Dalam 6 tahun, saham yang ia tanamkan naik 6 kali lipat. Simak kisah sukses Vijay Kedia, investor sukses asal India yang menginspirasi melalui kisah suksesnya yang akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Temukan formula kesuksesannya, amati, tiru, dan modifikasi kiat suskes Vijay Kedia. Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Vijay Kedia

Vijay Kedia adalah nama yang mencuat sukses asal India dalam dunia investasi.

Keberhasilannya berinvestasi dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang berpikir untuk sukses dalam berkarier investasi saham.

Vijay Kedia lahir dalam keluarga yang tak asing dalam dunia investasi pialang saham. Kakek ayahnya adalah seorang pialang saham. Vijay Kedia memulai kariernya di pasar saham pada tahun 1978.

Dia bergabung dengan pasar saham bukan karena minatnya, tetapi karena paksaan ketika ayahnya meninggal.

Untuk menjalankannya, dia masuk ke bisnis perdagangan milik keluarga dan pialang saham.

Kisah Sukses Vijay Kedia 02 - Finansialku

 [Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Selama 10 tahun berikutnya Vijay Kedia hanya berdagang di pasar yang menghasilkan uang sementara dan terkadang kalah.

Karena dirasa tidak mendapat cukup banyak keuntungan dari bisnis dagang tehnya tersebut, Vijay Kedia juga memulai bisnis sampingan memasok teh.

Pelajaran terbesar yang dipelajari Vijay Kedia dari perdagangan teh adalah dengan menggunakan Stop Loss.

Menurutnya, proper risk reward dan stop loss yang tepat adalah penting, tanpa menghentikan kerugian, trader tidak dapat bertahan di pasar.

Trader dapat menghasilkan uang dalam banyak perdagangan tetapi dapat kehilangan semua uang dalam satu perdagangan jika dia tidak menggunakan stop loss.

“Invest like a bull, sit like a bear and watch like an eagle. (mantra for long term investing)” – Vijay Kedia

“Investasikan seperti banteng, duduklah seperti beruang dan saksikan seperti elang. (mantra untuk investasi jangka panjang)”

 

Awal Mula Vijay Kedia Memulai Usaha Investasinya?

Melalui perdagangan, Vijay Kedia menyadari bahwa dia tidak dapat memiliki kehidupan yang diinginkannya.

Dia membaca tentang perjalanan karier para investor yang sukses dan memutuskan untuk beralih ke investasi. Dia mulai mempelajari dasar-dasar sebuah perusahaan.

Dia tinggal di rumah kontrakan dan kala itu ia hanya memiliki 35.000 rupee (setara dengan Rp7.182.223,69) sebagai modal awal untuk berinvestasi.

Dia melakukan penelitian sendiri dan memilih saham Punjab Tractors dan menginvestasikan 35.000 rupee uang saham itu.

Dalam 3 tahun, saham yang ia investasikan tersebut mengalami kenaikan. Saham tersebut dikalikan 6 kali dan uangnya sebesar 35.000 rupee berkembang menjadi 210.000 rupee (setara dengan Rp43.093.402).

Selanjutnya Punjab Tractors, ia berinvestasi di saham ACC dengan harga 300 rupee (setara dengan Rp61.562).

Saham tidak bergerak selama satu tahun tetapi seiring perjalanan waktu, saham tersebut berlipat kali ganda 10 kali dan menjadi 3.000 rupee saham di tahun kedua.

Dia menjual ACC di harga 3000 rupee (setara dengan Rp615.620) dan dari keuntungan menjual saham tersebut, ia bisa membeli sebuah apartemen.

Kisah Sukses Vijay Kedia 03 - Finansialku

[Baca Juga:6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Ingin sukses seperti para investor lainnya? Mulailah berinvestasi dari instrumen yang paling cocok dengan Anda.

Ragam instrumen sudah tersedia, Anda bisa langsung memilihnya dengan menyesuaikan kebutuhan. Salah satunya ialah investasi saham.

Bagi Anda yang masih dikategorikan sebagai investor pemula, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu dari berbagai referensi.

Salah satu referensi tersebut ialah ebook GRATIS dari Finansialku.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Ebook setebal 130 halaman ini membahas:

  • Pengenalan investasi saham.
  • Mengenal program Yuk Nabung Saham.
  • Memulai investasi saham.
  • Tips sukses berinvestasi saham.
  • Kisah sukses investor saham : “Warren Buffett Indonesia

 

Bagi Anda para pebisnis, agar tidak kelimpungan dalam mengatur keuangan bisnis pribadi, segera pisahkan laporan keuangan pribadi dengan laporan keuangan bisnis Anda melalui ebook gratis dari Finansialku yang berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis.

Tunggu apalagi? Ayo segera lakukan!

“Investing is like Yoga. Body, mind and soul have to be aligned.” – Vijay Kedia

“Investasi itu seperti Yoga. Tubuh, pikiran dan jiwa harus sejajar.”

 

3 Kualitas Para Investor Hebat Ala Vijay Kedia

Setelah berbagai kesuksesannya dalam berinvestasi, membuatnya Vijay Kedia “ketagihan” untuk mengecap kesuksesan selanjutnya.

Menurutnya pengalamannya, para investor yang ingin sukses perlu memiliki tiga kualitas seperti berikut ini:

 

#1 Pengetahuan

Pengetahuan untuk mencari tahu stok berkualitas. Untuk memperoleh pengetahuan ini seseorang harus membaca, membaca dan membaca.

Tidak ada jalan pintas. Jika seseorang tidak memiliki kebiasaan membaca, dia tidak bisa menjadi investor yang sukses.

 

#2 Keberanian

Ekuitas adalah aset berisiko di mana Anda dapat kehilangan seluruh modal Anda. Selalu ada ketakutan akan kehilangan uang.

Ketakutan ini mencegah orang dari berinvestasi di pasar saham dan ketika mereka berinvestasi, mereka berinvestasi dalam jumlah kecil.

Vijay Kedia mengatakan bahwa ketika Anda menemukan sesuatu yang baik untuk diinvestasikan, Anda harus menginvestasikan sejumlah yang berarti di dalamnya.

Kisah Sukses Vijay Kedia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

#3 Kesabaran

Kesabaran adalah kualitas yang sangat penting yang harus dimiliki seorang investor. Mengumpulkan persediaan bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun. Anda tidak boleh kehilangan kesabaran ketika saham tetap diam selama bertahun-tahun.

Vijay Kedia mengatakan bahwa investor yang ingin sukses harus memiliki kesabaran untuk memegang saham setidaknya selama 5 tahun.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Gunakan Aplikasi Finansialku dalam pencatatan keuangan pribadi yang dapat Anda gunakan secara praktis dengan langsung mencatat arus kas Anda setiap saat.

Tak perlu ragu menggunakan fasilitas free trial-nya untuk melihat berbagai fasilitas lain yang akan memudahkan Anda dalam merencanakan dana liburan atau membeli barang, bahkan mengecek kesehatan keuangan pribadi Anda.

Jika Anda berminat untuk berlangganan, Anda disarankan untuk berlangganan selama 1 tahun, selain untuk menghemat biaya registrasi, Anda akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online mengenai perencanaan keuangan yang akan dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan Finansialku secara gratis selama 1 tahun.

“Don’t always trust what you see. In a bull market even a duck looks like a swan.” – Vijay Kedia

“Jangan selalu percaya apa yang Anda lihat. Di pasar, bahkan bebek terlihat seperti angsa.”

 

Formula Sukses Investasi Saham Vijay Kedia

Berbagi rahasia sukses bagi para investor, Vijay Kedia tidak pelit untuk berbagi formula sukses bagaimana ia berpengalaman dalam melakukan investasi yang membawanya pada kesuksesan.

Ingin tahu formula sukses dari Vijay Kedia? Berikut formulanya:

  1. Jangan pernah bergantung pada pasar saham untuk mata pencaharian Anda atau kehidupan sehari-hari. Milikilah sumber penghasilan alternatif. Ini akan mengisolasi Anda dari volatilitas pasar dan memberi Anda daya tahan.
  2. Jangan pernah membeli saham kecuali setelah mempelajari secara menyeluruh hal-hal mendasar saham. Pasar saham bukanlah pertaruhan. Anda juga harus sepenuhnya mengetahui berita dan perkembangan yang mempengaruhi saham Anda dan belajar untuk “menghubungkan titik-titik” tersebut.
  3. Investasikan uang Anda sesuai dengan profil risiko Anda. Pastikan kelas aset lainnya juga memiliki alokasi. Ini akan kembali mengisolasi Anda dari risiko yang dibawa oleh ekuitas dan memberi Anda kekuatan.

 

Kisah Sukses Vijay Kedia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bahagia dan Sehat di Masa Pensiun? Pahami Langkah-langkahnya!]

 

  1. Jangan pernah memperdagangkan saham. Jangan pernah menggunakan dana pinjaman untuk membeli saham. Ini sangat berisiko dan dapat menyebabkan “kematian instan”. Kurang dari 1% populasi perdagangan menghasilkan uang. Juga, perdagangan membutuhkan bakat khusus yang tidak dimiliki orang normal.
  2. Investasikan uang Anda untuk jangka waktu minimum lima tahun. “Roma tidak dibangun dalam satu hari”. Butuh waktu bagi perusahaan untuk menjadi dewasa dan tumbuh.
  3. Investasikan hanya pada perusahaan yang dikelola terbaik dan jangan khawatir tentang volatilitas harga saham sehari-hari.

 

 

  1. Ingat bahwa “Investasi adalah milik pasar dan keuntungannya adalah milik Anda”. Dengan kata lain, jangan terbawa oleh gagasan dan keuntungan di atas kertas.
  2. Bukukan (catat) keuntungan secara berkala. Ketika sebuah saham terlihat memiliki nilai yang terlalu tinggi, jangan ragu untuk menguangkan keuntungannya.
  3. Jadilah seimbang dalam pendekatan Anda. Jangan terlalu optimis dalam uptrend dan sangat pesimis dalam kecenderungan untuk menurun. Selain itu, jangan pernah menyesal.
  4. Lakukan karma baik dan jadilah manusia yang baik. Pasar saham adalah permainan pikiran. Perbuatan baik akan memastikan pikiran Anda tenang dan mampu berpikir rasional.

 

Menjadi Sukses Merupakan Hak Setiap Orang

Kesuksesan bisa diraih oleh siapapun karena sukses merupakan hak setiap orang.

Jika Anda ingin menjadi salah satu orang sukses, lakukan dengan tetap konsisten dan yakin akan kemampuan yang dimiliki.

Jangan sia-siakan peluang yang ada karena kesempatan tidak akan datang dua akli. Jangan mudah puas akan pencapaian yang sudah Anda dapatkan saat ini.

Tetap konsisten pada tujuan Anda, jangan sampai tergoyahkan hanya karena adanya rintangan yang datang menghampiri Anda.

 

Sudah dapat inspirasi hebat dalam berinvestasi dari Vijay Kedia? Berikan tanggapan Anda pada kolom di bawah ini. Anda dapat membagikan inspirasi artikel di atas kepada rekan Anda yang membutuhkan! Terima kasih.

 

Catatan: Rs1 (INR – Rupee India) = Rp205.21.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 19 Maret 2016. Vijay Kedia Success Story Journey from 35k to 500 Crore. Investorji.in – https://goo.gl/4Q1tbv
  • Admin. How Did Vijay Kedia Earn 500 Crores In The Stock Market?. Quora.com – https://goo.gl/UTL7wc

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Vijay Kedia 1 – https://goo.gl/8ZtFpU
  • Kisah Sukses Vijay Kedia 2 – https://goo.gl/KFkrvQ
  • Kisah Sukses Vijay Kedia 3 – https://goo.gl/qqJnfm
  • Kisah Sukses Vijay Kedia 4 – https://goo.gl/ZaLUCT
  • Kisah Sukses Vijay Kedia 5 – https://goo.gl/8c7wfe