Mau tahu cara terampuh dalam merekrut para freelancer Indonesia? Apakah cara ampuh dalam rekrutmen freelancer Indonesia tersebut bisa dipraktikkan saat ini?

Jangan khawatir, Anda dapat mengaplikasikan 5 cara ampuh rekrutmen freelancer yang telah dirangkum oleh Finansialku.

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Munculnya Pekerja Paruh Waktu (Freelancer) Indonesia

Dahulu, bekerja masih menggunakan sistem yang sangat konvensional. Kita pergi ke kantor, bekerja sesuai jam kerja, kemudian pulang. Demikian seterusnya setiap harinya.

Dahulu banyak alasan mengapa seseorang kesulitan dalam berbisnis atau bekerja jarak jauh. Salah satunya adalah keterbatasan ruang dan waktu.

Namun dewasa ini, perkembangan teknologi memungkinkan bekerja remote alias jarak jauh.

Terlebih banyak perusahaan multinasional yang mulai menerapkan sistem kerja tersebut belakangan ini, karena lebih praktis dan biayanya lebih murah.

Alhasil, dengan bantuan internet, bekerja freelance bukan lagi hal yang sulit dilakukan.

Buka Lowongan_ Ikuti 10 Tips Rekrutment Efektif Hasil Maksimal Ini! 01

[Baca Juga: Para Freelancer, Inilah 7 Rahasia Keuangan bagi Anda yang Perlu Anda Ikuti]

 

Saat ini sudah sangat banyak sekali yang bisa dilakukan dengan internet, misalnya saja sudah banyak kursus online yang bisa Anda ambil sambil bersantai di rumah.

Salah satunya adalah kursus online Finansialku.

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia dengan durasi hingga 2 jam 38 menit.

Anda juga akan memperoleh membership aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja loh! Dijamin worth it deh dengan semua benefit yang bisa Anda dapatkan.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU.

Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasinya dari Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Kembali ke topik bahasan mengenai freelancer alias pekerja paruh waktu, di mana kini banyak yang memilih untuk bekerja freelance dibandingkan pekerjaan kantoran yang penuh waktu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Global Workplace Analytics, sekitar 3,3 juta masyarakat di Amerika menganggap rumah atau apartemen sebagai tempat mereka untuk bekerja.

Sayangnya, meski istilah “freelancer” atau pekerja lepas sudah mulai familiar di dalam masyarakat Indonesia, namun kenyataannya populasi freelancer Indonesia belum terlalu tinggi.

Karena itu muncul pertanyaan, “Bagaimana cara terampuh dalam merekrut para freelancer Indonesia dengan kualitas terbaik?

Jawabannya bisa Anda temukan pada pembahasan di bawah ini!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

5 Cara Ampun dalam Rekrutmen Freelancer Indonesia

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya sudah sering mendengar mengenai rekrutmen.

Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana merekrut para freelancer di Indonesia?

Tentu proses rekrutmen yang dilakukan sedikit berbeda dengan proses rekrutmen karyawan penuh waktu, di mana dalam rekrutmen freelancer umumnya pekerjaan yang ditawarkan bisa dikerjakan di luar kantor.

Pasalnya, perusahaan dapat meminimalisasi biaya perekrutan, akomodasi, dan bayaran yang akan diberikan kepada tenaga ahli dengan memasang lowongan freelancer.

20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Tujuannya adalah mengajak para freelancer untuk mengembangkan perusahaan tanpa harus bekerja langsung ke perusahaan tersebut.

Bekerja jarak jauh pun tidak masalah selama freelancer dapat memberikan kontribusi tinggi bagi perusahaan.

Jadi, makin tertarik merekrut freelancer Indonesia? Jika iya, yuk simak 5 cara ampuh dalam rekrutmen freelancer Indonesia berkualitas, mulai dari:

 

#1 Memastikan Kualitas Freelancer

Tentunya perekrutan freelancer tidak melulu di dalam kota. Anda bebas memilih para freelancer dari seluruh Indonesia.

Namun, mengingat luasnya negara kita ini tentu proses rekrutmen akan lebih sulit jika dilakukan dalam jarak jauh.

Oleh karena itu, Anda harus lebih cerdas dan selektif agar bisa memperoleh freelancer dengan kualitas yang memang diharapkan perusahaan.

Jangan sampai jarak geografis yang terpaut jauh akan membuat proses rekrutmen menjadi lengah dan tidak teliti.

Layaknya ungkapan yang sering kita dengar, “ada harga ada kualitas”, jadi pastikan bahwa harga yang kita tawarkan kepada freelancer juga sesuai dengan kualitas dan pengalaman yang mereka berikan.

Fungsi Pengadaan Tenaga Kerja Rekrutmen 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Penyelesaian Konflik dan Resolusi Konflik di Tempat Kerja, No 5 adalah Cara yang Harus Anda Buktikan]

 

Mulai dari mengecek identitas dengan jelas, meminta portfolio dan resume jelas mereka, hingga membuktikan bahwa semuanya asli dan benar adanya. Lakukan dengan teliti dan tidak perlu terburu-buru.

Meski Anda terhalang jarak, dengan kemajuan teknologi kini semuanya akan lebih mudah.

Anda bisa saling berkirim pesan hingga email untuk mempermudah proses rekrutmen ini. Bahkan proses wawancara pun sudah dapat dilakukan via video call.

 

#2 Mengecek Pengalaman dan Portfolionya

Tips kedua yaitu dengan mengecek pengalaman dan portfolio pelamar dengan baik.

Tidak semua orang memiliki kejujuran dan integritas yang baik, jadi kita perlu bersikap hati-hati dan selektif dalam memilih freelancer.

Pastikan resume dan portfolio mereka memang asli, Anda bisa menghubungi perusahaan atau klien sebelumnya untuk meminta rekomendasi dan review jujur mereka.

Apabila perlu Anda bisa menguji pelamar dengan tes kemampuannya sebelum melanjutkan proses rekrutmen selanjutnya.

Dengan begini Anda dapat memastikan bahwa portfolionya menggambarkan kemampuan mereka dan adalah benar apa yang telah mereka kerjakan sebelumnya.

Semua hasil kerja tersebut bukan dikerjakan oleh orang lain atau hasil imitasi dari pihak-pihak lain.

 

#3 Mengecek Kemampuan Komunikasinya

Mengingat pekerjaan freelance dapat dikerjakan di rumah dan tidak perlu bertatap muka setiap hari, bukan berarti Anda mengabaikan kemampuan komunikasi freelancer tersebut.

Justru dengan bekerja jarak jauh, komunikasi harus lebih efektif.

Anda perlu mengecek apakah kandidat freelancer kita bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan lancar?

Fungsi Pengadaan Tenaga Kerja Rekrutmen 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Apa itu Sistem Perencanaan Sumber Daya Manusia? Yuk Cari Tahu Sekarang!]

 

Apakah dirinya dapat mengungkapkan sesuatu dengan baik dan benar? Terutama jika mereka berasal dari daerah dengan bahasa daerahnya sendiri.

Perlu Anda ketahui, komunikasi adalah salah satu keterampilan pokok yang harus dimiliki setiap pekerja, tidak terkecuali para freelancer.

Jika kita mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan mereka, maka akan sulit juga untuk bekerja jarak jauh.

 

#4 Berikan Tugas Kecil

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, tips keempat boleh dilakukan apabila Anda ingin melihat kemampuan kandidat freelancer dengan jelas.

Tidak perlu terburu-buru dalam merekrut freelancer, Anda harus lebih selektif agar tidak perlu melakukan perekrutan ulang nantinya.

Dengan memberikan satu atau dua tugas kecil sebagai tes awal, Anda bisa melihat kemampuannya secara riil dan membuktikan portfolionya dengan jelas.

Semua ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita ke depannya nanti. Apakah kita akan memilih kandidat ini, atau mencari kandidat freelancer lainnya? Tentu hal ini akan sangat membantu proses rekrutmen freelancer.

 

#5 Minta Identitas Lengkap

Karena kemungkinan besar mereka akan bekerja jarak jauh dan tidak bertatap muka langsung dengan Anda, maka penting untuk memiliki identitas lengkap para freelancer ini.

Masalah umum yang sering dilakukan oleh freelancer adalah sulit untuk dihubungi, jadi penting untuk memiliki identitas mereka dengan lengkap, minimalnya kita memiliki nomor KTP mereka, atau alamat dan nomor telepon mereka dengan jelas.

Hal ini bertujuan agar kita terhindar dari orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan dan proyek yang mereka miliki sampai tuntas. 

 

Apakah Artikel ini Bermanfaat bagi Anda?

Para pebisnis yang sedang kesulitan merekrut freelancer Indonesia, apakah artikel ini memberikan manfaat yang berarti bagi Anda?

Sesungguhnya proses pengadaan tenaga kerja itu panjang dan rumit, namun proses ini sangat penting demi keberlangsungan perusahaan Anda.

Dengan demikian jangan lupa aplikasikan 5 cara ampuh rekrutmen freelancer Indonesia di atas demi perusahaan Anda. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan cara ampuh dalam rekrutmen para freelancer Indonesia lainnya?

Tinggalkan komentar juga pertanyaan Anda di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Terbaik Merekrut Freelancer Indonesia. Studilmu.com – http://bit.ly/34MUEhB
  • Admin. 11 Maret. Anda Ingin Rekrutmen Di Perusahaan Lebih Efektif? Lakukan 7 Cara Berikut!. Sinergiaconsultant.com – http://bit.ly/2WOfZnZ
  • Jimmy L. Gaol. 2014. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Grasindo

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer Indonesia – http://bit.ly/2pNDbqh