Kemampuan tawar menawar umumnya dimiliki oleh kaum hawa, khususnya para ibu-ibu. Tapi, sudahkah Moms tahu bagaimana trik tawar menawar yang tepat?

Tenang, kalau memang Moms belum terbiasa mempraktikkan trik tawar menawar, simak artikel Finansialku berikut ini yuk! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mau Untung? Inilah 8 Trik Tawar Menawar di Pasar

Hallo Moms, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.

Oiya, gimana kabar dapurnya? Hehe… Masih amankah dengan berbagai macam persediaan barang dan makanan?

Kalau stok menipis, jangan dibiarkan habis ya. Lebih baik segera atur jadwal untuk belanja deh supaya situasi dapur tetap aman dan terkendali. 

Ngobrolin tentang belanja, apakah Moms termasuk tipe yang suka tawar menawar ketika membeli sesuatu atau membayar sesuai harga yang ditawarkan?

Meski trik tawar menawar identik dengan ibu-ibu, ternyata tidak semua mau dan berhasil mempraktikkannya lho.

Apalagi jika kita berbelanja di pasar tradisional, mungkin terlihat mudah tapi nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kok bisa dibilang enggak mudah sih? Biasanya ketika Moms melakukan proses tawar menawar, seringkali muncul hambatan yang dirasakan.

Misalnya saja ketika salah tawar atau terlalu rendah menawar harga, bisa jadi penjual tidak terima dan marah. Maksudnya ingin untung malah buntung deh.

Trik Tawar Menawar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Tips Investasi untuk Ibu Rumah Tangga Ala Finansialku]

 

So, kali ini saya akan mengulas tentang trik tawar menawar di pasar supaya Moms bisa mendapatkan barang atau makanan yang diinginkan dengan harga terjangkau ya.

Tapi sebelum itu, sudahkah Moms membuat catatan keuangan hari ini?

Ingat ya Moms, pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Moms bisa melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan uang keluarga yang dimiliki.

Dengan kata lain, Moms bisa lebih jeli saat mengontrol arus keuangan keluarga. Jika ingin lebih mudah, jangan lupa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang sangat membantu Moms untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk soal catatan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Moms dapat mengetahui hal apa saja yang dapat direncanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Hal ini pun penting mengingat peran Moms sebagai “bendahara” keluarga yang harus bisa mengatur uang sedemikian rupa agar cukup dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Meskipun terlihat mudah, masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan saat mempraktikkannya.

Itulah mengapa Moms sangat disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Moms bisa mempelajarinya dari berbagai sumber relevan yang terpercaya, salah satunya ialah ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Lalu, tunggu apalagi? Yuk segera miliki dan praktikkan sekarang juga, Moms!

Nah, sekarang mari kita bahas tips tawar menawar. Enggak ada salahnya mencoba tips berikut ini, check it out!

 

#1 Lakukan Survei

Survei? Hmm pasti bingung ya apa maksud dari survei itu.

Begini Moms, ketika berbelanja ke pasar, biasanya Moms akan membawa daftar belanja yang harus dibeli.

Nah, ingat Moms, jangan langsung terburu-buru untuk membelinya di satu tempat.

Ada baiknya Moms lakukan pengecekan harga ke beberapa penjual yang menyediakan barang atau makanan yang Moms inginkan.

Moms bisa kunjungi tiga sampai empat penjual supaya perbandingannya lebih terlihat dan tentukan deh penjual mana yang paling murah menawarkan harga.

Eits tapi, jangan terlalu banyak melakukan surveinya ya, karena nanti Moms akan bingung sendiri untuk menentukannya dan waktu akan terbuang percuma.

Trik Tawar Menawar 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cerdas, Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga Meski Harga Bahan Makanan Naik]

 

#2 Cobalah ‘Mengambil Hati’ Penjual

Seperti dilansir dari Moneysmart.id, meskipun ada istilah pembeli adalah raja, tetap saja sebagai pembeli harus bersikap baik dan berusaha ‘mengambil hati’ penjual, misalnya dengan membuka obrolan ringan.

Moms bisa melakukannya dengan memberikan pujian seperti, “Hebat ya Bu, sudah usia lanjut masih tetap semangat dan kuat untuk berjualan” dan sejenisnya.

Oiya, jangan terlalu berlebihan ya. Karena khawatinya nanti penjual malah merasa dipermainkan dan dianggap tidak niat membeli melainkan hanya basa basi saja.

Jadi lakukan sewajarnya aja ya Moms.

 

#3 Jangan Emosi

Sikap baik yang harus dilakukan selanjutnya adalah menahan emosi.

biasanya diperlihatkan pembeli dengan bersikap ‘nyolot’ atau ‘nyinyir’ kepada penjual.

Itulah kenapa proses tawar menawar terbilang susah-susah gampang, karena kita tidak bisa sembarangan menawar.

Mendapat barang yang dibutuhkan dengan harga lebih murah memang menyenangkan, ada kepuasan hati dan tentunya hemat pengeluaran.

Tapi, bukan berarti menghalalkan segala cara.

Sebagai pembeli, Moms juga berusaha memahami kondisi penjual yang sedang mencari nafkah.

Biasanya, jika pembeli sudah mulai emosi, nantinya penjual pun akan terpancing emosinya deh

 

#4 Coba Menawar Setengah Harga

Proses tawar menawar bisa dilakukan dengan langsung menawar setengah harga.

Tenang, ini bukan bermaksud sadis ya. Hal ini merupakan trik yang bisa membuat penjual memberikan harga lebih rendah.

Dengan menawar setengah harga, tentunya penjual akan menolak atau tidak memperbolehkan

Lalu dimulailah tawar menawar hingga ditemukan harga yang disepakati untuk kedua belah pihak yaitu penjual dan Moms sebagai pembeli.

 

#5 Berpura-Pura Pergi

Trik selanjutnya adalah cara klasik yang terbilang ampuh sampai saat ini.

Trik berpura-pura pergi atau berlaga tidak butuh membuat penjual tidak merasa di atas angin.

Ibarat “Saya enggak butuh banget kok, enggak beli di penjual A pun masih bisa membeli di yang lain,”.

Ketika trik ini dilakukan, biasanya penjual akan mencegah Moms berpaling ke penjual lain dengan mencari kesepakatan harga yang baru supaya tetap membeli ke penjual tersebut.

Trik Tawar Menawar 04 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! 11 Tips Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil]

 

#6 Gunakan Bahasa Daerah

Enggak asing lagi kan dengan trik ini? Yup, menggunakan bahasa daerah biasanya akan mempengaruhi harga jual.

Apalagi jika Moms sedang bertandang ke luar kota dan berbelanja oleh-oleh khas daerah tersebut.

Jika Moms terlihat seperti pendatang karena tidak menggunakan bahasa daerah, biasanya penjual menawarkan harga cukup tinggi.

So, ketika Moms mengerti bahasa lokal daerah tersebut, gunakan saja agar terasa lebih akrab.

Enggak ada salahnya mengakrabkan diri sama penjual lho! Trik ini juga bisa dipraktikan untuk penjual asal daerah lain yang berjualan di kota asal Moms.

Misalnya penjual asal Bandung yang berjualan di Pasar Tanah Abang. Moms bisa tawar menawar pakai bahasa Sunda.

Biasanya penjual akan memberikan harga miring karena merasa satu kampung halaman.

 

#7 Memborong Produk

Penjual biasanya akan memberikan harga yang miring ketika Moms membeli barang yang diperlukan dalam jumlah cukup banyak.

Seperti hukum ekonomi, penjual ingin mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya dan pembeli ingin memperoleh barang dengan harga yang seminim mungkin.

Tidak ada salahnya, coba untuk tawar barang dengan membeli dalam jumlah lebih banyak.

Misalnya, jika satu ikat kangkung dihargai Rp3 ribu, Moms bisa tawar menjadi tiga ikat seharga Rp6 ribu.

Trik ini biasanya berhasil karena dagangan mereka akan cepat habis. Apalagi sayuran yang cepat layu.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#8 Menjadi Langganan dan Membantu Merekomendasikan

Inilah trik terakhir yang biasanya dilakukan oleh para pembeli, yaitu mengatakan akan menjadi langganan dan merekomendasikan produk yang dibelinya ke banyak orang.

Secara tidak langsung, Moms membantu mempromosikan produk tersebut.

Siapa sih penjual yang tidak ingin mempunyai langganan atau pelanggan tetap?

Pastinya mereka berlomba untuk mendapatkannya. Karena itulah, Moms bisa memanfaatkan hal ini.

Aktivitas berbelanja memang sulit untuk dihindari terutama bagi perempuan ya Moms.

Karena itu sebisa mungkin perempuan mengatur arus pengeluarannya untuk berbelanja dan berusaha mendapatkan harga yang miring supaya masih ada sisa dari budget untuk ditabung atau membeli keperluan lainnya.

Basically, tidak ada yang melarang kok dilakukannya proses tawar menawar, selagi Moms mengerti trik-triknya.

Jangan sembarangan juga ketika menawar harga ya, pikirkan kondisi penjual.

 

Yuk Moms, Terapkan Trik Tawar Menawar

Gimana Moms? Sudah terinspirasi untuk menerapkan trik tawar menawar ini?

Oiya, ada kepuasan tersendiri lho Moms ketika bisa membeli barang yang diinginkan dengan harga murah.

Selain kepuasan secara batin, pastinya Moms juga lebih hemat dan akhirnya untung deh. Selamat mencoba ya!

 

Punya trik tawar menawar lainnya? Share dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini ya.

Bagikan artikel ini kepada Moms lainnya supaya mereka juga bisa menerapkan trik tawar dan mendapatkan keuntungan.

 

Sumber Referensi:

  • Tifanny. 2 Juni 2017. Belanja di Pasar Bakal Makin Untung Kalau Punya 8 Trik Tawar-Menawar Ini. Moneysmart.id – https://goo.gl/1A8tpj

 

Sumber Gambar:

  • Trik Tawar Menawar 1 – https://goo.gl/VB9ets
  • Trik Tawar Menawar 2 – https://goo.gl/jZFyBf
  • Trik Tawar Menawar 3 – https://goo.gl/FXqPgj
  • Trik Tawar Menawar 4 – https://goo.gl/TGanka