemerintah sekelompok negara terhadap negara lain untuk mengisolasi negara yang bersangkutan.

Hal ini menyebabkan pemerintah negara tersebut dalam keadaan internal yang sulit.

Keadaan yang sulit ini dapat terjadi akibat pengaruh dari embargo yang menyebabkan ekonomi negara yang dilawan tersebut menderita karenanya.

Kebijakan ini akan membatasi semua perdagangan dengan suatu negara, atau bertujuan untuk mengurangi pertukaran barang-barang tertentu.

Embargo 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Langkah Menggapai Resolusi dan Tujuan Hidup?]

 

Biasanya, embargo digunakan sebagai hukuman politik bagi pelanggaran terhadap sebuah kebijakan atau kesepakatan.

Selain itu, diberlakukan pula sebagai akibat hubungan politik atau ekonomi yang tidak menguntungkan antar bangsa-bangsa.

Sebagai contoh, embargo militer ditujukan untuk mencegah pertukaran barang militer dengan suatu negara.

Indonesia pernah mendapatkan kebijakan embargo dari  Amerika Serikat saat tahun 1999 hingga 2005 dalam hal pengadaan senjata militer akibat pelanggaran HAM yang dilakukan ABRI di Timor Timur.

Sebelum membahasnya lebih jauh, yuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Embargo 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda?]

 

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Embargo Adalah Sebagai Alat Untuk Mempengaruhi

Embargo cukup sering digunakan oleh sejumlah negara dalam kesepakatan perdagangan antar negara, khususnya ekspor dan impor.

Karena banyak negara bergantung pada perdagangan global, embargo dianggap sebagai alat yang ampuh untuk mempengaruhi suatu negara.

Sebagai contoh, Amerika Serikat pernah memberlakukan embargo jangka panjang di negara lain, termasuk Kuba, Korea Utara dan Iran.

Pada 1980-an, beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, memberlakukan embargo perdagangan kepada Afrika Selatan sebagai reaksi atas politik apartheid.

Sebagai gantinya, Amerika Serikat juga pernah menjadi target embargo.

Pada tahun 1970-an, misalnya, ekonomi Amerika menderita karena embargo minyak yang dilakukan oleh anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Embargo menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga BBM di Amerika.

 

Jenis dan Dampak Embargo Adalah

Secara umum, embargo terbagi ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu:

 

#1 Embargo Informasi

Jenis pertama, ialah embargo informasi yang melarang suatu berita atau informasi lainnya untuk dirilis ke publik selama masa berlakunya embargo jenis ini.

 

#2 Embargo Ekonomi

Jenis kedua ialah embargo ekonomi yang melarang segala bentuk kegiatan ekonomi, baik ekspor maupun impor, kepada negara yang terkena sanksi embargo ini.

Misalnya, embargo penjualan atau pembelian alat utama sistem pertahanan (alutsista), atau embargo minyak.

Masing-masing jenis disesuaikan dengan konteks yang sedang berlaku saat penetapan.

Embargo 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kepala Cenat Cenut? Kenali Dulu Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengobatinya]

 

Kebijakan embargo menjadi salah satu kebijakan yang memberikan dampak negatif terhadap suatu negara yang besangkutan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, diterapkannya embargo terhadap suatu negara akan menyebabkan ketidakstabilan ekonomi dari negara penerima sanksi embargo ini.

Namun tidak hanya sampai situ saja. Jika kebijakan embargo ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka lantas juga berimbas pada menurunnya kesejahteraan masyarakat negara tersebut.

Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak lagi mendukung kegiatan masyarakat.

Sementara itu, embargo juga berdampak pada memburuknya hubungan antar kedua negara yang ‘bertikai’ tersebut, sehingga mengganggu cita-cita perdamaian dunia yang selalu diidam-idamkan.

Perlu diketahui bahwa kebijakan embargo ini memiliki jangka waktu tertentu. Hal ini disesuaikan dengan keputusan negara yang memberikan kebijakan tersebut.

Harus ada kesepakatan antara dua belah pihak apabila kebijakan ini ingin dihentikan.

Namun tentu saja hal ini tidaklah mudah. Diperlukan rangkaian penyelesaian secara hukum hingga akhirnya kebijakan embargo dihentikan dan dicabut.

 

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah embargo? Apa pendapat Anda mengenai kebijakan tersebut?

Berikan pendapat Anda dalam kolom di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Embargo. Mediabpr.com – http://bit.ly/2m1bmsk
  • Admin. Embargo. Kamus.tokopedia.com – http://bit.ly/2lvZn5L
  • Admin. Embargo. Wikipedia.org – http://bit.ly/2ku46oo
  • Syafril. Embargo. Syafrilhernendi.com – http://bit.ly/2kgUbm9

 

Sumber Gambar:

  • Embargo 1 – http://bit.ly/2lFxoR1
  • Embargo 2 – http://bit.ly/2kt8Zht
  • Embargo 3 – http://bit.ly/2k5Npj2
  • Embargo 4 – http://bit.ly/2lxDnaO