Simak kisah sukses Ray Chan, pendiri 9GAG yang setiap kontennya selalu menghibur para penggemarnya.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Konten Otentik 9GAG Ray Chan

Pernahkah Anda melihat salah satu konten 9GAG dan merasa tergelitik dan tertawa?

Kisah Sukses Ray Chan 12 Konten 9gag - Finansialku

Konten Menggelitik 9GAG

 

Siapa yang tidak tergelitik melihat gambar di atas? Tahukah Anda bahwa gambar di atas di-edit dan di-posting melalui akun 9GAG.

Berbagai konten lucu, menggelitik dan banyak juga diantaranya yang mengangkat isu-isu kekinian dan memodifikasinya menjadi sebuah lelucon yang membuat orang menjadi tersenyum hingga tertawa inilah yang merupakan ciri khas dari setiap konten posting-an 9GAG.

Lantas, siapakah pendiri 9GAG, yang setiap kontennya begitu menarik dan dinanti oleh banyak orang?

Dialah Ray Chan yang mengunggah setiap konten lucu dari sebuah video, GIF, gambar atau foto yang diedit untuk menghibur para penggemarnya di dunia maya.

Kisah Sukses Ray Chan 02 Ray Chan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Kisah Sukses Ray Chan: Awal Mula Pendirian 9GAG

Ray Chan, pemuda asal Hong Kong ini memulai 9GAG di negara asalnya karena beberapa alasan sekaligus adanya peluang, diantaranya seperti Aplikasi Facebook yang kurang populer di Hong Kong dan sebagian besar orang lebih memilih menggunakan MSN Messenger.

Selain itu aplikasi IM dari Microsoft yang menurutnya juga tidak terlalu menarik dan terlalu ribet dalam mengirimkan gambar dan berbagi foto melalui email.

Menurut Ray Chan aplikasi tersebut mempersulit orang untuk berbagi gambar lucu dan menarik.

Pada awalnya, Ray Chan memulai 9GAG seorang diri, hingga akhirnya sang adik dan beberapa rekan bergabung yaitu Chris Chan, Derek Chan, Brian Fu & Marco Fung.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Menurut Ray Chan, setidaknya tidak kurang dari 3 juta pengguna aktif harian yang mengakses 9GAG setiap harinya dan sekitar 50 hingga 80 juta visitor yang menyambangi akun 9GAG setiap bulannya.

Dari seluruh pengguna di seluruh dunia, sebagian besar traffic pengunjung 9GAG berasal dari Jerman dan juga Amerika Serikat. Lantas, bagaimana dengan pengguna dari Hong Kong yang merupakan negara asalnya sendiri?

Menurut Ray Chan, orang-orang di Hong Kong lebih senang dengan konten dengan bahasa Mandarin. Namun karena sebagian besar konten dari 9GAG berbahasa Inggris, maka penggemar dan pengakses 9GAG di Hongkong tidak sebanyak di negara yang menggunakan bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat.

728x90 - Apartemen
300x250 Kotak - Apartemen

 

Ketika awal peluncuran 9GAG, Ray Chan menghadapi masa-masa sulit, terutama masalah pendanaan.

Hal ini dikarenakan orang-orang kaya di Hong Kong lebih banyak menghasilkan uang dari bisnis real estate daripada bisnis website, meskipun ekosistem startups sedang berkembang juga di sana.

Melihat kondisi ini, Ray Chan tahu kemana ia harus mencari pendanaan, yakni Amerika Serikat, negara dengan pengakses 9GAG terbanyak. 

9GAG awalnya hanya sebuah konten dari proyek sampingan dengan slogannya, “just for fun”. Namun, kini kita bisa melihat keberhasilan 9GAG hingga menarik page views yang mencapai 2 miliar.

Dengan niat hanya untuk bersenang-senang, kini mereka menikmati keberhasilannya melalui ide utama mereka yakni membuat situs hiburan.

Kisah Sukses Ray Chan 03 Ray Chan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Implementasi Penggabungan Ide 9GAG

Di tahun 2011 dalam rangka untuk mengembangkan dirinya dalam membuat aplikasi berbagi foto (meskipun pada awalnya inisiatif ini bukan untuk mengembangkan 9GAG), Ray Chan mengikuti program pelatihan 500 startups.

Seiring berjalannya waktu, ia meninggalkan aplikasi tersebut karena merasa bahwa ide tersebut tidak begitu relevan.

Namun, Ray Chan tidak menyesal karena telah mengikuti pelatihan tersebut karena ia melihat peluang dimana ia bisa bertemu dengan banyak mentor hebat dalam acara pelatihan tersebut.

Lagipula, pelatihan ini hanya diperuntukkan bagi pendiri startups pilihan, dan salah satunya adalah Ray Chan.

Di tahun selanjutnya, yakni di tahun 2012, ada 7 orang anggota tim dari 9GAG yang ia kirimkan ke Silicon Valley dalam rangka membangun koneksi dengan orang-orang berlatar belakang teknologi hebat di sana, termasuk Sam Altman dari Y Combinator.

Setelah pertemuan tersebut, Sam Altman mengundang mereka untuk bergabung ke Y Combinator, padahal sebelumnya mereka sempat ditolak dalam program tersebut.

Kisah Sukses Ray Chan 04 Ray Chan 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Dari hasil pelatihan startups dan pertemuan dengan Y Combinator, Ray Chan mendapatkan ide dari penggabungan keduanya.

Y Combinator yang berfokus pada engineer lebih mengedepankan untuk membuat sesuatu yang orang lain inginkan.

Sedangkan dari pelatihan ia mendapatkan ide besar bahwa mengurangi risiko kegagalan bahkan risiko yang besar sekalipun dapat dilakukan dengan mengetahui data.

Kedua pendekatan tersebut  sangat membantu Ray Chan bersama tim 9GAG dalam mengembangkan startups yang sedang mereka bangun.

Sebelum melanjutkan pembahasan lebih lanjut mengenai kisah sukses Ray Chan, tentu Anda setuju bahwa perencanaan keuangan harus dimiliki setiap individu untuk meraih kesuksesan, termasuk Anda.

Bagi Anda para pebisnis, agar tidak kesulitan dalam mengatur keuangan, segera pisahkan laporan keuangan pribadi dengan laporan keuangan bisnis Anda.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sinergi 9GAG dengan Game Lokal

Tidak mudah memanfaatkan peluang untuk memperoleh pendapatan melalui iklan berkonten lelucon, karena hal ini akan sangat berisiko.

Tapi Ray Chan merasa peluang akan selalu ada dan ia juga melihat potensi besar bagi 9GAG di masa depan melalui mobile game.

Sumber pendapatan yang cukup signifikan namun tidak begitu besar akhirnya didapat dari kerja sama dengan perusahaan game lokal Touchten melalui game bernama Redhead Redemption yang telah diunduh sebanyak satu juta kali pada minggu pertama peluncurannya.

728x90 - Motor
300x250 Kotak - Motor

 

Melihat keberhasilan ini, perusahaan tersebut berencana untuk menambah game yang lebih banyak lagi, sehingga hal ini pun menambah peluang besar bagi Ray Chan bersama dengan timnya di 9GAG.

Keuntungan akan dibagi bersama developer dari game tersebut sebagai hasil dari kerja sama bersinergi yang saling menguntungkan.

Selain melakukan kerja sama dengan developer dari game lokal Touchten, 9GAG juga mendapatkan sumber pemasukan lain yang cukup besar melalui 9Chat, yang merupakan sebuah forum mobile milik 9GAG.

Kisah Sukses Ray Chan 05 Ray Chan 5 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

Masa “Unik” Ray Chan & Tim

Dalam sebuah konferensi, Ray Chan mengatakan kepada para peserta yang bertanya akan kunci sukses Ray Chan dalam mengembangkan 9GAG. “Follow Your Passion” adalah sebuah ide buruk yang pernah ada, tuturnya kepada para peserta konferensi.

Ray Chan mengatakan bahwa passion-nya yang terbesar bukanlah pada gambar-gambar lucu, tetapi diam di rumah dan bermain game.

Sebagai gantinya, ia menyarankan untuk memiliki sebuah ide yang mencerminkan apa yang orang lain dan ia lakukan dan bertekad untuk membuatnya berhasil.

Ray Chan tidak menyarankan untuk melakukan sesuatu karena memiliki passion pada satu hal dan ingin menjadi terkenal.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dalam pertemuan konferensi tersebut, ia menceritakan tentang kenangannya akan masa sulit bersama 9GAG selama mereka berada di Silicon Valley.

Ia menceritakan kala itu ia bersama tim menyewa sebuah motel, dimana ia dan saudaranya harus tidur di satu ranjang yang sama selama 4 bulan.

Namun karena sebuah kesalahpahaman dengan pemilik motel maka ia bersama timnya terpaksa harus angkat kaki dan pindah ke penginapan lain sehingga mereka mencoba layanan Airbnb.

Tapi sayangnya kamar yang dipesan hanya memiliki satu tempat tidur sehingga mereka harus tidur berdesakan dalam satu ranjang.

Kisah Sukses Ray Chan 06 Ray Chan 6 - Finansialku

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

Suntikan Dana Hingga Pengembangan 9GAG

Sebelum Facebook dikenal dan populer di Hong Kong, 9GAG dibuat pada tahun 2008 dengan tujuan untuk lebih menyederhanakan proses berbagi foto dan video dengan konten yang lucu secara online.

Sejak saat itu, banyak orang yang menggunakan situs 9GAG sebagai sarana untuk mengirimkan gambar, meme lucu dan berbagai konten yang menghibur orang. Sehingga di tahun 2012, visitor situs ini melesat dari 500 ribu menjadi sekitar 70 juta.

Seiring keberhasilannya dalam berbagi kesenangan dengan banyak orang, 9GAG mendapatkan suntikan dana dari sebuah perusahaan venture capital (True Ventures dan Greycroft Partners) yang berbasis di Silivon Valley.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tak tanggung-tanggung, dana sebesar US$2,8 juta digelontorkan untuk mengembangkan situs 9GAG. Dari suntikan dana tersebut, Ray Chan dan timnya mampu merilis aplikasi untuk iOS dan Android.

Melalui 9GAG, Ray Chan dan timnya berharap akan membangun lebih banyak fitur, seperti fitur TV di 9GAG berisi website sehingga banyak orang bisa berbagi video YouTube.

Pendapatan 9GAG pun terus meningkat, dan salah satunya didapat melalui jaringan iklan Google.

Kisah Sukses Ray Chan 07 Ray Chan 7 - Finansialku

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

 

Rahasia Sukses Ray Chan

Ketahui 7 rahasia sukses dari Ray Chan dalam mengembangkan 9GAG yang ia dapatkan dari pengalaman masa sulitnya di Silicon Valley.

 

#1 Ide Buruk Tak Selamanya Buruk

Dalam menjalankan bisnis, ide adalah sebuah penggerak awal yang membuat bisnis tersebut menjadi berhasil. Oleh sebab itu tanpa adanya ide, maka sebuah bisnis tidak mungkin bisa berjalan.

Banyak orang kerap menginginkan ide yang baik dan cemerlang, dimana ini merupakan hal yang lumrah dan sudah biasa. Namun, bagi Ray Chan tidak ada ide yang buruk.

Bahkan ide yang awalnya tidak cemerlang sekalipun seperti 9GAG, pada akhirnya mampu menjadi startup yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menurutnya, apapun ide yang didapat maka harus diwujudkan langsung untuk mengetahui hasilnya.

 

#2 Berbeda itu Unik

Menjadi berbeda seringkali membuat kebanyakan orang menjadi pesimis karena dianggap aneh. Bagi Ray Chan, perbedaan adalah sebuah keunikan, sama seperti setiap manusia yang diciptakan unik.

Ray Chan beranggapan bahwa untuk menjadi sukses maka perlu pengakuan apa adanya terhadap keunikan diri sendiri.

Menurutnya, ada banyak pebisnis yang ingin menjadi orang lain, dimana hal inilah yang membuat rasa percaya diri seorang pebisnis sedikit demi sedikit akan terkikis.

Menjadi sosok yang berbeda akan menjadikan seseorang lebih sukses karena orang tersebut akan membuka pikirannya untuk mendengar dan mengaplikasikan kata hati nuraninya secara langsung dalam kehidupan mereka dan bukan apa yang dikatakan orang lain.

Kisah Sukses Ray Chan 08 Ray Chan 8 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress Akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

#3 Bebas Berinovasi

Banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman Ray Chan selama berada di Silicon Valley, salah satunya adalah memberikan kebebasan kepada seluruh karyawan (tanpa terkecuali) untuk dapat berinovasi sehingga mampu mencapai visi misi yang ditetapkan oleh perusahaan.

Inilah salah satu kebiasaan hebat yang diterapkan perusahaan dan startups yang ditiru oleh Ray Chan kepada startup miliknya yaitu 9GAG.

Dengan kreativitas mereka, Ray Chan mendorong para karyawan untuk melakukan cara mereka yang terbaik dalam meraih keberhasilan, tapi tanpa melakukan tindak kecurangan kepada rekan kerja lainnya.

Intinya adalah bekerja dengan kreativitas dan kompetisi yang sehat. Melalui kebiasaan ini, jiwa kemandirian para karyawan dapat terlatih, disamping membangun dan meningkatkan inovasi serta produktivitas para pekerja.

Dengan meniru kebiasaan tersebut, kita bisa melihat perkembangan 9GAG hingga kini yang terus menjadi sorotan karena keberhasilannya yang meroket.

Kisah Sukses Ray Chan 09 Ray Chan 9 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

#4 Memimpin dengan Gaya Kepemimpinan yang Relevan

Setiap pemimpin memiliki cara dan gaya mereka masing-masing dalam memimpin.

Tapi, para pemimpin hebat adalah mereka yang dapat mengaplikasikan gaya dan cara kepemimpinan mereka sesuai berdasarkan situasi dan kondisi yang ada tanpa memaksakan kehendak pribadi.

Gaya kepemimpinan inilah yang ditiru oleh Ray Chan dalam menjalankan 9GAG dan membuatnya semakin melejit.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#5 Lakukan Hal yang Tak Biasa

Terkadang apa yang dianggap benar, belum tentu benar dan dapat diterapkan dalam sebuah lingkungan perusahaan, demikian juga sebaliknya.

Sesuatu yang dianggap salah dan tidak benar, mungkin saja bisa menjadi sebuah keuntungan di lingkungan yang berbeda.

Kritikan dan kontroversi tentu akan selalu ada. Di sinilah pemimpin tangguh terus gigih dalam mengejar impiannya disamping membuka pikiran untuk mendengar saran secara bijak.

Solusi akan selalu ada dan kegagalan seringkali tidak dapat dihindari. Namun, ketika pemimpin percaya akan adanya solusi, kegagalan bukan menjadi sebuah halangan untuk dihindari, tetapi sebuah tantangan yang harus dihadapi dan dipelajari untuk meningkatkan diri menuju impian.

Kisah Sukses Ray Chan 10 Ray Chan 10 - Finansialku

[Baca Juga: 24% Penyebab Perceraian di Indonesia adalah Masalah Keuangan Keluarga, Bagaimana Solusinya?]

