Cara Cek Saldo Jamsostek untuk Para Karyawan (Panduan)

Bagaimana cara mengecek saldo jamsostek yang sudah kita bayarkan tiap bulannya? Berikut ini Tim Finansialku akan memberikan informasi mengenai cara mengecek saldo jamsostek Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Jamsostek Sudah Berubah Menjadi BPJS Ketenagakerjaan

Tahukah Anda bahwa kini PT Jamsostek sudah bertransformasi atau berubah nama menjadi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau biasa disebut BPJS Ketenagakerjaan? Perubahan nama ini telah diatur oleh Undang-undang No 24 Tahun 2011 mengenai BPJS dan BPJS sendiri adalah lembaga pemerintah yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia yang telah diatur oleh Undang-undang No. 40 Tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional. Begitu pula dengan PT Askes Indonesia juga kini telah berubah nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau juga biasa disebut BPJS Kesehatan.

Lalu bagaimana dengan hasil iuran Jaminan Hari Tua (JHT) yang selama ini dibayarkan ke PT Jamsostek? Bagi Anda yang selama ini telah menyetorkan iuran Jaminan Hari Tua (JHT) Anda ke PT Jamsostek, tidak perlu khawatir karena saldo Anda akan tetap utuh dan tidak hilang. Saldo Anda akan tetap berada di BPJS

Cara Cek Saldo Jamsostek untuk Para Karyawan (Panduan) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Harus Saya Bayar dan yang Ditanggung Perusahaan?]

 

Persamaan Jamsostek dengan BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Keduanya adalah badan penyelenggara jaminan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah. Berdasarkan funded social security, dimana jaminan sosial tersebut didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal.
  2. Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Keselamatan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

 

Jangan Cairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Kalau Anda Masih Muda Jaminan Hari Tua bukan Jaminan Hari Muda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Cairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Kalau Anda Masih Muda: Jaminan Hari Tua bukan Jaminan Hari Muda]

 

Perbedaan Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Jamsostek memiliki program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) sehingga dapat digunakan oleh karyawan atau pegawai beserta keluarganya untuk berobat. Namun untuk BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat digunakan untuk berobat, karena tidak memiliki jaminan kesehatan, jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dari Jamsostek sudah berganti nama menjadi BPJS Kesehatan dan tidak menjadi bagian dari program BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin menggunakan layanan BPJS untuk menjamin kesehatan harus mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan.
  2. Program BPJS Ketenagakerjaan saat ini ada tambahan satu program lagi yaitu program Jaminan Pensiun (JP) yang sebelumnya tidak ada di program Jamsostek.

 

Saldo Jamsostek (JHT) Dapat Dicek Secara Online

Program pemerintah melalui Jamsostek yang kini sudah menjadi BPJS Ketenagakerjaan ini adalah untuk menjamin kemakmuran serta kesejahteraan rakyat Indonesia pada khususnya saat berada pada usia yang sudah tidak produktif atau pada masa pensiun. Dengan kata lain, saldo dari Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan Anda dapat diambil ketika Anda sudah masuk masa pensiun atau tidak bekerja lagi.

Saldo Jamsostek Anda sebetulnya terkumpul dari hasil pemotongan kecil dari gaji Anda setiap bulannya dimana saldo tersebut disebut juga Jaminan Hari Tua (JHT). Lalu, apakah kita bisa mengecek saldo dari JHT tersebut bagaimana caranya mengetahui saldo dari JHT yang sudah dikumpulkan setiap bulannya?

Tentu saja kita bisa mengecek saldo JHT kita karena itu memang hak kita. Selain itu, Jamsostek juga merupakan lembaga yang terbuka dan dapat memberikan berbagai informasi termasuk saldo dari JHT kita.

Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

Melalui rubrik ini, kita akan membahas bagaimana cara mengecek saldo Jamsostek (JHT) dengan mudahnya secara online. Tentu saja Anda perlu mengaktifkan koneksi internet Anda terlebih dahulu, setelah itu, silakan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Setelah Anda menyiapkan nomor KPJ, buka situs resminya di jamsostek.co.id kemudian login dengan cara memasukkan user ID dan password Anda. Apabila Anda belum terdaftar, Anda dapat mendaftarkan diri dengan klik “Sign Up”.
  2. Kemudian, pilihlah keanggotaan tenaga kerja lalu pilih “Setuju” pada halaman Ketentuan Penggunaan Layanan Web Jamsostek. Isi data lengkap Anda pada lembar yang tersedia, setelah itu klik “Daftarkan”.
  3. Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai akun Anda yang telah aktif dan Anda dapat melakukan pengecekan saldo Jamsostek dengan user ID dan password yang telah Anda daftarkan.
  4. Untuk mengetahui informasi saldo Anda, klik “Buku JHT” di bagian kanan atas.

 

Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) dengan Cara Lain

Selain dengan cara online, Anda dapat mengeceknya melalui cara-cara berikut di bawah ini:

Via SMS

Apabila Anda tidak terkoneksi dengan layanan internet, Anda juga dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Anda melalui layanan SMS. Langkahnya pun cukup mudah. Siapkan saja nomor KPJ Anda kemudian daftarkan data Anda untuk mendapatkan nomor ID dengan mengirim SMS dengan format berikut ini:

  1. REG#NoJamsostek#Tgl_Lahir#Nama_Ibu_Kandung.
  2. Kirim SMS tersebut ke 08111009696 lalu akan ada balasan yang berisi nomor ID Anda.
  3. Setelah itu, Anda dapat mengecek saldo JHT Anda dengan cara mengirim SMS dengan format berikut ini:
  4. Saldo#No_Id. Kirim ke 08111009696 dan Anda akan mendapatkan balasan berupa saldo JHT Anda.

 

Via ATM BNI – khusus nasabah BNI

Bagi Anda nasabah BNI, saldo JHT dapat dicek secara real time melalui ATM. Anda hanya dapat mengeceknya saja namun tidak dapat mengambil saldo dari JHT tersebut. 

 

Datang ke kantor Jamsostek

Cara ini adalah cara konvensional dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tentu saja Anda harus mengantre sebelumnya.

 

6 Pertanyaan Seputar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Pertanyaan Seputar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pemula]

 

Mudahnya mengecek Saldo JHT

Sudahkah Anda mengecek saldo JHT Anda? silakan cek saldo Anda melalui berbagai cara yang telah dipaparkan di atas dan nikmati kemudahannya. Sangat disarankan untuk mengeceknya secara online bagi Anda yang memiliki kesibukan dan tidak dapat mengecek langsung via ATM atau ke kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung.

 

Cara manakah yang akan Anda gunakan untuk mengecek saldo JHT Anda? bagikan pengalaman Anda dan bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hasanaji. Cara Mengecek Saldo Jamsostek/ BPJS Melalui Online dan Smartphone. Ilmuonline.net – https://goo.gl/xEpwBW
  • Cara Cek Saldo Jamsostek – BPJS – JHT – Ketenagakerjaan. https://goo.gl/eIlZ3i
  • Rizqia Khoirunisa. Memahami Persamaan dan Perbedaan JAMSOSTEK dan BPJS. PasienBPJS.com – https://goo.gl/Asyl2s
  • Ryan Friska Arisandhi. 21 Februari 2017. Cara Mengecek Saldo Jamsostek atau JHT (Update: BPJS Ketenagakerjaan). Mendetail.com. https://goo.gl/7PqDPr

 

Sumber Gambar:

  • Gedung Jamsostek – https://goo.gl/CJZNXl
  • BPJS dan Jamsostek – https://goo.gl/tmd2Qp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-11-08T10:10:36+00:00 May 9th, 2017|Categories: BPJS, BPJS Ketenagakerjaan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download