Apakah kamu sudah berinvestasi reksa dana? Yuk, ketahui dulu keuntungan reksa dana untuk kamu.

Simak rahasia selanjutnya di penjelasan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Reksadana

Guys, sekarang ini sudah terdapat berbagai instrumen investasi yang dapat kamu pilih. Ada investasi saham, reksadana, emas, P2P (Peer to Peer) lending, dan sebagainya.

Setiap jenis instrumen investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Salah satu investasi yang sedang diminati oleh banyak orang adalah investasi reksadana. Investasi ini menawarkan berbagai pilihan dan kemudahan bagi para investor.

Pada umumnya, terdapat 4 jenis reksadana, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

Kamu bisa memilih jenis reksadana tersebut yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biasanya, reksadana pasar uang untuk investasi kurang dari 1 tahun, reksadana pendapatan tetap untuk investasi 1 – 3 tahun, reksadana campuran untuk 3 – 5 tahun, sedangkan untuk reksadana saham untuk investasi lebih dari 5 tahun.

Investasi reksadana memiliki keuntungannya tersendiri jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Apa saja keuntungan investasi reksadana ya? Yuk langsung aja check it out!

 

10 Keuntungan Reksadana Bagi Mahasiswa

Kali ini, rubrik Finansialku akan berbagi berbagai keuntungan reksadana yang bisa kamu dapatkan sebagai mahasiswa.

Guys, begini 10 keuntungan dari investasi reksadana bagi mahasiswa.

 

#1 Return Investasi Reksadana yang Relatif Lebih Tinggi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari berinvestasi reksadana adalah return-nya yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk perbankan lainnya.

Guys, Coba Deh Baca Keuntungan Reksa Dana Bagi Mahasiswa Yuk Mulai Investasi! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula (Slide)]

 

Return (imbal hasil) yang ditawarkan oleh investasi reksadana adalah sebesar 8 hingga 20 persen per tahunnya. Namun, return ini tergantung dari jenis reksadana yang kamu pilih.

 

#2 Modal Investasi Reksadana yang Relatif Kecil

Investasi reksadana ini memang cocok banget buat mahasiswa karena modalnya yang relatif kecil. Untuk memulai investasi reksadana, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp100 ribu saja lho, sangat terjangkau kan?

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berinvestasi reksadana karena tidak punya modal ya guys.

 

#3 Jenis Investasi Reksadana yang Beragam

Dalam berinvestasi, setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pada umumnya terdapat 3 tipe orang dalam berinvestasi. Ada tipe konservatif, tipe moderat, dan tipe agresif.

Tipe konservatif merupakan tipe yang cenderung tidak suka dengan risiko yang tinggi. Sedangkan moderat, tingkat keberanian dalam mengambil risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe konservatif. Dan tipe agresif merupakan tipe yang sangat berani dalam mengambil risiko investasi.

Kalau kamu tipe yang mana guys?

Mahasiswa Wajib Investasi Demi Masa Depan Gemilang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko dari Investasi]

 

Dengan adanya berbagai tipe orang dalam mengambil risiko, maka reksadana merupakan pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena reksadana memiliki berbagai macam jenis yang bisa dipilih sesuai dengan karakter investor atau penanam modal terhadap tingkat toleransi risiko.

Guys, jadi kamu bisa memilih reksadana yang cocok dan sesuai dengan karakteristik atau tipe tingkat toleransi kamu terhadap risiko.

 

#4 Minim Terjadinya Risiko Kehilangan

Dalam berinvestasi, terdapat jenis instrumen investasi dimana sang investor memiliki risiko kehilangan produk investasinya. Misalnya adalah investasi emas atau properti ketika terjadi kebakaran ataupun musibah lainnya.

Berbeda dengan investasi reksadana, investasi reksadana tidak memiliki wujud secara fisik.

Jadi, kamu bisa menginvestasikan dana kamu ke investasi reksadana tanpa harus takut untuk kehilangan aset yang kamu miliki.

Selain itu, bank kustodian juga akan menjamin keamanan dari aset reksadana kamu seperti bunga dan dividen.

Jadi, sebagai investor reksadana maka kamu tidak memiliki risiko kehilangan yang harus ditanggung.

 

#5 Investasi Reksadana yang Fleksibel

Apakah kamu pernah menyimpan uang dalam bentuk deposito di bank? Tentunya untuk menyimpan uang di deposito agak sedikit sulit karena ada waktu jatuh tempo yang ditentukan ya. Jadi sebelum waktu tempo itu berakhir, kamu tidak bisa mengambil uang kamu kapan saja.

Selain itu, kalau kamu mencarikan deposito kamu sebelum waktu jatuh tempo maka akan merugikan kamu. Mengapa demikian? Karena kamu akan dikenakan pinalti dan kamu juga tidak akan mendapatkan bunganya, guys.

Kenapa Mahasiswa Takut Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Reksadana Syariah: Investasi Bebas Riba dan Halal untuk Wujudkan Tujuan Keuangan Anda]

 

Tentu saja kondisi tersebut berbeda dengan investasi reksadana.

Dengan berinvestasi reksadana, kamu dapat mencairkannya kapan saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, kamu bisa membeli ataupun menjual reksadana tersebut kapan saja.

 

#6 Pengelolaan Investasi Reksadana yang Mudah

Investasi reksadana dapat memudahkan para investornya dalam mengelola dana investasi mereka. Sebagai investor reksadana, kamu tidak harus melihat grafik pertumbuhan pasar modal dan memantaunya setiap waktu.

Mengapa demikian? Karena di investasi reksadana terdapat Manajer Investasi (MI) yang akan mengelola dana investasi kamu secara profesional. Para Manajer Investasi (MI) inilah yang akan menganalisis dan membaca situasi pasar yang terjadi serta mengembangkan uang kamu.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu daya tarik dan keuntungan bagi investor reksadana.

Dengan keterbatasan waktu dan pengetahuan dalam mengelola investasi, maka investasi reksadana dapat dijadikan pilihan yang tepat.

Yang perlu kamu lakukan sebagai investor hanyalah dengan menanamkan sejumlah dana dan membiarkan uang tersebut tumbuh dalam jangka waktu tertentu. Menarik bukan?

 

#7 Hasil Keuntungan Investasi Reksadana Bebas Pajak

Keuntungan dari investasi reksadana lainnya adalah hasil keuntungan dari investasi reksadana yang didapatkan oleh investor tidak akan dikenakan pajak.

Kamu bisa membandingkannya dengan deposito, dimana return yang didapatkan harus dipotong dengan pajak sebesar 20%.

 

#8 Terdapat Diversifikasi pada Investasi Reksadana

Diversifikasi investasi digunakan untuk menyebar dana ke dalam beberapa jenis instrumen investasi lainnya.

Jika kamu melakukan diversifikasi, maka kalau kamu mengalami risiko kerugian. Hal ini akan meminimalisasi risiko kerugian kamu dalam investasi reksadana.

Diversifikasi ini mengambil konsep dari jangan taruh semua telur di dalam satu keranjang. Dengan berinvestasi reksadana, maka kamu secara tidak langsung sudah membuat diversifikasi investasi.

Reksadana akan mendiversifikasi investasi kamu di berbagai jenis investasi, seperti saham, obligasi, dan sebagainya untuk meminimalkan risiko kerugian.

Investasi Menguntungkan Bagi Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Investasi Reksa Dana Untuk Pemula]

 

#9 Transaksi Investasi Reksadana yang Mudah

Sekarang ini kamu sudah bisa berinvestasi dengan sangat mudah. Bahkan, kamu sudah bisa berinvestasi hanya melalui smartphone kamu saja. Kamu tidak perlu pergi ke kantor Manajer Investasi (MI).

Oh ya, sekarang kamu bisa membeli reksadana di Aplikasi Finansialku lho. Jika kamu belum memiliki Aplikasi Finansialku, kamu bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store ya.

Setelah kamu download, kamu tinggal gunakan fitur/menu Produk Keuangan untuk membeli produk reksadana. Mudah bukan?

Guys, Coba Deh Baca Keuntungan Reksa Dana Bagi Mahasiswa Yuk Mulai Investasi! 03 Aplikasi Finansialku - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

Guys, Coba Deh Baca Keuntungan Reksa Dana Bagi Mahasiswa Yuk Mulai Investasi! 04 Aplikasi Finansialku - Finansialku

Tampilan Menu Produk keuangan Aplikasi Finansialku

 

#10 Investasi Reksadana Di Bawah Pengawasan Pemerintah

Sebagai seorang investor, tentunya kamu menginginkan uang kamu dikelola secara aman.

Nah, investasi reksadana ini tergolong aman lho guys karena investasi reksadana diawasi secara langsung oleh pemerintah melalui badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kamu tidak perlu takut terhadap penipuan atapun penyalahgunaan uang yang sudah kamu investasikan ya guys.

 

Mahasiswa Mulai Berinvestasi Reksadana

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dari investasi reksadana tentunya sekarang kamu jadi tertarik kan untuk berinvestasi reksadana? Mudah banget lho guys!

Investasi reksadana ini emang cocok banget buat kamu guys. Selain modal investasi yang sangat terjangkau, keuntungan yang diperoleh juga sangat banyak lho.

Jadi nggak ada ruginya deh kalau kamu berinvestasi reksadana.

 

Rahasia selanjutnya tentang investasi reksadana bisa kamu download ebook panduan investasi lho guys! Pasti banyak ilmu dan wawasan yang bisa kamu dapatkan setelah membaca ebook ini! Yuk, dapatkan sekarang juga!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, apakah kamu sudah berinvestasi reksadana? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you guys!

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Reksa Dana bagi Mahasiswa 01 – https://bit.ly/2NLzahd
  • Keuntungan Reksa Dana bagi Mahasiswa 02 – https://bit.ly/2xCAzMl