Apakah Anda sudah tahu apa itu soho dan kondotel? Lalu bagaimana dengan perbedaan memiliki soho vs kondotel?

Jika Anda sedang tertarik dalam investasi properti, soho dan kondotel menjadi produk yang sedang menjadi tren belakangan ini.

Mari simak artikel Finansialku kali ini yang akan membahas tuntas mengenai perbedaan antara soho vs kondotel. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Soho

Apakah Anda pernah berandai-andai merasakan pergi bekerja tanpa menggunakan kendaraan?

Terlebih lagi jika tempat Anda bekerja merupakan tempat yang mirip, bahkan sama dengan rumah Anda?

Jika hal itu terjadi, tentu Anda dapat menghemat waktu perjalanan menuju kantor. Selain itu, Anda bisa memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga.

Kini, terdapat sebuah properti yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan itu semua. Soho jawabannya!

Bagi Anda yang senang mengetahui berita baru dari Amerika atau dari luar Indonesia, mungkin kata soho sudah tidak asing.

Namun, masih banyak di antara kalian yang masih belum mengetahui apa itu soho.

Soho ini merupakan salah satu jenis properti yang sedang tren di Indonesia. Soho, atau biasa disebut Small Office Home Office adalah sebuah rumah dan kantor yang dijadikan satu tempat dengan fungsi ganda.

Jadi, soho adalah suatu hunian seperti apartemen atau rumah yang dilengkapi berbagai macam fasilitas kantor.

Soho vs Kondotel 02

[Baca Juga: Antara Investasi Kondotel vs Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan?]

 

Namun, bagaimana dengan izin soho tersebut? Tenang saja, para pemilik soho ini mempunyai izin legal untuk menggunakan rumahnya atau apartemennya sebagai tempat tinggal atau kantor.

Siapa saja sih yang biasa menggunakan soho? Orang-orang yang memiliki profesi sebagai arsitek, penulis, desainer, koki, fotografer dan berbagai macam profesi lainnya yang biasa menggunakan soho sebagai tempat kerja mereka.

Dengan adanya soho ini, diharapkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja dapat ditingkatkan.

Hal yang paling utama adalah dari segi waktu. Dengan adanya soho ini, kita dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk pulang pergi dari kantor ke rumah.

Selain itu, soho ini juga meningkatkan efisiensi dari segi biaya transportasi yang bisa dihemat. Kita pun dapat lebih fleksibel mengatur waktu dengan keluarga.

 

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa merencanakan masa depan sangatlah penting.

Untuk mencegah kesalahan dan merencanakan masa depan dengan matang, Finansialku akan memberikan beberapa tips untuk membuat perencanaan keuangan usia 30-an.

Langsung saja download ebook berikut ini, GRATIS!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda dapat mengetahui hal apa saja yang harus Anda rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

 

Kondotel

Apakah terdapat properti selain soho yang bisa memunculkan nilai kepraktisan di kehidupan? Kondotel jawabannya!

Namun, apakah kondotel sama dengan soho yang akan memunculkan kepraktisan dalam hidup?

Ternyata, kondotel adalah kepanjangan dari kondominium dan hotel. Jadi, kondotel ini merupakan bangunan yang terdiri dari unit-unit layaknya apartemen.

Dari setiap unit-unit tersebut, disediakan dapur, ruang duduk, kamar layaknya sebuah apartemen. Tetapi, kondotel menyiapkan fasilitas-fasilitas yang mirip dengan hotel.

Apa saja fasilitas itu? Cukup banyak, mulai dari kolam renang, spa, restoran, meeting rooms, dan fasilitas lain seperti yang disediakan oleh hotel berbintang lima.

Fasilitas kondotel tersebut dibuat sedemikian banyak dan mewah hanya semata-mata untuk kenyamanan pengguna dari kondotel tersebut.

Soho vs Kondotel 03

[Baca Juga: Mau Cari Tempat Tinggal? Baca Dulu Cara Membeli Apartemen Bersubsidi]

 

Setiap unit dari kondotel tersebut kemudian akan dijual kepada investor yang tertarik untuk menanamkan uangnya di kondotel.

Kemudian, unit-unit kondotel ini akan dikelola oleh operator hotel yang akan memasarkan dan menyewakan secara harian kepada tamu-tamu yang akan menginap nantinya.

Kondotel memang akan difungsikan seperti hotel berbintang, karena terdapat fasilitas-fasilitas yang tersedia di hotel.

Sederhananya, kondotel ini dapat diartikan seperti kondominium/apartemen yang diolah dan disewakan seperti hotel.

Keuntungan dari membeli kondotel (kondominium hotel) ini merupakan salah satu cara untuk berinvestasi yang nantinya akan mendapatkan keuntungan melalui:

 

#1 Hasil Operasional

Bisakah Anda bayangkan jika kondotel yang dimiliki akan disewakan setiap harinya ke tamu hotel yang berbeda?

Tentu saja, tamu hotel akan dikenakan biaya menginap yang jika dikumpulkan akan menjadi imbal hasil dari investasi kondotel Anda.

 

#2 Menginap Gratis

Dengan memiliki kondotel, Anda tidak perlu repot-repot mencari tempat untuk menginap. Anda dapat menginap di kondotel sendiri, yang letaknya pasti strategis.

 

#3 Harga Unit yang Meningkat

Karena harga rumah terus meningkat, maka sudah pasti harga unit dari kondotel pun akan meningkat. Belum lagi kondotel memiliki fasilitas dan kenyamanan setingkat hotel.

Peningkatan harga saja dapat mencapai 20 persen per tahunnya.

 

Soho vs Kondotel, Pilih Mana?

Jika Anda ingin berinvestasi properti namun bingung mana yang lebih baik dipilih antara soho atau kondotel, mari kita simak perbedaan di antara kedua properti yang sedang tren belakangan ini.

Menurut CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hratono, mengatakan bahwa properti yang paling menarik baik secara fisik maupun pengelolaan dan potensi investasi, pasti banyak dilirik.

Konsep properti small office home office ini, kembali populer di Indonesia karena PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) membangun sebuah soho di Jakarta.

Dengan adanya soho di Indonesia ini menjadi tambahan pilihan bagi konsumen dan investor properti.

Menurut Hendra, jika ia dihadapi antara pilihan soho dan kondominium meskipun sama-sama bisa dijadikan tempat bisnis, Hendar menyarankan untuk memilih soho.

Mengapa? Menurut Hendra, soho sudah mulai diterima masyarakat Indonesia dan “hidup” di area yang padat aktivitas bisnis dan komersial. Hal ini disebabkan karena soho pada dasarnya merupakan ruko yang dijadikan high rise building.

Soho juga sesuai untuk para pebisnis pemula atau untuk perusahaan start up (rintisan) yang tidak dapat dipungkiri, jumlahnya semakin meroket.

Selain itu, soho dapat dikantongi dengan rentang harga antara Rp600 juta sampai Rp1,5 miliar dan Anda sudah mengantongi dua fungsi rumah dan kantor dalam satu properti.

Soho vs Kondotel 04

[Baca Juga: Mau Beli Apartemen Rp 200 Juta, Buat Dulu Perencanaan Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Bagaimana dengan kondotel? Apakah tidak semenguntungkan soho?

Sebenarnya, kondotel akan cocok jika Anda berinvestasi di tempat wisata, seperti di Bali, Lombok, Bandung, Yogyakarta dan tempat wisata lainnya.

Di tempat yang penuh akan wisatawannya, kondotel banyak dibangun karena sudah pasti banyak turis yang rela merogoh kocek dalam demi kenyamanan untuk berlibur.

Jika kondotel dibuat bukan di lokasi favorit atau sebut saja bukan di lokasi wisata, maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan modal, apalagi mendapatkan imbal hasil.

Di lokasi wisata yang paling sering dikunjungi saja, modal kembali membutuhkan waktu setidaknya 8 hingga 10 tahun dengan asumsi tingkat hunian lebih dari 70 persen.

 

Carilah Informasi yang Banyak Saat Akan Berinvestasi

Penting sekali bagi Anda yang akan mulai berinvestasi untuk mencari informasi tentang investasi yang akan Anda ambil.

Ketahui produknya, keuntungannya, dan juga kerugiannya. Bila perlu, lakukan riset maksimal secara menyeluruh.

Pastikan juga rencana keuangan yang sudah dilakukan supaya Anda dapat mencocokkan dengan jumlah investasi yang akan Anda ambil.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui perbedaan dan perbandingan antara soho vs kondotel. Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahuinya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pengertian Soho. Definisimenurutparaahli.com – https://goo.gl/3rAE4K
  • Admin. Pengertian Kondotel (Condotel/Condominium). Okeproperti.co.id – https://goo.gl/VScSiw
  • Hilba B Alexander. 7 Maret 2016. Pilih Soho atau Kondotel. Kompas.com – https://goo.gl/D4Bzo1

 

Sumber Gambar:

  • Soho vs Kondotel 1 – https://goo.gl/iEuj7N
  • Soho vs Kondotel 2 – https://goo.gl/NoGmnW
  • Soho vs Kondotel 3 – https://goo.gl/4eG7uL
  • Soho vs Kondotel 4 – https://goo.gl/poYpYB