Pernahkah Anda merasa kekurangan waktu? Sudahkah Anda tahu hal apa saja yang membuat Anda merasa seperti itu?

Cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

11 Hal yang Membuat Anda Merasa Kekurangan Waktu

“Orang-orang yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik adalah mereka yang hanya bisa mengeluh betapa singkatnya waktu yang mereka miliki. “ (Jean de La Bruyere)

 

Apakah ada di antara kita yang memiliki waktu lebih dari 24 jam? Semua manusia di muka bumi ini hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari.

Perbedaan antara miliarder dengan orang lainnya adalah bagaimana mereka mengelola waktu yang mereka miliki untuk menyelesaikan banyak, juga untuk menikmati banyak hal. Milenial, apakah Anda merasa kekurangan waktu?

Dari laman University of Kent, Kent.ac.uk, dijelaskan bahwa pengelolaan waktu sangat penting diterapkan dalam kehidupan seseorang.

Pengelolaan waktu yang baik akan dapat membantu kita mengembangkan strategi bekerja yang lebih efektif.

Jika kita bekerja dengan efektif dan efisien, otomatis akan lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan tanpa harus mengganggu waktu lain.

Dalam hal ini, waktu untuk belajar, waktu untuk bersantai, waktu bagi keluarga, dan sebagainya. Hal ini tentu membawa peningkatan pendapatan, juga peningkatan karier.

Oleh karena itu evaluasi apakah karena 12 hal ini membuat Anda merasa kekurangan waktu, mulai dari:

Merasa Kekurangan Waktu 2 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Berinvestasi di Instrumen Investasi Syariah]

 

#1 Tenggelam Dalam Asiknya Sosial Media

Situs-situs jejaring sosial seperti IG, FB, Twitter, dan sebagainya. Dapat menyebabkan kecanduan dan mengambil sebagian besar waktu Anda. Karena itu, lebih baik batasi waktu Anda menggunakannya.

Katakanlah Anda membatasi diri hanya berselancar di situs-situs seperti ini maksimal setengah jam dalam sehari, maka Anda akan mampu menyisakan lebih banyak waktu untuk melakukan tugas-tugas yang lebih penting.

 

#2 Browsing Tanpa Tujuan

Fasilitas internet yang disediakan kantor sering kali akan menjadi bumerang bagi diri sendiri jika kita tidak mampu mengendalikan diri.

Karena merasa bebas menggunakan fasilitas ini, pada akhirnya kita terjebak berselancar di web untuk menemukan hal-hal yang menyenangkan diri hingga memakan waktu sampai berjam-jam waktu produktif Anda.

Para Orangtua, Sudah Tahu 5+ Cara Berhemat Kuota Internet 04 Hemat Kuota Internet 4 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Ketahui Berbagai Macam Investasi Syariah Yang Ada Di Indonesia]

 

#3 Cek Email Tiap Menit

Email memang bisa datang kapan saja, namun bukan berarti Anda harus mengeceknya setiap waktu, bukan?

Untuk membantu mengekang diri dari mengecek email terlalu sering, matikan notifikasi untuk setiap email yang masuk.

Jika memang tidak sedang menunggu email penting, lebih baik jadwalkan saja waktu pengecekan email ini.

Tim Armstrong, salah satu miliarder dunia yang menjabat sebagai chairman dan CEO perusahaan AOL, hanya memeriksa email di pagi hari. Itu pun dilakukannya setelah melakukan aktivitas membaca buku dan berolahraga.

Para miliarder hanya menyediakan waktu antara setengah hingga satu jam saja untuk urusan memeriksa dan membalas email.

Seperti yang dilakukan oleh Doug Camplejohn, CEO Flip Top, menggunakan cara ini untuk mengelola email-nya setiap hari.

Ia hanya menyediakan waktu antara 20 hingga 30 menit saja setiap hari. Waktu lain jauh lebih berharga baginya untuk melakukan prediksi pemasaran bagi perusahaannya.

 

#4 Bingung Cari Busana

Berapa menit yang biasanya Anda habiskan untuk berdandan sebelum ke kantor?

Banyak orang ternyata menghabiskan cukup banyak waktu untuk mencari atau memilih busana apa yang akan ia kenakan untuk bekerja.

Lemari baju mereka biasanya acak-acakan sehingga mereka kesulitan mencari baju yang mereka ingin pakai.

Amancio Ortega Gaona, pemilik dan pendiri retail fesyen dengan merek ZARA, menolak mengenakan jas selama jam kerja.

Ia lebih memilih mengenakan seragam kerja yang panjang abu-abu, sama seperti seragam yang dikenakan para pegawainya.

Pakaian Wanita - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Gaya Kepemimpinan Otokrasi]

 

#5 Menaruh Barang Sembarangan

Anda sudah mandi dan Anda sudah mengenakan busana yang cocok. Namun yang terjadi selanjutnya sungguh di luar dugaan.

Anda tidak bisa menemukan kunci kendaraan, ponsel, atau dompet Anda. Jadilah Anda harus menghabiskan beberapa menit lagi untuk mencari-cari barang tersebut.

Padahal jika Anda disiplin menaruh barang-barang itu di tempat yang sudah Anda sediakan, masalah sepele seperti ini tidak perlu terjadi.

 

#7 Multi Tasking

Meski ada beberapa orang yang sanggup melakukannya, kebanyakan orang sering kali akan kebingungan jika harus melakukan dua atau lebih aktivitas pada saat bersamaan.

Multi tasking membuat Anda beralih fokus di antara tugas-tugas dan setiap kali Anda beralih tugas, Anda perlu memfokuskan ulang dari awal, yang berarti Anda sudah membuang-buang waktu untuk memfokuskan ulang tersebut.

Lebih baik, selesaikan satu tugas sebelum beralih ke tugas berikutnya jika memang tugas tersebut tidak memungkinkan untuk ditinggal.

Tony Schwartz, Presiden dan CEO The Energi Project, bekerja sama dengan Harvard Business School, melakukan survei pada 20.500 orang pekerja dan menemukan fakta bahwa orang-orang yang tidak melakukan multi tasking ternyata jauh lebih produktif dan lebih nyaman dengan pekerjaan mereka.

Fokus yang tinggi pada satu pekerjaan akan membuat pekerjaan

Penting Mengenali Kredit Multi Guna, Keunggulan dan Kelemahan Kredit Multi Guna 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengintip Segudang Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita, Ini Rahasianya!]

 

#8 Folder Berantakan

Bekerja dalam file yang tidak rapi juga sering kali menimbulkan masalah. Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari file pekerjaan sebelum benar-benar mengerjakan pekerjaan tersebut.

Merapikan file yang berantakan mungkin akan memakan waktu, namun sangat layak untuk dilakukan karena akan sangat membantu di waktu-waktu selanjutnya.

 

#9 Rapat Tanpa Agenda

Jika Anda mengadakan sebuah rapat, pastikan menuliskan agendanya.

Ini akan memastikan semua orang tetap fokus pada agenda dan tidak tenggelam dalam pembicaraan tanpa arah.

Terapkan juga lamanya pertemuan yang akan diadakan untuk mencegah adanya “pembahasan ekstra” pada agenda tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Gaya Kepemimpinan Demokratis 02 Karyawan Rapat - Finansialku

[Baca Juga: 26 Tempat Wisata di Jepang yang Harus Kamu Datangi Saat Liburan ke Negeri Sakura]

 

#10 Mengobrol

Bukannya tidak boleh, namun obrolan yang tidak tahu waktu justru sering kali akan menghalangi Anda menyelesaikan pekerjaan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

Jika memang tidak terlalu penting, misalnya yang berhubungan dengan pekerjaan atau Anda memang sedang buntu, lebih baik pilih waktu mengobrol ketika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan Anda.

