Kenali Dengan Garansi Pembelian Rumah, Saat Anda Mengambil KPR

Sudah tahukah Anda garansi pembelian rumah saat Anda mengambil KPR? Umumnya diberikan garansi singkat saat Anda membeli sebuah rumah.

Artinya, Anda bisa menerima perbaikan gratis apabila terjadi kerusakan rumah dalam periode tersebut. Penasaran apa saja garansi tersebut?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rumah Dibangun Asal-asalan?

Rumah atau tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan primer yang dicita-citakan banyak orang. Bagaimana tidak? Rumah merupakan sebuah tempat berlindung dari panas dan hujan.

Karena menjadi idaman sejak lama, tentunya mayoritas menginginkan rumah yang bagus dan sempurna, tanpa kerusakan sedikit pun.

Tetapi, dengan meningkatnya harga bahan baku pembangunan rumah, banyak developer yang kerap meminimasi biaya dengan bahan baku dan pembangunan yang asal-asalan.

Misalnya saja, plafon dan atap yang jelek akan mudah bocor dan amblas. Selain itu, hal yang kerap terjadi adalah cat tembok retak atau mengelupas hanya dalam selang beberapa bulan saja.

Kenali Dengan Garansi Pembelian Rumah, Saat Anda Mengambil KPR 02 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Mudah Dalam Antisipasi Mengatasi Naiknya Cicilan KPR dan Bunga KPR]

 

Dengan demikian, sangatlah jelas bahwa sebagai pembeli Anda harus berhati-hati dan mengecek kondisi rumah secara menyeluruh. Ketelitian juga sangat dibutuhkan agar tidak tertipu nantinya.

Namun, untungnya kini beberapa developer memberikan garansi singkat untuk memperbaiki kerusakan rumah. Penasaran dengan garansi pembelian rumah?

Mari kita simak artikel dari Finansialku berikut ini:

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pentingnya Garansi Pembelian Rumah

Keputusan membeli rumah merupakan sebuah keputusan yang sangat besar. Selain harganya yang mahal, biaya perbaikan juga kerap menguras kantong.

Dengan demikian, tentunya Anda juga harus teliti agar bisa mengantisipasi perbaikan rumah di kemudian hari.

Untungnya, seperti telah disebutkan sebelumnya, developer umumnya memberikan garansi pembelian rumah untuk memperbaiki kerusakan pada periode tertentu.

Biasanya jangka waktu garansi cukup singkat, yaitu berkisar antara 3 hingga 6 bulan.

Nah, garansi pembelian rumah ini sangatlah penting lho! Adapun beberapa manfaat dari garansi pembelian rumah adalah sebagai berikut:

Bagaimana Strategi Membeli Rumah untuk Pasangan Muda Coba Praktikkan Cara Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal KPR Rumah dan Bunga KPR di Indonesia Serta Informasi Mengenai Kredit Pemilikan Rumah]

 

#1 Melindungi Pihak Pembeli

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, tujuan dari garansi pembelian rumah adalah sebagai pengganti atau perbaikan dari sistem dan kondisi rumah, misalnya listrik, air, hingga bangunan.

Tentunya tujuan ini jelas memberi keuntungan bagi pihak pembeli, dimana pembeli diberi kesempatan singkat untuk mengecek dan menguji coba kondisi rumah secara keseluruhan.

Anda sebaiknya memanfaatkan periode singkat tersebut dengan menguji seluruh sistem dan fasilitas yang ada di rumah. Dengan demikian, Anda tidak perlu bertengkar dengan developer di luar masa garansi.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#2 Menguntungkan Pihak Penjual

Selain untuk melindungi pihak pembeli, garansi pembelian rumah juga menguntungkan pihak penjual lho.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Home Shield, rumah dengan garansi ini lebih mudah dan cepat terjual daripada rumah tanpa garansi pembelian.

Dengan demikian, pihak penjual juga merasakan manfaatnya karena melakukan penjualan dengan lebih mudah. Menarik bukan?

 

Mengantisipasi Pembangunan Asal-asalan

Pembangunan asal-asalan kerap terjadi pada cluster real estate dengan harga terjangkau. Hal ini disebabkan oleh permintaannya yang cukup tinggi. Dengan demikian, developer mengejar kuantitas daripada kualitas.

Alhasil, banyak real estate yang lebih cepat rusak daripada seharusnya. Daripada lelah beradu argumentasi dengan developer mengenai masa garansi dan cakupan garansinya, ada cara lain untuk mengantisipasi kerusakan rumah.

Kabarnya BPJS Ketenagakerjaan Beri Pinjaman untuk Beli Harga Rumah Rp500 Juta, Apakah Benar Gimana Caranya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau KPR Subsidi Bunga atau KPR Bebas Bunga? Cek Produk KPR Bundling Tabungan]

 

Caranya cukup mudah, yaitu mengantisipasi pembangunan yang asal-asalan. Terutama jika Anda memutuskan pembelian sebelum rumah selesai dibangun atau dikenal dengan sistem inden.

Finansialku telah merangkum beberapa tips dalam mengantisipasi pembangunan asal-asalan, antara lain sebagai berikut:

 

#1 Menjalin Hubungan Baik dengan Pihak Developer

Selain memonitor perkembangan proses pembangunan secara berkala, sebaiknya Anda juga memanfaatkan momen singkat tersebut untuk berinteraksi secara positif dengan pihak developer.

Mengapa demikian?

Pihak developer merupakan pihak yang memiliki kuasa akan keputusan pembangunan, termasuk bahan baku dan proses pembangunan yang akan dilakukan.

Mau Bisnis Rumah Kontrakan Menguntungkan Ketahui 4 Tips Saat Memilih Tenan dan Jalin Hubungan Baik Dengannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengajukan KPR Rumah Second, Panduan dari Nol Sampai Akad Berjalan]

 

Oleh karena itu, selalu bangun hubungan baik dengan developer. Misalnya berkenalan dan berkomunikasi dengan mandor atau tukang bangunannya.

Komunikasi juga penting dalam membangun hubungan baik. Agar developer lebih terbuka dan tidak membangun rumah Anda dengan asal-asalan.

Dengan demikian, rumah dapat dibangun dengan lebih serius dan jika ada kesalahan, bisa dilakukan deteksi dini sehingga tidak memakan banyak biaya.

 

#2 Memanfaatkan Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Selain sebagai bantuan dana, fasilitas perbankan KPR juga membantu dalam monitoring pembangunan rumah. Hal ini bisa terjadi karena bank merasa berkepentingan, dimana uangnya juga ditanam disana.

Bank umumnya akan mencairkan dana secara bertahap, bergantung pada progress pembangunan. Nah, Anda bisa meminta bank menahan dana jika terjadi penyimpangan dalam pembangunan.

Dengan tidak memberikan pembayaran penuh di awal, proses pembangunan dapat dikontrol dengan lebih baik karena sebagian besar kendali masih berada di tangan Anda.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Mengantisipasi Kerusakan di Luar Masa Garansi

Kasus terakhir adalah kerusakan di luar masa garansi. Bayangkan saja, meminta perbaikan pada masa garansi saja kerap diabaikan, apalagi jika kerusakan terjadi setelah masa garansi berakhir?

Jika Anda terpaksa membeli rumah yang telah dibangun dan tanpa garansi atau masa garansinya sudah habis, Anda juga bisa mengantisipasi kerusakannya sehingga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Take Over Kredit Rumah atau Take Over KPR Apa Saja Syarat dan Cara Mengurusnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Adapun beberapa tips sederhana dalam mengantisipasi kerusakan pasca garansi tersebut adalah sebagai berikut:

 

#1 Negosiasi Masa Garansi Pembelian Rumah

Saat melakukan pembelian rumah tanpa garansi, Anda bisa melakukan negosiasi secara aktif untuk memperoleh masa garansi yang panjang.

Upayakan proses negosiasi yang sopan dan ramah sehingga pihak developer juga lebih terbuka akan usulan Anda.

 

#2 Mengecek Kondisi Rumah secara Menyeluruh pada Masa Garansi

Anda bisa memanfaatkan masa garansi yang cenderung singkat dengan maksimal. Gunakan seluruh fasilitas di rumah dan cek setiap sudut rumah dengan teliti.

Jika Anda tidak memahami konsep bangunan, Anda bisa meminta bantuan tenaga ahli seperti kontraktor.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

[Baca Juga: Tips dan Trik Jitu Menghemat Biaya Renovasi Rumah agar Kantong Sejahtera]

 

#3 Mengajak Pihak Bank untuk Berperan Aktif dalam Monitoring Rumah

Jika Anda membeli rumah dengan memanfaatkan KPR, maka Anda bisa meminta langsug kepada bank untuk ikut berpartisipasi dalam monitoring proses pembangunan.

 

Minimasi Biaya Renovasi, Manfaatkan Garansi Pembelian Rumah Anda!

Melalui beberapa tips tersebut, kini Anda bisa memperoleh rumah idaman tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya renovasi dan perbaikan.

Oleh karena itu, tanyakan dengan jelas segala ketentuan sebelum Anda menandatangani perjanjian jual beli.

Adapun beberapa hal yang bisa Anda tanyakan terkait garansi pembelian rumah adalah sebagai berikut:

  1. Apakah ada garansi pembelian rumah?
  2. Berapa lama masa garansi pembelian rumah berlaku?
  3. Apa saja hal yang akan ditanggung dalam garansi pembelian rumah, seberapa luas cakupan kerusakan yang ditanggung?
  4. Bagaimana dengan kerusakan yang tidak ditanggung atau kerusakan di luar masa garansi?

 

Nah, dengan bertanya sejelas-jelasnya, tidak perlu ada argumentasi dan pertengkaran di kemudian hari akibat ketidakjelaskan garansi pembelian rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang akan membeli rumah, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga sedang mengincar rumah idamannya.

 

Anda bisa share artikel ini via WhatsApp dan media sosial lain.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai garansi pembelian rumah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Isnaini Khoirunisa. 30 November 2016. Manfaatkan Masa Garansi Pembelian Rumah. Segera! Liputan6.com – https://goo.gl/g9nYMe
  • Dea. 4 Januari 2016. Alasan Pentingnya Garansi Sebelum Membeli Rumah. Rumahku.com – https://goo.gl/4rmFcz
  • Yudis. 30 Juli 2014. Agar Rumah Tak Asal Dibangun. Housing-estate.com – https://goo.gl/mLov4b

 

Sumber Gambar:

  • Garansi Pembelian Rumah – https://goo.gl/GBgwEN
  • Garansi Rumah – https://goo.gl/6XwPYs

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By |2017-10-06T16:42:43+00:00September 19th, 2017|Categories: Asuransi Rumah, Properti, Rumah|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment