Banyaknya pebisnis memilih bisnis waralaba daripada bisnis pribadi membuat kita bertanya-tanya, “Apa sih keuntungan memiliki bisnis waralaba?”

Bisnis waralaba atau sering disebut franchise kini semakin menjamur di Indonesia, dan tentunya ada alasannya dong.

Yuk simak apa sih keuntungan memiliki bisnis waralaba melalui artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Perkembangan Bisnis Waralaba Kini

Bisnis waralaba mulai terbentuk saat pertama kali Benjamin Franklin memulai sebuah jaringan toko percetakan dan surat kabar pertamanya di Amerika Serikat.

Ben kemudian menandatangani perjanjian waralaba tersebut pada tanggal 13 September 1731. Kerja sama tersebut dilakukan Ben dengan Thomas Whitmarsh untuk toko percetakan di Charleston, South Carolina.

Waralaba ini terus dikembangkan Ben, sehingga perjanjian selanjutnya dilakukan dengan Elizabeth Timothy, seorang penerbit surat kabar perempuan pertama yang juga menerbitkan South Carolina Gazette dan sangat terkenal di masanya.

Ben sudah melakukan apa yang banyak dilakukan para franchisor di masa kini. Apakah itu?

Ben menyediakan sumber daya manusia termasuk training, peralatan, dan seluruh kebutuhan percetakan bagi seseorang yang berminat membuka bisnis percetakan yang sukses.

Apa yang dilakukannya adalah waralaba, dimana franchisor sudah menyediakan seluruh sistem yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Franchisee membeli sistem tersebut dan menjalankan bisnisnya sendiri.

Bisnis ini kemudian terus berkembang, hingga saat ini diperkirakan sudah ada lebih dari 800.000 perjanjian waralaba dalam 120 industri atau lebih di Amerika Serikat. Bisnis ini juga sudah menjadi sumber mata pencaharian bagi lebih dari 9.000.000 penduduk Amerika Serikat.

Mari Temukan Alasan dan Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Dengan perkembangannya selama beberapa dekade, bisnis waralaba terus berkembang meski dalam kondisi perekonomian yang kurang baik.

Waralaba malah dinilai telah mengubah kualitas hidup masyarakat ke arah yang jauh lebih baik. Tahukah Anda kenapa?

Tentunya karena bisnis ini memungkinkan seluruh masyarakat, bahkan di kota kecil untuk merasakan produk atau jasa yang berkembang di kota-kota besar.

Walaupun pemiliknya adalah tetangga, kerabat, atau bahkan keluarga sendiri, bisnis waralaba memastikan kualitas produk atau jasa yang diberikan selalu terjamin dan sesuai dengan kualitas pusat.

Bisa dibilang, waralaba kini menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik. Bukan hanya di mancanegara, namun bisnis ini juga sudah berkembang pesat di Indonesia.

Mengapa bisnis ini bisa digemari di Indonesia? Yuk simak penjabaran alasannya berikut ini:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba

Banyak pebisnis pemula yang kebingungan, sebaiknya memilih usaha waralaba atau membangun bisnis sendiri.

Nyatanya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti tertera pada tabel berikut ini:

 Usaha WaralabaBisnis Sendiri
Kelebihan
  • Sudah ada sistem yang jelas (tinggal mengikuti saja).
  • Adanya ketentuan yang menjadi panduan dalam menjalankan bisnis.
  • Bisnis tidak dimulai dari nol, biasanya sudah memiliki nama dan dikenal baik oleh masyarakat.
  • Pasarnya sudah ada dan jelas.
  • Biasanya pihak franchisor memberikan dukungan (misal: rekomendasi lokasi, training atau pelatihan karyawan, dan sebagainya)
  • Menyediakan Customer Experience yang bisa diandalkan di manapun lokasinya.
  • Tidak ada biaya yang harus dibayar kepada orang lain.
  • Bisa membuat sistem sendiri sesuai keinginan.
  • Bisa membuat aturan sendiri.
  • Anda menjalani mimpi dan ide sendiri.
  • Berpotensi membuat bisnis waralaba sendiri.
Kekurangan
  • Adanya biaya yang harus dibayar kepada pihak franchisor, misalnya biaya royalty.
  • Banyak ketentuan yang harus diikuti pihak franchisee.
  • Anda menjalani mimpi dan ide orang lain.
  • Bisnis cenderung stabil dan tidak bisa dikembangkan, kecuali mengubah kontrak waralabanya.
  • Tidak adanya sistem yang sudah terbentuk dan teruji jelas.
  • Tidak ada ketentuan yang menjadi panduan menjalankan bisnis.
  • Harus memulai bisnis dari nol (mulai dari ide, sistem, SOP, dan sebagainya).
  • Masih harus mencari pasar dari awal.
  • Tidak ada pihak yang akan mendukung atau menyokong bisnis Anda.
  • Customer experience harus dibangun dan dipertahankan secara mandiri.

 

Namun kesimpulannya, bisnis apapun yang Anda pilih membutuhkan pengaturan keuangan yang baik untuk bisa berjalan dengan sukses. Percuma memulai bisnis yang baik jika tidak diimbangi dengan sistem keuangan yang tepat.

Jika Anda masih kesulitan mengatur keuangan, Anda bisa memulainya dengan gratis lho. Caranya? Dengan menggunakan aplikasi Finansialku yang menyediakan berbagai fitur keuangan yang mudah digunakan, Anda tentunya bisa memulai bisnis waralaba yang berpotensi sukses tinggi.

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba sendiri adalah sebuah investasi yang pantas dipertimbangkan. Walaupun terdapat kekurangan di samping banyak kelebihannya, namun Anda bisa melihat bahwa bisnis ini memang sangat menarik, terutama bagi pebisnis pemula.

Jika Anda masih ragu setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, simak beberapa keuntungan memiliki bisnis waralaba yang tentunya akan meyakinkan Anda:

 

#1 Merupakan Bisnis yang Siap Dijalankan

Umumnya, banyak pebisnis pemula yang akan memilih usaha waralaba ketimbang membangun bisnis sendiri dari nol. Alasannya, tentunya karena usaha waralaba sudah terbukti bisa berjalan.

Sehingga, Anda tidak akan memulai bisnis dari nol. Dengan kata lain, Anda sudah memiliki arah yang dipandu jelas.

Dengan bisnis waralaba, Anda sudah mengeliminasi banyak kerja keras yang harus dilakukan jika membangun bisnis sendiri. Sebagai contohnya adalah menentukan teritori, membangun sistem, mencari supplier yang terjamin, mencari dan melatih tenaga kerja, dan masih banyak lagi.

Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba Terlaris 2018 Supaya Meraup Keuntungan Besar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Dalam bisnis waralaba, semua itu umumnya sudah disediakan oleh franchisor. Namun bukan berarti Anda tidak perlu bekerja keras dalam bisnis ini ya, tentunya Anda juga harus berusaha keras menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor.

Bisa dibilang Anda dan franchisor merupakan satu tim, dimana kesuksesan Anda juga mendukung berkembangnya merek waralaba si franchisor.

Dengan demikian, perlu dibentuk hubungan dan jalinan kerja sama yang bersifat win-win.

Hanya dengan cara ini Anda akan melihat bahwa seluruh pihak (franchisor, franchisee, konsumen, karyawan) merasakan dampak positifnya.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

#2 Sudah Memiliki Sistem yang Terbukti Berjalan dengan Baik

Saat membeli sebuah bisnis waralaba, secara tidak langsung Anda telah membeli sebuah sistem bisnis karya sang franchisor.

Artinya, Anda hanya perlu mengikuti sistem tersebut dan secara otomatis bisnis akan berjalan dengan baik.

Siapkan-Modal-Waralaba-2-Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

Memang betul terkadang bagi pebisnis kreatif hal ini membatasi perkembangan bisnis. Namun bagi pebisnis pemula, ini dapat menjadi sebuah gambaran dan pelajaran akan apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan dalam membangun sebuah bisnis.

Sistem yang terbukti telah berjalan dengan baik tentunya juga meminimalisasi kesalahan dan error, sehingga Anda tidak perlu mengalami kerugian yang umumnya dialami para pebisnis pemula.

 

#3 Sudah Memiliki Brand Recognition

Kabar baiknya, bisnis waralaba sudah memiliki brand recognition, yang artinya bisnis tersebut sudah dikenal masyarakat sehingga sudah memiliki sekelompok konsumen yang berminat membeli produk tersebut.

Hal ini terbukti dari sebuah perilaku konsumen yang umumnya lebih nyaman membeli produk atau jasa dari sebuah merek yang sudah mereka kenal dan percaya.

Dalam pikiran konsumen, merek milik franchisor sebanding dengan reputasinya. Oleh karena itulah, franchisor akan berupaya semaksimal mungkin memberikan kontrol kualitas yang tepat sehingga bisnisnya semakin besar dan sukses.

 

#4 Kemungkinan Sukses yang Lebih Tinggi

Mengapa bisnis waralaba memiliki peluang sukses lebih tinggi? Tentunya karena sistem waralaba memungkinkan adanya konsistensi dalam kualitas produk dan jasa bagi konsumen, tidak peduli dari mana mereka membelinya.

Siapa yang memiliki bisnisnya atau siapa pengelolanya bukanlah hal penting bagi konsumen, tetapi produk dan jasanyalah yang berpengaruh bagi customer experience.

Bagaimana Cara Mencari Peluang Usaha Waralaba Ini 5 Tempat yang Menyediakan Informasi Waralaba 02 Franchise - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Kemampuan sistem waralaba dalam memberikan tingkat kepuasan tinggi bagi konsumen, tidak peduli dimana lokasi atau pemiliknya membuat kagum para pebisnis.

 

#5 Lebih Mudah Memperoleh Pinjaman

Layaknya sebuah bisnis pada umumnya, dibutuhkan modal untuk memulai bisnis waralaba ini.

Anda perlu mempersiapkan lokasi, peralatan, dan inventory untuk memulai bisnis waralaba (franchise). Lalu dimanakah perbedaan bisnis sendiri dan bisnis waralaba?

Dalam bisnis waralaba, umumnya Anda juga perlu membayar franchise fee dan royalty and advertising fee sebagai pengganti dari biaya training, prosedur, serta pemasaran yang sudah disiapkan oleh franchisor (penyedia waralaba).

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan demikian, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memulai sebuah bisnis waralaba. Nah, jika Anda ingin beli waralaba namun terkendala keuangan, jangan khawatir.

Umumnya bank atau lembaga keuangan menganggap bisnis waralaba memiliki peluang sukses yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa dengan lebih mudah memperoleh pinjaman.

 

#6 Dukungan Berkepanjangan

Anggapan masyarakat bahwa franchisor dan franchisee berbagi bisnis yang sama tidaklah tepat. Mereka membagi berbagai merek yang sama, namun memiliki bisnis masing-masing yang independen.

Tetapi jangan salah, seperti telah disebutkan sebelumnya, franchisor akan selalu mendukung Anda demi menjaga reputasinya selama ini. Umumnya, Anda akan terus memperoleh dukungan dan bisa meminta bantuan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Rangkuman Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Dukungan ini memiliki macam-macam jenis, misalnya saja dukungan dari sistem pemasaran.

Beberapa bisnis waralaba bahkan menawarkan untuk menangani penuh pemasaran bisnis Anda, biasanya Anda membalas jasa berupa advertising fund atau brand fund.

Contoh lainnya adalah dalam melatih dan training sumber daya manusianya, dimana tenaga kerja akan diberi pelatihan yang sudah sesuai SOP-nya.

 Dengan demikian sumber daya manusia dipastikan siap menjalankan bisnis sebagaimana mestinya.

Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan bisnis sudah siap berjalan secara efisien, dan juga membantu mengeliminasi banyak kesalahan yang umum ditemui pebisnis pemula.

 

#7 Adanya Ketentuan akan Teritori

Setiap bisnis waralaba memiliki ketentuannya masing-masing, dan Anda harus membaca kontraknya dengan saksama agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Salah satu ketentuan yang umum ditemukan dalam kontrak tersebut adalah ketentuan teritori. Hal ini biasanya akan menjelaskan ketentuan mengenai cakupan wilayah yang akan Anda peroleh.

Pada jenis waralaba tertentu, biasanya satu teritori hanya boleh diisi oleh satu franchisee saja. Dengan demikian diharapkan tidak menimbulkan persaingan yang dapat mempengaruhi omzet.

 

#8 Peluang Mengembangkan Bisnis

Terdapat beberapa struktur jaringan waralaba yang umum digunakan, sebagai contohnya adalah Single-unit Franchise atau biasa disebut direct-unit franchise dan Multi-unit Franchise.

Dalam Single-unit Franchise, franchisee menginvestasikan uangnya untuk mengoperasikan satu lokasi bisnis.

Saat bisnis berkembang dengan pesat dan baik, umumnya Anda dapat mengembangkan bisnis dengan menggunakan struktur jaringan Multi-unit Franchise.

Struktur ini memungkinkan multi-unit developer untuk memiliki beberapa lokasi dengan franchisee agreement berbeda dalam daerah yang sama dan dalam jangka waktu tertentu.

Mau Bisnis Waralaba Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

Jadi, Sudahkah Anda Yakin ingin Memiliki Bisnis Waralaba?

Dalam bisnis tentunya ada berbagai masalah dan hambatan, demikian halnya dengan bisnis waralaba. Tidak pernah ada jaminan sukses 100% dalam yang namanya BISNIS.

Tapi semua itu dapat Anda lalui jika Anda fokus dan semangat menjalaninya. Ingatlah usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti.

Kembangkan bisnis Anda dengan bertahap dan tetap fokus pada intinya, sehingga bisnis Anda dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Kami yakin Anda juga bisa menjadi pebisnis waralaba sukses jika menerapkan sikap pantang menyerah dan kerja keras dan cerdas!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai alasan dan keuntungan memiliki bisnis waralaba lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Don Daszkowski. 20 April 2018. Top Reasons to Buy a Franchise. Thebalancesmb.com – https://goo.gl/b2PJsc

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba 01 – https://goo.gl/TGuF35
  • Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba 02 – https://goo.gl/9MSSb9
Summary
Mari Temukan Alasan dan Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba
Article Name
Mari Temukan Alasan dan Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba
Description
Banyaknya pebisnis memilih bisnis waralaba daripada bisnis pribadi membuat kita bertanya-tanya, “Apa keuntungan memiliki bisnis waralaba?”
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo