Jangan biarkan unit apartemen kosong dalam waktu yang lama! Ketahui panduan jual apartemen agar cepat laku melalui rubrik Finansialku berikut ini!

Selamat membaca & salam sukses!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Panduan Jual Apartemen Biar Cepat Laku

Bisnis properti jual apartemen memang sangat menjanjikan, apalagi jika unit apartemen yang dimiliki berada di kompleks apartemen dengan fasilitas lengkap, mudah diakses alias dekat dengan jalur-jalur transportasi publik dan berlokasi di wilayah yang strategis.

Tapi, tetap saja memasarkan unit apartemen bisa jadi salah satu tantangan tersendiri karena meski unit apartemen berada di tengah kota dengan fasilitas oke, calon konsumen tak kunjung datang atau di tengah proses negosiasi, ada saja calon konsumen yang mengurungkan niatnya untuk membeli unit apartemen yang kita tawarkan.

Mungkin ada yang salah dengan persiapan jual apartemen kita, apakah harga jual apartemen terlalu tinggi meski fasilitas lebih dari memadai namun kalah saing dengan unit apartemen kompetitor, atau faktor unit apartemen yang kurang catchy bagi calon konsumen.

Ketahui apa yang salah dan ketahui panduan jual apartemen agar cepat laku berikut ini!

Jenis Apartemen - Finansialku

[Baca Juga: Top 5 Investasi Hari Tua yang Menguntungkan untuk Para Pensiunan di Indonesia]

 

Nah, sebelum membahasnya lebih lanjut, jika Anda adalah salah satu pebisnis pemula, hal yang harus ingat saat berbisnis ialah jangan sampai Anda lupa dengan pengelolaan keuangan dalam bisnis.

Terkadang, banyak yang masih belum bisa melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik.

Beberapa di antaranya, sering keliru akan sumber uang yang digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Untuk meminimalisasi segala kemungkinan, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan tools yang sering digunakan khusus pengelolaan dan perencanaan keuangan, seperti aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk keuangan bisnis.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Jika ingin lebih memahami mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik, pelajari saja melalui ebook Finansialku yang satu ini:

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Semua bisa Anda peroleh secara GRATIS, tanpa dipungut biaya apapun. Tunggu apalagi? Yuk segera miliki, praktikkan, dan rasakan manfaatnya!

Kembali ke topik, nah berikut ini ialah sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk mempromosikan apartemen yang Anda miliki. Mulai dari:

Apartemen-Termahal-di-Dunia-8-Finansialku

[Baca Juga: Investasi dan Peluang Usaha Harus Disiasati Meskipun Rupiah Melemah, Begini Caranya!]

 

#1 Cara Jual Apartemen Cepat Laku: Persiapkan & Bersihkan

Menjual unit apartemen sama seperti menjual produk lainnya, calon konsumen tentu akan melihat penampilan luar produk yang ditawarkan.

Dalam hal ini, unit apartemen perlu dipersiapkan sedemikian rupa, bersihkan unit apartemen dan perbaiki setiap kerusakan yang diperlukan.

Pastikan semua fungsi dari unit apartemen berfungsi dengan baik, misalnya gagang kunci pintu dan engsel, stop kontak lampu, penampakan plafon, gagang keran air dan lain sebagainya.

Cek juga keadaan alat-alat di kamar mandi seperti flush toilet agar berfungsi dengan semestinya.

Lapisi tempok dengan cat yang baru agar unit apartemen nampak seperti baru lagi meski unit apartemen Anda sudah berumur.

Jika memungkinkan, agar unit apartemen nampak luas, gunakan perabot yang tidak terlalu memakan tempat sehingga space ruangan terlihat lebih besar.

Berikan sentuhan pengharum ruangan untuk memberikan nuansa segar di dalam unit apartemen yang Anda tawarkan.

 

#2 Cara Jual Apartemen Cepat Laku: Kenali Target Pasar – Calon Konsumen

Mengetahui target pasar akan membuat usaha Anda menjadi lebih efektif, misalnya jika unit apartemen Anda ditujukan untuk kalangan atas, tentu Anda tidak akan membuang waktu untuk menarik konsumen dari kalangan menengah ke bawah.

Dilansir dari Softilmu.com, berdasarkan data dari National Multifamily Housing Council (NMHC) yang melakukan survei di Amerika pada tahun 2015, 44,46% pemilik sebuah apartemen merupakan orang yang berusia antara 45 – 64 tahun, 30.35% berusia di atas 65 tahun, 21,31% berusia antara 30 – 44 tahun, dan hanya 3,89% yang berusia di bawah 30 tahun.

Sedangkan orang yang tinggal di apartemen berdasarkan usianya adalah 33% berusia di bawah 30 tahun, 31% berusia 45 – 64 tahun, 18% berusia 30 – 44 tahun dan 65% berusia di atas 65 tahun.

Kesimpulan dari informasi ini adalah sebagian besar pemilik apartemen berusia antara 45 – 64 tahun dan sebagian besar orang yang tinggal di apartemen berusia di bawah 30 tahun.

