Ikut Kekinian! Memulai Bisnis Food Truck Tidak Susah Lho! Ini Caranya

Bisnis kekinian! Mau ikut memulai bisnis food truck yang lagi kekinian? Bagi banyak pengusaha, bisnis food truck yang lagi booming memang menjadi peluang bisnis yang besar. Jika Anda juga tertarik, simak cara mudah memulai bisnis food truck berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Food Truck: Bisnis Kekinian yang Naik Daun

Di Amerika, bisnis food truck memang diakui sebagai salah satu bisnis kekinian dengan peluang berkembang sangat besar. Bisnis ini diestimasikan tumbuh ke angka US$2,17 miliar (atau setara dengan Rp30,5 triliun) di AS per 2017, yang berarti meningkat hampir empat kali lipat dari US$650 juta (setara dengan 9,1 triliun) di tahun 2012.

Sejak mulai merambah ke tanah air di tahun 2013, bisnis food truck memang disambut dengan sangat baik. Terbukti dengan lebih dari 50 bisnis food truck bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). 

Bahkan di Jakarta jumlah bisnis ini dikabarkan naik 100% dari tahun 2014 ke tahun 2015. Di mana awalnya hanya 35 bisnis, hingga 70 bisnis hanya dalam 1 tahun saja.

Luar biasa sekali bukan?

Memulai-Bisnis-Food-Truck-3-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Satu hal yang tentunya menjadi pertanyaan bagi Anda para pebisnis:

“Mengapa bisnis ini bisa berkembang sangat pesat?”

 

Jawabannya dapat Anda ketahui dari potensi bisnis food truck berikut ini:

  1. Biaya investasi lebih terjangkau dalam jangka panjang dengan konsep takeaway
  2. Fleksibel, bisa berpindah tempat ke berbagai lokasi strategis dengan potensi penjualan yang besar
  3. Dapat secara proaktif mendekatkan produk langsung ke calon konsumen, sehingga biaya pemasaran dapat ditekan
  4. Adanya perubahan tren yang memungkinkan bisnis ini terus berkembang

 

Nah, jika Anda juga tertarik memulai bisnis food truck, jangan khawatir. Tidak susah kok, mari lihat caranya sebagai berikut:

 

8 Cara Mudah Memulai Bisnis Food Truck

“Apa yang harus mulai saya lakukan untuk memulai bisnis food truck?”

 

Nyatanya memulai bisnis food truck tidak sesulit membangun sebuah bisnis pada umumnya. Tetapi Anda tentunya perlu memastikan semuanya berjalan lancar.

Oleh karena itulah, Finansialku sudah merangkum step by step memulai food truck. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

 

#1 Menentukan Konsep Food Truck

Bisnis food truck berbeda dengan bisnis pada umumnya, di sini ruang, peralatan, dan sumber daya lainnya lebih terbatas.

Satu hal yang sama di sini adalah Anda harus memberikan (supply) sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan (demand). Namun yang perlu diingat adalah ada perbedaan ekspektasi pelanggan dengan bisnis food truck.

Bisnis food truck umumnya memiliki reputasi baik dengan makanan dan pelayanan yang luar biasa, hingga tak jarang pelanggan rela mendatangi dan mengantre makanan di lokasi yang berubah-ubah.

Pada tahun 2018, diprediksi pemilik bisnis akan terus memanfaatkan keunikan masing-masing dalam bisnisnya untuk bisa bersaing.

Dengan mengidentifikasi minat masyarakat akan produk baru dan memberikan produk yang presisi, Anda bisa memanfaatkan strategi ini dalam berbisnis.

Memulai-Bisnis-Food-Truck-4-Finansialku

[Baca Juga: Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian CV – Comanditaire Venootschap yang Harus Anda Lengkapi]

 

Pertama-tama Anda perlu menentukan konsep seperti apa yang akan Anda aplikasikan di sini. Beberapa yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

  • Ruang:
    Kendala ruang tentu menjadi sebuah perhatian, artinya Anda perlu memilih betul mana peralatan yang benar-benar dibutuhkan untuk bisa menghasilkan produk yang dimaksud.

 

  • Waktu:
    Anda juga perlu mengatur waktu penjualan, di mana kebanyakan kota memungkinkan truk untuk beroperasi hanya 2-4 jam dalam sehari, biasanya sekitar waktu makan siang. Artinya, lakukan persiapan memasak dengan matang sehingga tidak terlalu banyak waktu dihabiskan untuk memasak.

 

  • Permintaan Pelanggan:
    Selain perlu mengutamakan keunikan, Anda harus yakin betul bahwa ide sudah sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat. Mulai dari jenis makanan, harga, hingga porsinya. Mengingat bahwa konsepnya takeaway, pertimbangkan juga bahwa pelanggan lebih memilih makanan yang mudah untuk dimakan.

 

Jika masih bingung, jangan ragu untuk melakukan riset sederhana untuk mengetahui apakah ide Anda memiliki potensi untuk sukses. Anda bisa melakukan riset, focus group discussion (FGD), dan trial and error.

Riset ini adalah sebuah proses validasi terhadap ide Anda. Karena jika tidak valid, Anda hanya buang-buang waktu saja.

 

#2 Membuat Business Plan

Perencanaan bisnis atau business plan adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, yang berisi strategi atau rencana-rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan bisnis merupakan sebuah gambaran yang akan membimbing bisnis Anda dari fase start-up hingga berkembang. Dan pastinya ini adalah keharusan bagi semua bisnis, tidak peduli apa jenis bisnis Anda.

Business plan yang baik membuat siapapun yang membacanya dapat merealisasikan bisnis tersebut dengan tepat.

Masih bingung bagaimana cara membuat business plan? Simak artikel berikut ini: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis

 

#3 Buat Perencanaan Keuangan

Memulai bisnis kecil-kecilan memang tidak membutuhkan banyak modal, tetapi tentu tetap membutuhkan modal awal dan kemampuan untuk mengatasi biaya operasionalnya sebelum Anda bisa memperoleh keuntungan.

Cobalah buat perencanaan keuangan sederhana yang mengestimasikan biaya-biaya yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, awalnya Anda membutuhkan biaya izin usaha, peralatan, biaya legal, asuransi, branding, riset pasar, penyimpanan, acara pembukaan, dan sebagainya.

Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya sewa lokasi, biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Para-Entrepreneur,-Rencana-Keuangan-Pribadi-dan-Bisnis-1-Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Kini setelah Anda memiliki angka kasarnya, ada beberapa cara untuk memperoleh pendanaan bagi bisnis kecil-kecilan ini, termasuk:

 

Anda juga bisa berusaha dengan cara meminimalisasi sebisa mungkin modal awal Anda. Tujuannya adalah untuk membuat rencana yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda dan meminimasi jumlah pinjaman.

Jika Anda kesulitan dalam merencanakan keuangan bisnis food truck ini, jangan takut. Perencana keuangan Finansialku siap membantu Anda.

Langsung saja hubungi perencana keuangan berlisensi CFP® aktif yang bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kami melalui formulir online, telepon 022-2056 5890 atau email Solusi@Finansialku.com.

 

#4 Menyiapkan Media Promosi

Pemasaran juga menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis food truck Anda, karena sebagus atau seenak apapun produk yang ditawarkan, akan sia-sia jika masyarakat gagal mengenal produk itu. Oleh karena itu jangan lupakan faktor pemasaran atau promosi.

Tenang saja, kini Anda bisa menjalankan strategi pemasaran sederhana dengan kecanggihan teknologi, misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial.

Jangan lupa juga menjalankan strategi pemasaran konvensional seperti memasang spanduk unik dengan disertai gambar di depan truck usaha, membagikan brosur, serta membuat program promosi yang menarik.

Contohnya adalah promo beli satu gratis satu atau harga promo pada happy hour.

 

#5 Memperoleh Lisensi dan Perizinan

Meski masih tergolong baru dan bisnisnya pun berupa food truck yang berpindah-pindah, bukan berarti Anda lepas dari perizinan.

Bagi banyak pemilik bisnis food truck, tahapan ini adalah yang paling sulit, dan yang paling memakan waktu. Namun kabar buruknya tahap kedua ini wajib dilakukan.

Berbagai perizinan yang umumnya perlu diurus meliputi Sertifikat Departemen Kesehatan, izin truk, izin permohonan parkir, dan sebagainya.

Umumnya untuk dapat memperoleh lisensi dan izin usaha, Anda bisa lakukan sendiri dengan mengurusnya ke pemerintah setempat.

Bagi Anda yang berada di kota besar, sudah banyak informasi lengkap mengenai perizinan ini melalui situs resmi, antara lain sebagai berikut:

  • Jakarta: jakarta.go.id
  • Jawa Barat: jabrprov.go.id
  • Bali: baliprov.go.id

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

#6 Membeli Truk Makanan beserta Kelengkapannya

Namanya juga food truck, tentunya Anda membutuhkan truk makanan sebagai syarat usahanya. Jika tidak mau mengeluarkan biaya lebih, Anda juga bisa memodifikasi truk biasa hingga menjadi truk layak pakai untuk jual makanan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih truk makanan bagi bisnis Anda adalah sebagai berikut:

  1. Besarnya truk harus memadai untuk menjalankan seluruh aktivitas food truck nantinya (mulai dari menyiapkan dan meletakkan bahan baku, memasak, mengemas, hingga memberikan pesanan ke pelanggan)
  2. Jangan lupakan faktor kebersihan (misalnya adanya wastafel untuk cuci tangan dan peralatan memasak, bagaimana pembuangan limbahnya, dan sebagainya)
  3. Apakah bisa menggunakan truk bekas atau harus beli baru (jika bekas pastikan kebersihannya)

Memulai-Bisnis-Food-Truck-5-Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?

 

Setelah truk siap maka Anda perlu membeli seluruh kelengkapan bisnis, misalnya saja:

  • Mesin (jika dibutuhkan)
  • Peralatan memasak
  • Peralatan makan
  • Papan menu dengan alat tulisnya
  • Mesin kasir dan nota pembelian, dan sebagainya

 

#7 Mencari Tenaga Kerja dan Membeli Asuransi

Saat membuat business plan, biasanya muncul kebutuhan tenaga kerja atau karyawan. Anda bisa memilih untuk memulai bisnis secara mandiri atau langsung menyewa tenaga kerja untuk membantu Anda.

Apabila Anda hendak merekrut pegawai, tentukan apa saja posisi yang dibutuhkan dan seperti apa kualifikasi yang tepat untuk setiap jabatan tersebut. Jangan lupa juga untuk menjabarkan dengan jelas job description dan kualifikasinya.

Dalam mempekerjakan tenaga kerja berarti wajib hukumnya bagi Anda untuk membeli asuransi yang sesuai, mendapatkan Nomor Identifikasi Pemberi Kerja dan pajak berkas.

Selain asuransi bagi tenaga kerja, jangan lupakan juga asuransi bagi keberlangsungan bisnis Anda. Misalnya saja asuransi kendaraan (truk) untuk melindungi aset kendaraan Anda.

 

#8 Mulai Menjalankan Bisnis

Setelah Anda membeli truk dan memperoleh semua izin yang tepat, Anda dapat fokus pada aspek operasional bisnis Anda.

Anda bisa mulai menyusun menu, menentukan lokasi-lokasi bisnis yang akan dikunjungi, hingga menentukan cara pemesanan dan pembayaran.

Sebagai contoh, berikut salah adalah bentuk menu sebuah food truck:

Memulai-Bisnis-Food-Truck-1-Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Untuk cara pemesanan, Anda bisa memanfaatkan cara klasik seperti kertas dan alat tulis, atau menggunakan gadget dengan sistem yang terstruktur.

Untuk pembayaran, bisa dilakukan secara langsung di kasir atau tempat pembayaran lainnya, atau menggunakan tren baru yakni pembayaran digital.

Sistem cashless sangat baik bagi bisnis, terutama bisnis kecil karena menawarkan lingkungan bisnis yang lebih aman dan rapi. Selain itu, konsumen akan sangat menghargai opsi pembayaran yang variatif.

 

TIPS: Belajar dari Pengalaman Para Pebisnis Sukses

Demikianlah 8 cara memulai bisnis food truck versi Finansialku. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih kebingungan dalam merintis bisnis yang sedang kekinian ini.

Berbisnis memang harus fokus, namun bukan berarti Anda menolak melihat dunia luar yang mungkin berbeda.

Kuncinya adalah Anda tidak sendirian, Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Banyak kisah bisnis luar biasa yang bisa di contoh, misalnya dalam artikel berikut: 7 Pelajaran Cara Berbisnis Walt Disney yang Perlu Diikuti Semua Wirausaha Sukses.

Pengalaman itu mahal, dan beruntungnya Anda bahwa sudah banyak pebisnis yang mau menceritakan kesalahannya berikut solusi yang sebaiknya diambil. Kini Anda bisa memulai bisnis dengan tenang.

Jangan berhenti juga membekali diri Anda dengan pengetahuan bisnis. Anda bisa dengan mudahnya memperoleh pengetahuan bisnis baru, misalnya dengan download e-book bisnis Finansialku. Pastinya e-book ini bisa menjadi panduan awal dalam berbisnis. Download e-book-nya secara GRATIS dengan klik tautan berikut ini:

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara memulai bisnis food truck lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Agustus 2016. 10 Langkah Memulai Bisnis Food Truck. Futuready.com – https://goo.gl/2eQ9Mb
  • Jesse Ness. 9 Mei 2017. A Complete Guide to Starting a Food Truck Business. com – https://goo.gl/6kgUHb
  • Nadipos. 19 September 2017. Cara Memulai Bisnis Food Truck. Nadipos.com – https://goo.gl/iv3pur

 

Sumber Gambar:

  • Food truck – https://goo.gl/XiwbMv
  • Food truck 2 – https://goo.gl/HLPzyg
  • Food truck 3 – https://goo.gl/Rsg3WW
  • Food truck 4 – https://goo.gl/n4TC52
  • Food truck 5 – https://goo.gl/wFVdv3

 

 

Summary
Ikut Kekinian! Memulai Bisnis Food Truck Tidak Susah Lho! Ini Caranya
Article Name
Ikut Kekinian! Memulai Bisnis Food Truck Tidak Susah Lho! Ini Caranya
Description
Bisnis kekinian! Mau ikut memulai bisnis food truck yang lagi kekinian?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-05-16T10:53:54+00:00 May 16th, 2018|Categories: Bisnis, Entrepreneur|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment