Bagi Anda para pebisnis waralaba, ada beberapa tips jitu dalam memilih bisnis waralaba terlaris 2018 lho! Tentunya, tips ini akan membantu Anda dalam meraup keuntungan yang besar.

Jika Anda ingin demikian, praktikkan beberapa cara memilih bisnis waralaba terlaris 2018. Apakah Anda penasaran?

Yuk simak penjelasan dari Finansialku dalam memilih waralaba terlaris 2018 berikut ini. Selamat membaca dan semoga kesuksesan selalu berada di sebelah Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Bisnis Waralaba Tahun 2018

Di tahun 2018 ini, banyak sekali jenis-jenis usaha waralaba baru yang bermunculan dan bahkan terus berkembang. Hal ini terlihat dari banyaknya bisnis waralaba yang mengalami kemajuan cukup pesat.

Tidak heran jika dari bisnis waralaba ini, seorang pebisnis bisa meraup keuntungan yang besar. Dari hal tersebut, kita perlu memandang sebuah sisi positif dari sebuah bisnis waralaba.

Bisnis waralaba bisa membawa keberhasilan bagi para pemiliknya, asalkan pebisnis tersebut mau berusaha dan berjuang untuk mencapai kesuksesan bisnisnya.

Jadi, ada kesempatan dan peluang yang sangat terbuka lebar bagi Anda untuk melakukan bisnis waralaba di tahun 2018! Apakah Anda berminat?

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sebelum berbicara lebih mendalam, apakah Anda sudah memiliki pendanaan yang cukup untuk menjalankan bisnis waralaba terlaris 2018?

Kalau Anda sudah siap dalam segi keuangan, maka Anda perlu merencanakan lebih matang lagi. Namun, jika Anda belum siap dalam keadaan finansial, maka Anda perlu mengumpulkan dan merencanakan dana tersebut sedini mungkin!

Caranya mudah sekali!

Pertama-tama, Anda download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau lakukan registrasi data diri pada bagian gambar berikut ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kemudian, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung dana yang perlu disiapkan untuk membeli bisnis waralaba. Gunakan menu Rencana Keuangan.

Silakan baca artikel Finansialku berikut ini: Ingin Beli Waralaba? Siapkan Modal Waralaba dengan Aplikasi Finansialku

 

Pilih Bisnis Waralaba Terlaris 2018

Anda sebagai pelaku bisnis waralaba atau franchisee (mitra waralaba) perlu juga untuk memilih bisnis waralaba yang cocok untuk Anda.

Ada 6 kriteria yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bisnis waralaba terlaris 2018.

 

#1 Nama (Brand) Waralaba yang Ternama

Ada baiknya saat Anda memilih waralaba yaitu dengan memperhatikan nama atau brand yang sudah ternama dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Waralaba yang memiliki nama atau brand yang ternama akan menarik konsumen untuk membeli sebuah produk di bisnis waralaba Anda.

Jika Anda ingin bisnis waralaba bisa berkembang dengan cepat, maka syarat pertama ini mutlak harus Anda penuhi. Dengan demikian, Anda akan membawa potensi keuntungan yang semakin lebar dan besar bagi bisnis waralaba di kemudian hari.

 

#2 Kredibilitas Produk yang Sudah Tidak Diragukan

Pilihlah bisnis waralaba yang memiliki kredibilitas atau citra produk yang baik dan sudah tidak diragukan lagi.

Selain nama atau brand yang ternama, kredibilitas produk juga sangat penting bagi bisnis waralaba Anda dalam menarik minat konsumen. Semakin baik kredibilitas produk dari sebuah bisnis waralaba, maka potensi mendapatkan konsumen akan semakin besar juga.

Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba Terlaris 2018 Supaya Meraup Keuntungan Besar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Peluang Usaha Waralaba? Ini 5 Tempat yang Menyediakan Informasi Waralaba]

 

Jangan sembarangan dalam memilih bisnis waralaba. Meskipun waralaba tersebut menawarkan harga yang sangat murah dengan fasilitas yang banyak, tapi kalau kredibilitas produknya kurang baik, maka akan menyulitkan usaha waralaba Anda untuk meraup keuntungan besar.

Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dalam menemukan waralaba apa yang memiliki kredibilitas yang baik.

 

#3 Izin atau Legalitas Resmi

Anda wajib memilih bisnis waralaba yang telah memiliki izin atau legalitas resmi yang lengkap.

Hal ini mencegah agar Anda tidak terbawa dengan masalah hukum dan tentunya agar tidak akan menyebabkan kerugian bagi usaha waralaba Anda di masa mendatang.

Selain itu, jika Anda ingin memulai bisnis waralaba makanan atau minuman, maka pastikan bisnis waralaba tersebut sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI dan izin dari BPOM atau lembaga lain yang berwenang.

 

#4 Pasar yang Luas dan Besar

Anda perlu memilih bisnis waralaba dengan cakupan pasar yang luas dan besar yang tersebar di pelosok Indonesia atau bahkan luar negeri. Caranya adalah dengan mengecek apakah sudah ada pemilik bisnis waralaba lain yang membuka cabang di tempat lain?

Banyaknya cabang bisnis waralaba yang hadir, menandakan bahwa bisnis waralaba itu memiliki segmen pasar yang luas dan besar.

Selain itu juga, semakin banyak cabang yang berdiri biasanya membuktikan bahwa bisnis waralaba tersebut memang digemari oleh masyarakat. Ini merupakan hal yang baik bagi bisnis waralaba Anda.

7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Anda boleh mencari testimony atau pendapat dari orang-orang mengenai bisnis waralaba tersebut.

Hal ini membantu untuk meyakinkan Anda sendiri bahwa pengelolaan bisnis waralaba yang sudah Anda incar memang mudah dan sudah terbukti menguntungkan.

 

#5 Dukungan dari Franchisor ke Franchisee

Support system atau sistem pendukung merupakan sebuah dukungan dari franchisor (pemilik waralaba) ke franchisee (mitra waralaba).

  • Sejauh mana keterlibatan franchisor (pemilik) dalam membantu bisnis waralaba Anda?
  • Bagaimana franchisor (pemilik) membantu Anda merintis bisnis Anda?
  • Sejauh mana langkah promosi franchisor (pemilik) kepada bisnis waralaba Anda?
  • Bagaimana franchisor (pemilik) mendampingi manajemen bisnis Anda?

 

Tentunya pertanyaan ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum memilih bisnis waralaba terbaik 2018, lho.

Ini merupakan salah satu hal yang akan menentukan masa depan bisnis waralaba Anda.

Jika Anda didukung oleh franchisor (pemilik) dalam segala hal, maka bisnis waralaba Anda akan lebih aman dan terkendali. Karena biasanya, para franchisor (pemilik) sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam merintis dan membangun bisnis waralaba tersebut. Mereka tahu asam dan garam dari bisnis waralaba tersebut.

 

#6 Sistem Waralaba yang Baik dan Sudah Teruji

Bagian terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah sistem waralabanya. Tahukah Anda bahwa ciri-ciri bisnis waralaba yang baik memiliki sistem yang kuat dan sudah teruji?

Antara franchisor (pemilik) dan franchisee (mitra) akan membuat suatu perjanjian kerja sama, yang didalamnya terkandung kewajiban masing-masing pihak.

7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Awas! 8 Ciri Perusahaan Waralaba yang Bakal Merugikan Anda]

 

Kewajiban franchisor (pemilik waralaba), berkaitan dengan kelengkapan operasi usaha:

  • Memberikan persiapan untuk manajemen yang baik.
  • Menjamin bahwa usaha dapat terus berjalan.
  • Mempersiapkan distribusi bahan baku dalam jangka yang panjang Mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan usaha tersebut sampai mendetail.

 

Kewajiban franchisee (mitra waralaba), yaitu:

  • Menjaga kualitas produk serta brand image.
  • Memberikan franchise fee, yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan sekali (saat pembelian waralaba) sebagai harga atas hak-hak yang diberikan oleh franchisor (pemilik) kepada franchisee (mitra).
  • Memberikan royalty fee, yaitu sejumlah uang yang harus diberikan secara periodik, dimana jumlahnya disesuaikan dengan persentase omzet penjualan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Sistem waralaba yang baik akan menerapkan sistem yang sama dan sesuai dengan perjanjian awal antara Anda sebagai franchisee dengan pemilik waralaba sebagai franchisor.

 

Pedoman Menjalankan Bisnis Waralaba

Selain beberapa kriteria dalam memilih bisnis waralaba yang baik, Anda juga perlu mengetahui beberapa pedoman sebelum Anda memulai bisnis waralaba.

Pedoman dalam menjalankan bisnis waralaba, antara lain:

  1. Jangan memilih waralaba hanya karena harga yang murah, tetapi Anda perlu memilih waralaba yang memiliki kredibilitas produk yang baik serta memiliki brand atau nama yang tersohor.
  2. Jauhi pola pikir “ingin cepat kaya” dari hasil keuntungan bisnis waralaba, karena bisnis perlu proses dan pengembangan demi kemajuan bisnis (tidak ada proses yang instan). Tidak ada jaminan bahwa usaha waralaba Anda akan cepat sukses.
  3. Siap menghadapi risiko apapun, termasuk risiko terburuk sekali pun. Anda perlu perencanaan dan pengelolaan yang matang agar dapat meminimalisasi kerugian atau risiko. Cari tahu berapa persen orang yang membeli bisnis waralaba yang gagal setiap tahunnya. Jika mencapai angka 20 persen, maka kemungkinan besar ada suatu sistem yang salah dari bisnis waralaba tersebut.
  4. Miliki tujuan yang jelas dan terarah terhadap bisnis waralaba yang akan atau sedang dilakukan.
  5. Percaya pada diri dalam menjalankan bisnis waralaba. Jangan terpengaruh kepada hal-hal yang mengganggu Anda. Misalnya, jika Anda mendapatkan informasi sepihak dari franchisor (pemilik) biasanya akan cenderung subjektif dan bias. Jangan pertaruhkan uang, waktu, tenaga, reputasi dan masa depan Anda.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

BONUS: Sudut Pandang Franchisor Bisnis Waralaba

Tahukah Anda bahwa di tahun 2018, motor penggerak seluruh bisnis waralaba berada di tangan seorang franchisee (mitra waralaba), bukan dari franchisor (pemilik waralaba)?

Itu sebabnya, tidaklah mudah dalam menemukan seorang franchisee (mitra) yang tepat dan mampu mendorong peningkatan kemajuan perusahaan.

Perlu sebuah ketekunan, kerja keras dan semangat juang yang tinggi bagi para franchisee (mitra) yang ingin sukses dalam bisnis waralabanya. Dan tentunya dibutuhkan juga kerja sama antara Anda dan franchisor (pemilik).

 

Sebuah Pesan dari “Kelompok Waralaba Makanan Terlaris 2018 di Amerika Serikat”

Untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis waralaba memang tidaklah mudah, dibutuhkan ketekunan, kerja keras dan semangat juang yang tinggi. Tidak serta merta seperti membalikkan telapak tangan yang begitu mudahnya.

Sebagai pebisnis waralaba, Anda perlu belajar dan terus menimba ilmu demi mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari para pakar pebisnis sukses waralaba.

Ada sebuah kelompok waralaba makanan terlaris 2018 di Amerika Serikat yang akan berbagi melalui pengalaman dan pengetahuan mereka, yang pernah mereka lakukan dalam bisnis waralabanya.

Mau Beli Waralaba Ini Dia 8 Jenis Franchise yang Perlu Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Anda sebagai pengusaha bisnis waralaba atau franchisee (mitra) perlu menjadi motor penggerak bagi bisnis waralaba Anda sendiri.

Cara Anda mengelola dan mengusahakan bisnis tersebut akan membuat bagaimana bisnis waralaba di masa mendatang. Apakah bisnis waralaba itu bisa sukses, biasa-biasa saja atau bahkan mengalami kerugian?

Tidak hanya itu saja, Anda perlu memiliki sumber energi untuk mengacu kecepatan bisnis. Kecepatan bisnis ini akan memberikan usaha waralaba Anda tetap stabil dan mampu menjawab berbagai tantangan.

Jangan sampai Anda harus terseleksi dengan sendirinya karena bisnis waralaba collapse, hanya karena Anda tidak mampu bertahan dan tidak turut serta dalam proses perjuangan usaha.

Jadilah seorang franchisee (mitra) waralaba sebenarnya yang bisa mengembangkan usaha waralaba dan memiliki energi untuk menghadapi macam-macam tantangan yang menanti.

Berdasarkan pengalaman dari pelaku dan pemilik bisnis waralaba terlaris 2018 ini, dikemukakan bahwa franchisor (pemilik ) biasanya mengadakan sistem atau tes penyaringan.

Tujuan dari penyaringan ini untuk mengetahui layak atau tidaknya seorang franchisee (mitra) untuk mendapatkan hak waralaba. Penyaringan ini lebih menekankan pada, yaitu:

  • Kesiapan franchisee (mitra) dalam membuka sebuah bisnis waralaba
  • Kesiapan franchisee (mitra) dalam menjalankan tanggung jawab
  • Karakter dan kepribadian franchisee (mitra) sebagai pebisnis waralaba

 

Anda sebagai franchisee (mitra) pun perlu mengetahui sudut pandang seorang franchisor (pemilik).

Bagi franchisor, sistem penyaringan atau tes seleksi ini juga bertujuan untuk menjaga dua hal penting dalam bisnisnya.

  1. Citra atau gambaran bisnis waralaba yang kredibel dan profesional, bukan bisnis waralaba yang pasaran dan murahan.
  2. Setiap bisnis waralaba yang dikembangkan di berbagai cabang dijalankan dengan profesional dan totalitas.

 

Rangkuman Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Metode Online Ini Dapat Membuat Bisnis Waralaba Sukses]

 

Calon franchisee (mitra, dalam hal ini adalah Anda) yang biasanya bisa diajak bekerja sama dengan para franchisor memiliki beberapa kriteria. Sebenarnya kriteria ini juga membantu Anda dalam membuat keberhasilan dan kesuksesan bagi bisnis waralaba Anda nantinya.

 

#1 Franchisee yang Siap Menerima Untung Maupun Rugi

Banyak orang yang tertarik memiliki bisnis waralaba karena cepat mendapatkan keuntungan. Mereka menganggap bahwa waralaba adalah jalan pintas mencapai kesuksesan dalam bisnis.

Selain itu juga, biasanya para franchisee memiliki ketertarikan hanya pada keuntungan bisnis waralaba saja. Tetapi, tidak tertarik pada kerugian atau risiko yang datang.

Ini merupakan pola pikir yang salah besar! Seharusnya, mereka perlu mengetahui adanya risiko atau kerugian di samping keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

#2 Franchisee yang Memiliki Komitmen

Komitmen dan kesungguhan dalam menjalankan bisnis waralaba sangat penting untuk dimiliki oleh para franchisee. Dengan demikian, mereka akan terus berjuang dalam keadaan bisnis yang tak menentu serta mereka dapat menjadi tim yang dapat bekerja sama dengan baik.

Franchisee yang akan diajak kerja sama adalah franchisee yang memiliki keinginan kuat untuk sukses dan siap untuk berjuang mencapai kesuksesan.

 

#3 Franchisee yang Sudah Menyiapkan Konsep

Memang, bisnis waralaba memiliki sistem yang lebih jelas daripada berbisnis sendiri, Anda tinggal menjalankan bisnis tersebut. Akan tetapi, bukan artinya Anda tidak memiliki konsep dan perencanaan.

Justru franchisee sebagai motor penggerak perlu memiliki rencana dan langkah strategis yang matang ketika di lapangan. Franchisor akan memilih Anda yang sudah memiliki perencanaan dan konsep dalam bisnis yang akan Anda kembangkan.

Hal ini akan mempercepat kesuksesan dalam bisnis waralaba!

Pemasaran Jaringan Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau 01 - Finansialku

[Baca Juga: Rangkuman: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bisnis Waralaba]

 

#4 Franchisee yang Pandai Membangun Komunikasi

Kriteria terakhir adalah pandai membangun komunikasi. Seorang franchisee yang memiliki keterampilan dalam berkomunikasi yang baik akan mendapatkan banyak keuntungan dengan kemampuan itu.

  • Menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen.
  • Melakukan teknik pemasaran untuk menjaring konsumen.
  • Memberikan saran, masukan dan kritik yang membangun kepada rekan kerja.
  • Menyampaikan kendala kepada rekan kerja dengan cara yang benar.
  • Dan keuntungan lain sebagainya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Mau Bisnis Waralaba Terlaris 2018?

Sekarang apakah Anda tergiur dalam menjalankan usaha atau bisnis waralaba? Apakah ingin Anda memiliki bisnis waralaba terlaris 2018? Bagaimana cara Anda untuk mencapai hal itu?

Untuk menjalankan bisnis waralaba dibutuhkan ketekunan, kerja keras dan semangat juang yang tinggi. Hal ini akan membuat bisnis waralaba Anda bisa sukses dan meraup keuntungan besar.

Perhatikan kembali beberapa tips jitu dalam memilih bisnis waralaba terlaris 2018 ya.

 

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada rekan Anda yang ingin menjalankan bisnis waralaba! Berikan pandangan, pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat ini kepada rekan Anda.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam memulai usaha atau bisnis waralaba? Apakah Anda pernah mengalami kejadian yang membawa Anda kepada kesuksesan?

Silakan share pengalaman dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

Sukses selalu buat Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tips Memilih Usaha Waralaba Terlaris Terbaik 2018, Makanan dan Minuman. Siapbisnis.net – https://goo.gl/PZ2ogs
  • Admin. 8 Januari 2018. Franchise Makanan Terlaris 2018. Cornerkebabonline.com – https://goo.gl/fHfVKR
  • Admin. 6 September 2015. 8 Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba/Franchise yang Menguntungkan. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/2JuCqu
  • Om Nip-nip. 23 Mei 2014. 18 Tips Memilih Franchise di Indonesia. Dokterbisnis.net – https://goo.gl/SDjtK2
  • Admin. 5 September 2016. Cara Memilih Waralaba Yang Baik: Perhatikan 6 Hal Ini. Bukausahayuk.com – https://goo.gl/8vrAsJ
  • Admin. 12 April 2018. Tips Memilih Usaha Waralaba yang Menguntungkan. Wartaekonomi.co.id – https://goo.gl/aNM9CC

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Waralaba Terlaris 2018 – https://goo.gl/5xk9wk
  • Waralaba Terlaris 2018 – https://goo.gl/FNmqWU