Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang terkenal ketahanannya dari kemerosotan ekonomi global. Kota mana saja kah yang memiliki harga rumah termahal di dunia? Yuk, mari kita simak ulasan berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Harga Rumah Termahal

Hampir setiap sektor perdagangan banyak terpengaruh dengan kondisi makro ekonomi global yang sedang berlangsung, namun, ada satu sektor ekonomi yang telah teruji ketahanannya dari kemerosotan ekonomi, yaitu properti. Para investor properti pun tengah mencari-cari properti untuk diinvestasikan, salah satunya dengan mencari daftar kota dengan rumah termahal di dunia.

Di banyak kota di seluruh dunia, harga rumah dan properti melonjak tinggi, seiring dengan tingkat hasil investasi yang dapat diharapkan oleh pembeli dari investasi tersebut. Seiring pasar memberi lebih banyak kesempatan untuk investasi berbagai macam properti, seperti apartemen, rumah mewah, dan properti mewah lainnya, para investor di seluruh dunia berkumpul di kota yang menyediakan properti dengan harga yang fantastis seperti Monako, Tokyo, dan lainnya, untuk mengambil peluang dari investasi ini.

Menyadari fakta tersebut, Firma konsultasi properti Savills memaparkan daftar kota dengan harga properti paling tinggi di dunia berikut dalam US$ (kurs 1 US$ = Rp13.300). Laporan tersebut meliputi studi tentang residensial, real estate komersial, peringkat kota berdasarkan konektivitas global, indikator ekonomi, kekuatan dan daya saingnya. Mari kita simak apa saja 7 kota tersebut.

9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: Era Rumah Murah : RUSUN, RUSUNAMI, RUSUNAWA dan Rumah DP 1% dari Pak Jokowi]

 

#1 Monako: US$44.992

Kota Monako terletak di negara Monako, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$44.992 atau Rp599 juta.

Salah satu lokasi yang indah dan tenang di seluruh Eropa, Monako, selain keindahannya yang menakjubkan kini telah mencapai posisi teratas di daftar elit kota dengan harga rumah termahal. Monako adalah satu dari sedikit negara-negara Eropa yang memiliki ekonomi yang ramai, dan sebagai hasilnya, Monako yang memiliki populasi sebanyak 38.400 orang memiliki harga rumah paling mahal di dunia. Anda harus merogoh kocek hingga US$44 ribu atau setara Rp599 juta per meter persegi untuk membeli rumah disini.

Salah satu ciri khas Monako adalah aturannya, dimana tidak ada dikenakan pajak atas pendapatan pribadi atau pendapatan sewa, terlepas dari kewarganegaraan Anda. Hanya warga negara Perancis dikenakan pajak, yang mereka bayar kepada pemerintah Prancis. Monte Carlo di Monako secara luas dianggap sebagai salah satu lokasi yang paling menguntungkan untuk perumahan real estate. Tempat yang ideal untuk membeli rumah mewah adalah Carre D’Or” (Square of Gold), yang terletak di dekat Place Du Casino dan harga real estate di sekitarnya semakin murah bila semakin jauh dari lokasi tersebut.

Rumah Termahal Monako

[Baca Juga: Konsultasi: Ingin Membeli Rumah dengan KPR Sekaligus Membuat Bisnis, Apakah Mungkin?]

 

#2 Hong Kong: US$42.489

Kota Hong Kong terletak di negara Hong Kong, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$42.489 atau Rp565 juta.

Hongkong merupakan salah satu pusat ekonomi paling booming di Asia. Hongkong telah sukses membentuk citra dirinya sebagai salah satu lokasi investasi real estate paling mahal. Dengan pertumbuhan ekonomi yang sehat dan kenaikan harga properti yang berkelanjutan, kawasan pulau ini dengan cepat menjadi salah satu pusat investasi properti yang diminati oleh para orang kaya.

Perekonomian Hong Kong tidak lepas dari banyaknya warga negara asing serta entitas perusahaan dari daratan Tiongkok, Jepang, Rusia dan pembeli Asia lainnya, yang dengan cepat berinvestasi di perumahan maupun real estate komersial di kawasan ini. Salah satu alasan utama terjadinya lonjakan harga rumah mewah di Hong Kong ini dapat dikaitkan dengan tingkat suku bunga yang sangat rendah dan basis perekonomian yang kuat yang di pulau ini.

[Baca Juga: Ketahui 5 Cara Membeli Rumah Kedua, Dijamin Sukses!]

 

#3 Tokyo: US$31.815

Kota Tokyo merupakan ibukota negara Jepang, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$31.815 atau Rp423 juta.

Tokyo merupakan kota yang memiliki budaya yang mengedepankan pemilik tanah. Tokyo di Jepang telah menjadi kota yang paling dicari di dunia, sejauh properti dan rumah mewah diperhatikan. Undang-undang sewa kota telah dirancang untuk memberi preferensi kepada tuan tanah, sehingga membuat Tokyo menjadi salah satu kota utama yang dicari para investor untuk membeli properti dan rumah mewah.

Sesuai undang-undang, tuan tanah diizinkan untuk meminta uang jaminan sampai tiga bulan dan dapat dengan mudah bernegosiasi mengenai uang sewanya. Selain itu, pajak penghasilan sewa di Tokyo juga termasuk rendah, di mana pemegang hak non-penduduk dikenakan pajak sebesar 10% dan juga ada pajak warisan yang berlaku bagi warga negara asing. Karena inilah, Tokyo secara luas dianggap sebagai salah satu kota dengan harga rumah termahal bagi para investor, dengan harga US$31.815 per meter perseginya.

Rumah Termahal Tokyo

[Baca Juga: Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia]

 

#4 New York: US$18.195

Kota New York terletak di negara Amerika Serikat, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$18.195 atau Rp242 juta.

Meskipun menjadi salah satu kota terparah dalam hal krisis perumahan, New York adalah salah satu kota metropolitan terbesar di dunia dan sebuah kota terkenal di Amerika Serikat yang masih terhitung di daftar elit kota dengan harga rumah termahal. Dengan harga rata-rata per meter persegi sebesar US$18.195, kota ini masih tergolong kuat dalam hal penjualan real estate, bila dibandingkan dengan kota besar di Amerika Serikat lainnya.

Undang-undang sewa di Amerika Serikat dikenal sebagai undang-undang yang ramah pada tuan tanah, yang berarti pendapat tuan tanah lebih banyak dipertimbangkan dalam hal penyewaan pinjaman properti. Namun, satu faktor yang menyulitkan calon pembeli properti di kota New York adalah sistem pajaknya yang rumit, di mana pendapatan sewa properti dikenakan pajak Federal progresif.

Rumah Termahal New York

[Baca Juga: Perbandingan Biaya Hidup Jakarta dan Biaya Hidup Singapura, Ini Rinciannya!]

 

#5 London: US$17.600

Kota London merupakan ibukota negara Inggris, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$17.600 atau Rp234 juta.

London adalah salah satu kota metropolitan paling progresif di dunia, sehingga kota ini menjadi tujuan yang menarik bagi para pencari properti dan rumah mewah, London adalah salah satu kota pilihan para milyarder dunia.

Sejak terbentuknya pemerintahan koalisi baru di bawah David Cameron, suku bunga properti di London telah mencapai rekor terendahnya, sekaligus menarik calon pembeli properti, sebuah pembebasan pajak baru. Lebih jauh, undang-undang Inggris termasuk salah satu undang-undang yang ramah kepada pemilik tanah, di mana uang sewa dapat disepakati secara bebas oleh kedua belah pihak dan tuan tanah memiliki opsi untuk mengusir penyewa setelah pemberitahuan dua bulan, yang berlaku setelah enam bulan Masa keamanan.

Rumah Termahal London

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

#6 Shanghai: US$16.670

Kota Shanghai terletak di negara Tiongkok, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$16.670 atau Rp221 juta.

Shanghai menawarkan harga per meter persegi yang tinggi sebesar US$16.670, sehingga Shanghai saat ini merupakan salah satu kota dengan harga rumah termahal di dunia. Harga properti di Shanghai pun telah melonjak selama beberapa tahun terakhir.

Dalam hal perpajakan, Tiongkok memang terbukti menjadi salah satu negara yang cukup menyulitkan investor properti, karena aturan pajaknya berbeda pada tiap kota. Namun, kabar baik tentang pasar properti di Shanghai adalah bahwa undang-undang sewa sangat menguntungkan tuan tanah, yang berarti bahwa di Shanghai tidak terdapat undang-undang yang mengatur persewaan. Para tuan tanah di sana umumnya diketahui mengumpulkan uang jaminan selama tiga bulan bersamaan dengan pembayaran satu bulan di muka.

Rumah Termahal Shanghai

[Baca Juga: Apakah Biaya Hidup di Bandung 10% Lebih Murah dari Biaya Hidup di Jakarta?]

 

#7 Paris: US$12.966

Kota Paris merupakan ibukota negara Perancis, dengan harga rumah per meter perseginya rata-rata sebesar US$12.966 atau Rp172 juta.

Paris, sebuah ibukota fashion dunia dan ibukota dari negara Perancis saat ini diakui sebagai salah satu kota dengan harga rumah termahal, seiring pasar real estate terus berkembang di Paris, dan Perancis memiliki perekonomian yang stabil. Namun saat ini, harga rata-rata per meter persegi real estate di perancis telah mengalami penurunan dari sejak tahun 2012, di mana harga saat itu mencapai US$18.066 per meter perseginya.

Perancis memiliki peraturan di mana penduduk Perancis dan Uni Eropa sebagai investor properti diwajibkan membayar 16% keuntungan modal (capital gain), sementara Warga negara asing lainnya diwajibkan membayar sebesar 33% pajak keuntungan modal berdasarkan perjanjian pajak berganda. Dengan banyaknya rumah mewah dan apartemen mewahnya, Paris merupakan kota yang paling diminati di dunia dan dengan undang-undang properti yang ramah, saat ini merupakan lokasi utama untuk akuisisi properti dan penyewaan properti.

Rumah Termahal Paris

[Baca Juga: Negara Mana yang Memiliki Biaya Pendidikan Termurah?]

 

Membeli Rumah Termahal

Itulah ulasan mengenai 7 kota dengan harga properti atau rumah termahal per meter perseginya, katakanlah Monako yang harga per meter perseginya sebesar Rp600 juta jika kita memiliki uang Rp6 Miliar, hanya sanggup membeli seluas 10 meter persegi saja. Memang perkembangan properti di negara-negara tersebut menarik perhatian investor miliarder dunia, namun tidak selamanya harga properti yang tinggi menjamin bahwa harganya tetap akan naik di masa yang akan datang.

 

Apakah Anda berminat berinvestasi Properti dan Real Estate mewah? Mari ceritakan pengalaman Anda dengan menulis komentar di kolom berikut. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vina Muliana. 2017. 7 Kota dengan Harga Rumah Termahal di Dunia. https://goo.gl/RjCjI3
  • Nishu Kakkar. 2012. 20 Most Expensive Cities To Buy Real Estate. https://goo.gl/Nng6Rt

 

Sumber Gambar:

  • Cities – https://goo.gl/Nng6Rt

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana