Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan

Pilih KTA atau pinjaman online, mana yang lebih menguntungkan? Apakah Anda sering kebingungan memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Misalkan saja produk pinjaman yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah KTA atau pinjaman online. Apa sih perbedaan keduanya dan manakah yang lebih menguntungkan? Mari kita lihat perbedaan keduanya dan Anda bisa memutuskan ingin pilih KTA atau pinjaman online.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenali Dahulu Berbagai Produk Pinjaman

Kondisi perekonomian kini seringkali mendesak masyarakat untuk mengandalkan kredit atau pinjaman. Bayangkan saja, gaji Rp4 juta per bulan ingin beli rumah Rp1 miliar, harus menabung berapa lama?

Rp1.000.000.000 : Rp4.000.000 per bulan = 250 bulan

Dengan kata lain, Anda harus menabung 250 bulan atau 20 tahun, itu pun tanpa makan dan biaya kebutuhan lain.

Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Mengajukan Hutang Untuk 4 Pengeluaran Ini? Celaka Kalau Anda Pakai Hutang untuk Alasan Nomor 3]

 

Itulah mengapa banyak produk pinjaman yang ditawarkan kreditur untuk memfasilitasi nasabahnya. Tetapi ternyata banyak sekali lho jenis produk pinjaman itu, misalnya saja Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multi Guna, hingga pinjaman uang online. Manakah yang sebaiknya Anda pilih?

Finansialku mengajak Anda untuk terlebih dahulu mengenal 2 produk pinjaman, yakni KTA atau pinjaman online:

 

Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau sering disebut sebagai unsecured loans merupakan sebuah produk pinjaman dari pihak bank yang tidak mewajibkan debitur menjaminkan sebuah asetnya. KTA biasanya digunakan untuk nasabah yang sedang membutuhkan sejumlah dana cepat.

Berbeda dari beberapa jenis kredit lainnya, Anda dapat menggunakan pinjaman KTA untuk kebutuhan apapun. KTA umumnya digunakan untuk kebutuhan konsumtif yang membutuhkan dana cepat, antara lain:

  1. Renovasi rumah
  2. Pengobatan
  3. Modal usaha, dan lain-lain

 

Beberapa kelebihan produk KTA jika dibandingkan dengan produk kredit lainnya adalah:

  1. Proses pengajuan cepat dan mudah, serta tidak membutuhkan jaminan
  2. Dokumen yang menjadi syarat pengajuannya sedikit
  3. Jumlah pembayaran dapat dicicil sesuai kesepakatan dengan pihak bank
  4. Proses pembayaran cukup mudah
  5. Dapat digunakan untuk tujuan apapun
  6. Mudah ditemukan di bank atau lembaga keuangan tertentu
  7. Suku bunga tetap selama masa kontrak kredit

 

Studi Kasus Produk KTA KTA BCA, KTA Mandiri, KTA DBS, KTA Mega dan KTA ANZ 01 - Finansialku

[Baca Juga: Studi Kasus Produk KTA: KTA BCA, KTA Mandiri, KTA DBS, KTA Mega dan KTA ANZ]

 

Di samping berbagai kelebihannya yang menarik, KTA juga memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  1. Limit pinjaman terbatas
  2. Tenor pinjaman pendek bergantung jumlah pinjamannya
  3. Anda harus memiliki status profesi dengan penghasilan setiap bulan
  4. Umumnya Anda akan diminta membuka rekening di bank terkait
  5. Suku bunganya cukup tinggi karena tidak ada jaminan
  6. Terdapat biaya penalti jika Anda melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo

 

Kini, produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi semakin digemari dan pihak bank mengembangkannya demi kemudahan nasabah. Kini Anda dapat mengajukan KTA di beberapa bank secara online sehingga tidak perlu repot-repot lagi bolak balik ke bank. Salah satu contoh KTA Online adalah produk Tunaiku dari Bank Amar Indonesia.

Bank Amar menawarkan jasa kredit tanpa jaminan tanpa syarat kepemilikan kartu kredit. Sesuai dengan slogannya yaitu:

Butuh pinjaman tunai? Tanpa agunan. Tanpa kartu kredit.

 

Syarat umum yang ditetapkan bank Amar hanyalah KTP dan Anda bisa mencairkan dana jika lolos verifikasi dan appraisal. Bank Amar juga menyediakan kemudahan pengajuan KTA via online sehingga Anda bisa mengajukan KTA sambil bersantai di ruang tamu tanpa harus lelah mengemudi ke bank di tengah kemacetan dan cuaca yang tidak mendukung.

Secara umum, proses pengajuan KTA Tunaiku di Bank Amar Indonesia adalah sebagai berikut:

Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mengajukan KTA Online, Apa Saja Syaratnya dan Bagaimana Caranya]

 

Bagaimana? Sederhana bukan? Selain kemudahan proses pengajuannya, Bank Amar juga memudahkan nasabahnya sehingga pembayaran cicilan dapat dilakukan tanpa perlu mengunjungi bank langsung. Adapun alternatif pembayaran cicilan Tunaiku adalah sebagai berikut:

  • Internet Banking dan Mobile Banking OCBC NISP
  • Teller OCBC atau Teller bank lain
  • ATM OCBC atau ATM Bersama/ Prima

 

Website Financial Aggregator

Bingung memilih produk KTA mana yang terbaik bagi kebutuhan Anda? Sebenarnya, ada banyak website yang bisa membantu Anda membandingkan produk-produk KTA, disebut website Financial Aggregator.

