Perkembangan fashion memang tidak ada habisnya. Begitu juga dengan Hijab. Berbagai jenis hijab kini sangat mudah ditemukan, salah satunya jilbab instan.

Sebenarnya, jilbab instan sudah digunakan sejak dulu. Namun kini, jilbab instan sudah banyak dimodifikasi dan menghasilkan fashion yang baru.

Mari simak ulasan selengkapnya mengenai jilbab instan dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Fashion Hijab yang Semakin Beragam

Fashion hijab menjadi salah satu industri yang mengalami perkembangan sangat pesat. Berbagai model sudah diperkenalkan dan beredar di masyarakat luas.

Modelnya yang semakin trendy, dengan warna yang menyesuaikan dengan era, membuat hijab menjadi tidak kalah menarik dengan fashion lainnya.

Hijab sudah bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis fashion, sehingga hijab bisa digunakan untuk berbagai acara, bahkan gala dinner sekali pun.

Tidak hanya itu, para desainer fashion hijab sudah mulai berani memasarkan produknya di kancah internasional karena modelnya yang sangat menarik dan dapat memenuhi keinginan pasar para fashionista.

Lihat saja Dian Pelangi. Salah satu pegiat industri fashion hijab asal Indonesia yang sudah mendirikan brand fashion dengan nama yang sama, Dian Pelangi Fashion.

Dian Pelangi menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam trend fashion bergaya di negeri ini. Para perempuan berhijab tampaknya banyak yang mengikuti hampir setiap gaya yang dia ciptakan.

Karyanya bahkan sudah dipamerkan di beberapa kota di Dunia seperti Kuala Lumpur, Singapura, Kairo, Pakistan, Amman, Praha, Budapest, London, Melbourne, Thailand, New York, dan beberapa kota besar di Indonesia.

Jilbab Instan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Investasi Reksa Dana Untuk Pemula]

 

Begitu pula dengan Indira Miranda atau yang biasa dikenal Ria Miranda. Ia memulai perjalanan bisnis fashion-nya pada tahun 2009. Salah satu ciri khas dari Ria ialah warna pastel yang selalu ia munculkan di setiap fashion yang ia buat.

Label pertamanya di tahun 2009 bertajuk Shabby Chic by Ria Miranda yang hingga kini masih bertahan dan sudah dikenal luas hingga internasional.

Kini, Ria memiliki 18 cabang butik House of Riamiranda di 14 kota besar dan tidak lupa, ia juga memasarkannya secara online.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika kamu adalah salah satu pebisnis pemula, hal yang harus ingat saat berbisnis ialah jangan sampai kamu lupa dengan pengelolaan keuangan dalam bisnis.

Terkadang, banyak yang masih belum bisa melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik.

Beberapa di antaranya, sering keliru akan sumber uang yang digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Untuk meminimalisasi segala kemungkinan, akan lebih baik jika kamu memanfaatkan tools yang sering digunakan khusus pengelolaan dan perencanaan keuangan, seperti aplikasi Finansialku.

Daftar Pengeluaran Harian Belajar Mengurus Cashflow dari Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Membantu Teman Shopaholic: Mengerem Kebiasaan Belanja Impulsif]

 

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk keuangan bisnis.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Jika ingin lebih memahami mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik, pelajari saja melalui ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Semua bisa kamu peroleh secara GRATIS, tanpa dipungut biaya apapun. Tunggu apalagi? Yuk segara miliki, praktikkan, dan rasakan manfaatnya!

 

Jilbab Instan Masa Kini

Tidak dapat dipungkiri bahwa tentu akan ada kelebihan dan kekurangan dalam setiap hal, begitu juga dengan fashion hijab.

Banyak yang ingin menggunakan hijab dengan praktis, tidak memakan waktu yang lama, namun tetap trendy dan nyaman saat digunakan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, para fashion desainer pun mulai membuat jenis fashion yang diinginkan oleh masyarakat, salah satunya jilbab instan.

Sebenarnya, jilbab instan sudah dibuat sejak dulu. Namun, karena gayanya yang dianggap kaku, membuat jilbab instan tidak begitu diminati saat itu.

Kini, telah banyak model jilbab instan yang dibuat modis. Para hijaber pun memakai jenis jilbab instan ini karena selain lebih simpel dan praktis, juga terlihat menarik dan modis.

Dengan begitu, pemakai hijab pun menjadi lebih percaya diri. Terlebih, jilbab macam ini juga sering dipakai di kalangan selebritis sehingga membuat para wanita ingin ikut memakainya.

Lalu, Apa saja ya model jilbab instan yang sedang trend saat ini? Berikut ini ulasannya:

 

#1 Jilbab Bergo

Jilbab bergo merupakan jenis jilbab instan yang paling mudah ditemui. Bisa dibilang jilbab bergo merupakan jilbab instan pertama yang muncul.

Ciri khas dari bergo ialah adanya pad (bantalan spon) di bagian depan. Pad merupakan bantalan spon yang berada di bagian depan bergo atau tepatnya di atas dahi.

Jilbab bergo menjadi salah satu jilbab yang penggunaannya paling mudah dan praktis. Cukup memasukkannya ke kepala dan merapikannya, tanpa butuh peniti dan sebagainya

Kini jilbab bergo sudah bervariasi, banyak yang dilengkapi dengan detail-detail seperti renda, bordiran, payet, dan sebagainya.

Bahan dan ukuran jilbab instan ini sangat beragam, ada yang berbahan kaos, jersey, katun, spandek, ada pula yang dilengkapi dengan pad berukuran kecil, pendek, hingga panjang.

Jilbab Instan 03 (Jilbab Bergo) - Finansialku

[Baca Juga: Uang Saku Mahasiswa Rp1 Juta Per Bulan? Siapa Takut! Ini Cara Bertahan Hidup Sebagai Mahasiswa]

 

#2 Jilbab Khimar

Khimar merupakan kata lain dari kerudung yang fungsinya menutup kepala hingga dada, bahkan tangan.

Awalnya, kerudung macam ini mudah dijumpai dalam bentuk bergo panjang yang bisa langsung dipakai tanpa perlu jarum dan peniti.

Namun, semakin berkembangnya trend hijab, khimar ini datang dengan berbagai model.

Awal munculnya khimar bisa dibilang “monoton” karena hanya dibuat dalam beberapa warna tanpa variasi sedikit pun.

Kini, variasi dari khimar sudah banyak bermunculan dengan ditambahkan aksen seperti renda, payet, rajut, dan layer. Pilihan bentuknya pun bisa dipilih antara menggunakan pad atau non pad.

Kombinasi warna pun sudah bervariasi dan jauh lebih menarik dengan tidak melupakan fungsi utamanya untuk menutup aurat.

Dengan aksen serta kombinasi warna yang apik, khimar tidak lagi terlihat membosankan dan belakangan menjadi trend di kalangan pemakai hijab yang ingin berbusana syar’i.

 

#3 Jilbab Lengan

Model jilbab instan selanjutnya ialah jilbab lengan atau biasa dikenal “jilbab sekaligus baju”.

Jilbab instan yang satu ini memang memiliki dual fungsi, bisa dijadikan sebagai jilbab sekaligus baju, dan dibuat khusus dengan menambahkan lengan yang menyambung langsung dengan jilbab.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan jilbab ini walaupun sedang menggunakan baju lengan pendek

Jilbab lengan sangat cocok untuk digunakan sebagai jilbab darurat saat kamu mendadak harus keluar rumah atau ada tamu yang datang, sementara kamu masih memakai kaos lengan pendek.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah dan praktis, tidak memakan waktu sampai 5 menit!

Tenang saja, ukuran dari jilbab lengan sangatlah beragam. Namun biasanya, jilbab lengan ini dibuat dengan ukuran yang cukup besar agar tidak memunculkan ilusi tubuh dari penggunanya.

Jilbab Instan 04 (Jilbab Lengan) - Finansialku

[Baca Juga: Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang]

 

#4 Jilbab Hoodie

Jilbab Hoodie merupakan salah satu jenis yang paling digandrungi oleh para hijaber, khususnya para remaja.

