Mari simak sejenak beberapa kisah inspiratif mengenai tokoh-tokoh dan pengusaha sukses lulusan SD di bawah ini.

Apakah yang bisa kita teladani dari mereka?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Pengusaha Sukses Lulusan SD Ini Membuktikan Keberhasilannya Kepada Publik

Menurut Anda, apakah makna sukses itu? Apa sajakah kunci kesuksesan?

Apakah tingkat pendidikan yang tinggi menjadi kunci kesuksesan seseorang? Bisakah seseorang yang “kurang berpendidikan” menjadi orang sukses?

 

#1 Eka Tjipta Widjaja

Tidak ada orang sukses yang tidak pernah merasakan kegagalan. Siapa yang tak mengenal perusahaan besar Sinar Mas?

Sinar Mas Group beroperasi di berbagai sektor, seperti pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, developer dan real estate, telekomunikasi, energi, bahkan jasa keuangan.

Di balik perusahaan raksasa ini, ada seorang bernama Oei Ek Tjhong atau Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pendiri sekaligus pemilik dari Sinar Mas Group.

Eka Tjipta Widjaja lahir dari keluarga yang miskin di Tiongkok, 3 Oktober 1923. Ketika berusia 9 tahun, ia pindah ke Makassar bersama orangtuanya. Setiba di Makassar, Eka yang masih kecil segera membantu ayahnya yang memiliki sebuah toko kecil.

Tujuan utama ayahnya saat itu adalah mendapatkan uang untuk membayar rentenir.

Pengusaha Sukses Lulusan SD 02 Eka Tjipta - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menjadi Orang Sukses Dengan Memiliki Kebiasaan yang Profesional]

 

Keluarga Eka yang serba kekurangan dan terlilit utang hanya mampu menyekolahkan Eka hingga lulus dari sebuah sekolah dasar di Makassar. Eka harus merelakan pendidikannya dan tidak melanjutkan sekolahnya karena masalah ekonomi.

Setamat SD, Eka mulai berjualan. Ia mengelilingi kota Makassar dengan mengendarai sepeda untuk menjual permen, biskuit, dan barang dagangan lain dari toko ayahnya ke rumah-rumah yang dilewatinya.

Dengan ketekunan Eka, usahanya mulai menunjukkan hasil.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Beberapa tahun ketika usahanya berkembang, Jepang datang ke Indonesia, termasuk ke kota Makassar tempat Eka tinggal yang mengakibatkan usahanya hancur total.

Di saat itulah naluri bisnis Eka dipertajam. Dengan berjalannya waktu, Eka menjadi kontraktor pembuat kuburan orang kaya yang cukup berkembang. Namun, perjalanan bisnis Eka tidak selalu lancar. Ia mengalami kerugian, namun tetap mencari peluang bisnis lain.

Singkat cerita, di tahun 1980, setelah mengalami bisnis yang jatuh bangun, Eka memutuskan untuk kembali menjadi entrepreneurship. Ia mulai membangun perusahaan Sinar Mas yang menggurita di berbagai sektor.

Kerja keras, ketekunan dan jiwa pantang menyerah membuat Eka Tjipta Widjaja mampu mengalahkan keterbatasannya dan menjadi orang yang sukses.

 

”…. Apapun kesulitan yang dihadapi, asalkan memiliki keinginan untuk melawan, pasti semua kesulitan dapat diatasi

– Eka Tjipta Widjaja.

 

#2 Andrie Wongso

Anda pasti familiar dengan nama Andrie Wongso. Pria yang terkenal dengan filosofi “Success is My Right” ini lahir di Malang tahun 1954 dan berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.

Ia tidak dapat menyelesaikan pendidikannya, ia menyebut dirinya dengan gelar SDTT, TBS, ILB yang berarti Sekolah Dasar Tidak Tamat, Tapi Bisa Sukses, Itu Luar Biasa.

Masa kecil hingga remaja Andrie Wongso dilalui dengan membantu orangtuanya berjualan kue. Ketika berusia 22 tahun, Andrie memulai usaha untuk bekerja di Jakarta dengan satu prinsip yaitu siap menghadapi apapun dengan berani dan jujur.

Andrie Wongso Cerita Motivasi Tetesan Air yang Dapat Melubangi Batu dan 40 Kata-Kata Mutiara Lainnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Andrie Wongso: Cerita Motivasi Tetesan Air yang Dapat Melubangi Batu dan 40 Kata-Kata Mutiara Lainnya]

 

Di Jakarta ia bekerja sebagai salesman produk sabun hingga pelayan toko. Ketika Andrie menjadi salesman, ia memiliki cukup waktu luang yang digunakan untuk berlatih kungfu.

Latihan kungfu membentuk Andrie menjadi pribadi yang disiplin, berkomitmen dan berkemauan keras.

Saat itu, banyak film laga dari Taiwan yang ditayangkan di Indonesia dan membuat Andrie tertarik untuk menjadi seorang bintang film. Andrie pun mulai mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan film di Hongkong namun tak kunjung mendapat panggilan.

Tekanan hidup Andrie bertambah ketika salah satu orangtuanya meninggal dunia dan membuat Andrie kembali ke kampung halamannya.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Pada tahun 1979 Andrie kembali untuk mengadu nasib di Jakarta dengan mimpi yang sama, yaitu menjadi bintang film. Beberapa waktu kemudian ia mendapat panggilan kontrak selama 3 tahun dari sebuah perusahaan film di Hongkong dan ia berangkat ke luar negeri.

Setelah mengalami manis dan pahitnya dunia perfilman, Andrie menyadari bahwa sebenarnya passion-nya bukanlah di bidang film. Walaupun orang memandang Andrie gagal karena ia tak menjadi pemeran utama film, namun Andrie tetap mengapresiasi dirinya.

Ia rajin menulis buku harian untuk memotivasi diri dan merenungkan peristiwa yang telah ia lalui. Hal ini mendorong Andrie untuk membuat usaha penjualan kartu ucapan yang berisi kata-kata mutiara yang akhirnya melahirkan bisnis Harvest.

Dimulai dengan berjualan dari kamar kost, Andrie akhirnya menjadi motivator dan pengajar, serta mengembangkan bisnis Harvest hingga memiliki beberapa perusahaan pendamping.

 

Jadikan keraguan dan ejekan sebagai cambuk untuk memperkuat tekad dan perjuangan dengan segenap kemampuan yang ada, buktikan semua mimpi dapat menjadi kenyataan…”

– Andrie Wongso.

 

#3 Lanny Siswadi

Lanny Siswadi adalah salah satu pengusaha wanita tersukses di Indonesia. Ia menekuni bisnis di bidang kuliner, khususnya sambal, ia memiliki 1 merek sambal yaitu sambal “Rudy”.

Kisah ini bermula ketika Lanny masih duduk di kelas 4 SD dan mengalami situasi yang sulit di Madiun hingga ia memutuskan untuk pindah ke Surabaya. Ia beranjak dewasa dan menikah dengan Rudy Siswadi.

Awalnya, ia secara tidak sengaja mengulek sambal dengan campuran ikan tangkapan suaminya. Ternyata inovasi sambal ini diminati banyak orang dan sambal “Rudy” mulai dikenal dari mulut ke mulut dan akhirnya melegenda di kota pahlawan.

Cita rasa yang nikmat membuat sambal “Rudy” menjadi populer, dan akhirnya Lanny pun memutuskan untuk mengembangkan usahanya dengan menjual pecel Madiun, bahkan banyak camilan dan oleh-oleh Madiun.

Pengusaha Sukses Lulusan SD 03 Lanny Siswadi - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses]

 

Kunci utama dari kesuksesan Lanny adalah kepekaan terhadap peluang bisnis, inovasi dan strategi pemasaran yang dijalankan. Lanny mampu mengubah ketidaksengajaan yang ia lakukan menjadi bisnis yang besar. Ini jelas tidak mungkin didapatkan Lanny di bangku sekolah, namun bisa mengantarkannya menjadi seorang wanita sukses di tanah air.

 

Apakah Kesuksesan Itu?

Setelah menyimak 3 kisah di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya sukses bukanlah tentang seberapa banyak uang yang Anda miliki. Namun, seberapa besar kemauan dan kerja keras Anda untuk melawan keterbatasan Anda dan terus maju menggapai cita-cita Anda.

Sukses tidak diukur berdasarkan tingkat pendidikan Anda.

Sukses adalah ketika Anda berani dan pantang menyerah untuk bangun dan melangkah setelah Anda terjatuh. Sukses adalah ketika Anda bisa mengubah mimpi Anda menjadi kenyataan.

Eka Tjipta Widjaja, Andrie Wongso dan Lanny Siswadi menjadi definisi yang tepat sebagai orang sukses dan mereka telah membuktikan bahwa kerja keras dan pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik.

Fokuslah pada mimpi-mimpi Anda, tidak perlu mengeluh tentang keterbatasan Anda, ubahlah itu menjadi motivasi Anda untuk melangkah dan menjadi orang yang sukses!

 

Pelajaran berharga apa yang Anda peroleh dari para pengusaha sukses lulusan SD?

Silakan beri jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Akbar. 6 April 2018. 4 Pengusaha Sukses di Indonesia yang Cuma Lulusan SD. Moneysmart.id – https://goo.gl/ce1s6i
  • Nurdwi Ratnasari. 2 Oktober 2017. 4 Kisah Sukses Pengusaha Lulusan SD. Uangonline.com – https://goo.gl/6zjC4K
  • Admin. Biografi Eka Tjipta Widjaja – Biografiku.com
  • Admin. Biografi Andrie Wongso – Biografiku.com
  • Admin. 27 April 2018. 3 Pengusaha Sukses di Indonesia yang Cuma Tamatan SD. Merahputih.com – https://goo.gl/93TgyJ

 

Sumber Gambar:

  • Pengusaha Sukses Lulusan SD – https://goo.gl/8veN4K
  • Eka Tjipta Widjaja – https://goo.gl/NMmJcR
  • Lanny Siswadi – https://goo.gl/AYm7G1