Artinya tidak semua apartemen ditempati oleh pemiliknya, bisa jadi anak atau kerabatnya yang tinggal di sana.

Info lainnya yang diperlukan sebagai strategi dalam menjual apartemen antara lain seperti usia, informasi seperti jenis kelamin, pekerjaan, gaji, asal daerah, namun informasi dari National Multifamily Housing Council (NMHC) menyediakan data-data tentang masyarakat Amerika.

Namun itu tersebut setidaknya bisa menolong kita untuk mengenal lebih baik tentang target pasar yang dituju.

Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

#3 Jual Apartemen Cepat Laku: Tentukan Harga & Kualitas Produk Bersaing

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, harga adalah nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang dan kualitas produk adalah tingkat baik buruknya sebuah produk.

Keseimbangan antara harga dan kualitas sebuah produk termasuk faktor yang menentukan laku tidaknya apartemen yang Anda tawarkan.

Inilah salah satu tahap yang menentukan saat akan menjual unit apartemen.

Harga yang terlalu tinggi namun tidak sesuai dengan kualitasnya, tentu saja para calon pembeli akan segera kabur.

Namun sebaliknya jika harga yang ditawarkan terlalu murah alias tidak terlalu memberikan keuntungan, maka harga pasar dapat berdampak dan membuat Anda sebagai penjual yang sebetulnya merugi.

Penentuan harga apartemen yang dijual haruslah objektif sesuai dengan kualitas dan mampu bersaing di dalam pasar.

 

#4 Jual Apartemen Cepat Laku: Pasarkan Unit Apartemen

Jika unit apartemen sudah siap dengan harga yang telah ditetapkan sesuai dengan kualitas yang diberikan, saatnya untuk memasarkan unit apartemen.

Ada beberapa cara dalam memasarkan unit apartemen, di antaranya:

Apakah Kredit Apartemen KPA Menguntungkan Bagi Masyarakat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gak Perlu Kuatir Gaes, Ini Cara Menabung Beli Laptop Untuk Kuliahmu]

 

  • Mulut Ke Mulut

Ini adalah termasuk cara tradisional namun tak selamanya yang tradisional itu kuno dan tidak bisa digunakan.

Siapa tahu kenalan Anda ada yang membutuhkan unit apartemen dan menjadi pembeli potensial dari unit apartemen Anda.

Hubungi beberapa anggota keluarga, teman-teman, kolega bahkan semua kontak yang ada di grup Anda.

 

  • Media Cetak

Media cetak masih relevan digunakan seperti brosur yang dibagikan, mencetak spanduk atau pada media cetak seperti majalah atau koran yang tentu saja Anda perlu menyiapkan dana tersendiri untuk hal ini.

 

  • Via Online

Anda dapat memasarkan unit apartemen Anda melalui jalur online seperti media sosial. Anda dapat membuat broadcast tentang unit apartemen yang akan Anda jual dengan berbagai rincian keterangan hingga harga jual yang bisa disebutkan “bisa nego”.

Kirimkan kepada semua kontak di ponsel pintar Anda. Gunakan juga berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan berbagai media sosial yang kerap digunakan masyarakat pada umumnya.

 

  • Jasa Saleshack

Berdasarkan Rukamen.com, Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya.

Jika Anda tidak mau repot-repot memasarkannya sendiri dan kecewa karena unit apartemen tak kunjung laku, memakai jasa Saleshack bisa jadi pilihan yang dapat dipertimbangkan.

 

Kenali dan Pelajari Cara Promosi yang Cocok Dengan Anda

Melihat penjelasan di atas, nyatanya ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mempromosikan apartemen yang Anda miliki.

Masing-masing cara tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun semua harus disesuaikan dengan kemampuan juga kesempatan yang Anda miliki.

Yakinlah pada dirimu untuk mempromosikan apartemen agar bisa dengan mudah dilirik oleh calon penghuni.

Tidak lupa juga untuk merawatnya selalu agar calon penghuni semakin tertarik untuk menghuni apartemen Anda.

Semoga berhasil!

 

Anda dapat membagikan informasi di atas kepada rekan yang berencana akan menjual unit apartemennya. Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Tips Jitu Menjual Apartemen dengan Cepat. Softilmu.com – https://bit.ly/2lWnnPu
  • Admin. 12 Desember 2018. Cara Menjual Apartemen yang Efektif Agar Cepat Laku. Kaskus.co.id – https://bit.ly/2lUsJes
  • Devi Yulia. 11 Desember 2018. Cara Menjual Apartemen agar Cepat Laku. Rukamen.com – https://bit.ly/2maixyi
  • Devi Yulia. 2 November 2018. Lupakan Cara Lama, Ini Cara Cepat Jual Apartemen agar Tidak Kelamaan Kosong. Rukamen.com – https://bit.ly/2mbdi1l

 

Sumber Gambar:

  • Jual Apartemen – http://bit.ly/2lYDX1F