 

#6 Talk Less Do More

Pernah dengar slogan yang sederhana tetapi sangat bermanfaat seperti: “Talk Less Do More?”

Seringkali para pemimpin di siang bolong hanya akan mendeklarasikan impiannya yang begitu besar kepada orang-orang di sekitarnya namun tanpa ada aksi untuk mewujudkannya.

Itulah mimpi tanpa aksi!

Para pemimpin yang hebat akan membuat mimpi mereka terealisasi dengan langkah-langkah nyata meski hanya selangkah demi selangkah.

Hal inilah yang dilakukan Ray Chan untuk meraih kesuksesan bagi 9GAG.

Kisah Sukses Ray Chan 11 Ray Chan 11 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

#7 Perhatikan Hal yang Kecil

Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Detail terhadap hal yang kecil akan membuat Anda bisa meraih yang besar.

Inilah sebuah struktur yang disusun secara mendetail oleh para pengusaha di Silicon Valley yang ditiru oleh Ray Chan.

Fokus pada hal kecil dan memperbaikinya sedikit demi sedikit. Inilah yang memungkinkan sebuah bangunan dapat dibangun hingga menjadi bangunan yang besar karena mengedepankan detail dari struktur yang kecil.

Sama halnya seperti ketika bermain Lego atau menyusun Uno Block. Jika struktur di bawah masih berantakan dan tidak rapi, maka bagian atas tidak akan bisa ditopang dengan kuat.

 

Wujudkanlah Ide dan Mimpi

Nah, itulah kisah sukses dari Ray Chan yang merupakan pendiri website 9GAG yang mendunia.

Inspirasi apa yang bisa Anda dapatkan dan bisa Anda tiru melalui kisah sukses Ray Chan di atas?

Jangan takut untuk mulai mewujudkan ide-ide Anda, karena siapa tahu ide tersebut justru akan menuntun Anda pada kesuksesan.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau pendapat lain mengenai kisah sukses Ray Chan? Tuliskanlah pertanyaan dan pendapat Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada rekan kerja dan orang-orang lain di lingkungan sekitar Anda ya!

Dan jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi, keluarga ataupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ulfa Sekar. 2 Agustus 2018. Kata CEO Ini, Passion Bukanlah Kunci Sukses dalam Berbisnis LhoMoneysmart.id   – https://goo.gl/kfGBU4
  • Admin. 22 Oktober 2018. Belajar dari Silicon Valley, ini 7 Rahasia Sukses Ray Chan Mendirikan 9GAG. Kumparan.com – https://goo.gl/GqB37f
  • Dewi Widya Ningrum. 21 April 2014. Kisah 9Gag, Dari Proyek Sampingan Hingga Tenar. Liputan6.com – https://goo.gl/8rihXi
  • Admin. 23 Desember 2015. Ray Chan Dan Suksesnya 9GAG, “Passion Is The Result”. Hitsss.com – https://goo.gl/GzQydM
  • Steven Millward. 13 Mei 2015. Ray Chan: “Kami Memang Gila, Tapi Tidak Cukup Gila Untuk Menyangka 9gag Akan Sebesar Ini”. Id.techinasia.com – https://goo.gl/Z4eifJ

 

Sumber Gambar:

  • Ray Chan 1 – https://goo.gl/ee61qR
  • Ray Chan 2 – https://goo.gl/wkr3kK
  • Ray Chan 3 – https://goo.gl/Wj36wp
  • Ray Chan 4 – https://goo.gl/Y1kZfA
  • Ray Chan 5 – https://goo.gl/MrXiqD
  • Ray Chan 6 – https://goo.gl/eqLYzv
  • Ray Chan 7 – https://goo.gl/eN4yMn
  • Ray Chan 8 – https://goo.gl/f23eZL
  • Ray Chan 9 – https://goo.gl/nZ2ePD
  • Ray Chan 10 – https://goo.gl/Sy4qSJ
  • Ray Chan 11 – https://goo.gl/TwEK6v