Bagaimana memilih deposito yang tepat bagi mahasiswa?

Banyaknya jenis deposito tentu membingungkan mahasiswa yang ingin berinvestasi. Kali ini, Finansialku akan memberikan beberapa tips untuk memilih deposito yang tepat bagi mahasiswa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Deposito yang Tepat Bagi Mahasiswa

Halo guys.. apakah kalian sudah mengenal deposito?

Deposito sangat cocok buat kamu yang ingin memulai investasi. Walaupun bunga deposito terbilang kecil jika dibandingkan dengan investasi lainnya, tapi bunga deposito lebih besar dari tabungan kok guys. 

Selain itu, deposito juga merupakan investasi yang aman, karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). So, kamu bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman deh.

Tapi, apakah kamu sudah tahu apa itu deposito?

Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang di bank yang penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Walaupun deposito terbilang aman, tapi kalian juga perlu hati-hati dalam memilih deposito ya guys. Kamu harus bisa memilih deposito yang tepat buat kamu. Bisa-bisa kamu mau untung, eh malah buntung deh.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih deposito.

Selain dengan deposito, kamu juga bisa memulai berinvestasi reksa dana. Panduan untuk berinvestasi Reksa Dana bisa kamu dapatkan melalui Ebook di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

7 Tips Cara Memilih Deposito yang Tepat Bagi Mahasiswa

Rubrik Finansialku kali ini akan berbagi tips memilih deposito yang tepat bagi mahasiswa. Berikut 7 tips untuk memilih deposito yang tepat bagi mahasiswa. Check it out!

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Memilih Bank dengan Reputasi yang Baik

Bank dengan reputasi yang baik sangat penting lho guys. Pastikan bank yang kamu pilih memenuhi standar kesehatan dari Bank Indonesia (BI) ya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko di masa yang akan datang seperti risiko banknya bangkrut.

Selain itu, bank dengan reputasi yang baik biasanya memberikan pelayanan yang baik juga. Jadi, kamu bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman.

 

#2 Menentukan Waktu Deposito

Terdapat ragam waktu deposito berjangka yang sudah ditetapkan. Mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan.

Jika kamu memilih deposito berjangka yang 6 bulan, maka setelah kamu menyetor uang, uang tersebut akan terkunci dan tidak dapat dicairkan sebelum 6 bulan.

Deposito-2

[Baca Juga: Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim]

 

Pada tanggal jatuh tempo, kamu bisa mencairkan uang kamu serta memperoleh bunga yang telah ditentukan. Kamu bisa menentukan waktu deposito kamu sesuai dengan kebutuhan kamu di masa depan.

Jangan sampai terkena pinalti karena kebutuhan yang  mendesak sebelum jatuh tempo ya guys.

Perlu diketahui, jangka waktu deposito menentukan besaran bunga yang didapat lho guys. Jadi, tentukan dulu waktu deposito kamu sebelum membandingkan bunganya di bank lain ya.

 

#3 Membandingkan Bunga Deposito

Bunga deposito merupakan hal yang perlu dipertimbangkan, mengapa demikian?

Karena bunga deposito menentukan keuntungan yang kamu peroleh guys. Terkadang setiap bank menawarkan bunga deposito yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, kamu perlu membandingkan bunga deposito antar bank. Bank dengan bunga deposito yang tertinggi bisa kamu pilih agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Oh ya, jangan lupa ya guys kalau dana deposito kamu lebih dari Rp7,5 juta, maka kamu akan dikenakan pajak sebesar 20 persen pada bunga deposito.

 

#4 Waspada terhadap Bunga yang Terlalu Tinggi

Tingkat suku bunga deposito yang terlalu tinggi juga perlu diwaspadai ya guys. Jika suatu bank menawarkan bunga lebih tinggi dari bunga LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yaitu 7,5 persen, maka kamu perlu berhati-hati.

Hal itu karena, BI (Bank Indonesia) memiliki peraturan bagi bank untuk menawarkan bunga sebesar bunga LPS atau lebih kecil.

Biasanya bank yang menawarkan bunga lebih tinggi dari LPS merupakan bank yang tidak sehat. Bank tersebut sedang membutuhkan banyak dana.

Memilih-Deposito-yang-Tepat-Bagi-Mahasiswa-02-Finansialku

[Baca Juga: Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku]

 

Jika bank tersebut tidak sehat, kemungkinan bank untuk bangkrut cukup besar. Kalau sudah bangkrut,  uang kamu di deposito bisa ludes begitu saja lho guys. So, jangan mudah tergiur dengan bunga tinggi ya.

 

#5 Memilih Persyaratan yang Mudah

Beberapa bank memiliki syarat dan ketentuan deposito yang berbeda-beda. Ada bank dengan persyaratan yang mudah dan juga ada yang rumit. Kamu perlu mengetahui syarat dan ketentuan deposito yang ingin kamu pilih.

Syarat mendapatkan deposito pada umumnya hanya dengan memiliki rekening bank serta menyediakan materai dan kartu identitas kamu.

Usahakan mencari deposito dengan persyaratan yang mudah ya guys. Kalau persyaratannya mudah, kamu juga menjadi lebih mudah kan guys.

 

#6 Memperhitungkan Biaya Tambahan Deposito

Kamu harus mengetahui apakah bank tersebut memiliki biaya tambahan untuk depositonya atau tidak.

Dalam hal ini, setiap bank juga memiliki ketentuan yang berbeda-beda.  Ada bank yang membebankan biaya administrasi untuk deposito, ada juga yang tidak.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan bank yang kamu pilih tidak membebankan biaya administrasi untuk deposito.

Memilih-Deposito-yang-Tepat-Bagi-Mahasiswa-03-Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Pajak Bunga Deposito dan Cara Perhitungannya yang Benar]

 

Selain itu, kamu juga harus mengetahui apakah terdapat biaya pinalti jika kamu ingin mengambil uang sebelum jatuh tempo. Jika ada, kamu perlu mempertimbangkan biayanya.

Biasanya bank menghilangkan pendapatan bunga sebagai pinalti pengambilan dana sebelum jatuh tempo. Namun, setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih yang paling menguntungkan untuk kamu.

 

#7 Mengetahui Fitur yang Diberikan

Kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur apa yang diberikan oleh bank untuk deposito. Misalnya, fitur perpanjangan deposito secara otomatis atau sistem ARO (Automatic Roll Over).

Sistem ARO berarti ketika deposito yang kamu miliki sudah jatuh tempo, maka deposito kamu akan diperpanjang dengan sendirinya.

Bisa dikatakan uang kamu yang berada di deposito akan berakumulasi dengan sendirinya. Hal ini perlu kamu perhatikan untuk memudahkan kamu dalam bertransaksi.

 

Memilih Deposito yang Mudah dan Aman bagi Mahasiswa

Sekarang sudah tahu kan guys bagaimana cara memilih deposito yang tepat?

So, tunggu apalagi guys? Yuk langsung pilih deposito yang tepat buat kamu. Do it now, sometimes later become never!

 

Apakah kamu memiliki tips lainnya untuk memilih deposito yang tepat bagi mahasiswa? Langsung saja berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah disediakan ya guys.

Thank you guys! Semoga bermanfaat ya!

 

Sumber Referensi:

  • Baihaqi. 19 November 2014. Tips Bagaimana Cara Memilih Deposito Bank Yang Tepat. Bhq.web.id – https://goo.gl/TnVMv9
  • Admin. 8 Juni 2015. Bingung Memilih Bank yang Paling Tepat untuk Deposito? Begini Caranya – https://goo.gl/BcNjAX

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Deposito yang Tepat Bagi Mahasiswa 1 – https://goo.gl/2qo8BT
  • Memilih Deposito yang Tepat Bagi Mahasiswa 2 – https://goo.gl/uKXMgB
  • Memilih Deposito yang Tepat Bagi Mahasiswa 3 – https://goo.gl/X2Uqv8