Tahukah Anda sosok Larry Page, sang pendiri Google – dalang dibalik berdirinya perusahaan raksasa yang hampir setiap hari produknya kita gunakan?

Mari kenal lebih dekat sosok Larry Page dengan menyimak kisah suksesnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Larry Page – Pendiri Google

Lawrence Page atau yang kerap dipanggil Larry Page, ia adalah seorang wirausahawan Amerika dan ilmuwan komputer – dalang dibalik berdirinya Google Inc., sebuah raksasa mesin pencari yang menawarkan berbagai produk dan layanan internet.

Larry Page mendirikan Google bersama dengan Sergey Brin, sahabatnya.

Google mulai sebagai perusahaan search engine online dan secara bertahap memperluas operasinya ke area terkait internet lainnya.

Sebagai seorang profesional di bidang komputer, daya tarik Larry Page dengan komputer dimulai sejak usianya masih terbilang sangat muda.

Sebagai seorang anak, Larry Page menunjukkan minat dalam teknologi, bisnis dan inovasi sejak kecil.

Saat belajar Ilmu Komputer di Universitas Stanford, ia bertemu dengan Sergey Brin.

Dengan bantuan sahabatnya itu, Larry Page menciptakan mesin pencari dan berhasil menghasilkan kekayaan miliaran Dollar.

Larry Page dan Sergey Brin meluncurkan perusahaan dengan nama ‘Google Inc.‘ pada tahun 1998.

Mereka berdua menjabat sebagai presiden bersama sampai tahun 2001 hingga Eric Schmidt diangkat sebagai Ketua dan CEO Google selanjutnya.

Pendiri Google Larry Page 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Pada tahun 2011, Larry Page secara resmi kembali menjadi CEO Google, sementara Eric Schmidt terus berperan sebagai ketua eksekutif.

Selain terpilih menjadi CEO Google, Larry Page juga merupakan anggota Dewan Direksi perusahaan yang memiliki andil besar di dalamnya.

Larry Page memiliki minat dalam teknologi dan energi terbarukan, termasuk dalam bidang filantropi.

Google.org., cabang perusahaan yang bergerak dalam bidang filantropis didirikan pada tahun 2004 dengan tujuan untuk menanggulangi masalah global yang pada dasarnya berkaitan dengan masalah perubahan iklim dan energi terbarukan.

Tahukah Anda, dengan menggunakan mesin pencari Google yang diciptakan oleh Larry Page, Anda dapat menemukan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi luar biasa yang dapat membantu Anda dalam merencanakan keuangan pribadi lebih baik dan membangun masa depan finansial lebih cemerlang di masa depan.

Lebih menyenangkannya lagi, Anda bisa menggunakan fitur Tanya jawab pada Aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Tunggu apalagi? Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Masa Kecil Larry Page

Sang pendiri Google lahir pada 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan. Ia lahir dari seorang ibu bernama Gloria di Michigan dan ayahnya bernama Carl Page.

Tak heran jika Larry Page menyukai komputer sejak kecil karena kedua orangtuanya adalah profesor dalam bidang ilmu komputer.

Namun, secara agama, ia tidak dibesarkan dalam lingkungan yang mengenal yang namanya religiusitas dan keagamaan.

Rumah masa kecilnya penuh dengan komputer dan majalah sains. Itulah yang meningkatkan ketertarikan Larry Page pada teknologi sejak usianya masih sangat kecil.

Larry Page juga tertarik pada bisnis dan inovasi. Hal ini nampak ketika ia berusia 12 tahun, Larry Page menyadari bahwa dia ingin memulai sebuah perusahaan.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 02 - Finansialku

[Baca Juga: Melihat Prospek Berinvestasi di Saham RANC, Pemegang Merk Dagang Ranch Market]

 

Sang pendiri Google lulus dari East Lansing High School pada tahun 1991 dan mengejar gelar sarjana di bidang teknik komputer dari University of Michigan dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang teknik komputer.

Karena ketertarikannya yang dalam akan komputer, Larry Page tak berhenti menggali ilmu dengan mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan gelar Master of Science di bidang ilmu komputer dari Stanford University.

Sebagai anak jenius di bidang Komputer, Larry Page adalah mahasiswa pertama di kampusnya yang melakukan tugas pada pengolah kata (word processor).

 

Larry Page Mendirikan Google

Selama berkuliah di Stanford University, sang pendiri Google bertemu sesama seorang peneliti bernama Sergey Brin saat mengerjakan proyek penelitian pada tahun 1995.

Pada tahun 1996, mereka telah berhasil membangun mesin pencari (search engine) – yang pada awalnya diberi nama ‘BackRub’.

Alat temuan Larry Page dan Sergey Brin itu dioperasikan di server Stanford selama berbulan-bulan.

Berkat pikiran yang jauh ke depan akan inovasi yang mereka ciptakan untuk perkembangan teknologi skala dunia, Larry Page dan Brin memutuskan untuk membangun perusahaan dan  memasukkan proyek tersebut untuk dapat dieksekusi dengan mengumpulkan para pendana.

Pendiri Sun Microsystems, Andy Bechtolsheim, memainkan peran utama dalam membiayai perusahaan dengan mengeluarkan cek senilai US$100.000.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Dari Sekarang! 10 Tips Agar Anda Menjadi Kandidat Promosi Jabatan]

 

Pada bulan September 1998, proyek yang dimulai oleh duo Larry Page & Sergey Brin, yang sekarang diganti namanya menjadi ‘Google’, secara resmi pengerjaannya berada dalam lingkup sebuah perusahaan.

Eric Schmidt sang pendana terbesar ditunjuk sebagai CEO pada tahun 2001 sementara Larry Page dan Sergey Brin menjadi presiden produk dan teknologi.

Pada tahun 2004, Google meluncurkan Orkut, situs jejaring sosial, dan memperkenalkan pencarian Google Desktop.

Pada tahun yang sama, Google mengadakan Initial Public Offering (IPO) yang menambah keuntungan Larry Page dan Sergey Brin sehingga mengantarkan mereka menjadi jutawan.

Sayap filantropis Google, Google.org. dibentuk untuk berkontribusi terhadap masalah dan penyebab sosial.

Tahun 2005 merupakan tahun yang cukup produktif bagi Google.

Beberapa perangkat baru yang muncul antara lain seperti Google Maps, Blogger Mobile, Google Reader, dan iGoogle dirilis pada tahun itu. Tahun berikutnya, Google mengakuisisi YouTube dan memperkenalkan fitur obrolan di Gmail.

Google menandatangani kemitraan dengan China Mobile dan Salesforce.com pada tahun 2007. Perusahaan juga menandatangani kemitraan untuk membuat Google Apps for Education tersedia secara bebas untuk ribuan siswa di Kenya dan Rwanda

Pada tahun 2008, Google meluncurkan Google Sites dan versi baru Google Earth.

Google Health, layanan sentralisasi informasi kesehatan pribadi, juga dirilis pada tahun yang sama, tetapi layanan ini dihentikan pada tahun 2011 ketika tidak dapat mencapai target yang diinginkan.

Picasa untuk Mac diluncurkan pada bulan Januari 2009 diikuti oleh Google Latitude dan versi terbaru Google Earth.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Google Ventures, dana modal ventura untuk mendukung perusahaan teknologi baru, juga diperkenalkan pada tahun yang sama.

Pada tahun 2010, Google mengakuisisi Aardvark dan Picnik. Google Apps Marketplace, toko online baru untuk aplikasi bisnis terintegrasi, diluncurkan untuk memungkinkan pelanggan mengelola aplikasi cloud dengan mudah.

Pada bulan Januari 2011, Larry Page diangkat sebagai CEO. Sedangkan Eric Schmidt sang mantan CEO, terus melayani perusahaan sebagai Ketua Eksekutif.

Google mengakuisisi Admeld dan Zagat dengan maksud untuk memberikan layanan improvisasi kepada para kliennya.

 

Pendapatan Google – Perusahaan Larry Page

Pada tahun 2006, Google sudah memiliki lebih dari 10.000 karyawan dengan pendapatan tahunan lebih dari sepuluh miliar Dollar.

Google membeli beberapa perusahaan perangkat keras dan lunak. Perusahaan yang telah diakuisisi dan yang paling menguntungkan Google adalah YouTube yang telah dibeli dengan harga US$1,65 miliar.

Saat ini, Google adalah salah satu situs web yang paling banyak digunakan dengan lebih dari satu juta server di seluruh dunia. Ini memproses lebih dari satu miliar permintaan pencarian setiap hari.

Berdasarkan majalah Forbes, jumlah kekayaan bersih Larry Page saat ini senilai US$58,8 miliar.

Kata-kata Bijak Larry Page dan Cerita Kesuksesan Google 07 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Penggunaan VPN Tarumanagara Untuk Internet Banking KlikBCA Bisnis]

 

Larry Page adalah salah satu wirausahawan paling sukses yang membangun perusahaan dengan tujuan untuk mengubah cara penggunaan internet.

Larry Page juga menjabat sebagai CEO Alphabet, perusahaan induk Google, perusahaan perawatan kesehatan Verily, unit kendaraan otonom Waymo, dan anak perusahaan lainnya.

Bersama dengan Sergey Brin, Larry Page menemukan algoritma Google PageRank, yang mendukung mesin pencari.

Larry Page adalah investor pendiri di perusahaan eksplorasi luar angkasa bernama Planetary Resources dan juga mendanai sebuah startup “mobil terbang” Kitty Hawk and Opener.

 

Tulis tanggapan dan komentar pada kolom bawah ini! Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan tentang mengatur keuangan, sila hubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Larry Page. Famous-entrepreneurs.com – https://bit.ly/34s5xFh
  • Admin. Larry Page. Forbes.com – https://bit.ly/2pFW2n7
  • Admin. Larry PageBiography. Thefamouspeople.com – https://bit.ly/2pGj11l
  • Admin. Larry Page – American Computer Scientist And Entrepreneur. Britannica.com – https://bit.ly/2WKyhpT
  • Avery Hartmans. 4 Agustus 2017. The Fabulous Life Of Google Cofounder And Alphabet CEO Larry Page. Businessinsider.com – https://bit.ly/2PN6oMs

 

Sumber Gambar:

  • Pendiri Google Larry Page 1 – http://bit.ly/2X4e5iV
  • Pendiri Google Larry Page 2 – http://bit.ly/32yi0pt