Pinjaman Uang Online, Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan?

Jika Anda berpikir bahwa pinjaman dari bank merepotkan dan sulit, tahukah Anda mengenai pinjaman uang online dapat menjadi alternatif? Mari kita lihat beberapa hal terkait pinjaman uang online, apakah itu dan apakah menguntungkan?

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jenis-jenis Pinjaman Uang Online

Untuk memenuhi tingginya permintaan, kini produk kredit atau pinjaman semakin bervariasi. Tidak hanya pinjaman dari bank berupa fasilitas kredit seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Multiguna, namun ada juga pinjaman berupa pinjaman uang via internet atau online.

Lalu apakah pinjaman uang online ini dapat dipercaya? Apa saja jenisnya dan pihak mana yang menyediakannya? Pada dasarnya, terdapat 2 jenis pinjaman uang online yang berkembang pada saat ini, yaitu sebagai berikut:

#1 Website Lending

Website lending merupakan perusahaan penyedia layanan pinjaman dana dengan online untuk berbagai kebutuhan dimana dana langsung diadakan oleh penyedia.

#2 Peer to Peer Lending

Peer to Peer Lending merupakan konsep finansial yang menggunakan bantuan teknologi informasi untuk menghadirkan layanan pinjam meminjam uang dengan mudah dimana penyedia hanya menyediakan sarana yang memungkinkan pendana dan peminjam untuk melakukan proses pinjam meminjam secara online.

Lalu apakah perbedaan lebih mendetail dari kedua penyedia pinjaman uang online tersebut? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan seluk-beluk tentang pinjaman uang online berikut dengan keuntungan menggunakannya.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 02 - finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha]

 

Website Lending: Fintech Lending, Micro Lending

Website Lending merupakan penyedia layanan pinjaman uang online untuk segala kebutuhan yang mendesak seperti membayar biaya pendidikan ataupun kebutuhan kesehatan seperti biaya dokter dan obat-obatan. Dengan menyediakan layanan pinjaman, perusahaan ini menargetkan masyarakat yang berdasarkan hasil survei masih memerlukan akses kepada pinjaman mikro untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Skema peminjamannya hampir serupa dengan pinjaman dari bank, dimana peminjam langsung mengajukan pinjaman pada perusahaan, namun letak perbedaannya adalah prosedur peminjaman dapat dilakukan secara online tanpa memerlukan tatap muka langsung. Beberapa platform online yang menyediakan jasa pinjaman ini antara lain:

 

#1 Uang Teman

Merupakan bagian dari PT Digital Alpha Indonesia dan Digital Alpha Grup Pte Ltd, perusahaan digital keuangan di wilayah Asia Tenggara yang menyediakan pinjaman jangka pendek, baik untuk segala macam kebutuhan dimana saja kapan saja dengan fasilitas tanpa agunan dan proses yang cepat serta aman dan terpercaya.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 03 - finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi? ]

 

#2 Tunaiku

Amar Bank menyediakan jasa pinjaman uang online dengan pendaftaran dan persetujuan online, namun masih dibantu dengan karyawan yang akan meminta tanda tangan sebagai tanda persetujuan kontrak.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 04- finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda, Apa Bedanya Pinjaman Uang dan Pembiayaan?]

 

#3 Taralite

Penyedia layanan pinjaman dana untuk kebutuhan modal dan multi guna dengan prosedur hampir serupa dengan Tunaiku (pada poin #2), dimana pengajuan dan verifikasi dilakukan secara online, namun akan ada proses penandatanganan kontrak dan pencairan dana secara langsung.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 05- finansialku[Baca Juga: Sebelum Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan, Perhatikan Biaya-biaya Ini]

 

Fintech P2P Lending

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Peer to Peer Lending merupakan suatu sistem yang memungkinkan pendana dan peminjam untuk melakukan proses pinjam meminjam secara online. Sistem ini disebut Peer to Peer karena dilakukan oleh sesama pengguna awam, dan bukanlah oleh lembaga resmi seperti bank atau koperasi.

Peer to Peer Lending merupakan wadah untuk bertransaksi, baik jika Anda ingin meminjam sejumlah dana untuk mengembangkan bisnis, atau jika Anda ingin berinvestasi dengan meminjamkan sejumlah dana dan berperan sebagai investor. Peer to Peer Lending merupakan sistem yang tepat jika Anda menginginkan pinjaman pribadi yang cepat atau bagi Anda yang memiliki dana berlebih dan masih bingung kemana Anda ingin menginvestasikannya.

Skema kerja Peer to Peer Lending dapat dilihat pada skema P2P oleh KoinWorks di bawah ini:

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 06- finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa? KTA Untuk Bisnis?]

 

Peminjam

Apabila Anda adalah peminjam, maka Anda perlu mengunggah seluruh dokumen yang disyaratkan untuk mengajukan pinjaman uang online seperti laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu dan identitas diri serta alasan peminjaman uang.

Status peminjaman Anda bisa saja ditolak dan diterima. Jika ditolak, maka Anda diminta memperbaiki segala hal yang menyebabkan penolakan tersebut dan jika diterima, maka suku bunga pinjaman akan ditentukan dan pengajuan Anda akan diunggah ke marketplace. Marketplace merupakan sarana dimana pendana dapat melihat seluruh pengajuan pinjaman yang tersedia.

Pendana

Anda akan diberikan akses untuk menelusuri data pengajuan pinjaman yang tersedia termasuk informasi terkait pengajuan pinjaman seperti riwayat keuangan peminjam, tujuan peminjaman, pendapatan peminjam, dan sebagainya. Jika Anda menemui pengajuan pinjaman yang sesuai dan setuju untuk menginvestasikan dana, maka investasi langsung terjadi saat Anda melakukan deposit sesuai tujuan investasi Anda.

 

Uang yang diinvestasikan akan kembali kepada Anda setiap bulan berupa angsuran yang komponennya adalah pokok utang dan disertai bunga yang telah disepakati sebelumnya. Beberapa contoh website dan platform online yang menyediakan jasa Peer to Peer (P2P) Lending antara lain:

 

#1 KoinWorks.com

KoinWorks mempertemukan orang yang ingin meminjam dana dengan orang yang ingin menginvestasikan uangnya. KoinWorks memfasilitasi pinjaman untuk kebutuhan modal usaha dan biaya pendidikan.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 07- finansialku

[Baca Juga: Mengapa OJK Tidak Mengatur Bunga Pinjaman di P2P Lending?]

 

#2 Amartha.com

Amartha memprioritaskan pendanaan mitra usaha mikro dan UKM. Tujuan utama Amartha adalah untuk memodernisasi keuangan mikro bagi masyarakat piramida bawah di sektor ekonomi informal dan menjamin bahwa investor akan lebih diuntungkan daripada hanya menaruh uang di bank.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 08- finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit: Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya]

 

#3 Crowdo.com

Crowdo menyediakan jasa P2P Lending layaknya perusahaan lain, yakni sebagai platform yang memungkinkan terjadinya proses pinjam meminjam antara investor dan peminjam. Perusahaan ini sudah tersebar di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 09- finansialku

[Baca Juga: Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini]

 

#4 Investree.id

Investree memprioritaskan pendanaan sebagai modal usaha dengan jaminan tagihan (invoice) dan pinjaman pribadi (personal loan) untuk karyawan dari perusahaan-perusahaan yang telah bekerja sama dimana biaya administrasinya sebesar 3 hingga 5%.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 10- finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan yang Sering Diajukan untuk Kredit Tanpa Agunan]

 

#5 Modalku.co.id

Modalku merupakan penyedia jasa P2P yang memberikan pinjaman kepada pebisnis kecil seperti UKM dan mitra (seller) Tokopedia. Rentang pinjaman yang tersedia adalah dari Rp50 juta hingga Rp500 juta dengan biaya administrasi sebesar 3% bagi pendana dan 3% bagi peminjam.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 11- finansialku

[Baca Juga: Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan]

 

#6 Gandeng Tangan

Gandeng tangan merupakan platform P2P bagi usaha sosial sehingga pendana tidak memperoleh imbalan atas pinjamannya alias tanpa bunga.

Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 12- finansialku

[Baca Juga: Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online?]

 

#7 Dana Didik

Dana Didik merupakan platform yang didedikasikan bagi pelajar yang membutuhkan dana untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang universitas. Proses pengembalian dimulai setelah peminjam lulus kuliah dengan suku bunga 1%.

 Pinjaman Uang Online Apakah Itu dan Apakah Menguntungkan 13- finansialku

[Baca Juga: 9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit]

 

Apa Bedanya: Ajukan Pinjaman Uang Online dengan Pinjaman Uang di Bank?

Melalui penjabaran di atas, perbedaan dasar pinjaman uang online dengan pinjaman di bank adalah sebagai berikut:

NoKarakteristikWebsite LendingPeer to Peer (P2P) LendingBank
1Proses pengajuanPengajuan via online terhadap perusahaan penyediaPendaftaran pengajuan di platform terkait agar ditampilkan di marketplace hingga ada investor yang tertarikPengajuan langsung terhadap bank
2Lama prosesCepatCepatCenderung lama
3Kelebihan
  • Proses lebih mudah dan cepat
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Proses lebih mudah dan cepat
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Tingkat pengembalian bagi investor lebih tinggi
Lebih aman (risiko lebih kecil)
4KekuranganBiasanya tetap ada proses tanda tangan kontrak yang membutuhkan tatap mukaAda waktu menunggu hingga tersedia investor yang memilih pengajuan Anda
  • Proses lama dan lebih rumit
  • Tidak dapat dilakukan secara online

 

Bagaimana, melalui perbandingan tersebut tentunya Anda sudah mengetahui jenis pinjaman mana yang lebih sesuai bagi kebutuhan Anda bukan? Ketahui karakteristiknya sehingga Anda dapat membandingkannya dengan seksama dan mengambil keputusan yang tepat.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perbedaan pinjaman uang dan pembiayaan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Uang Teman. https://goo.gl/y5f3sw
  • Admin. Tunaiku. https://goo.gl/spPQr6
  • Admin. Taralite. https://goo.gl/yQkXbz
  • Nadine Freischlad. 4 Oktober 2016. 7 Crowdlending sites in Indonesia. Techinasia.com – https://goo.gl/9WjVy1
  • Investree. 28 November 2015. Business: Peer-to-Peer Lending vs Pinjaman Bank. Investree.id – https://goo.gl/RwdvTB
  • Walter Pinem. 4 Oktober 2016. INVESTASI: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to peer Lending (P2P Lending). Koinworks.com – https://goo.gl/7Q21NV

 

Sumber Gambar:

  • https://goo.gl/v1kuew

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-22T19:59:05+00:00 June 26th, 2017|Categories: Keuangan, P2P Lending, Utang|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download