Ternyata, positive thinking atau berpikir positif dapat membantu kita menjadi lebih sejahtera. Bagaimana caranya, kok mikir positif (positive thinking), dapat membuat seseorang menjadi lebih sejahtera?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Berpikir Positif (Positive Thinking) dalam Hal Keuangan Keluarga

Berpikir positif (positive thinking) adalah cara yang sangat hebat untuk membangun kesuksesan finansial. Ketika seseorang mengubah cara pandang keuangan menjadi lebih positif, Anda akan melihat uang dari segi yang berbeda dan cara Anda mengelola keuangan.

5-cara-positive-thinking-yang-dapat-membuat-anda-lebih-sejahtera-finansialku

[Baca Juga: Melihat Uang dari Sudut Pandang yang Berbeda]

 

Seseorang yang memiliki pola pikir negatif mengenai uang, seperti membenci uang dan membenci orang kaya akan sangat merugikan. Orang tersebut tidak akan pernah berubah menjadi lebih sejahtera jika masih memiliki pola pikir negative terhadap uang.

Ketika seseorang berpikir positif (positive thingking) ada kekuatan yang membuat Anda dapat melihat uang berada, mengetahui cara mengelola uang dengan lebih baik dan Anda akan menemukan cara yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan finansial. Tidak sedikit orang yang jatuh secara moral, saat menghadapi krisis atau badai finansial keluarga, barusan di PHK atau menjelang pensiun.

Berikut ini 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap berpikir positif (positive thinking) dalam mengurus keuangan:

 

#1 Mulai dengan Mensyukuri Keadaan Anda Saat Ini

Kami meyakini ada dua hal yang membuat seseorang tidak bahagia yaitu lupa bersyukur (dan berterima kasih) serta membandingkan dengan orang lain. Luangkan waktu Anda untuk introspeksi, melihat kehidupan Anda dan dunia tempat kita tinggal. Siapkan waktu untuk meyadari bahwa banyak hal yang luar biasa, mulai diberi keluarga, kesehatan, pekerjaan, teman, koneksi, teknologi yang mempermudah hidup dan lain sebagainya.

Mau Sehat Keuangan Sebelum Lebaran Ikuti 8 Tips Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Membangun Keluarga yang Bahagia dan Sejahtera]

 

Mensyukuri keadaan Anda saat ini, bukan berarti Anda berhenti untuk melakukan perbaikan. Justru karena Anda bersyukur, Anda akan lebih mudah melakukan perbaikan. Anda akan mendapatkan lebih banyak harapan akan masa depan yang lebih baik (termasuk masa depan finansial) jika Anda mampu mensyukuri kondisi sekarang.

 

#2 Lakukan Visualisasi Tujuan Anda

Setiap orang yang ingin sukses, mulai dari atlet, para Direktur yang memimpin perusahaan, para motivator, pasti akan memvisualisasikan tujuan mereka. Ubah mimpi yang ada di pikiran Anda menjadi sebuah kenyataan dengan cara menggambarkan atau visualisasi. Apa saja yang dapat dilakukan untuk memvisualisasi mimpi Anda:

  • Miliki rencana keuangan (financial planning) sebagai arahan, peta dan petunjuk untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda. Silahkan coba Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda merencanakan keuangan.
  • Buat anggaran pengeluaran bulanan Anda. Atur anggaran untuk donasi (beramal, zakat atau perpuluhan), anggaran untuk investasi, anggaran untuk keperluan pribadi termasuk liburan keluarga. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu mengelola keuangan termasuk membuat anggaran.
  • Buat anggaran pemasukan dan skema darimana saja sumber pemasukan Anda. Mungkin saat ini Anda baru mengoptimalkan penghasilan aktif, Anda harus mengenal jenis penghasil investasi dan penghasilan pasif.
  • Anda perlu menggambarkan kondisi yang lebih ideal untuk diri Anda, misal memulai pagi dengan berolahraga (agar Anda tidak mudah terkena penyakit), sarapan yang bergizi, mengurangi frekuensi minum kopi, mengurangi rokok. Beberapa kebiasaan baik, ternyata dapat mengurangi biaya bulanan.
  • Bayangkan juga rencana B untuk kondisi-kondisi yang tidak diharapkan, dengan cara menyiapkan dana darurat dan asuransi.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Ucapkan dengan Lantang dan Penuh Keyakinan

Selain membuat gambaran kondisi ideal, katakan dengan lantang tujuan-tujuan keuangan Anda, ulangi lagi dan lagi. Tujuannya adalah agar otak Anda menerima afirmatif positif dan hukum law of attraction mengalir. Menurut Rhonda Byrne dalam bukunya berjudul The Secret mengatakan, seluruh alam semesta dan diri kita akan terdorong sesuai dengan apa yang kita pikirkan.

Infografis 4 Batasi Utang Konsumtif dan Optimalkan Utang Produktif - Finansialku

[Lihat Infografis : Batasi Utang Konsumtif dan Optimalkan Utang Produktif]

 

Coba katakan: saya ingin keluar dari jeratan utang, saya ingin pensiun muda dan kaya, saya ingin menjadi lebih sejahtera, saya ingin mencapai kebebasan keuangan, saya ingin berguna untuk lebih banyak orang dan katakan kata-kata afirmatif positif  lainnya. Setelah itu segera lakukan langkah-langkah perubahan, mulai dari perubahan yang kecil, mudah dan dapat segera dilaksanakan.

 

#4 Tuliskan Pencapaian-Pencapaian dalam Bidang Finasial

Apakah Anda memiliki catatan keuangan Anda sendiri? Mungkin dalam bentuk buku diary? Mungkin Anda tidak perlu mencatat panjang lebar, Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mengecek pencapaian-pencapaian finansial Anda, mulai dari kemana saja Anda membelanjakan uang Anda, bagaimana dengan kondisi investasi Anda, apa saja tujuan keuangan yang sudah tercapai dan lain sebagainya.

 

#5 Bagikan Hal-Hal Positive dengan Berbagi ke Orang Lain

Poin terakhir yaitu bagikan dan tularkan hal-hal positif (positive thinking) kepada sesama. Coba bayangkan seberapa hebatnya jika Anda memiliki pemikiran yang positif (positive thinking) dan tinggal bersama orang-orang yang juga memiliki pikiran positif? Tidak hanya Anda saja yang dapat hidup sukses, tetapi orang-orang disekeliling Anda. Mulailah dengan menularkan aura positif, cara-cara untuk menjadi positif, membantu sesama, beramal (membayar zakat, perpuluhan dan donasi).

 

Positive Thinking adalah Awal yang Baik untuk Menuju Kesejahteraan Finansial

Banyak orang masih bingung apa yang harus dilakukan untuk menjadi lebih sejahtera secara finansial. Salah seorang psikologi dan ahli perdagangan saham, bernama Dr. Alexander Elder mengatakan, bahwa mindset atau pola pikir adalah kekuatan hebat yang dimiliki oleh setiap orang. Kekuatan itu bisa menjadi menghancurkan Anda, jika berpikiran negatif. Dan sebaliknya kekuatan tersebut dapat menguatkan Anda, jika berpikiran positif.

Setelah Anda memiliki pemikiran yang positif, pastikan Anda menjaga pemikiran tersebut dengan cara selalu memulai hari dengan pemikiran positif, membangun lingkungan keluarga, lingkungan kerja yang positif serta menghabiskan waktu bersama orang-orang yang berpikiran positif.

 

Hal-hal apa saja yang membuat Anda cemas dalam hal keuangan keluarga? Apakah Anda sudah menemukan jalan keluar atau solusi untuk menghadapi kecemasan tersebut?

 

Referensi:

  • Laura Callisen. 5 positive thinking methods that can make you rich. Familyshare.com – https://goo.gl/IBr5xE
  • Jane Sanders. How Positive Thinking Can Improve Your Finances. USnews.com – https://goo.gl/NQ3YGS

 

Sumber Gambar

  • Morgan Sessions . Unsplash.com – https://goo.gl/z1LMkh

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang