Sebagai seorang single parent, tentu para wanita harus bisa mandiri secara finansial. Ingin tahu ide bisnis yang cocok untuk single parents?­­

Di artikel kali ini, Finansialku akan memaparkan sejumlah peluang usaha yang cocok untuk digeluti para single parents. Mari simak pembahasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Single Mom Jangan Khawatir Masalah Finansial!

Seperti yang sudah diketahui, aksi emansipasi dan tuntutan kesetaraan gender semakin menggaung di Indonesia.

Buah dari aksi tersebut dapat dilihat dari banyaknya wanita yang mengenyam pendidikan tinggi hingga berhasil mengejar kariernya seperti para pria.

Kini tak jarang juga ditemukan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang dipimpin oleh lady bosses.

Meski sudah banyak para wanita yang berkarier di luar rumah, tak sedikit juga wanita yang memilih mengurus anak di rumah dan tak memiliki pendapatan pribadi. Akhirnya, mereka pun menggantungkan kondisi finansialnya kepada sang suami.

Namun, ketika rumah tangga terpaksa harus berakhir, banyak ibu rumah tangga yang mulai kelimpungan untuk menafkahi dirinya sendiri.

Menjadi seorang single mom memang tak mudah. Selain harus mengurus anak, ia juga harus memenuhi kebutuhan finansialnya.

Tapi kini single moms tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mendapatkan pemasukan, salah satunya menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur.

Untuk mengetahui ide bisnis apa yang cocok dengan diri dan kondisi Anda, mari kita cari tahu lewat langkah-langkah berikut ini:

 

#1 Gali Potensi Diri

Apakah Anda memiliiki keahlian yang produktif? Sejak jaman dahulu, wanita diharuskan untuk bisa memasak, menjahit, membuat aksesoris serta kerajinan.

Namun di era modern ini, bidang skill wanita semakin luas dan tak terbatas. Tidak jarang kita menemukan wanita yang jago fotografi, bahkan mempunyai kemampuan coding yang identik dengan pria.

Ide-Bisnis-yang-Cocok-untuk-Single-Parents-IT-1-Finansialku

[Baca Juga: Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba Terlaris 2018 Supaya Meraup Keuntungan Besar]

 

Dengan mengetahui potensi diri dan keahlian yang dimiliki, seorang single mom tidak harus khawatir lagi dengan masa depannya. Karena keahlian tersebut bisa bermanfaat dan menghasilkan uang yang cukup besar.

 

#2 Kembangkan Pengetahuan Tentang Tren Saat Ini

Anda harus memperluas pengetahuan Anda tentang tren saat ini, baik dari dunia fashion, kuliner, style make up maupun style rambut, dan apapun yang bisa dijadikan peluang bisnis.

Langkah ini dapat dilakukan oleh para single moms untuk mencari inspirasi usaha yang kemungkinan besar akan laku di pasaran.

Anda bisa mencari segala informasinya di internet, misalnya di media sosial pribadi Anda, membaca-baca website blog yang terkenal, ataupun melihat review para YouTuber.

 

#3 Cari Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Setelah melihat tren saat ini dan mendapatkan inspirasi usaha, Anda tinggal memilih peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari rumah dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Dengan demikian, Anda bisa tetap mencari uang tanpa meninggalkan anak-anak.

Pilihan usaha dengan modal yang minim sangatlah banyak, salah satunya dengan menjadi dropshipper atau reseller online, atau membeli waralaba bisnis travel yang hanya butuh modal kecil.

Sebelum lanjut ke ide bisnis untuk para single moms, ketahui dulu langkah-langkah mengatur keuangan bisnis lewat ebook gratis dari Finansialku berikut ini! Ebook ini sangat cocok untuk Anda yang ingin  mulai berbisnis, Moms!

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

8 Ide Bisnis yang Cocok untuk Single Moms

Kira-kira, ide bisnis apa yang cocok untuk dijalani seorang single mom ya? Ini dia 8 ide bisnis yang bisa menjadi pilihan untuk Anda! Yuk disimak!

 

#1 Content Writer

Jika Anda memiliki skill menulis, Anda bisa menjajaki dunia freelance sebagai content writer.

Sebagai single mom, mungkin Anda tidak tega bila harus meninggalkan anak-anak untuk bekerja full time.

Tapi, dengan profesi ini, Anda tidak harus khawatir kehilangan momen kebersamaan dengan anak-anak Anda. Anda bisa standby di rumah dengan jam kerja yang fleksibel. Anda juga leluasa untuk mengurus pekerjaan rumah, hingga memantau keseharian anak-anak.

Maksimalkan relasi Anda supaya Anda memiliki banyak calon klien yang membutuhkan jasa Anda.

Cara Investasi untuk Freelance agar Dapat Mewujudkan Tujuan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga? Temukan 5 Alasannya]

 

Calon klien biasanya akan melihat review klien-klien sebelumnya, atau bahkan meminta referensi. Oleh karena itu, bangunlah portofolio tulisan Anda dengan menarik.

Walau Anda tidak bekerja di kantor, Anda tetap harus profesional dalam menjalankan pekerjaan ini. Semakin bagus pekerjaan Anda, tentu klien pun akan mempercayakan pekerjaan baru untuk Anda.

Jika ditekuni, bekerja sebagai content writer ini bisa menghasilkan penghasilan yang justru lebih besar dibanding sebagai karyawan kantoran, lho. Uang hasil kerja freelance ini kelak bisa Anda kumpulkan sebagai modal bisnis.

Selain content writer, Anda juga bisa menjadi editor, ghostwriter, atau bahkan menjadi penulis buku.

Kalau Anda suka menulis fiksi, Anda bisa lho membuat novel dan menawarkannya kepada penerbit. Jika sesuai dengan kebutuhan pasar, siap-siap saja royalti mengalir deras ke rekening Anda.

 

#2 Fotografer

Jika Anda gemar berkecimpung di dunia fotografi, Anda bisa coba menjadi fotografer profesional.

Untuk menjadi fotografer, Anda bisa memulainya cukup dengan kamera DSLR sederhana. Jika Anda tidak memiliki kamera, Anda bisa menyewanya di tempat peminjaman kamera ataupun meminjam kamera milik kerabat.

Setelah usaha Anda membuahkan hasil, Anda bisa mulai menyicil untuk beli kamera dan peralatan lain yang diperlukan, seperti lensa jenis lain, flash, maupun softbox.

Ide-Bisnis-yang-Cocok-untuk-Single-Parents-Fotografer-2-Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Beberapa Hal Ini Bisa Anda Pelajari dari The Greatest Showman!]

 

Untuk memulai usaha ini, kumpulkan terlebih dahulu karya-karya Anda dan bentuk portofolio yang dapat memukau para klien.

Bila Anda belum memiliki karya foto, jangan khawatir. Buat saja portofolio Anda dengan meminta sahabat atau keluarga Anda untuk menjadi model fotonya.

Profesi menjadi fotografer tentu sangat cocok bagi para single moms yang ingin mendapatkan uang tanpa harus bekerja kantoran.

Sebagai fotografer, Anda bisa menentukan jadwal sendiri dan hanya perlu bekerja saat ada project yang Anda sanggupi. Bayaran bagi fotografer profesional pun tidak sedikit, lho. Anda bisa menentukan fee per jam, per foto, atau per sesi, tergantung kondisinya.

 

#3 Personal Shopper

Sudahkah Anda mendengar tentang profesi personal shopper?

Personal shopper adalah sebuah profesi di mana seseorang menolong orang lain untuk berbelanja sesuai apa yang mereka inginkan. Profesi yang juga dikenal sebagai penyedia jasa titip barang (jastip) ini sedang tren lho di media sosial. 

Barang yang dibelikan bisa bermacam-macam, mulai dari busana seperti kemeja, baju, celana, gaun atau produk fashion lainnya seperti tas dan sepatu. Ada juga personal shopper yang membelikan barang-barang lain di luar produk fashion.

Hal inilah yang harus ditentukan sebelum Anda memutuskan untuk menjadi personal shopper. Pembelian barang apa saja yang akan Anda layani, apakah seluruh barang atau hanya produk dari brand yang spesifik, berapa harga maksimal barang yang bisa Anda belikan.

Ide-Bisnis-yang-Cocok-untuk-Single-Parents-Personal-Shopper-3-Finansialku

[Baca Juga: 10++ Tips Sukses Mengembangkan Usaha Bisnis]

 

Jasa personal shopper banyak dibutuhkan oleh orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi berbelanja sendiri. Selain itu, biasanya seseorang meng-hire personal shopper untuk membelikan barang yang tidak tersedia di wilayah tempat tinggalnya.

Untuk bayarannya juga sangat fleksibel. Anda bisa mematok bayaran per barang ataupun per sesi belanja. Biaya jasa personal shopper pun sangat beragam, mulai dari 50 ribu rupiah hingga jutaan rupiah per barang.

