Bagaimana langkah merumuskan strategi manajemen sumber daya manusia? Tentunya Anda pernah mendengar mengenai perencanaan sumber daya manusia, tapi bagaimana cara merumuskan strateginya?

Yuk belajar bersama Finansialku.com!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Anda tentunya sudah sering mendengar mengenai perencanaan sumber daya manusia.

Dalam prosesnya terdapat sebuah rencana kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia secara keseluruhan demi perubahan yang diharapkan oleh perusahaan, yang sering disebut sebagai strategi MSDM.

Tentunya strategi MSDM dibutuhkan dalam perusahaan, mengingat sebuah perusahaan dapat mencapai tujuannya, baik dalam pertumbuhan maupun keuntungan dan survival dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Merumuskan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia 02 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Strategi MSDM merupakan suatu pertalian antara manajemen sumber daya manusia dengan tujuan dan sasaran strategi yang dimaksudkan agar dapat memperbaiki kinerja bisnis dan mengembangkan budaya organisasi.

Hal ini dapat mendorong dan membantu untuk berkreasi, berinovasi, dan lebih fleksibel.

Atau strategi MSDM juga dapat diartikan sebagai suatu pola penyebaran sumber daya manusia yang terencana dan suatu tindakan yang dimaksudkan untuk meyakinkan dan meningkatkan bahwa organisasi dapat mencapai tujuannya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan adanya strategi ini, perusahaan akan diarahkan untuk dapat memikirkan masalah-masalah yang menuntut perubahan dan memberikan kesempatan untuk mengatur perubahan tersebut secara efektif.

Lalu bagaimana perumusan strategi MSDM tersebut? Mari kita lihat bersama di bawah ini.

 

Perumusan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Perencanaan sumber daya manusia membutuhkan lebih dari sekadar penyusunan teknik yang merupakan bagian dari fungsi personalia.

Kini perencanaan sumber daya manusia dilihat sebagai sebuah sistem yang terkait dengan perusahaan secara keseluruhan. Artinya, pendekatannya tidak melulu cenderung top down, tetapi juga melibatkan karyawan level bawah dengan metode bottom up.

Bagaimana Cara Merencanakan Sumber Daya Manusia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Setelah Pulang Kampung dan Libur Lebaran]

 

Untuk dapat melihat 3 fase dalam manajemen strategi, lihatlah tabel berikut ini:

Penilaian LingkunganPengembangan StrategiPenerapan Strategi
  • Telitilah lingkungan internal dan eksternalnya
  • Lakukan penilaian kekuatan, kelemahan, harapan, dan tantangan (SWOT)
  • Definisikan kemampuan utama dan manfaat kompetitifnya
  • Definisikan persoalan-persoalan strategis
  • Tinjau dan revisi visi dan misi
  • Susunlah tujuan strategisnya
  • Kembangkan rencana kegiatan
  • Alokasikan sumber dayanya
  • Luruskan harapan organisasi, personalia, dan kemampuan manajemen
  • Terapkan sistem dan teknologi
  • Evaluasikan efektivitasnya

 

Jadi, dengan 3 fase inilah strategi MSDM akan terbentuk layaknya strategi lain yang disusun dan diterapkan dalam konteks yang sama secara keseluruhan sebagai perencanaan fungsional.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#1 Perumusan Strategi Manajemen

Proses perencanaan memiliki beberapa level fokus, dan yang pertama akan kita bahas adalah bagaimana proses perencanaan bekerja dalam proses perencanaan strategi klasik.

Penilaian lingkungan tadi dilengkapi dengan:

  1. Manajemen yang mendefinisikan atau menegaskan misi, visi, dan nilai perusahaan dengan melengkapi arah strategi organisasi
  2. Perumusan strategi diterjemahkan ke dalam tujuan strategis dan bagian kegiatannya yang luas, meliputi program, proyek, dan proses yang akan mencapainya
  3. Perumusan strategi menetapkan konteks bagi pendefinisian perencanaan operasi dan tujuan serta pengalokasian sumber daya melalui proses keputusan anggaran dan modal
  4. Unit, tim, maupun individu mendefinisikan rencana kegiatannya dengan tujuan kemampuan tertentu

 

Bagaimana Cara Merencanakan Sumber Daya Manusia 02 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

#2 Perumusan Strategi SDM

Strategi SDM disini berperan sebagai strategi fungsional, seperti layaknya strategi keuangan, informasi, pemasaran, dan sebagainya.

Namun jelas bahwa strategi sumber daya manusia berbeda dengan fungsi yang berbeda pula apabila dibandingkan dengan strategi lainnya.

Dengan strategi SDM, maka perencanaan strategi sumber daya manusia menjadi bagian yang integral atas semua rumusan strategi lainnya.

 

Proses Perencanaan 2 Arah

Seperti telah disebutkan sebelumnya, strategi sumber daya manusia terbentuk atas dua poin, yakni top down dan bottom up.

Adapun perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

 Perencanaan Top DownPerencanaan Bottom Up
Tujuan PendekatanMenyediakan konteks strategi secara khusus yang mengalir dari perusahaan ke departemen lainMerencanakan kegiatan khusus yang secara khusus menggelinding ke departemen-departemen dengan rujukan perusahaan
Masa depanJangka panjangJangka pendek
Analisis lingkunganBagian dari penilaian lingkungan bagi strategi perusahaanIdentifikasi masalah dalam konteks kecenderungan persoalan strategi
Analisis implikasiPenilaian implikasi perencanaan SDM oleh manajer dan staf SDMPenilaian implikasi perencanaan SDM oleh manajer dan staf SDM
Perencanaan keseluruhanBagian dari proses perencanaan perusahaan atau proses SDM yang terpisah menuju masalah yang berkaitan dengan manusiaAnalisis, peramalan, perencanaan pada masalah yang khusus secara cepat
Evaluasi dan kontrolMemonitor dan melaporkan perkembangan pemecahan masalah

 

Proses Penyatuan

Perumusan strategi sumber daya manusia dapat searah dengan proses perumusan strategi perusahaan (seperti tergambarkan dalam tabel di bawah), dimana dalam setiap langkahnya akan berinteraksi dengan perumusan strategi.

Dalam penilaian lingkungan dengan strategi perusahaan, hubungannya terpisah namun sejajar, dimana keduanya berinteraksi.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dan dalam proses penyatuan inilah, strategi sumber daya manusia akan dikembangkan secara bersamaan dengan strategi perusahaan.

Diharapkan akan muncul kemiripan yang akan saling mempengaruhi dan diambil secara keseluruhan yang terpadu atau minimal sebagai perekat.

Penilaian LingkunganPengembangan StrategiPenerapan Strategi

Proses terpadu:

SDM dianggap sebagai bagian penilaian lingkungan

Strategi perusahaan menutup usaha termasuk SDMManajemen SDM, penyesuaian organisasi, kemampuan manajemen daya guna

Proses penyatuan:

Penilaian lingkungan yang interaktif dan sejajar, hasil pengaruh keseluruhan persoalan-persoalan SDM

Strategi SDM yang dikembangkan bersama dengan strategi bisnis

Proses terpisah:

Fokus penilaian lingkungan pada SDM, strategi perusahaan yang dikaji untuk masukan persoalan SDM

Strategi SDM yang dikembangkan sebagai perencanaan fungsional yang terpisah

 

Proses Terpisah

Pendekatan yang terbaik dan menjadi pilihan yang umum diterapkan dewasa ini adalah pengembangan dari rencana sumber daya manusia yang berbeda. Prosesnya dipersiapkan secara terpisah dari keseluruhan strategi perusahaan.

Penilaian lingkungan disini adalah independen secara keseluruhan atas usaha yang dilakukan sebagai bagian perumusan strategi keseluruhan.

Penilaiannya memusatkan pada persoalan sumber daya manusia dan pada tingkat yang mungkin mencari keterkaitan informasi perusahaan yang dihasilkan.

Karena penilaiannya di luar proses perencanaan strategi, maka pertimbangan strategi perusahaan bergantung pada laporan masa lalu dan sekarang.

HR, Apakah Perencanaan Sumber Daya Manusia Penting Mengapa Penting 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Hak Karyawan Berdasarkan UU Ketenagakerjaan yang Perlu Diketahui]

 

Strategi sumber daya manusia disini dikembangkan secara terpisah dan dihadirkan dalam bentuk rencana sumber daya manusia fungsional, dan umumnya ditujukan untuk mendorong manajemen dan staf sumber daya manusia untuk memikirkan dan merencanakan operasional.

Kelemahan dari proses terpisah ini adalah proses yang mengekalkan dugaan sumber daya manusia sebagai staf yang dikendalikan.

Sedangkan manfaatnya adalah bahwa strategi sumber daya manusia benar-benar diciptakan dan dapat digunakan untuk mengarahkan program, kebijakan, dan keputusan praktis serta kegiatan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Proses Terpadu

Pendekatan paling favorit dalam pengembangan sumber daya manusia merupakan proses terpadu, dimana prosesnya menjadi bagian integral dari strategi perusahaan pada masing-masing level-nya.

Agar menjadi terpadu, dibutuhkan perubahan dalam lingkungan yang dikaji dengan menghargai persoalan-persoalan sumber daya manusia dan menganggapnya sama baik dengan persoalan lain yang terkait dengan perusahaan.

HR, Apakah Perencanaan Sumber Daya Manusia Penting Mengapa Penting 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Tahu: Tunjangan dan Kompensasi Kerja? Dan Bagaimana Cara Memanfaatkan dengan Benar?]

 

#3 Rencana Kegiatan

Sebuah bias timbul dalam pelaksanaan dalam perusahaan yang sedang merencanakan pelaksanaan manajemen, khusus sebagai bagian dari perumusan strategi.

Persoalan ditafsirkan menjadi rencana kegiatan dalam program-program tahunan dan skala prioritas, akuntabilitas yang jelas, dan pengukuran hasil.

Disini ada tanggung jawab yang jelas, penentuan waktu, dan sumber daya yang dikehendaki bagi pelaksanaan strategi.

Perusahaan juga akan mempertimbangkan bagaimana strategi dijalankan, bagaimana sosialisasinya agar semua dapat terlibat dalam penerapan strategi.

Perusahaan juga terkadang memberi alternatif terhadap pelaksanaan yang mungkin diambil dari praktik manajemen sumber daya manusia yang dapat diterapkan sesuai kebutuhan.

Sebagai contohnya adalah perencanaan sukses dan inisiatif untuk merekrut atau mengembangkan keterampilan manajemen masa depan secara bertahap.

 

#4 Penerapan

Langkah terakhir yang tentunya penting dalam semua strategi yaitu penerapan. Tidak peduli sebagus apapun sebuah strategi, akan sia-sia jika tidak diikuti tindakan penerapannya.

Dalam penerapan ini, diharapkan penyesuaian harapan karyawan, penyusunan organisasi, staffing, dan pengembangan kemampuan serta manajemen kemampuan terhadap strategi.

Terlebih sistem teknologi, keuangan, dan sumber daya yang lain selain sumber daya manusia tentunya diharapkan seperti yang telah diatur dalam strategi tadi.

Yang menjadi pertimbangan daya saing disini adalah kecepatan, pelayanan, kualitas dan harga.

 

Perencanaan Sumber Daya Manusia Dilakukan Secara Berkelanjutan

Sesungguhnya proses perencanaan sumber daya manusia tidak pernah berakhir, hal ini perlu dilakukan secara berkelanjutan. Dengan demikian diperlukan sebuah strategi yang dapat mendukungnya secara berkesinambungan.

Semakin cepat hal ini dilakukan semakin baik, mengingat jika dibiarkan terlalu lama akan lebih banyak masalah yang harus diselesaikan sementara sumber dayanya terbatas.

Perencanaan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD Ketahui 5 Hal yang Harus Dibahas Pada Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan]

 

Penerapan strategi merupakan prioritas utama bagi manajemen dimana hasilnya adalah manfaat kompetitif bagi perusahaan.

Berikan perhatian Anda terhadap strategi MSDM mulai sekarang agar perusahaan dapat berjalan dengan baik dalam arahan dan dukungan manajemen yang akan dibantu oleh SDM yang berkualitas.

Jika Anda belum mulai mementingkan SDM, perbaiki perencanaan strateginya sekarang demi perencanaan sumber daya manusia yang lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perumusan strategi manajemen sumber daya manusia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jimmy L. Gaol. 2014. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia)

 

Sumber Gambar:

  • Merumuskan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia – https://goo.gl/Ajz77c
  • Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia – https://goo.gl/F6uhrr