Mom, tahukah Anda apa saja yang harus dilakukan sebelum berinvestasi? Ibu rumah tangga harus tahu dan bijak dalam mengelola investasi, oleh karena itu, jawab dulu 7 pertanyaan ini sebelum berinvestasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

7 Pertanyaan Penting yang Harus Dijawab Ibu Rumah Tangga, Sebelum Berinvestasi

Mungkin jika Anda mendengar kata investasi, Anda akan terbayang hal yang sulit, menakutkan, susah dan itu adalah pekerjaan pria (alias suami). Nyatanya pemikiran tersebut sudah tidak tepat dengan kondisi saat ini. Diera sekarang, semua orang termasuk Anda ibu-ibu harus bisa dan mampu mengelola investasi. Bukan hal yang aneh, kalau sekarang banyak ibu-ibu rumah tangga yang berinvestasi. Justru yang aneh jika ibu-ibu tidak mengenal investasi.

mom-seharusnya-jawab-8-pertanyaan-ini-sebelum-anda-berinvestasi-finansialku

[Baca Juga : Lakukan Ini Sebelum Anda Berinvestasi Reksa Dana]

 

Ibu rumah tangga alias mommy zaman sekarang harus pandai mengelola keuangan. Tidak hanya membuat anggaran, mencatat keuangan, tetapi juga harus pandai dalam mengelola investasi. Dengan berinvestasi, Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan, seperti membeli rumah, membeli kendaraan idaman, jalan-jalan ke luar negeri atau perjalanan ibadah dan masa pensiun yang lebih aman dan nyaman. Coba bayangkan Anda dapat mewujudkan mimpi-mimpi tersebut, akan terasa sangat menyenangkan bukan?

Sebelum melakukan investasi ada baiknya Anda memikirkan dan melakuakn beberapa persiapan. Tujuannya agar Anda lebih mantap dan memegang kendali invesatsi Anda. Lantas apa saja yang bisa dilakukan ibu rumah tangga terhadap sebuah investasi ?

Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Ibu Rumah Tangga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

Berikut ini 7 pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan dan jawab, agar Anda lebih yakin dalam berinvestasi. Anda akan jauh lebih percaya diri jika mampu menjawab seluruh pertanyaan berikut ini. Buktikan.

 

#1 Berapa Banyak Uang yang Dapat Anda Investasikan Saat Ini?

Anda sebagai ibu rumah tangga pastinya sangat tahu anggaran rumah tangga. Berapa penghasilan bulanan, berapa pengeluaran bulanan dan digunakan untuk apa saja. Sekarang, coba jawab berapa persen uang yang dapat Anda investasikan setiap bulannya? Apakah 10% dari penghasilan, 20% dari penghasilan atau lebih dari itu?

Atau Anda belum bisa berinvestasi rutin setiap bulannya? Jika Anda masih belum bisa berinvestasi secara rutin, jangan-jangan Anda masih melakukan kesalahan yang dilakukan oleh 90% orang, yaitu MENYISIHKAN penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan. Jika Anda dan suami Anda sudah berkomitmen untuk berinvestasi, lakukan perubahan. JANGAN PERNAH MENYISIHKAN penghasilan untuk diiinvestasikan. Anda tidak salah baca, sekali lagi jangan pernah menyisihkan penghasilan. Menyisihkan penghasilan untuk investasi bukan solusinya.

jangan-asal-gede-gengsi-yakin-pakai-kta-untuk-dana-perkawinan-finansialku

[Baca Juga Kalau Anda Serius : Jangan Menyisihkan Penghasilan untuk Berinvestasi]

 

#2 Apakah Investasi Anda Sudah Sesuai Dengan Rencana Keuangan dan Kebutuhan Masa Depan Anda?

Kami meyakini investasi adalah sebuah kendaraan, kendaraan yang akan membawa Anda dari posisi keuangan saat ini menuju tujuan-tujuan keuangan Anda. Misal saat ini baru mempunyai tabungan Rp 10.000.000 untuk uang pangkal anak sekolah. Padahal 2 tahun lagi perkiraan uang pangkal anak sekitar Rp 25.000.000. Nah Anda perlu membuat sebuah rencana investasi, untuk memastikan investasi Anda tepat untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

Sebelum panjang lebar membahasnya, apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan dan rencana investasi? Apakah Anda tahu berapa yang harus diinvestasikan setiap bulannya, untuk mewujudkan tujuan keuangan masa depan Anda? Jika jawabannya belum, saat ini Anda perlu mencoba Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Aplikasi Finansialku bertujuan untuk membantu Anda mengelola keuangan dan merencanakan keuangan keluarga. Silahkan coba saja, karena gratis untuk mendaftar, tidak perlu bayar. Cukup klik di sini.

Ingat setiap investasi harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda di masa depan. Sehingga rencana dan investasi berjalan dengan lancar tanpa ada yang timpang. Hal ini dibutuhkan karena kembali pada fungsi dari investasi sendiri yakni lebih dari tabungan namun penolong anda di masa depan.

 

#3 Apakah Anda Mengerti Cara Kerjanya dan Bisa Mengendalikan Investasinya?

Ada sebuah rahasia yang dilakukan oleh para investor sukses kelas dunia. Rahasia tersebut membuat para investor kelas dunia tetap mendapatkan keuntungan, pada saat ekonomi kuat, ekonomi berjalan di tempat maupu ekonomi sedang buruk. Rahasia utamanya adalah para investor sukses tahu betul cara kerja investasinya dan tahu cara mengendalikan investasinya. Jadi mereka tidak asal ikut ini, ikut itu dan lain sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan, untuk Anda para ibu rumah tangga dapat mempelajari investasi dan mengendalikan investasi Anda. Yang harus Anda lakukan adalah belajar dan menambah pengalaman. Sebelum berinvestasi pada produk keuangan apa pun, pastikan Anda berinvestasi terhadap pengetahuan mengenai investasi dan investasi waktu untuk menambah jam terbang.

Investor pemula seharusnya berinvestasi tidak untuk cari untung dulu, tetapi untuk menambah pengalaman dan jam terbang.

Melvin Mumpuni – Finansialku.com

 

#4 Apakah Anda Tahu Investasi yang Tepat untuk Kebutuhan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang ?

Kembali mengulang penjelasan sebelumnya bahwa investasi adalah sebuah kendaraan. Tentunya dalam memilih kendaraan, Anda sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Misal jika Anda ingin pergi dari Jakarta ke Bali, Anda lebih memilih menggunakan pesawat terbang daripada bersepeda.

Begitupula dengan investasi, pilih produk investasi yang memang sesuai dengan tujuan keuangan Anda, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Selain itu dalam investasi, Anda juga perlu mengenal istilah kenaikan nilai (capital gain) dan penghasilan dari arus kas (cash flow). Tenang saja jika Anda belum terlalu memahaminya, karena kami akan menjelaskan lebih detil dalam artikel yang mendatang.

 

#5 Bagaimana Track Record atau Jejak Karir Investasi Tersebut ?

Setiap investor pasti memiliki kelasnya masing-masing, setuju?

Jika Anda seorang pemula, belum pernah berinvestasi, belum mengenal invesatsi, tentu Anda akan mencari investasi yang relatif mudah dan aman. Seperti halnya belajar berenang, Anda tidak akan langsung masuk ke kolam yang dalam bukan? Dalam dunia investasi dikenal produk investasi berbentuk pengelolaan portofolio, seperti reksa dana (mutual fund).

KamusReksa dana adalah wadah yang berfungsi untuk mengumpulkan dana investor untuk dikelola oleh manajer investasi ke dalam produk-produk investasi (efek), seperti surat utang jangka pendek (di bawah 12 bulan), surat utang jangka panjang dan saham.

 

Jika Anda memilih investasi reksa dana, pilihlan perusahaan manajer investasi yang sudah bonafide dan terpercaya. Memiliki rekam jejak yang jelas dan teruji handal dalam mengelola keuangan. Ingat, poin keempat, apakah Anda sudah tahu tentang investasi reksa dana? Jika Anda calon investor pemula, Anda perlu pelajari terlebih dahulu cara kerja reksa dana, sebelum berinvestasi.

Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula  Pahami dan Nikmati - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Investasi Reksa Dana Online Itu Tidak Sulit Kok]

 

#6 Bagaimana Jika Investasi Anda Mengalami Kegagalan ?

Banyak orang senang berbicara pahit-pahitnya di depan, daripada menyesal dibelakang. Tentunya Anda juga lebih memili ngobrolin pahitnya di depan kan? Dalam berinvestasi, ada kemungkinan hasil investasi tidak sesuai dengan harapan. Bedanya investor professional dan investor amatir adalah : seorang investor professional tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi kegagalan atau hasil investasi tidak sesuai harapan. Mereka selalu memiliki rencana cadangan, jika Anda belum memiliki sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu rencana cadangan. Ingat pesan nomor 2, miliki rencana investasi dan rencana keuangan.

 

#7 Apakah Anda Sudah Bisa Dikatakan “Siap”?

Are you ready? Setidaknya ada 6 pertanyaan di atas yang sudah detil. Satu hal terakhir yang perlu kami sampaikan adalah RISIKO. Banyak orang bilang investasi itu selalu lihat RISIKO dan HASIL INVESTASINYA. Kata orang-orang: jangan cuma berharap hasil investasi yang besar, tanpa memikirkan risiko. Kami meyakini risiko ada disetiap penawaran investasi dan risiko itu tidak dapat dihilangkan. Kami meyakini risiko itu bisa dikelola (risk management), asalkan Anda tahu caranya. Kami akan bahas lebih detil mengenai cara mengelola risiko investasi  pada artikel yang akan datang. Jadi tetap ikuti terus update terbaru dari Finansialku.com

 

Investasi Merupakan Harapan Anda untuk Keluarga

Investasi lebih dari menabung, banyak hal yang bisa didapatkan dari investasi. Kegagalan yang tidak pernah dirasakan atau kesuksesan dan keuntungan yang besar. Semua anda lakukan untuk anggota keluarga, karena ibu rumah tangga merupakan pondasi sebuah rumah. Jangan takut untuk melakukan investasi meskipun anda hanya ibu rumah tangga biasa. Dengan pembelajaran, usaha, kerja keras dan juga tentu keberanian maka investasi yang menguntungkan bisa diwujudkan. Sudah siapkah Anda untuk berinvestasi?

 

Mom, kira-kira apa saja hal-hal yang menghalangi Anda atau membuat Anda takut untuk berinvestasi? Silahkan share permasalahan atau ketakutan Anda, dan perencana keuangan kami akan bantu memberikan solusi terbaiknya.

 

Sumber gambar:

  • Woman on Laptop – https://goo.gl/Pel040

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]