Jilbab hoodie merupakan modifikasi dari syal dan pashmina yang bisa dengan mudah digunakan oleh para hijaber.

Bentuknya menyerupai hoodie jaket dengan variasi warna dan model yang sangat beragam. Cukup sesuaikan saja lubang jilbab dengan bentuk wajah.

Dari segi bahan, jilbab hoodie terbuat dari bahan yang umum untuk jilbab seperti jersey, chiffon, maupun cerutti. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Model seperti ini sangat mirip dengan pashmina yang dililit namun tidak perlu jarum untuk menyematkannya.

Jilbab hoodie ini sangat cocok untuk hijaber aktif yang suka melakukan aktivitas di luar ruangan.

 

#5 Jilbab Cape

Bagi kamu yang baru mendengarnya, jilbab model cape berpotongan seperti mantel tanpa lengan dengan tambahan penutup kepala yang berfungsi sebagai kerudung. Variasi warna serta corak yang dimilikinya pun sangatlah bervariasi.

Model jilbab seperti ini bisa menutupi tubuh dengan sempurna tanpa menunjukkan lekuk tubuh.

Untuk tampilan kasual, kamu bisa pakai cape karena bentuknya yang simpel dan sangat mudah dipakai. Rok maupun celana baik untuk jadi padanan jilbab cape ini.

Namun, tetap gunakan dalaman berlengan panjang supaya ketika mengangkat tangan, bagian tubuhmu tetap tertutup dan terlindung.

Jilbab Instan 05 (Jilbab Cape) - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mencatat Keuangan Karyawan Secara Efektif Agar Karier Cemerlang]

 

#6 Jilbab Instan Modifikasi

Terakhir, jilbab instan modifikasi yang sudah mulai banyak beredar di pasaran.

Jika dulu model jilbab instan hanya divariasikan dengan tambahan tali yang diserut, sekarang berbagai macam model bisa kita temukan.

Jika ingin sedikit memodifikasi lebih lagi, terdapat jenis jilbab semi instan yang hanya perlu dililit sesuai kebutuhan. Bahkan, hanya dengan 1 jilbab, kamu bisa menghasilkan hingga 30 model.

Tambahan detail aksen pun semakin beragam, mulai dari model ruffle hingga bermacam-macam motif kain yang dipakai.

Tidak mengherankan mengapa jilbab satu ini sangat digemari karena selain praktis dan nyaman, hijaber pun dapat tampil modis nan trendi.

 

3 Hal Penting Sebelum Menggunakan Jilbab Instan

Meski jilbab instan sudah memiliki banyak variasi, namun kamu harus bisa memilih yang paling tepat agar kamu tetap terlihat modis dan jilbab instan yang digunakan cocok dengan kamu.

Berikut tiga hal yang perlu diketahui sebelum membeli hijab instan:

 

#1 Harus Praktis

Tak sedikit hijab instan yang cara pakainya justru lebih rumit. Padahal tujuan awal memakai hijab instan adalah untuk kepraktisan.

Pastikan memilih hijab instan dengan desain yang simpel dan mudah dipakai.

 

#2 Mengetahui Tujuan Pemakaian

Tujuan membeli jilbab instan biasanya berbeda-beda, mulai dari olahraga hingga ke pengajian. Pastikan kamu mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan dari bahan setiap jilbab instan.

Jangan sampai kamu memakai jilbab instan berbahan ceruti untuk olahraga karena tidak menyerap keringat.

 

#3 Memilih Pola yang Pas dengan Wajah

Tak jarang jilbab instan memiliki pad di bagian depannya. Sayangnya, tidak semua bentuk wajah cocok memakai pad.

Pad lebar dan panjang sangat cocok untuk kamu yang berwajah lebar untuk memberi efek tirus pada wajah, sedangkan pad yang lebar dan kecil bisa menjadi pilihan kamu yang berwajah mungil.

Jilbab Instan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

3 Tips Menggunakan Jilbab Instan

Mungkin beberapa dari kamu masih banyak yang merasa bahwa jilbab instan kurang terlihat modis untuk digunakan.

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar tampilan jilbab instanmu lebih modis, yaitu:

 

#1 Scarf, Syal, atau Kalung

Salah satu cara membuat jilbab instan terlihat semakin modis dengan menambahkan scarf.

Scarf bisa dibuat sebagai aksen di depan dada. Aksen tersebut bisa menyerupai lipatan yang bertumpuk atau memberikan sentuhan layer sehingga tidak terkesan monoton.

Ketika ingin memadukan scarf dan jilbab instan, pilih warna yang seirama supaya tidak tampak menumpuk, berlebihan, atau terkesan memaksakan.

Selain scarf, kamu juga bisa memanfaatkan syal atau kalung untuk membuat penampilanmu semakin modis.

Kamu bisa gunakan syal di saat cuaca sedang dingin. Kamu juga bisa menggunakan kalung saat kamu hendak datang ke acara resmi.

 

#2 Aksesori Jilbab

Aksesori bisa digunakan untuk membuat penampilan tampak semakin menarik terutama bila diterapkan ke acara spesial.

Jilbab instan juga bisa diterapkan ke pesta dengan tambahan aksesori kepala supaya tidak terkesan santai.

Pilih aksesori seperti kalung atau yang khusus untuk jilbab.

 

#3 Topi

Padu padan topi dan jilbab instan bisa membuat penampilan semakin stylish terutama ketika dipakai liburan.

Sudah banyak Selebriti Instagram (selebgram) yang mempraktikkan hal ini, seperti Shella Alaztha yang menerapkannya ketika akan berkuda.

Tambahkan kaca mata besar saat pergi di siang hari yang tidak hanya membuat penampilan tampak modern tapi juga melindungi mata dan wajah dari sinar matahari.

Pilihan warna jilbab instan sebaiknya disesuaikan dengan busana kamu atau menggunakan yang berwarna netral saja.

Jilbab Instan 07 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kreatif Kisah UMKM Sandal Jepit Mengukir Pundi-Pundi Rezeki]

 

Pilih yang Paling Sesuai Denganmu

Fashion jilbab instan sudah banyak digandrungi oleh masyarakat. Selain karena modelnya yang menarik, warna serta bahannya pun bervariasi.

Meskipun begitu, kamu harus tetap bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Jangan sampai hanya karena cocok digunakan oleh modelnya, kamu langsung membeli tanpa memikirkan hal lainnya.

Pilih fashion yang paling sesuai denganmu. Ingat! Fashion menggambarkan karakter dan siapa dirimu.

 

Share informasi ini kepada teman-temanmu yah… Mereka pun perlu tahu informasinya lho!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2 Desember 2014. Trik Modifikasi Jilbab Instan Agar Terlihat Lebih Modis. Wolipop.detik.com – http://bit.ly/2JwVV4Z
  • Admin. 7 November 2018. Jangan Salah Pakai, Ini 3 Cara Pilih Hijab Instan Agar Terlihat Modis. Jawapos.com – http://bit.ly/2VPujhJ
  • Admin. 12 Desember 2014. Inilah 6 Jenis Jilbab Instan yang Praktis Langsung Pakai. Tokopedia.com – http://bit.ly/2HdhTXY
  • Eka Wahyu Pramita. 11 Maret 2018. Inilah Empat Desainer Muslim Dunia dengan Follower Terbanyak. Jurnas.com – http://bit.ly/2JpUpRP

 

Sumber Gambar:

  • Jilbab Instan 1 – http://bit.ly/2YdR5NT
  • Jilbab Instan 2 – http://bit.ly/308NouW
  • Jilbab Instan 3 (Jilbab Bergo) – http://bit.ly/2Hm0NHt
  • Jilbab Instan 4 (Jilbab Lengan) – http://bit.ly/2Hc0636
  • Jilbab Instan 5 (Jilbab Cape) – http://bit.ly/2Hc0M8E
  • Jilbab Instan 6 – http://bit.ly/2H9bUEq
  • Jilbab Instan 7 – http://bit.ly/2H9kbbF