Reksa Dana Syariah: Ramadan sudah tiba, apakah kamu sudah siap menjalani bulan Ramadan penuh berkah? Apakah kamu sudah menyiapkan investasi syariah supaya makin mendatangkan berkah?

Yuk, kita bahas selengkapnya pada rubrik Finansialku ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ramadan Tiba

Bulan Ramadan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di dunia. Bulan yang penuh kerahmatan dan keberkahan ini menjadi bulan yang paling penting untuk meraih pahala yang sebesar-besarnya.

Ibadah yang biasanya hanya mendapat 1 pahala, pada bulan ini bisa dilipatgandakan. Jadi, apakah kamu merupakan salah satu orang yang menanti kehadiran bulan Ramadan ini?

Saya yakin, kita semua, sebagai orang muslim sangat menantikan kedatangan bulan Ramadan. Saat bulan Ramadan selesai, kita pun rindu untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadan.

Tentu saja, kita berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala di bulan ini. Apakah kamu tahu bahwa kita pun harus selalu berusaha untuk menyejahterakan diri dan keluarga di bulan Ramadan ini?

Banyak sekali orang yang berlomba-lomba juga untuk menyejahterakan diri dan juga keluarganya. Bahkan saat bulan Ramadan, kita berusaha untuk berbagi kesejahteraan dengan orang-orang yang belum bisa menikmati kesejahteraan seperti kita.

 

Dalam Al-Qur’an, sudah ada perintah untuk menyejahterakan diri dan keluarga, salah satunya adalah dengan menyisihkan sebagian hasil usaha untuk menghadapi masa depan.

Tertulis di penggalan ayat Al-Qur’an dan sering diulang-ulang, sebagai tanda orang bertakwa, adalah “dan sebagian dari yang kami anugerahkan kepada mereka, mereka nafkahkan” (QS. Al-Baqarah [2] : 3)

Sebagian lain (yang tidak mereka nafkahkan itu), mereka tabung untuk menciptakan rasa aman menghadapi masa depan, untuk diri sendiri dan keluarga. Maka menabung sudah menjadi suatu kewajiban untuk umat muslim.

Menabung ini konteksnya adalah untuk memastikan bahwa masa depan kita terjamin, terutama masa depan keluarga kita. Allah tidak suka orang yang boros, maka sudah jelas bahwa menabung merupakan sifat yang dicintai Allah.

5+ Kelebihan Tabungan Syariah yang Menguntungkan 03

[Baca Juga: Cara Menghemat Uang Yang Benar Agar Tidak Boros]

 

Seiring dengan kemajuan zaman, banyak sekali instrumen menabung yang bisa kita gunakan untuk memastikan masa depan kita. Kalau zaman Nabi SAW, pasti kamu sudah tahu bahwa emas menjadi investasi.

Zaman sekarang, tidak hanya emas saja yang menjadi investasi, tetapi ada reksa dana, saham, P2P Lending dan investasi lainnya. Dengan perubahan zaman tersebut, kita tetap harus berpegang teguh terhadap aturan yang sudah ditetapkan di Al-Qur’an.

Seperti yang kita tahu, jika hanya menabung saja, tentu nilai uang kita tidak akan bertambah, malah bisa berkurang. Salah satu strategi untuk bisa mengamankan masa depan kita adalah dengan berinvestasi.

Namun, apakah ada investasi yang diperbolehkan dalam Islam?

Jangan khawatir, sekarang sudah ada investasi reksa dana syariah yang bisa membantu mengamankan masa depan kamu sesuai dengan syariat Islam.

 

Reksa Dana Syariah

Salah satu investasi syariah yang bisa kamu coba adalah reksa dana syariah.

Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional No 20/DSN-MUI/IV/2001, reksa dana syariah adalah reksa dana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip syariah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (sahib al-mal. Rabb al Mal) dengan manajer investasi sebagai wakil shahib al-mal maupun antara manajer investasi sebagai wakil shahib al-mal dengan pengguna investasi.

Dari definisinya pun jelas terlihat bahwa reksa dana ini memiliki akad yang berbeda dengan reksa dana konvensional dan ada satu perbedaan yang tidak dimiliki di reksa dana konvensional.

Perbedaan selanjutnya antara reksa dana syariah dan reksa dana konvensional, bisa kamu cek melalui video berikut ini ya…

 

Berikut ini adalah alasan mengapa reksa dana ini menjadi salah satu pilihan investasi terbaik di bulan Ramadan ini.

 

#1 Reksa Dana Diawasi oleh DSN

Reksa dana ini tidak hanya diawasi oleh OJK saja, tetapi diawasi oleh DSN atau Dewan Syariah Nasional.

Dewan Syariah Nasional MUI membuat fatwa mengenai bagaimana proses investasi reksa dana ini berjalan.

Selain itu, para manajer investasi pun harus membuat laporan mengenai investasi yang dilakukan ke Dewan Syariah Nasional. Jadi, investasi reksa dana syariah yang kamu lakukan sudah terawasi oleh ahlinya, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi reksa dana syariah.

 

#2 Reksa Dana Menggunakan Akad

Akad yang digunakan dalam reksa dana syariah adalah akad wakalah antara kita sebagai pemodal dengan manajer investasi.

Akad wakalah ini merupakan pelimpahan kekuasaan oleh suatu pihak lain dalam hal-hal yang boleh diwakilkan.

Jadi, pemodal memberikan mandat kepada manajer investasi untuk melakukan pengelolaan modalnya dan diinvestasikan sesuai dengan ketentuan yang sudah tercantum.

 

Lalu akad kedua yang digunakan adalah akad mudharabah, dimana akad ini berlaku untuk manajer investasi dengan pengguna investasi.

Dengan adanya akad mudharabah ini, pembagian keuntungan antara pemodal dan pengguna investasi berdasarkan pada proporsi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak melalui manajer investasi sebagai wakil dan tidak ada jaminan atas hasil investasi tertentu kepada pemodal.

Dengan menggunakan kedua akad ini, baik pemodal, manajer investasi dan pengguna investasi tidak ada yang dirugikan, sehingga sistem yang berjalan pun sudah sangat transparan.

 

#3 Reksa Dana Menerapkan Proses Cleansing

Dalam berinvestasi sesuai dengan syariah Islam maka sudah pasti berinvestasi pada instrumen yang terhindar dari riba. Jika dalam pengelolaannya ternyata terdapat riba, maka akan langsung dibersihkan dari riba tersebut.

Kemudian, hasil investasi yang dipisahkan ini juga akan digunakan untuk kemaslahatan umat yang penggunaannya ini sendiri akan ditentukan oleh Dewan Syariah Nasional dan akan dilaporkan secara transparan.

Jadi, jika kamu berinvestasi pada reksa dana syariah maka tidak usah khawatir jika ada investasi yang mengandung riba, karena pasti sudah akan melewati proses cleansing ini.

Pinjamanan Online Syariah Terpercaya dan Terdaftar OJK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Memilih Reksa Dana Syariah yang Tepat Gak Susah Kok, Gini Caranya!]

 

Apakah kamu tertarik untuk memulai investasi reksa dana syariah kamu? Kamu bisa melakukan investasi reksa dana syariah kamu dengan cara membuka akun reksa dana terlebih dahulu.

Caranya pun sangat mudah, kamu bisa download aplikasi IPOTGO di Play Store maupun App Store dan IPOTPAY (Play Store/App Store) milik IndoPremier.

Setelah itu, kamu tinggal memasukkan nomor e-KTP, kemudian mengunggah foto diri dengan memegang e-KTP dan foto specimen tanda tangan.

Dalam waktu kurang dari 1 jam, kamu langsung mendapatkan rekening efek sebagai rekening transaksi, Sub Rekening Efek (SRE) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor SID (Single Investor Identification), serta Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk rekening penampungan dana.

 

#4 Reksa Dana Syariah Memberikan Keuntungan yang Tidak Kalah dengan Reksa Dana Konvensional

Tidak mau kalah dari produk investasi lainnya, reksa dana syariah pun bisa memberikan return yang menarik.

Salah satu produk reksa dana saham syariah di bawah ini, dari tahun 2016 hingga 2019 bisa memberikan return sebesar 46%.

Menikmati Ramadan Dengan Investasi Reksa Dana Syariah Penuh Berkah 02 - Finansialku

Performa NAB salah satu reksa dana syariah

 

Selain keuntungan, jelas juga bahwa dengan berinvestasi reksa dana syariah ini membawa keberkahan dan kesejahteraan untuk kamu dan keluarga.

Jadi, tidak perlu ragu lagi bukan untuk berinvestasi reksa dana syariah.

Kamu bisa melihat daftar reksa dana syariah yang ada di Indonesia dengan cara mengunjungi website https://www.indopremier.com/ipotfund/, kamu pun dengan mudah bisa mendapatkan informasi mengenai reksa dana.

 

Investasi Penuh Berkah

Tidak perlu ragu lagi dalam berinvestasi.

Dengan adanya reksa dana syariah, investasi kamu sudah terjamin terhindar dari riba dan segala hal yang diharamkan oleh Islam.

Selain itu, investasi kamu juga sudah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional MUI, yang membuat investasi kamu semakin penuh dengan keberkahan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk kita berinvestasi reksa dana untuk mencapai tujuan keuangan kita tepat waktu dan menuju keberkahan.

Kamu bisa men-download aplikasi IPOTFUND dan IPOTPAY di Play Store maupun App Store. Jika kamu lebih senang mengakses via PC, kamu bisa langsung mengunjungi https://www.indopremier.com/ipotfund/

 

Oh iya, buat kamu yang ingin belajar lebih lanjut tentang investasi reksa dana, kamu bisa membaca ebook Finansialku yang bisa kamu download secara GRATIS!

Dapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dan dapatkan manfaat sebesar-besarnya.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui investasi reksa dana syariah terbaik di bulan ramadan.

Yuk, berbuat kebaikan dengan cara membagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang investasi syariah.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Syariah – https://bit.ly/2L97UFj