Bingung menentukan asuransi motor terbaik untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda dari segala bentuk bencana yang bisa saja terjadi?

Simak dulu beberapa tips memilih asuransi motor terbaik melalui pembahasan artikel berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Motor Terbaik

Kendaraan merupakan salah satu aset berharga yang perlu dijaga, apalagi jika aset tersebut digunakan sehari-hari untuk operasional atau untuk menunjang kegiatan pekerjaan.

Salah satu cara menjaga dan merawatnya adalah dengan membeli polis asuransi kendaraan untuk melindungi kendaraan dari kondisi yang tidak diinginkan.

Asuransi kendaraan sendiri berfungsi sebagai perlindungan yang menjamin pemilik polis dari berbagai risiko kerugian sewaktu-waktu saat kondisi sedang tidak menguntungkan, misalnya bencana alam, kebakaran, banjir atau bahkan keadaan huru-hara yang sempat terjadi beberapa waktu sebelumnya di beberapa wilayah di Tanah Air.

Jangan Salah Pilih! Simak Dulu Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik 02

[Baca Juga: Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin]

 

Kondisi di atas tentu tidak dapat diprediksi sebelumnya, oleh sebab itu, melindungi kendaraan – baik mobil atau motor kita dengan asuransi kendaraan akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai pemilik dari kendaraan tersebut.

Memiliki asuransi, termasuk asuransi kendaraan – dalam hal ini asuransi motor terbaik – layaknya membawa payung perlindungan dan mengantisipasi berbagai macam keadaan darurat yang bisa saja merugikan kantong.

Jika kita sudah mengerti pentingnya memiliki asuransi kendaraan sebagai wujud perlindungan terhadap aset dan juga terhadap kondisi finansial saat terjadi kondisi yang tidak menguntungkan, tahap selanjutnya adalah menentukan asuransi kendaraan mana yang terbaik dan cocok dengan kebutuhan dari kendaraan kita serta anggaran yang kita miliki.

 

Tips Memilih Asuransi Motor

Berikut ini mari kita bahas satu per satu berbagai tips penting sebelum menentukan pilihan asuransi kendaraan terbaik mana yang akan kita beli.

 

#1 Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips pertama dalam memilih asuransi motor terbaik adalah, kita perlu mengetahui dengan jelas tentang kondisi dari motor yang kita gunakan, seperti keadaan mesin, bodi, usia motor dan berbagai pertimbangan lainnya.

Akan sangat mudah nantinya dalam menentukan jenis asuransi motor terbaik mana yang bisa kita pilih ketika kita sudah mengetahui kondisi dari kendaraan yang kita miliki.

Setidaknya ada 2 jenis asuransi motor yang bisa kita pertimbangkan, diantaranya:

 

  • Asuransi All Risk atau Comprehensive

Asuransi jenis ini akan menjamin hampir semua risiko yang mungkin akan terjadi pada motor Anda, seperti kecelakaan besar serta kecelakaan kecil. Meski demikian, dalam ketentuan polis tentu akan ada berbagai pengecualian yang perlu Anda simak dan perhatikan dari awal agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian di masa mendatang.

 

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi jenis ini hanya akan menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% saja, artinya berbagai kecelakaan atau kerusakan kecil tidak akan dijamin oleh jenis asuransi Total Loss Only.

 

#2 Ketahui Keuntungan Produk Asuransi Secara Detail

Akan selalu ada penawaran yang berbeda dari setiap produk asuransi kendaraan tergantung pada jenis dan fitur layanan yang Anda butuhkan.

Ketahui setia keuntungan yang akan Anda dapatkan dan berbagai bentuk perlindungan yang akan diberikan dari setiap produk asuransi motor yang diberikan oleh pihak agen asuransi sehingga di kemudian hari ketika kondisi yang tidak menguntungkan yang terjadi pada kendaraan, Anda tidak merugi.

 

#3 Bandingkan Setiap Produk Asuransi

Sebagai konsumen yang akan membeli asuransi motor terbaik bagi kendaraan Anda, tentu Anda berhak untuk membandingkan setiap kualitas jasa perlindungan yang diberikan dari setiap produk asuransi motor tersebut.

Lakukan perbandingan dan baca setiap prospek dengan teliti, terutama pada setiap keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai pemilik asuransi kendaraan nantinya.

Dengan demikian, Anda dapat menentukan asuransi motor terbaik mana yang bisa jadi pilihan Anda bagi motor kesayangan Anda.

Anda bisa datangi satu persatu laman resmi dari setiap jasa asuransi kendaraan bermotor tersebut atau datang langsung kepada agen pemasarannya untuk bertanya dengan lebih jelas tentang segala sesuatu yang perlu Anda ketahui secara lebih terperinci.

 

#4 Pilih Produk yang Tepat

Setelah melakukan perbandingan dari setiap produk asuransi motor yang sudah Anda screening sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan keuntungan yang didapatkan, buat daftar list yang semakin mengerucut.

Misalnya, tentukan dari 5 yang sudah Anda pertimbangkan, Anda perlu menyaringnya menjadi 3 pilihan atau 2 pilihan.

Jangan Salah Pilih! Simak Dulu Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik 03

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Ini akan memudahkan Anda untuk memilih produk asuransi motor terbaik mana yang menjadi pilihan Anda.

Jangan terlalu terburu-buru menentukan pilihan karena Anda perlu waktu berpikir sejenak mempertimbangkan setiap keuntungan dari kualitas jasa perlindungan dari setiap produk.

Anda masih bisa bertanya kepada agen pemasaran dari produk yang bersangkutan apabila ada hal-hal yang Anda rasa masih membingungkan.

 

#5 Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial

Dalam menentukan produk jasa asuransi motor, tips selanjutnya adalah pastikan Anda memiliki dana yang memang tersedia untuk membayar asuransi motor Anda.

Sebaiknya dana ini tidak mengambil dari pos pengeluaran yang lainnya agar tidak mengganggu siklus keuangan bulanan Anda.

Tentu untuk mendapatkan perlindungan yang terbaik, Anda perlu merogoh kocek yang semakin dalam, tapi sekali lagi Anda perlu mempertimbangkan kemampuan finansial Anda dalam membayar polis asuransi motor tersebut.

Jangan paksakan diri untuk mengambil sejumlah premi yang cukup besar karena fasilitas pelayanan yang baik tapi tidak sesuai dengan kemampuan bayar Anda.

Apabila Anda melakukannya, tentu ini akan mengganggu kondisi finansial Anda. Tak urung, Anda alah jadi berutang untuk menutupi kekurangan dana dari pos yang Anda ambil atau gali lubang tutup lubang.

Jangan Salah Pilih! Simak Dulu Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik 04

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia]

 

Kabar baiknya, Anda bisa persiapkan dana membeli asuransi motor terbaik Anda dengan Aplikasi Finansialku lho!

Gunakan free trial-nya untuk mengetahui manfaatnya terlebih dahulu!

Jika Anda membutuhkan nasihat perencana keuangan untuk pertimbangan masalah keuangan Anda atau dalam menentukan asuransi motor terbaik, Anda dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

Caranya hanya dengan berlangganan Aplikasi Finansialku Mode PREMIUM. Anda bisa mendapatkan potongan harga berlangganan yang ekonomis dengan menggunakan kode promo: POTONG50RIBU dan nikmati setiap fitur Aplikasi Finansialku tanpa batas!

 

#6 Pertimbangkan Rekomendasi Pihak Dealer

Jika Anda masih bingung menentukan asuransi motor terbaik mana yang dapat diambil, Anda juga dapat meminta pendapat atau rekomendasi dari yang lebih ahli seperti pihak dealer yang biasanya dapat memberikan gambaran atau saran untuk memilih perusahaan asuransi yang cukup baik dan tentunya dapat dipercaya.

Jangan Salah Pilih! Simak Dulu Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik 05

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Tentu saja ini hanya sebatas saran, Anda tetap perlu menyaringnya dan menemukan sendiri asuransi yang tepat dan terbaik bagi kendaraan Anda.

Sebelum beli asuransi kendaraan, ada baiknya cek dulu kesehatan finansial lho!

Caranya gampang banget! Gunakan saja fitur Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku.

 

#7 Tentukan Perusahaan Asuransi Kendaraan yang Terbaik

Pertimbangkan lagi untuk perusahaan asuransi kendaraan yang akan Anda gunakan jasanya. Pertimbangkan beberapa saran berikut ini:

 

  • Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan asuransi yang menyediakan jasa asuransi kendaraan haruslah yang memiliki kredibilitas baik, artinya perusahaan ini memang punya sepak terjang yang sudah mumpuni dalam bidang jasa asuransi, terutama dapat dipercaya.

Anda dapat bertanya kepada tempat atau rekan Anda yang sudah menggunakan jasa mereka. Tanyakan reputasi dari perusahaan tersebut apakah layanan yang berikan sesuai dengan apa yang seharusnya.

Jika rata-rata dari para pelanggan mereka merasa terpuaskan dengan layanan yang diberikan, bisa jadi perusahaan asuransi motor tersebut bisa jadi pilihan Anda.

 

  • Rasio Keluhan Pelanggan

Sekali lagi, cek para pelanggan yang Anda kenal apakah mereka merasa terpuaskan dengan keluhan dan layanan perusahaan tersebut. Anda juga bisa melihat laman resmi mereka tentang keluhan pelanggan.

Lihat berapa besarnya tingkat penyelesaian keluhan pelanggan, apabila tingkat penyelesaiannya semakin tinggi maka perusahaan jasa asuransi tersebut semakin baik dan Anda dapat menggunakan jasa mereka.

 

  • Bengkel Rekanan Perusahaan

Pertimbangkan juga bengkel rekanan dari perusahaan asuransi tersebut. Jika bengkel rekanan semakin banyak, tentu ini akan sangat menolong Anda sebagai pengguna jasa untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan Anda yang sewaktu-waktu bermasalah seperti terjadi kecelakaan atau kerusakan di jalan.

Bengkel rekanan ini ada baiknya cukup tersebar terutama di daerah dekat rumah atau kantor Anda dimana Anda sering mengakses area tersebut.

Ketahui juga setiap bengkel rekanan tersebut apakah mereka adalah bengkel yang memiliki layanan yang baik juga terhadap para klien.

 

  • Fitur Layanan Perusahaan

Setiap perusahaan asuransi tentu akan menawarkan berbagai fitur layanan untuk menambah kenyamanan para pelanggan mereka.

Sebagai calon pelanggan, Anda dapat mempertimbangkan setiap fitur layanan pendukung tersebut. Semakin lengkap fitur layanannya, tentu akan semakin baik, bukan?

Karena kondisi darurat itu bisa kapan saja dan dimana saja, oleh sebab itu Anda perlu memiliki perusahaan asuransi yang siap 24 jam alias layanan call center 24 jam penuh cepat tanggap dan siap dipanggil ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain itu, pertimbangkan fasilitas seperti ambulans dan mobil derek yang mereka miliki. Selain itu ada juga perusahaan asuransi kendaraan yang menawarkan kendaraan pengganti ketika kendaraan kita dalam masa perbaikan.

Setiap fitur layanan tersebut tentunya akan membuat para pelanggan semakin nyaman dan ketika kesulitan atau masalah terjadi sewaktu-waktu, ini akan mengurangi tingkat stres Anda karena ada “payung” yang melindungi Anda sewaktu-waktu saat “hujan” datang.

 

  • Prosedur Klaim

Segera dan cepat tanggap, tentunya ini yang diperlukan saat keadaan genting terjadi.

Itulah sebabnya kita sebagai calon pelanggan perlu mempertimbangkan layanan ini sebelum memilih asuransi motor terbaik.

Apakah perusahaan asuransi motor yang akan jadi pilihan kita menangani klaim para pelanggannya dengan segera atau malah sebaliknya.

Jika tidak, tentu ini akan menjadi masalah tersendiri bagi Anda sebagai pelanggan.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda dapat mencari tahu dan lihat seberapa banyak klaim yang diterima oleh perusahaan asuransi tersebut melalui layanan internet pada forum atau laman resmi mereka.

Strategi ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah perusahaan asuransi yang tepat.

Jangan memilih perusahaan asuransi kendaraan hanya karena memiliki nama besar, sementara kinerja dan juga pelayanannya terhadap nasabah begitu buruk dan lambat.

Jangan Salah Pilih! Simak Dulu Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik 06

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Jika Anda dapat menghemat anggaran asuransi kendaraan Anda, apa yang akan Anda lakukan dengan uang kelebihannya?

Ada baiknya uang tersebut dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan masa depan dengan cara berinvestasi sejak dini. Mau tahu caranya berinvestasi bagi para pemula? Simak E-Book Panduan Berinvestasi Bagi Pemula dari Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis berikut ini:

 

Beli Asuransi Motor Sesuai Anggaran & Kemampuan Bayar

Asuransi sebetulnya bukanlah barang yang terlalu mahal untuk dibeli dan dimanfaatkan fungsinya apalagi manfaatnya sangat dibutuhkan untuk melindungi finansial kita saat dalam kondisi yang tidak menguntungkan.

Zaman sekarang, ada banyak perusahaan asuransi kendaraan yang bisa jadi pilihan dan pertimbangan dengan berbagai penawaran fasilitas dan layanan yang mereka berikan.

Gunakan setiap tips di atas untuk mengetahui asuransi motor terbaik yang bisa jadi pilihan Anda.

Sekali lagi, pertimbangkan anggaran yang Anda miliki untuk asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Pernah mengalami kejadian yang tidak menguntungkan pada kendaraan Anda dan fasilitas asuransi kendaraan tidak meng-cover sesuai dengan yang seharusnya? Anda bisa tulis pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Mungkin rekan-rekan Anda tidak tahu mengenai informasi ini. Jadilah teman yang baik dengan membagikan artikel ini pada mereka.

Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Adira Insurance. Asuransi Motor Motopro. Asuransiadira.com – https://bit.ly/316PP0f
  • Duwitmu. 8 Juli 2019. Pengalaman Cari Asuransi Mobil Terbaik 2019 (Premi, Coverage dan Bengkel). Duwitmu.com – https://bit.ly/2pZyNUJ
  • Admin. 19 Maret 2019. Jangan Salah Pilih Asuransi Motor. Bandingin.com – https://bit.ly/3120nO1
  • Raja Premi. Asuransi Motor. Rajapremi.com – https://bit.ly/2p7nGZJ
  • Garda Motor. Peace of Mind untuk Sepeda Motor Anda. Asuransiastra.com – https://bit.ly/2MvvVGL

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Motor 01 – http://bit.ly/2BbFK7w
  • Asuransi Motor 02 – http://bit.ly/3173vby
  • Asuransi Motor 03 – http://bit.ly/2MKGV3s
  • Asuransi Motor 04 – http://bit.ly/3173ynK
  • Asuransi Motor 05 – http://bit.ly/35wwn05
  • Asuransi Motor 06 – http://bit.ly/35zF61w
  • Asuransi Motor 07 – http://bit.ly/33vSkL7