 

#11 Tidur Berlebihan

Universitas California di Berkeley telah melakukan penelitian pada tahun 2007 mengenai manfaat tidur bagi otak.

Hasil penelitian mereka berhasil mengungkap bahwa 33 persen orang menemukan ide-ide baru yang tak terpikirkan begitu mereka bangun di pagi hari setelah tidur nyenyak di malah hari.

Dengan kata lain, tidur dipercaya mampu meningkatkan aktivitas otak sehingga menjadi lebih kreatif dan menggali dan menemukan ide-ide baru tersebut.

Sementara itu, menurut Dr Walker, salah satu peneliti dari Universitas California kepada National Institutes of Health, mengatakan bahwa mempelajari sesuatu sebelum tidur dapat membantu otak menyusun memori.

Walker mengatakan pula bahwa kalau kita tidak tidur maka kemampuan mempelajari hal baru keesokan harinya akan menurun hingga 40 persen.

Mengatasi Sulit Tidur 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa Bisa Lho Jalan Jalan ke Jepang Pakai Duit Sendiri!]

 

Sherly Sanberg, salah satu petinggi Facebook, mengatakan kepada Jefferson Graham dari USA Today, bahwa tidur yang cukup akan meningkatkan kemampuan berpikir dan produktivitas kerjanya.

Oleh karena itu, ia selalu mematikan ponselnya di malam hari agar tidurnya tidak terganggu.

Tidur memang membawa banyak keuntungan yang luar biasa, tetapi tidur berlebihan berarti semakin sedikit waktu yang tersedia untuk melakukan tugas-tugas Anda.

Jika tidur 6-7 jam saja sudah cukup bagi Anda, jangan mengubahnya menjadi 8-10 jam. Lagi pula, terlalu banyak tidur justru akan membuat badan menjadi kurang enak.

Insinyur Amerika, Pencipta Pistol Colt Revolver, memiliki quotes mengenai waktu yaitu,

“Jangan dibodohi kalender. Kalender hanya berisi jumlah hari dalam satu tahun yang bisa kita gunakan. Padahal ada orang yang bisa memperoleh satu minggu yang berharga dalam waktu satu tahun, sementara orang lainnya bisa memperoleh satu tahun yang berharga dalam waktu satu minggu.”

 

Manfaatkan Waktu Anda Sebaik-baiknya

Waktu yang kita lalui memang tidak akan pernah bisa terulang. Namun sayangnya, masih saja banyak yang melakukan hal-hal yang tanpa disadari sudah mengurangi waktu yang dimiliki.

Untuk itu, mari kita maksimalkan setiap waktu yang berjalan beriringan bersama. Manfaatkan setiap peluang dan selalu bersyukur atas segala pencapaian yang telah didapatkan.

Selain itu, maksimalkan pula waktu Anda untuk segera mencapai tujuan keuangan Anda.

Jika tidak mau ribet, gunakan saja Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkanmu dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda masih merasa kekurangan waktu? Bagaimana cara Anda untuk memanfaatkan waktu? Tulis cerita Anda dalam kolom bawah ini. Bagikan artikel ini kepada mereka yang belum mengetahuinya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Monica Anggren & Erlita Pratiwi. 2015. 99 Perbedaan Cara Mengelola Uang Miliarder vs Orang Biasa. Jakarta: Grasindo.
  • Cynthia Bazin. 4 Februari 2016. 8 Things Successful People Never Waste Time Doing. Success.com – http://bit.ly/2KoI4NC
  • Paul Chernyak. 14 Agustus 2019. How to Stop Wasting Time. Wikihow.com – http://bit.ly/2QmcAvq

 

Sumber Gambar:

  • Merasa Kekurangan Waktu 1 – http://bit.ly/378rz1M
  • Merasa Kekurangan Waktu 2 – http://bit.ly/2NSSF5L