Menjadi emiten industry komponen otomotif yang bertahan empat dekade, bagaimana prospek PT Selamat Sempurna (SMSM) di tengah new normal?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Analisis Fundamental

Sebagai salah satu emiten industri komponen otomotif, selama hampir empat dekade sejak didirikan pada 1976, PT Selamat Sempurna dengan bisnis utama memproduksi radiator bermerek dagang ADR dan filter bermerek dagang SAKURA, memproduksi produk berkualitas seperti pipa rem, pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, knalpot kendaraan juga alat-alat atau perlengkapan (spare parts) kendaraan bermotor, alat-alat berat, dan mesin lainnya serta kegiatan distribusi.

SMSM tumbuh sebagai produsen komponen otomotif yang terkemuka di Indonesia dengan keanekaragaman produknya yang berkualitas, terutama filter dan radiator, dengan pasar internasional yang meliputi lebih dari 120 negara tujuan ekspor.

Kepemilikan SMSM (per 31 Desember 2019) dipegang PT Adrindo Intiperkasa 58,13% dan masyarakat 41,87%.

Konflik perdagangan AS-Tiongkok yang berkepanjangan, isu-isu geopolitik, dan pandemi COVID-19 yang terjadi secara global menambah ketidakpastian dan tantangan dalam pasar global dan domestik pada tahun 2020, termasuk industri komponen.

Prospek Diversifikasi Bisnis PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) 02

[Baca Juga: Prospek Diversifikasi Bisnis PT Astra Internasional Tbk (ASII)]

 

Dampak dari pandemi yang terjadi secara global dengan model bisnis yang baik dan keunggulan kompetitif yang dimiliki, SMSM berhasil bergerak cukup stabil di tahun 2020 ini.

Model bisnis yang teruji waktu dan kebijakan manajemen risiko yang efektif akan memungkinkan Perseroan untuk melewati masa-masa sulit dan terus bertumbuh meskipun peluang pertumbuhan pendapatan cenderung relatif terbatas pada tahun 2020.

Pemulihan permintaan paling cepat juga sudah terlihat dari pasar Amerika Serikat. Ini juga efek dari perang dagang AS-China dimana tarif bea masuk penyaring atau filter serta radiator Indonesia ke AS masih 0%.

Sebaliknya, untuk produk asal China dikenakan 20% hingga 30%. Emiten diketahui akan fokus ke existing market.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Kinerja Keuangan PT Selamat Sempurna Tbk.

Memiliki Kinerja keuangan yang kuat dengan rekam jejak yang baik atas pertumbuhan yang konsisten dan menguntungkan selama pandemi ini, berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroan, SMSM di Q3 2020 mencatatkan pertumbuhan tipis Rp 3,2 triliun atas Aset sebesar 4,2% dari September 2019 di Rp 3,1 triliun.

Peningkatan ini berasal dari kas, piutang, investasi pada entitas asosiasi dan persediaan.

Aset SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

SMSM juga mencatatkan pertumbuhan terhadap revenue di kisaran -17% yang ini cukup stable untuk 2020 ini. Dari sisi profitabilitasnya, GPM SMSM turun tipis dari tahun sebelumnya.

Dari sisi raw material yang mengalami penurunan dibandingkan dengan periode Desember 2019 ini akan menguntungkan SMSM.

GPM SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

Penjualan SMSM untuk produk penyaring atau filter serta radiator bertumbuh cukup baik pada Q3 2020 dibandingkan dengan Q2 2020. Bahkan, penjualan radiator mampu meningkat 50% secara kuartalan.

Penjualan segmen filter turun sekitar 16,2% dibanding Q3 2019 menjadi Rp 1,7 Triliun. Penjualan segmen radiator turun sekitar 5,2%. menjadi Rp 235 miliar.

Penjualan segmen karoseri mengalami koreksi dalam sekitar 69,3% menjadi Rp 58 miliar dan penjualan segmen produk lainnya seperti karet, plastisol, pipa rem dan pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot dan lainnya mengalami penurunan 26,3% menjadi Rp 210 miliar.

Revenue SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

Untuk kondisi liabilitas SMSM pada Q3 2020 berada pada Rp 642 miliar yang turun 3,3% dari tahun 2019. Sejalan dengan penurunan penjualan, beban pokok penjualan menurun pada tahun 2020.

Beban pokok penjualan mencapai sebesar Rp 1,59 triliun, turun 18,55% dibandingkan Rp 1,95 triliun di tahun 2019.

Dari sisi Beban Umum dan Administrasi mengalami penurunan Rp 111 miliar namun dari Beban Operasional lainnya mengalami kenaikan yang signifikan selama pandemi yakni naik 231% menjadi Rp 39 miliar

Liabilitas SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

Dari pos Ekuitas mengalami peningkatan tipis menjadi Rp 2,5 triliun meningkat 6,3% dari tahun 2019 di periode yang sama.

Ekuitas SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

Untuk melihat apakah saham ini tergolong mahal/murah, kita bisa melihat valuasi Price Book Value (PBV) nya yang ada di 3,5x, SMSM saat ini sudah dihargai cukup wajar untuk di sektor ini namun potensi kenaikan tidak terlalu tinggi.

Untuk Price Earning Ratio SMSM ada di 45,6x yang menandakan SMSM dihargai lebih mahal daripada tahun 2019.

Recovery dari segmen otomotif sepertinya masih belum baik hingga tahun depan, jika industri global nantinya sudah membaik maka ekspor akan pulih kembali.

PBV n PER SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

Untuk Return on Equity SMSM pada 2020 ada di 8% yang jatuh dibanding tahun 2019. SMSM di Q3-2020, membukukan penurunan cukup dalam atas laba periode berjalan yang tercatat Rp 164 Miliar terkoreksi 14% dibanding Q3 2019.

ROE SMSM

SMSM Data: rivankurniawan

 

Analisis Teknikal PT Selamat Sempurna Tbk.

Hingga perdagangan market Sesi I – 11 Desember 2020 tren IHSG terkoreksi tipis 0,05%.

SMSM diperdagangkan pada harga 1340/lembar terkoreksi 4,6% dalam 1 minggu terakhir, frekuensi perdagangan yang tidak terlalu besar dengan volume tipis.

Pergerakan harga sejak Mei hingga November terlihat bullish, selama 3 bulan terakhir menguat 13,1% dan YTD masih minus -10,1% dikarenakan kinerja kuartal IV yang cenderung menurun dibanding tahun lalu, namun sudah membaik jika dibanding kuartal sebelumnya, permintaan untuk ekspor sudah mulai dipenuhi oleh SMSM untuk pasar Amerika hingga Thailand.

Ini menjadikan sentimen positif terhadap harga saham emiten ini.

Penguatan IHSG dan saham dari industri otomotif termasuk SMSM cenderung belum akan recovery di 2020 bahkan 2021 jika dilihat dari pola konsumsi masyarakat selama PSBB, pandemi mengantarkannya dari harga 1010/lembar (Maret) ke harga 1000/lembar (November).

Teknikal SMSM

 

Jika melihat rentang daily, Indikator MACD berada di atas garis nol dengan volume sell yang cukup menguat beberapa hari terakhir, jika harga bisa memantul di hari berikutnya, ada sinyal pullback yang berarti saham koreksi menuju titik support-nya untuk melanjutkan tren naik.

Saat ini menuju harga breakout di rentang support-nya 1356. Kemungkinan bullish bisa terjadi lagi jika pasar masih berharap SMSM untuk window dressing dan prospek masa depan terhadap industri otomotif dan ekspor.

Indikator Stochastic menggunakan kerangka waktu daily terlihat sinyal potensi sell, SMSM saat ini berada diatas Moving Average.

Untuk indikator EMA (20), EMA (50) dan EMA (100) membentuk pola bullish. Jika penurunan saat ini adalah sinyal pullback maka 2021 nanti masih berpeluang harga akan menguat.

Sentimen untuk industri ini cukup netral karena prospek masa depan otomotif yang bergantung kepada permintaan domestik dan ekspor ke pasar Amerika Serikat hingga Thailand.

Jika harga terus koreksi melewati 1356, maka berpotensi terus koreksi ke 1262.

 

Outlook PT Selamat Sempurna Tbk.

Industri otomotif dan pendukungnya sangat tertekan selama pandemi COVID-19, namun pelonggaran lockdown yang sudah dilakukan oleh beberapa negara sehingga proses pengiriman saat ini sudah cukup baik.

Produk utama perseroan yakni radiator juga mengalami peningkatan penjualan sekitar % pada Q3 2020 dibandingkan dengan Q2 2020.

Ketidakpastian situasi ekonomi makro dan global terlebih di masa pandemi COVID-19, adanya persaingan di sektor otomotif serta tren disruptif, termasuk digitalisasi dan elektrifikasi akan menjadi tantangan bagi SMSM.

Laju ekspor yang berpotensi mulai membaik pada 2021 membuat kontribusinya bagi cadangan devisa meningkat. Diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tingkat inflasi, ini akan mencerminkan meningkatnya laju daya beli dan konsumsi masyarakat pada 2021.

Prospek Diversifikasi Bisnis PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) 03

[Baca Juga: Bukan Hanya Astra, Ini Dia Emiten Sektor Otomotif Lainnya]

 

Setelah kegiatan ekonomi akan berjalan normal, pariwisata mulai aktif dan ekonomi dunia akan kembali tumbuh diikuti oleh negara-negara berkembang lainnya akan berdampak positif untuk industri otomotif dan komponennya.

Kegiatan pemasaran di zaman digital juga berperan penting dalam mendekatkan produk-produk Perseroan ke konsumen serta mempertahankan posisi kepemimpinan Perseroan dalam pasar yang makin kompetitif.

Selain itu, dengan fasilitas produksi yang terintegrasi secara vertikal, yang dimulai dari desain awal produk, pembuatan peralatan dan cetakan, pengujian mutu produk di laboratorium, sampai menjadi produk jadi, serta didukung kerjasama dan bantuan teknik dari produsen-produsen produk otomotif terkemuka di dunia internasional seperti, Tokyo Radiators Mfg. Co. Ltd., Tennex Corp., Donaldson Company Inc., dan Sueyoshi Kogyo Co. Ltd., Perseroan dapat memenuhi berbagai spesifikasi produk sesuai dengan permintaan pasar.

 

Kesimpulan

Harapan pemulihan penjualan PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) hingga tahun ke depan sepertinya belum menunjukkan perbaikan secara signifikan jika segmen konsumsi transportasi masih lesu, terlebih masyarakat yang cenderung lebih jarang keluar rumah selama 2020 dan industri pariwisata yang belum recovery seutuhnya.

Emiten masih memiliki tantangan jika menyangkut bisnis yang berhubungan dengan konsumsi masyarakat dan pariwisata, namun emiten ini memiliki kinerja yang baik sebelum adanya pandemi COVID-19.

Maka setelah pandemi reda dan konsumsi kembali normal, emiten ini bisa diprediksi akan kembali berkinerja baik pertumbuhan topline dan bottom-line yang seimbang yang secara konsisten memberikan nilai jangka panjang.

 

Disclaimer on: Penyebutan nama saham tidak bermaksud memberikan opsi buy/sell atau pun rekomendasi untuk saham tertentu. Artikel menunjukkan fakta dan analisa dari penulis berdasarkan laporan keuangan dan diambil dari sumber dianggap tepercaya. Data dapat berubah tergantung kondisi. Seluruh tulisan dan tanggapan adalah opini pribadi.

 

Itulah analisa saham SMSM dan prospeknya ke depan yang bisa membantu pertimbangan investasi Anda. Punya pertanyaan? Anda bisa tanyakan dalam kolom komentar.

Anda juga bisa bergabung dalam grup komunitas belajar saham Finansialku untuk info terbaru dan diskusi mengenai saham dengan praktisi dan pakarnya.

 

 

Sumber Referensi:

  • Aplikasi IPOTGO
  • Annual Report PT Selamat Sempurna (SMSM) (www.idx.co.id)
  • Bisnis.com

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi ChartNexus
  • Consolidated Financial Statements PT Selamat Sempurna (SMSM), September 2020
  • https://bit.ly/3ncGuQq
  • https://bit.ly/3434bTB
  • https://bit.ly/3oAPJKi