Profesi ini membutuhkan biaya yang sangat minim. Anda pun hanya perlu menyiapkan dua hal; ongkos dan energi untuk berbelanja. Tentu profesi ini sangat mudah dilakukan. Soalnya, siapa sih wanita yang tidak suka berbelanja?

 

#4 Jualan Online

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Anda bisa menghasilkan uang dengan mencoba peluang berjualan online.

Anda hanya perlu mencari usaha yang paling berpotensi, caranya bagaimana? Dengan melihat kebutuhan pasar. Tidak usah jauh-jauh, lihat saja kebutuhan orang-orang di sekitar Anda.

Ada banyak pilihan dalam berjualan online. Salah satunya menjual produk-produk yang Anda buat sendiri, misalnya baju atau sepatu. Memang membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memproduksi barang yang akan Anda jual. Tapi tentu keuntungan yang didapat juga cukup besar.

Jika Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller dari online shop yang sudah besar.

Cara-Jualan-Baju-Online-1-Finansialku

[Baca Juga: 40 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga, yang Dapat Anda Lakukan. Kalau Bisa Nambah Pemasukan, Kenapa Tidak?]

 

Selain kedua pilihan di atas, Anda juga bisa membeli waralaba bisnis online. Contohnya waralaba bisnis travel online yang kini sedang banyak diminati oleh pebisnis baru.

Untuk mekanismenya, Anda hanya perlu membayar sejumlah uang untuk mendaftar keanggotaan serta membeli paket waralaba dari agen travel besar.

Anda bisa memilih paket yang Anda minati. Apakah Anda ingin berbisnis travel di bidang ticketing, paket wisata, atau voucher hotel, kembali lagi pada preferensi Anda.

 

#5 Social Media Influencer

Kini media sosial bukan hanya berfungsi sebagai saluran komunikasi dan informasi, tapi juga sebagai ladang rezeki bagi sebagian orang.

Seperti yang sudah Anda ketahui, YouTube dan Instagram kini menjadi platform yang banyak melahirkan social media influencer.

Kalau di Instagram kita mengenal influencer sebagai selebrita Instagram (selebgram), di YouTube, kita mengenalnya dengan sebutan YouTuber.

Bagaimana caranya mereka mendapat uang? Mereka dibayar untuk menyisipkan produk-produk iklan di kegiatan keseharian mereka. Oleh karena itu, salah satu syarat untuk menjadi social media influencer adalah dikenal banyak orang yang bisa diukur dari jumlah followers atau subscribers-nya.

Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 25 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Tahun 2018]

 

Jika Anda ingin menjadi social media influencer, Anda perlu mencari satu bidang yang menjadi fokus bagi konten Anda.

Para social media influencer ini biasanya memiliki ketertarikan dan keahlian di suatu bidang. Ada orang yang terkenal karena hobi fotografi, ada yang terkenal akan keahlian make up-nya. Ada pula yang terkenal karena jago menyanyi dan bermain alat musik.

So, bidang apa yang ingin Anda fokuskan? Traveling? Memasak? Parenting? Carilah fokus yang unik, yang masih belum dijamah para social media influencer.

Kunci untuk menjadi social media influencer yang sukses adalah konsisten memproduksi konten yang informatif. Buatlah konten yang dapat menarik banyak followers/subscribers. Semakin besar jumlah followers/subscribers seorang influencer, semakin tinggi juga bayarannya.

Pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja selama terdapat koneksi internet.

 

#6 Berjualan Kue

Para single moms yang suka memasak dan membuat kue, Anda bisa menjadikan hobi Anda sebagai sumber pemasukkan.

Coba untuk membuat kue-kue yang sedang tren di pasaran, misalnya jajanan khas Jepang Tokyo banana, cheese cake lumer, pancake durian, layer crepe cake, macaroon, dan berbagai jenis lainnya.

Ide-Bisnis-yang-Cocok-untuk-Single-Parents-Jualan-Kue-4-Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga? Temukan 5 Alasannya]

 

Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal besar, namun membutuhkan kegigihan. Anda juga harus gencar melakukan pemasaran. Ketahui strategi digital marketing yang harus Anda taklukan di tahun 2018 ini!

 

#7 Penjahit

Jika Anda memiliki kemampuan jahit yang handal, Anda bisa membuka usaha jahit pakaian.

Usaha ini sangat menguntungkan lho, modalnya adalah ketekunan dan mau belajar.

Apabila kemampuan jahit Anda masih belum begitu sempurna, langkah awal sebelum membuka usaha jahit di rumah adalah dengan serius mengikuti program pelatihan menjahit dan terus mengembangkan kemampuan agar lebih bervariasi.

Ide-Bisnis-yang-Cocok-untuk-Single-Parents-Penjahit-5-Finansialku

[Baca Juga: Panduan Praktis! 5 Cara Jualan Baju Online Untuk Pemula]

 

Anda juga harus menentukan, jasa jahit apa saja yang akan Anda layani. Pertimbangannya adalah waktu pengerjaan dan energi yang dibutuhkan. Jika Anda memilih untuk melayani jahit kebaya, dress, dan batik, tentu waktu pengerjaan yang diperlukan lebih lama. Namun, tentu bayarannya juga akan lebih besar.

Jika sudah memutuskan jenis jahitan mana yang akan Anda kerjakan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk modal awal.

Peralatan untuk membuka usaha jahit di rumah tentu saja mesin jahit beserta perangkat pendukungnya. Kelompokkan alat mana saja yang sudah Anda miliki, dengan begitu akan memudahkan pembelian alat lain yang masih dibutuhkan.

 

#8 Make Up Artist

Menjadi make up artist (MUA) adalah pilihan karier yang cocok untuk para single moms yang hobi “bermain-main” dengan makeup.

Perkembangan teknologi dan tren make up saat ini bisa dengan mudah diakses lewat Youtube, Instagram, dan media sosial lainnya. Tentu ini membuka peluang bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan dari make up.

Memang menjadi MUA ini memerlukan modal yang cukup besar. Apabila Anda belum terlalu mahir, Anda perlu mengikuti pelatihan make up terlebih dahulu yang biayanya bisa mencapai jutaan.

Ingin Memulai Karier MUA (Make Up Artist) dengan Modal KTA Ini Cara Mengatur Keuangannya 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memulai Karier MUA (Make Up Artist) dengan Modal KTA? Ini Cara Mengatur Keuangannya]

 

Lalu, tahap selanjutnya Anda juga harus berinvestasi pada produk dan tools make up.

Untuk menentukan produk make up yang tepat bagi para MUA, Anda bisa melakukan riset dengan cara yang fun, yakni menonton YouTube. Jadikan video di YouTube sebagai santapan Anda sehari-hari.

Di YouTube, Anda juga bisa memperluas kreativitas dan memperbanyak ilmu Anda tentang make up. Pasalnya, di sana ada banyak beauty guru yang bisa Anda contek ilmunya setiap saat. Bukan hanya beauty guru dari Indonesia, banyak juga beauty guru dari negara-negara lain yang memiliki skill menakjubkan.

Kunci dari sukses berbisnis sebagai MUA adalah dengan mempelajarinya terus menerus sambil praktik.

 

Cermat Mengatur Pengeluaran

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai salah satu dari 8 bisnis di atas?

Apabila Anda sudah mulai mendapat pemasukan dari bisnis di atas, jangan lupakan hal terpenting, yaitu cermat mengatur pengeluaran.

Meski Anda single mom yang memiliki usaha, ingat bahwa saat ini hanya Anda seorang diri yang bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Tidak ada pemasukan lain untuk membantu ekonomi keluarga Anda. Berbeda dengan dulu, saat pemasukan masih bersumber dari dua orang.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sebaiknya, Anda cermat dalam mengatur pengeluaran agar bisa mengalokasikan uang untuk ditabung. Pasalnya, masih banyak kebutuhan anak-anak di masa datang, kebutuhan pendidikan, kesehatan, belum lagi kalau ada keadaan darurat yang memaksa Anda mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Untuk mempermudah Anda dalam mengatur keuangan, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan dapat Anda unduh di smartphone kesayangan Anda.

Selamat memulai bisnis Anda, Moms!

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dewi Novianingsih. 4 Langkah Untuk Mendulang Rupiah ala Single Mom. Ibudanmama.com – https://goo.gl/XucoM2
  • Diyan. 30 Agustus 2013. 8 Side Job Yang Cocok Untuk Single Mom. Vemale.com – https://goo.gl/HyTrty

 

Sumber Gambar:

  • IT – https://goo.gl/oX3Z5X
  • Fotografer – https://goo.gl/7BXoWv
  • Personal Shopper – https://goo.gl/ddpJhb
  • Jualan Kue – https://goo.gl/Rgiwqh
  • Penjahit – https://goo.gl/Sb9xzB
  • Pebisnis – https://goo.gl/wV63ma