Financial Aggregator akan membantu Anda mencari produk keuangan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 6 website Financial Aggregator versi Finansialku adalah sebagai berikut:

 

#1 AturDuit.Com

Aturduit.com adalah website dan portal perbandingan finansial yang dikelola oleh PT Atur Duit Indonesia. Website ini membandingkan produk-produk kartu kredit, KTA (Kredit Tanpa Agunan), kredit multi guna (kredit dengan agunan), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan, simpanan deposito dan asuransi (kendaraan).

 

#2 CekAja.com

CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas. CekAja.com dikelola oleh PT Puncak Finansial Utama. Website CekAja.com merupakan salah satu pionir website financial aggregator di Indonesia.

 

#3 Cermati.com

Website Financial Aggregator selanjutnya adalah Cermati.com. Website ini fokus membandingkan produk simpanan dan deposito (konvensional dan syariah), dan pinjaman. Website Cermati.com dikelola oleh PT Dwi Cermat Indonesia.

Produk pinjaman yang ditawarkan juga termasuk komplit, seperti: kredit tanpa agunan, kredit multiguna, kredit mobil baru, kredit mobil bekas, kredit motor dan kredit pemilikan rumah (KPR).

 

#4 DuitPintar.com

DuitPintar.com, adalah website financial aggregator yang menawarkan pinjaman, kartu kredit, asuransi dan tabungan. Website DuitPintar.com dikelola oleh PT Loangarage Indonesia.

Seperti Apa Saja Peluang Bisnis Online di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Uang Online, Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan?]

 

#5 HaloMoney.co.id

Halomoney.co.id adalah website financial aggregator yang dikelola oleh PT Moneyguru Indonesia. Website ini dimiliki oleh Compare Asia, yang memiliki cabang di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Taiwan dan Hongkong. HaloMoney.co.id fokus pada pinjaman KTA dan kartu kredit.

 

#6 SikatAbis.com

Website SikatAbis.com adalah website financial aggregator yang fokus pada produk kartu kredit dan KPR. Website ini dikelola oleh PT Sikatabis Media. Di website SikatAbis.com ini juga melayani KPR konvensional, KPR Syariah dan KPR take over

 

Produk Pinjaman Online

Karena tingginya permintaan (demand), kini produk kredit atau pinjaman semakin bervariasi. Tidak hanya pinjaman dari bank berupa fasilitas kredit seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Multi Guna, namun ada juga pinjaman berupa pinjaman uang via internet atau online. Salah satunya adalah website lending. Website lending merupakan penyedia layanan pinjaman uang online untuk segala kebutuhan yang mendesak seperti membayar biaya pendidikan ataupun kebutuhan kesehatan seperti biaya dokter dan obat-obatan. 

Skema peminjamannya hampir serupa dengan pinjaman dari bank, dimana peminjam langsung mengajukan pinjaman pada perusahaan, namun letak perbedaannya adalah prosedur peminjaman dapat dilakukan secara online tanpa memerlukan tatap muka langsung.

Peer to Peer Lending, Alternatif Investasi Baru di Era Digital

[Baca Juga: Peer to Peer Lending, Alternatif Investasi Baru di Era Digital]

 

Selain website lending, terdapat juga yang namanya Peer to Peer (P2P) Lending. Peer to Peer Lending merupakan wadah untuk bertransaksi, baik jika Anda ingin meminjam sejumlah dana untuk mengembangkan bisnis, atau jika Anda ingin berinvestasi dengan meminjamkan sejumlah dana dan berperan sebagai investor. 

Peer to Peer Lending merupakan sistem yang tepat jika Anda menginginkan pinjaman pribadi yang cepat atau bagi Anda yang memiliki dana berlebih dan masih bingung kemana Anda ingin menginvestasikannya. Beberapa platform online yang menyediakan jasa pinjaman online antara lain:

 

#1 Uang Teman

Merupakan bagian dari PT Digital Alpha Indonesia dan Digital Alpha Group Pte Ltd, perusahaan digital keuangan di wilayah Asia Tenggara yang menyediakan pinjaman jangka pendek, baik untuk segala macam kebutuhan dimana saja kapan saja dengan fasilitas tanpa agunan dan proses yang cepat serta aman dan terpercaya.

Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi]

 

#2 Doctor Rupiah

Merupakan jasa pinjaman kecil tunai secara online yang sederhana dan mudah. Proses pengajuannya mudah dan tidak dibebankan jaminan atau agunan. Doctor Rupiah beroperasi dengan naungan PT Digital Solutions Indonesia dan bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perkembangan pasar layanan keuangan di Indonesia dengan proses yang cepat, modern dan handal.

Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan 05 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Kamu. Apakah Sudah ada di Smartphone Kamu?]

 

#3 Taralite

Penyedia layanan pinjaman dana untuk kebutuhan modal dan multi guna dengan prosedur hampir serupa dengan Tunaiku dari Bank Amar Indonesia, dimana pengajuan dan verifikasi dilakukan secara online, namun akan ada proses penandatanganan kontrak dan pencairan dana secara langsung.

Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan 06 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota dan 5 Cara Menghemat Kuota Data Internet untuk Pengguna Android]

 

#4 Credy

Satu lagi penyedia kebutuhan pinjaman dana cepat online untuk kebutuhan dalam keluarga maupun bagi usaha kecil. Credy merupakan lembaga yang memberikan pelayanan intermediasi antara pelanggan sebagai pihak peminjam dengan Institusi finansial yang mengeluarkan kredit atau disini berperan sebagai pemberi pinjaman.

Pilih KTA atau Pinjaman Online, Mana yang Lebih Menguntungkan 07 - Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

Membandingkan KTA dan Pinjaman Online

Setelah melihat dan mengenal lebih jauh kedua produk tersebut, sudahkah Anda menentukan manakah yang lebih baik? Apakah KTA atau Pinjaman Online? Jawabannya keduanya sama bagus, namun Anda bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhan Anda dan kemampuan finansial Anda.

Adapun 6 hal yang harus Anda pertimbangkan saat membandingkan KTA dan Pinjaman Online adalah sebagai berikut:

 

#1 Sesuaikan dengan Kebutuhan Plafon Pinjaman

Setiap produk pinjaman memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, termasuk dengan jumlah plafon pinjaman yang ditawarkan. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan jumlah pinjaman Anda.

 

#2 Sesuaikan dengan Kebutuhan Periode Peminjaman

Selain jumlah pinjaman, kreditur juga memberikan batasan berupa periode peminjaman. Nah, Anda perlu mempertimbangkan kemampuan finansial Anda untuk dapat menentukan berapa lama periode peminjaman yang sesuai dengan Anda. Barulah Anda bisa membandingkan produk pinjaman mana yang tepat.

 

#3 Cari Bunga Pinjaman yang Paling Kecil

Semua orang juga pasti tahu bahwa semakin besar suku bunganya, maka semakin besar pula jumlah yang harus dibayarkan kepada kreditur. Tentunya, Anda perlu membandingkan beberapa produk pinjaman termasuk suku bunganya untuk mencari produk dengan bunga terkecil.

 

#4 Cari Proses Pencairan yang Paling Cepat

Jika Anda membutuhkan dana cepat, tentunya Anda ingin jenis pinjaman yang mudah dan cepat pencairannya. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk membandingkan masa pencairan dana dari setiap produk pinjaman ya.

 

#5 Cari Produk dengan Syarat Pinjaman yang Mudah

Namanya juga butuh dana cepat, tentunya Anda tidak ingin memilih pinjaman yang ribet dan banyak syaratnya. Pilihlah produk yang syarat pinjamannya cenderung mudah dilengkapi. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh dana dengan lebih cepat.

 

#6 Cari Produk dengan Biaya-Biaya yang Murah

Selain bunga, terdapat biaya-biaya lain yang muncul saat Anda mengajukan sebuah pinjaman. Sebagai contoh adalah biaya administrasi atau biaya pelunasan dipercepat, dan biaya lainnya.

Penting bagi Anda untuk mengecek seluruh biaya yang mungkin muncul, jangan sampai Anda dirugikan karena banyaknya biaya lain yang perlu dibayarkan.

para-karyawan-website-financial-aggregator-bantu-anda-membandingkan-produk-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Karena Ada Website Financial Aggregator, Sekarang Membandingkan Produk Keuangan Jadi Ga Ribet]

 

Pilih Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial Anda

Kini Anda mengetahui beberapa produk pinjaman dana cepat yang mudah dan praktik. Namun jangan ceroboh mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang. Ingatlah bahwa utang tetaplah sebuah komitmen yang cukup berat. Anda perlu mengetahui kemampuan finansial Anda untuk melunasinya sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai mana yang lebih menguntungkan: KTA atau Pinjaman Online? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cermati. KTA Apa yang Anda Cari?. Cermati.com – https://goo.gl/3Fa6hU
  • Rizki Abadi. 6 Juli 2015. Sedang Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Perhatikan Plus Minusnya. Cermati.com – https://goo.gl/5mbF76
  • Admin. Tunaiku. https://goo.gl/spPQr6

 

Sumber Gambar:

  • Uang Rupiah – https://goo.gl/FSt5nY
  • Pinjaman Uang – https://goo.gl/FWsRPw
  • Doctor Rupiah – http://drrupiah-cc.info/
  • Uang Teman – https://uangteman.com/
  • Cready – https://www.credy.co.id/
  • Taralite – https://www.taralite.com/

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-08-08T08:55:56+00:00 August 8th, 2017|Categories: Kredit Tanpa Agunan, Utang|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download